Saatnya Lakukan Transformasi Manajemen HR dengan HRIS

Saatnya Lakukan Transformasi Manajemen HR dengan HRIS

kevin

Share on:

HRIS merupakan singkatan Human Resource Information System. Dalam bahasa Indonesia berarti Sistem Informasi Sumber Daya Manusia. Sebuah solusi perangkat lunak yang menjaga, mengelola, dan memproses informasi detail karyawan serta kebijakan dan prosedur terkait sumber daya manusia. 

HRIS dapat membantu staff HR untuk menstandardisasi dan mengotomatisasi tugas dan proses HR, seperti administrasi manfaat, waktu dan kehadiran, penggajian, manajemen kinerja, rekrutmen, pelatihan, dan lain sebagainya.

Manfaat Menggunakan HRIS Bagi Perusahaan

ilustrasi pengembangan SDM dalam sebuah perusahaan

Sistem Informasi Sumber Daya Manusia, atau disingkat HRIS, adalah solusi perangkat lunak yang dapat membantu para profesional HR dalam mengelola dan mengotomatisasi berbagai tugas dan proses sumber daya manusia, seperti administrasi manfaat, waktu dan kehadiran, penggajian, manajemen kinerja, rekrutmen, pelatihan, dan lebih banyak lagi. Manfaat penggunaan software ini meliputi:

1. Efisiensi

Software HR dapat membantu menyederhanakan proses HR dan mengurangi kesalahan dan tumpang tindih yang terjadi secara manual. Hal ini dapat menghemat waktu dan sumber daya staff HR serta meningkatkan akurasi dan konsistensi data karyawan.

2. Kepatuhan

Alat ini dapat membantu memastikan bahwa kebijakan dan prosedur HR mematuhi persyaratan hukum dan peraturan, seperti hukum ketenagakerjaan, hukum pajak, hukum privasi data, dan lain sebagainya. Ini dapat mengurangi risiko sanksi, denda, atau tuntutan hukum akibat pelanggaran peraturan.

3. Keamanan Data

Perangkat ini dapat membantu melindungi data karyawan yang sensitif dari akses yang tidak sah atau penyalahgunaan dengan menyediakan kredensial login yang aman, kontrol akses berdasarkan peran, enkripsi data, dan fitur keamanan lainnya.

4. Analitik

Software satu ini dapat membantu menghasilkan laporan dan analitik yang dapat memberikan wawasan tentang kinerja karyawan, tingkat keterlibatan, retensi, turnover, kebutuhan pelatihan, dan metrik lainnya. Ini dapat mendukung pengambilan keputusan dan perencanaan strategis bagi staff HR dan manajemen puncak.

5. Keterlibatan Karyawan

Software HR dapat membantu meningkatkan keterlibatan dan kepuasan karyawan dengan menyediakan portal self-service, akses melalui ponsel, alat umpan balik, program pengakuan, dan fitur lain yang memberdayakan karyawan untuk mengelola tugas dan informasi terkait HR mereka sendiri.

6. Pengurangan Biaya

Dengan mengelola data HR secara efektif, software ini dapat membantu mengurangi biaya HR dan meningkatkan efisiensi dalam berbagai cara. Sebagai contoh, software HR dapat mengotomatisasi proses penggajian, mengurangi waktu dan upaya yang diperlukan untuk perhitungan manual. Ini juga dapat membantu mengidentifikasi area-area ketidakefisienan dan mengoptimalkan alokasi sumber daya.

7. Peningkatan Pengambilan Keputusan

Sistem HRIS menyediakan data dan analisis real-time yang dapat menjadi dasar pengambilan keputusan bisnis. Dengan memiliki akses ke informasi yang akurat dan terkini, para profesional HR dapat membuat keputusan yang lebih terinformasi terkait manajemen bakat, evaluasi kinerja, dan perencanaan strategis tenaga kerja.

Mengenali Jenis-Jenis HRIS

Terdapat beberapa jenis software yang bisa digunakan di perusahaan. Semua jenisnya tentu saja memiliki kegunaannya masing-masing, diantaranya yang umum ialah sebagai berikut.

Terdapat beberapa jenis alat HR, masing-masing dengan fitur dan manfaatnya sendiri. Berikut adalah beberapa jenis yang paling umum:

1. Core HRIS

Jenis yang ini berfokus pada fungsi-fungsi inti HR, seperti manajemen data karyawan, pemrosesan penggajian, administrasi manfaat, dan pelacakan kepatuhan.

2. Strategic HRIS

Jenis software ini berfokus pada aspek-aspek strategis HR, seperti manajemen talenta, manajemen kinerja, perencanaan suksesi, dan analitika tenaga kerja.

3. Integrated HRIS

Jenis alat ini mengintegrasikan dengan sistem bisnis lainnya, seperti perangkat lunak akuntansi, perangkat lunak CRM, atau perangkat lunak manajemen proyek, untuk memberikan pandangan yang terpadu atas data karyawan dan proses bisnis.

