17 Rekomendasi Aplikasi HR Terbaik di Indonesia 2023

17 Rekomendasi Aplikasi HR Terbaik di Indonesia 2023

Apa saja Aplikasi HR di Indonesia beserta kelebihannya?

Saat ini, teknologi memang banyak membantu pekerjaan manusia, salah satunya pekerjaan HR. Aplikasi HR Indonesia dengan teknologi cloud-based atau yang biasa juga disebut dengan cloud computing terus diciptakan. Salah satu aplikasi berbasis cloud yang saat ini terus dikembangkan adalah aplikasi HRIS (Human Resource Information System). Nah, para programmer Indonesia terus mengembangkan aplikasi HR agar dapat menyesuaikan dengan kebutuhan saat ini.

Kamu tidak perlu bingung untuk menemukan aplikasi HR mana yang terbaik. Carilah aplikasi HR yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Misalnya saja ke-17 aplikasi HR Indonesia berikut ini yang dapat diaplikasikan pada perusahaan mulai dari perusahaan kecil, menengah, sampai perusahaan besar dengan ribuan karyawan.

aplikasi HR Indonesia

#1 Haermes

Haermes merupakan software HRIS tipe Operational. Aplikasi ini dapat membantu kamu untuk mengelola seluruh informasi karyawan seperti pendidikan, pengalaman kerja, dll. Kamu juga bisa mengelola data kehadiran, cuti, dan pinjaman; menghitung gaji, klaim, PPh 21, dan iuran BPJS; membantu dalam proses rekrutmen dan pelatihan; dan masih banyak lagi. Haermes merupakan aplikasi HRIS dengan pelayanan yang lengkap. Jika kamu tertarik ingin menggunakannya, simak kelebihan aplikasi Haermes berikut ini.

  • On Premise, On Cloud, or On Subscriptions

Jika ingin menggunakan aplikasi ini, Haermes menyediakan 3 pilihan penggunaan yaitu On Premise, On Cloud, atau On Subscription. Berikut penjelasannya:

  1. On Premise, pembelian lisensi aplikasi Haermes dengan penyimpanan database pada server pribadi perusahaan pelanggan.
  2. On Cloud, pelanggan dapat menyewa lisensi aplikasi Haermes dengan penyimpanan database pada server yang disediakan Haermes. Disini pelanggan akan mendapatkan private cloud. 
  3. On Subscriptions, lisensi Haermes disewakan dengan penyimpanan database pada server pelanggan.
  • Private Cloud

Khawatir data perusahaan tidak aman? Tenang saja. Haermes memberikan layanan private cloud.

Setiap pelanggan mendapatkan cloud yang berbeda untuk penyimpanan database.

Database antara pelanggan yang satu dan lainnya tidak akan tercampur karena penggunaan private cloud. Jadi, sudah pasti dijamin aman.

  • Enterprise Implementation Methodology

Sebelum digunakan, tim profesional Haermes akan membantu kamu dalam mengimplementasikan aplikasi ini pada perusahaan.

Pelanggan tidak akan kebingungan apa lagi kesulitan dalam menggunakan aplikasi ini.

Layanan ini diberikan agar pelanggan dapat langsung menggunakan aplikasi Haermes.

  • Customization

Aplikasi ini terkenal karena fleksibilitas sistemnya. Pelanggan tidak perlu bingung dalam memilih aplikasi yang sesuai karena Haermes dapat disesuaikan (custom).

Sehingga Haermes dapat digunakan pada banyak jenis manajemen perusahaan.

  • Integration

Keunggulannya, Haermes dapat diintegrasikan pada aplikasi lain seperti aplikasi talent SAP SuccessFactors, aplikasi klaim SwiftClaim,  dan aplikasi karyawan ESS. Data yang dapat diintegrasikan melalui Haermes akan mempermudah kamu. Jadi gak perlu pindah-pindahin data.

