Mengenal Lebih Dekat Profesi Surveyor_ Tugas, Kualifikasi, Hingga Besaran Gaji

Mengenal Lebih Dekat Profesi Surveyor: Tugas, Kualifikasi, Hingga Besaran Gaji

Pernahkah Anda mendengar mengenai profesi surveyor? Profesi satu ini sangat erat dengan pekerjaan di lingkup proyek atau di bidang teknik seperti arsitektur, teknik sipil, dan bidang sejenis lainnya.

Namun, seiring perkembangan zaman, profesi satu ini pun ikut berkembang dan tidak hanya berkecimpung di bidang proyek saja. Untuk mengenal lebih dekat mengenai profesi satu ini, dari definisi hingga besaran gaji seorang surveyor, Anda bisa menyimaknya pada artikel berikut ini!

Definisi Surveyor : Pengertian, Tugas dan Tanggung Jawab

ilustrasi pengembangan SDM dalam sebuah perusahaan

Jika Anda telah berkecimpung di bidang teknik, mungkin Anda sudah tidak asing dengan profesi satu ini. 

Profesi yang bertugas untuk mengawasi, memeriksa, serta mengamati pekerjaan orang lain inilah yang dinamakan surveyor. Seiring dengan perkembangan zaman, kini pekerjaan profesi satu ini turut meluas. Sekarang profesi satu ini juga merambah di bidang sewa guna usaha (leasing) dan perusahaan jasa yang lain.

Surveyor adalah orang yang mempunyai tugas untuk melakukan teknik riset seperti mengawasi, memeriksa, dan melakukan pengamatan pada suatu hal di berbagai jenis bidang.

Meski telah merambah di luar bidang proyek, tetapi dalam dunia kerja, profesi satu ini masih erat kaitannya dengan pekerjaan langsung di lapangan sebagai objek tugasnya. Jika dulunya surveyor erat kaitannya dengan bidang properti seperti konstruksi bangunan dan proyek, kini berbagai lapisan sektor pekerjaan mempunyai posisi untuk profesi satu ini.

Inilah Tugas dan Tanggung Jawab Surveyor

Seperti profesi lainnya, tugas dan tanggung jawab profesi satu ini bisa berbeda-beda, karena tugas dan tanggung jawab tersebut spesifik dengan bidang apa yang mereka geluti. Namun, umumnya tugas dan tanggung jawab profesi satu ini adalah sebagai berikut:

  • Melakukan Peninjauan dan Pemeriksaan di Lapangan

Orang yang berprofesi sebagai surveyor umumnya bertugas untuk turun ke lapangan dan melakukan peninjauan serta pemeriksaan di sana. Peninjauan dan pemeriksaan yang dilakukan untuk mencari tahu apakah ada kendala atau hambatan selama pekerjaan atau proyek berlangsung.

Peninjauan dan pemeriksaan yang dilakukan oleh mereka tidak bisa dilakukan sembarang orang atau yang bukan ahlinya. Karena dalam melakukan peninjauan dan pemeriksaan di lapangan, ada Standar Operasional Prosedur atau SOP yang berlaku.

Untuk memantau pekerjaan di lapangan atau proyek di lapangan supaya tidak ada kendala berarti, mereka perlu melakukan peninjauan dan pemeriksaan secara berkala pada periode tertentu.

  • Melakukan Pengumpulan Data

Selain mempunyai tugas yang seringnya turun ke tempat proyek, tugas dan tanggung jawab seorang surveyor juga mempunyai tugas lapangan lain yaitu melakukan pengumpulan data.

Data yang dikumpulkan oleh mereka berupa data kuantitatif yang dikumpulkan dari masyarakat sekitar dengan menggunakan kuesioner dan juga data kualitatif yang mereka peroleh dengan cara melakukan wawancara pada pihak-pihak terkait.

Dari data-data tersebut surveyor kemudian melakukan pemetaan yang kemudian dari hasil pemetaan tersebut dikumpulkan dan lanjut diolah oleh analis.

  • Melakukan Penilaian atau Evaluasi dari Hasil Peninjauan

Tugas dan tanggung jawab ketiga dari profesi ini adalah melakukan penilaian atau evaluasi dari hasil peninjauan.

Di mana seorang surveyor akan melakukan penilaian atau evaluasi pada proyek yang sedang berjalan. Dari kegiatan ini kemudian akan dihasilkan hasil evaluasi dan laporan penilaian sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

  • Memastikan Proyek Berjalan Sesuai Rencana

Tugas dan tanggung jawab profesi surveyor yang keempat ini masih sangat berkaitan erat dengan tugas dan tanggung jawab pada poin pertama. Di mana pada saat melakukan peninjauan dan pemeriksaan serta pengawasan, mereka juga harus melaporkan progres yang terjadi di lapangan.