4. Self-service HRIS

Jenis perangkat satu ini memungkinkan karyawan untuk mengakses dan mengelola informasi dan tugas HR mereka sendiri, seperti memperbarui data pribadi, mengajukan cuti, atau mendaftar dalam rencana manfaat.

5. Mobile HRIS

Jenis ini memberikan akses mobile ke data karyawan dan proses HR melalui perangkat mobile, seperti smartphone atau tablet.

6. Cloud-based HRIS

Jenis software ini di-hosting pada server cloud dan dapat diakses melalui internet dari mana saja dan kapan saja. HRIS berbasis cloud dapat menawarkan skalabilitas, fleksibilitas, dan efektivitas biaya dibandingkan dengan software HR di lokasi (on-premise).

Bisakah Kustomisasi HRIS untuk Perusahaan?

Pertanyaan demikian jelas terlintas dalam benak Anda. Jawabannya, tentu saja! Anda dapat menyesuaikan software HR sendiri sesuai dengan kebutuhan dan preferensi perusahaan Anda. 

Beberapa provider HRIS kerap menawarkan fitur dan fungsionalitas yang dapat disesuaikan atau dikustomisasi. Dengan begitu bisa memungkinkan Anda menyesuaikan sistem sesuai dengan proses dan alur kerja HR secara lebih spesifik. 

Sebagai contoh, Anda dapat menyesuaikan basis data karyawan, sistem manajemen kinerja, penggajian dan administrasi manfaat, pelaporan dan analitika, dan lain sebagainya.

Namun, jika Anda tidak dapat menemukan penyedia software HR yang memenuhi kebutuhan unik Anda atau alur kerja HR Anda, Anda juga dapat mempertimbangkan untuk develop perangkat HR sendiri dari awal atau dengan menggunakan komponen perangkat lunak yang sudah ada.

Dengan cara ini, Anda dapat memiliki lebih banyak kendali dan fleksibilitas dalam desain dan fungsionalitas Software HR Anda. Namun, pilihan ini mungkin memerlukan lebih banyak waktu, sumber daya, dan keahlian dibandingkan dengan menggunakan solusi software HR siap pakai.

Memangnya, Berapa Biaya untuk Penggunaan HRIS?

Biaya dari sebuah HRIS tergantung pada berbagai faktor, seperti jumlah pengguna, fitur dan fungsionalitas, penyedia, dan jenis kontrak. 

Biaya dari sebuah software HR juga dapat bervariasi tergantung pada waktu implementasi, pelatihan dan dukungan, migrasi data, dan opsi penyesuaian. Oleh karena itu, penting untuk membandingkan berbagai penyedia dan solusi sistem HR sebelum memilih yang terbaik untuk perusahaan Anda.

Namun, apabila dibandingkan dengan developing software dari awal, biaya menggunakan jasa provider tentu saja terhitung relatif lebih terjangkau. Baik dari segi budgeting ataupun dari segi alokasi waktunya.

Transformasi HR yang Efisien dengan Haermes dari Weefer Indonesia

Apakah Anda ingin melakukan transformasi HR Management dan meningkatkan employe engagement di perusahaan Anda? Tidak perlu mencari lebih jauh lagi, karena Weefer Indonesia memiliki solusi HRIS terbaik; Haermes. 

Haermes sebagai sistem manajemen HR yang canggih dan komprehensif telah dirancang untuk menyederhanakan operasi HR Anda dan menciptakan sistem kerja yang lebih efisien dan produktif. 

Dengan fitur-fitur seperti basis data karyawan yang dapat dipersonalisasi, alat manajemen kinerja, dan portal self-service, Haermes memberdayakan profesional HR dan karyawan untuk mengelola tugas-tugas terkait HR dengan efisien. 

Selain itu, dengan fleksibilitas teknologi berbasis cloud, Anda dapat mengakses Haermes dari mana saja, kapan saja. Tinggalkan proses manual dan sambutlah pengalaman HR yang lebih efisien, dapat dikustomisasi, dan user friendly. 

Saatnya untuk menemukan masa depan HRIS dengan Haermes dari Weefer Indonesia. Kunjungi tautan ini untuk memahami lebih lanjut bagaimana Haermes dapat mengubah proses HR Anda dan meningkatkan kinerja di perusahaan Anda.

Optimalisasi Keterlibatan Karyawan dan Tingkatkan Kinerja Tim Anda dengan SAP SuccessFactors

Jangan lewatkan kesempatan ini untuk membentuk masa depan talenta Anda lebih baik. Temukan potensi penuh dengan SAP SuccessFactors sekarang!

Hubungi SalesDemo Gratis Sekarang
kevin

Share on:

Categories: (1)

HR (Human Resource)
To the top