SAP SuccessFactors

SuccessFactors merupakan produk dari SAP yakni perusahaan berskala International yang tidak perlu diragukan lagi kemampuannya. Aplikasi ini bisa membantu kamu dalam proses rekrutmen, pelatihan, menilai kinerja karyawan, menyusun strategi kerja, dan masih banyak lagi.

SwiftClaim

Semua keperluan transaksi klaim dapat kamu serahkan pada SwiftClaim. Aplikasi ini didukung oleh OCR (Optical Character Recognition) yang dapat membaca struk belanja yang telah dipindai sebelumnya.

Haermes ESS

Haermes juga bisa diintegrasikan dengan aplikasi ESS (Employee Self Service). Dengan aplikasi ini, karyawan bisa mengajukan cuti, melihat data kehadiran, memasukkan jam lembur, memperbaiki jam kehadiran, dan masih banyak lagi.

Aplikasi SAP SuccessFactors, SwiftClaim, dan ESS memiliki aplikasi mobile, sehingga dapat mempermudah kamu dalam melakukan pekerjaan terutama bagi karyawan remote dan pekerja dengan jam kerja fleksibel.

Untuk aplikasi mobile ESS, kamu juga bisa melakukan absensi online. Jadi, gak butuh mesin absen lagi loh. Selain itu, mengajukan cuti juga dapat dilakukan secara online. Proses penyetujuan pun jadi lebih cepat.

Haermes juga dapat diintegrasikan dengan aplikasi lainnya sesuai kebutuhan perusahaan.

#2 Sleekr

Aplikasi Sleekr menyediakan aplikasi HR dengan penyimpanan database berbasis Cloud. Sleekr juga memiliki beberapa fitur yang dapat membantu perusahaan dengan skala menengah.  

Aplikasi HR Sleekr mempunyai fitur-fitur untuk mempermudah kebutuhan HR. Aplikasi ini dapat mengelola data karyawan seperti cuti, absensi, dan slip gaji serta menghitung administrasi HR

Selain untuk keperluan HR, Sleekr juga menyediakan kemudahan untuk Accounting. Fitur-fitur yang disediakan cukup untuk membantu menjalankan kebutuhan Accounting di kantormu.

#3 Gadjian

Aplikasi HR Indonesia lainnya adalah Gadjian. Aplikasi ini juga menggunakan Cloud sebagai penyimpanan database.

Fitur yang dapat kamu temui pada aplikasi Gadjian adalah data karyawan yang dapat kamu kelola melalui aplikasi ini. Seperti halnya data personalia, catatan absensi, dan cuti.

Aplikasi Gadjian diintegrasikan dengan beberapa aplikasi lainnya. Salah satunya adalah Hadir yang digunakan untuk mencatat dan mengelola data kehadiran.

#4 KaryaONE

Aplikasi KaryaONE juga memiliki fitur-fitur untuk mengelola data operasional karyawan dengan Cloud sebagai penyimpanan database.

KaryaONE dapat membantu pelanggan dalam penghitungan iuran BPJS dan PPh 21. Selain itu, Fitur-fitur aplikasi ini ditujukan untuk mengelola database karyawan, migrasi data, absensi dan Kehadiran karyawan, data cuti, data shift dan lembur, dan struktur organisasi.

KaryaONE juga menyediakan fitur-fitur talent untuk membantu dalam meningkatkan performa karyawan, membantu menentukan jenjang karir karyawan, dan masih banyak lainnya.

#5 Catapa

Catapa juga merupakan salah satu aplikasi HRIS Indonesia. Aplikasi ini dapat membantu pelanggan dalam pengelolaan data karyawan termasuk untuk keperluan penghitungan iuran BPJS, gaji, dan PPh 21. Aplikasi ini juga dapat membantu pelanggan dalam rekrutmen karyawan.

#6 LinovHR

Fitur aplikasi ini memungkinkan pelanggan untuk mengelola data karyawan seperti gaji dan iuran terkait regulasi pemerintah. Aplikasi ini juga dapat digunakan untuk mengukur kinerja karyawan.

