Aplikasi HRIS

4 Tips Memilih Aplikasi HRIS Terbaik

weefer – Hi Felas! Dalam rangka mengelola Sumber Daya Manusia dalam sebuah perusahaan, kamu pasti dibuat bingung seiring berkembangnya teknologi dengan munculnya berbagai macam aplikasi HRIS dengan fitur yang hampir sama namun dengan harga yang sangat bervariasi.

Terkadang kamu bertambah bingung lagi ketika kamu membutuhkan suatu fitur yang ada pada HRIS A namun ada satu fitur lainnya yang ternyata kamu butuhkan berada pada HRIS B. Gak mungkin kan harus beli keduanya? Namun, jika kamu ingin mencari solusinya, simak saja artikel ini sampai habis.

Aplikasi HRIS

Pastikan fitur Aplikasi HRIS yang tersedia pada website lengkap

Seperti halnya di atas, kebanyakan fitur pada banyak aplikasi HRIS berbeda tipis antara satu dan lainnya. Padahal kamu membutuhkan fitur-fitur pada 2 atau bahkan lebih aplikasi HRIS. Namun, membeli aplikasi yang berbeda hanya untuk digunakan beberapa fiturnya saja merupakan pemborosan dan pekerjaan tidak akan menjadi efektif karena beberapa aplikasi yang berbeda belum tentu bisa mengintegrasi data yang ada pada sistem masing-masing aplikasi. Dengan begitu kamu harus melakukan riset kecil untuk memastikan kamu mendapatkan satu aplikasi HRIS dengan fitur terlengkap. Pastinya kamu harus membandingkan beberapa aplikasi dengan mengulik website mereka.

Baca juga: Ketahui Pentingnya Data Pribadi

Salah satu aplikasi HRIS terlengkap adalah Haermes. Gak tanggung-tanggung, Haermes memiliki 19 fitur dan kamu bisa memilih fitur mana saja yang dibutuhkan oleh perusahaan mu. Jadi gak perlu merogoh kocek sampai habis. Fitur yang dimiliki aplikasi ini adalah absensi & shift karyawan, perhitungan gaji (payroll), pajak PPh 21, BPJS karyawan, klaim, cuti karyawan, aplikasi mobile karyawan, dan masih banyak lagi.

Nah, salah satu fiturnya yang paling mumpuni adalah ESS Employee Self Service. Dari namanya saja sudah bisa dipastikan bahwa karyawan bisa melayani dirinya sendiri melalui aplikasi ini mulai dari mengajukan cuti, melihat attendance, dan masih banyak lagi tergantung hak akses yang diberikan oleh atasan. Selain versi web, Haermes ESS juga memiliki versi mobile loh. Mencatat kehadiran dengan selfie melalui smartphone masing-masing karyawan. Jadi jangan heran kalau sewaktu-waktu kamu melihat karyawan beberapa perusahaan yang begitunya sampai di depan kantor serentak melakukan selfie.  

Pastikan Kamu mendapatkan free demo

Jika dengan melihat fitur-fitur pada situs web belum membuat kamu mengerti betul cara kerja aplikasi tersebut, pastikan mereka memberikan free demo. Seperti halnya Haermes, kamu bisa menemukan satu tombol pada setiap halamannya untuk mengajukan permintaan demo.

Dengan demo, kamu akan lebih memahami fitur dan modul yang tersedia serta cara kerjanya. Jadi kamu akan lebih mudah untuk menentukan aplikasi HRIS mana yang paling sesuai untuk digunakan pada perusahaan mu.

Baca atikel yang tersedia pada website

Beberapa website saat ini menyediakan blog yang berisi artikel-artikel terkait produk yang mereka sediakan. Nah, dengan begitu kamu dapat membaca dengan seksama artikel terkait produk yang ingin kamu beli.

Biasanya artikel-artikel tersebut menjelaskan cara kerja produk, kelebihan produk, fitur-fitur baru, dan bahkan tips-tips yang akan sangat berguna bagi kamu dalam memutuskan aplikasi HRIS terbaik mana yang wajib kamu pilih.

Kunjungi media sosial perusahaan terkait

Selain membaca artikel pada laman blog, kamu juga bisa menelusuri media sosial seperti halnya aplikasi Haermes. Biasanya, informasi yang disediakan melalui media sosial lebih diutamakan sehingga lebih up-to-date dibandingkan dengan laman lainnya. Kamu bisa mengintip media sosial mereka seperti Facebook, Linkedin, ataupun Instagram.

Dari tips-tips di atas, kamu tidak perlu bingung lagi bagaimana cara memilih aplikasi HRIS terbaik. Yang terpenting adalah kamu harus melakukan riset terlebih dahulu melalui website aplikasi HRIS yang kira-kira sesuai dengan kebutuhan perusahaan mu.  

 

Simillar post