Digitalisasi Dunia Pendidikan

Weefer x Lark x LLDIKTI IX: Inisiatif Digitalisasi Dunia Pendidikan

Krisis akibat pandemi Covid-19 tidak hanya menghantam industri semata, namun juga berdampak besar terhadap dunia pendidikan. Hal ini membuat kita yang peduli akan nasib pendidikan di negeri ini harus mulai memikirkan inisiatif khusus untuk mendorong proses digitalisasi di dunia pendidikan berjalan lancar.

Tentunya tidak dimungkiri lagi, pandemi mengarahkan digitalisasi di dunia pendidikan harus terus digalakkan secara sempurna. Hal ini penting agar pembelajaran jarak jauh semakin efektif dan efisien, karena metode tatap muka secara langsung berisiko buruk jika tetap dipaksakan selama pandemi.

Oleh karena itu, dengan adanya inisiatif kerja sama antara PT Weefer Indonesia bersama LLDIKTI wilayah IX, Sulawesi-Gorontalo melalui platform kolaboratif all-in-one, Lark Suite ini, diharapkan mampu membawa langkah atau proses digitalisasi di dunia pendidikan berjalan dengan lancar tanpa kendala.

Mengapa inisiatif kerja sama digitalisasi dunia pendidikan ini begitu penting?

Digitalisasi Dunia Pendidikan

Pandemi telah menciptakan revolusi super cepat terhadap digitalisasi di dunia pendidikan. Jika sebelumnya di dalam metode pendidikan konvensional, digitalisasi diukur hanya dalam beberapa proses tertentu, maka kini digitalisasi memiliki peranan vital di dalamnya.

Opsi yang selama ini dianggap solusi darurat kini menjadi solusi utama yang harus kita dukung secara penuh. Hal ini tentu menjadi tantangan tersendiri bagi setiap instansi pendidikan agar proses belajar mengajar tetap berjalan efektif sebagaimana mestinya.

Dari 17 universitas yang terdata dalam inisiatif kerjasama ini, terdapat sekitar 46 ribu lebih mahasiswa ditambah dosen dan staf kampus yang turut berpartisipasi. Mereka berharap agar kerjasama ini membawa dampak yang sangat baik akan tradisi belajar mengajar selama pandemi ini terjadi.

Tentunya inisiatif ini juga dilakukan untuk mendorong proses digitalisasi di dunia pendidikan berjalan sempurna dan proses belajar mengajar dari jarak jauh tidak lagi terkendala. Tidak hanya itu, kerjasama ini diharapkan bisa menjadi rujukan berkesinabungan akan modernisasi dan masa depan dunia pendidikan pasca pandemi ini.

Untuk itu, Weefer hadir memperkenalkan Lark sebagai platform dengan tools kolaborasi all-in-one yang mendukung proses digitalisasi dunia pendidikan di era digital berjalan dengan tepat dan juga efisien.

Bagaimana pengalaman belajar jarak jauh bisa berjalan dengan lancar bersama Lark?

Lark adalah tools pembelajaran jarak jauh yang direkomendasikan secara langsung oleh UNESCO. Platform ini menghadirkan masa depan pendidikan dengan fitur-fitur terbaik yang dapat memudahkan proses kolaborasi antar peserta didik dan tenaga pengajar berjalan dengan mudah dari jarak jauh.

Anda juga dapat menggunakan Lark untuk melakukan proses streaming pembelajaran, fokus group diskusi, pengerjaan tugas, pengeditan dokumen (tugas) secara bersamaan, membuat catatan pembelajaran, dan mengelola jadwal kelas, serta lain-lainnya.

Lark dibuat untuk guru, dibuat untuk para peserta didik, dan dibuat untuk semua

Sebagaimana yang dikeluhkan oleh beberapa siswa dan juga tenaga pengajar sejauh ini. Belum adanya platform memadai untuk mendukung remote learning, baik secara internal maupun external membuat Lark layak menjadi pertimbangan utama. Sementara itu Zoom, platform yang biasa digunakan hanya bisa melakukan video conference semata.

Hal ini juga dipertegas dengan kejadian pada September 2019 silam, saat kabut asap menyelimuti kota Pekanbaru, Provinsi Riau. Dengan Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU) berada di angkat 700, sehingga menyebabkan sekolah dan pusat bisnis mengalami dampak yang cukup signifikan kala itu.

Salah satu instansi yang terdampak adalah Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN Suska) Riau yang memiliki 9 fakultas dengan jumlah mahasiswa 30.000 lebih. Tidak ingin perkuliahan terhenti begitu saja, Siti Ramadhani selaku staf pengajar jurusan IT di Universitas tersebut mencoba mencari solusi all-in-one yang dapat membantu proses belajar mengajar tetap berjalan meski dari jarak jauh.