#7 Talenta

Talenta merupakan aplikasi HR yang dapat membantu pelanggan dalam membuat laporan terkait PPh 21 dan BPJS. Tidak hanya itu, aplikasi ini juga bisa membantu dalam manajemen learning dan training.

#8 onHRD

Fitur-fitur pada aplikasi onHRD bisa membantu karyawan dalam mengajukan perzinan seperti cuti dan sakit. onHRD juga memiliki fitur seperti pencatatan jam lembur, memantau kehadiran karyawan, dan memantau jadwal kerja.

#9 Kan’z Informatic

Aplikasi Kan’z Informatic memiliki fitur yang dapat membantu pelanggan dalam manajemen karyawan, membantu penghitungan gaji (payroll), mengelola data kehadiran, serta mempermudah karyawan dalam membuat laporan dan analisis.

#10 MyOrange HR

Kebutuhan HR seperti mengelola data cuti, data kehadiran, klaim, serta mengukur performa karyawan dapat dibantu menggunakan aplikasi yang satu ini. Selain itu, aplikasi ini juga membantu dalam proses perekrutan karyawan baru hingga membantu proses training.

#11 BSC

Aplikasi berikut juga memiliki fitur-fitur utama seperti membantu untuk mempermudah mengolah data payroll, mengelola data kehadiran, membantu proses perekrutan dan training, membantu mengukur kinerja karyawan, serta mengelola data pinjaman.

#12 Andal Software

Satu lagi aplikasi yang memiliki fitur penggajian, membantu mengelola data kepegawaian, menghitung dan membuat laporan BPJS dan PPh 21, serta membantu mengelola data kehadiran adalah Andal Software. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur Custom Field.

#13 PayrollBozz

Aplikasi PayrollBozz dilengkapi dengan sistem payroll, pencatatan kehadiran karyawan, dan membantu dalam mengolah data administrasi HR lainnya. Aplikasi ini juga dapat mempermudah dalam membuat rekapitulasi laporan terkait cuti karyawan.

#14 SIAPP

Untuk membantu kegiatan HR, aplikasi SIAPP menghadirkan fitur manajemen rekrutmen, training, serta fitur yang dapat membantu penilaian kinerja karyawan. Kemudian, tersedia pula fitur otomatisasi proses jadwal, jam lembur, dan mengelola data cuti. Aplikasi ini merupakan salah satu produk Realta.

#15 Jojopayroll

Jojopayroll menjanjikan penghitungan gaji dengan akurat. Aplikasi ini juga mengklaim dapat mengorganisir data kehadiran, cuti, lembur, dan izin dengan baik. Selanjutnya, aplikasi ini juga dapat mempermudah dalam analisis data untuk pengambilan keputusan terkait keperluan manajemen.

#16 JPayroll

Fitur utama aplikasi yang satu ini juga tidak kalah dengan aplikasi sebelumnya yang mana bisa membantu dalam mengelola data karyawan, absensi, payroll & tax, dan loan management. Aplikasi ini dilengkapi juga dengan fitur rekrutmen dan training serta membantu dalam analisis data.

#17 Intikom

Aplikasi yang satu ini fokus pada proses data payroll dan proses data kehadiran karyawan. Intikom dapat membantu pengolahan data BPJS dan PPh 21 serta membantu dalam pelaporannya. Untuk proses kehadiran karyawan, aplikasi ini dapat mengolah data lembur.  

Kebutuhan perusahaan akan teknologi dapat dipenuhi melalui solusi yang ditawarkan aplikasi-aplikasi di atas. Aplikasi termudah tentunya adalah aplikasi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Jadi, kamu gak perlu repot mencari aplikasi mana yang paling tepat.

Kamu bisa konsultasi terlebih dahulu jika tertarik menggunakan Haermes.


Haermes, an easy application can fit easily to your company’s needs.

Master Admin

Share on:

To the top

Related Posts

Recent Posts