Mengenai apa-apa saja kendala dan hambatan yang ada di lapangan. Sudah sejauh mana proyek berjalan. Apakah progres di lapangan sesuai dengan rancangan pembangunan dan waktu yang ditentukan. Dan hal sejenis lainnya.

  • Menyusun Laporan

Tugas dan tanggung jawab kelima seorang surveyor yaitu menyusun laporan. Laporan disusun setelah mereka melakukan kunjungan lapangan dan melakukan peninjauan serta pemeriksaan di tempat proyek.

Isi laporan mencakup hasil peninjauan dan pemeriksaan, evaluasi dan penilaian yang dilakukan, pengawasan, serta hasil pengumpulan data yang dilakukan.

Dalam membuat laporan, format yang digunakan bisa sangat variatif. Hal ini bergantung pada tujuan dan jenis kunjungan yang mereka lakukan.

Syarat Menjadi Surveyor

Apa saja sih syarat yang harus dipenuhi untuk bekerja pada profesi satu ini? Karena ternyata untuk bekerja pada profesi satu ini harus memenuhi beberapa syarat diantaranya yaitu:

  • Kesehatan

Dalam profesi satu ini, kesehatan adalah syarat yang sangat krusial. Karena pekerjaan ini mengharuskan untuk terus menerus terjun ke lapangan, Anda haruslah mempunyai kesehatan fisik yang kuat.

  • Mempunyai Pengalaman di Bidang yang Sama

Dalam melamar pekerjaan sebagai seorang surveyor akan menjadi nilai tambah untuk Anda jika mempunyai pengalaman di bidang ini sebelumnya.

Misalnya saja, Anda sudah mempunyai pengalaman di bidang ini dalam melakukan peninjauan dan pemeriksaan, serta melakukan evaluasi. Tentunya perusahaan akan memandang Anda sebagai orang yang berpengalaman dan mudah untuk menyesuaikan diri di perusahaan.

  • Umur Sesuai dengan Ketentuan

Untuk bisa melamar pada profesi ini, terkadang perusahaan mempunyai batasan umur untuk calon pegawainya. Meski Anda mempunyai pengalaman pada bidang yang sama, tetapi umur Anda tidak memenuhi kriteria yang dicari perusahaan, Anda tidak akan sulit untuk diterima oleh perusahaan tersebut.

  • Lulus Persyaratan Khusus Bidang

Pada bidang tertentu, meski tidak semua, perusahaan terkadang mencantumkan sertifikasi atau lisensi yang harus disertakan pada syarat calon pegawainya. Sehingga, jika Anda menemui persyaratan tersebut, Anda harus terlebih dahulu mengambil sertifikasi dan lulus di bidang ini.

Inilah Besaran Gaji Profesi Surveyor!

Setelah membaca artikel ini sampai sejauh ini, mungkin Anda sudah cukup penasaran untuk besaran gaji dari profesi satu ini.

Perlu diketahui jika besaran gaji seorang orang yang bekerja pada profesi ini sangat dipengaruhi oleh tugas yang diberikan, serta pengalaman yang mereka miliki. Selain itu, pembayaran gaji mereka juga cukup variatif, ada yang per hari hingga per bulan.

Untuk seorang surveyor pemula yang baru merintis karir mempunyai kisaran gaji antara Rp2.500.00 hingga Rp5.000.000. Sementara untuk mereka yang sudah memiliki pengalaman panjang atau jam terbang tinggi dari 5 hingga 10 tahun pengalaman kerja mempunyai kisaran gaji Rp10.000.000.

Selain itu, ada juga surveyor yang dibayar harian. Perlu diketahui jika besaran gaji ini bisa sangat berbeda-beda, tergantung pada periode survey yang dilakukan. Kisaran gaji profesi ini dalam satu hari bisa mencapai Rp150.000 hingga Rp500.000.

Karena tugas dan tanggung jawab pada berbagai bidang sangat berbeda, untuk kisaran gaji profesi satu ini bisa sangat berbeda.

Inilah ulasan mengenai profesi surveyor dari pengertian, tugas dan tanggung jawab, hingga besaran gaji yang bisa kami bagikan pada Anda. Apakah Anda tertarik untuk terjun di profesi satu ini?

Apabila Anda menyukai pekerjaan yang mengharuskan terjun di lapangan dan juga tantangan selama kerja di lapangan, mungkin Anda cocok dengan profesi satu ini. Sampai jumpa pada artikel berikutnya!

Optimalisasi Keterlibatan Karyawan dan Tingkatkan Kinerja Tim Anda dengan SAP SuccessFactors

Jangan lewatkan kesempatan ini untuk membentuk masa depan talenta Anda lebih baik. Temukan potensi penuh dengan SAP SuccessFactors sekarang!

Hubungi SalesDemo Gratis Sekarang
agus

Categories:

Uncategorized

Share on:

To the top

Related Posts

Recent Posts