Berawal dari saran seorang rekannya, Siti memahami dan mengenal Lark sebagai platform yang tepat untuk memecahkan solusi akan masalah yang saat itu mereka alami. Kombinasi modul yang mumpuni seperti: messenger, video conferencing, pembuatan dan pengkreasian dokumen serta pengeditan secara bersamaan, juga cloud storage serta ruang kerja bersama adalah paket lengkap yang dibutuhkan kampus saat itu.

Hal lainnya, aksesibilitas dan kapabilitas penuh Lark di perangkat seluler juga memudahkan mahasiswa mengaksesnya kapan pun dan di mana pun mereka berada.

Berikut panduan umum bagaimana Lark bisa membantu proses digitalisasi di dunia pendidikan berjalan lancar

👩‍🏫 Panduan untuk tenaga pengajar:

Pindahkan kelas Anda secara online. Mulailah segera pembelajaran jarak jauh Anda dengan mudah.

Q: Bagaimana cara membawa kelas jarak jauh saya menuju Lark?

A: Anda siap untuk bergabung dengan kecepatan akses digital di era revolusi pendidikan 4.0? Klik langsung link di akhir artikel ini, karena hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mendaftarkan sekolah Anda terlebih dahulu, dan itu hanya dalam beberapa menit.

Nantinya tim profesional kami akan mengarahkan Anda tentang tata cara memulai sekolah dan kelas secara online.

Digitalisasi Dunia Pendidikan

Q: Bagaimana cara mengelompokkan siswa dalam kelas yang berbeda dan mengatur komunikasi?

A: Mulailah mengelompokkan peserta didik dengan membuat grup obrolan sesuai kelas mereka masing-masing. Dengan pengelompokkan ini Anda dapat membagikan materi pembelajaran, tugas, dan dokumen lainnya per kelas melalui kontrol akses yang sederhana.

Sementara itu jika Anda memiliki daftar siswa yang terpisah untuk setiap kelas atau kelompok siswa, maka Anda bisa membuka Lark Admin Console dan mengurutkan peserta didik berdasarkan kelas yang berbeda di bawah kelompok User and Department.

Grup Department secara instan dibuat untuk setiap kelas, sehingga memungkinkan Anda mengelola siswa dengan mudah di semua kelas dan secara otomatis bisa menambahkan peserta baru.

Digitalisasi Dunia PendidikanQ: Kelas telah saya buat dan bagaimana caranya agar saya dapat mengundang lebih banyak guru dan juga peserta didik?

A: Anda dapat mengirimkan mereka undangan melalui email atau nomor telepon. Cukup klik Invite Member seperti yang tertera pada gambar di bawah ini. Selain itu Anda juga bisa membagikan QR code atau Team code. Kemudian, jika Anda ingin menambahkan anggota dengan jumlah yang banyak, Anda dapat mengimpornya melalui Administrator Console.


Q: Bagaimana cara bergabung dalam kelas sebagai siswa atau guru?

A: Ada banyak cara untuk bergabung dengan dalam kelas melalui Lark. Anda dapat melakukannya dengan memindai QR code, atau cukup masuk dalam Team code yang telah dibagikan oleh admin.

Selain itu, Anda juga bisa bergabung melalui tautan link yang dikirim melalui email. Ikuti tautan tersebut untuk mengunduh Lark, instal dan kemudian tinggal langsung bergabung dengan kelas.

👨‍🎓 Panduan untuk peserta didik:

Kelola tugas sekolah atau kuliah Anda dan fokus pada pencapaian yang Anda harapkan. Lark akan membantu Anda dengan tools yang Anda butuhkan.

Q: Saya menerima tautan atau undangan dari dosen, bagaimana caranya agar saya bisa bergabung dengan kelas?

A: Pertama, unduh Lark di laptop atau smartphone Anda dengan memindai QR code atau Team code yang telah Anda terima. Selain itu, jika Anda telah menerima undangan melalui email atau pesan di ponsel, Anda bisa langsung mengikuti tautan tersebut dan mengunduh Lark agar segera bisa bergabung dengan tim atau kelas.

Q: Bagaimana caranya agar saya bisa mengetahui jadwal kelas dan jadwal teman sekelas saya untuk mengatur pertemuan dan tetap teratur?

A: Anda dapat menggunakan Kalender Terpadu yang telah disediakan oleh Lark. Dengan ini Anda dapat memiliki kalender tunggal dengan tampilan multiple yang dapat ditindaklanjuti dengan mencatat jadwal pertemuan, memulai obrolan khusus, dan banyak lagi. Semuanya langsung Anda dapatkan dari undangan rapat yang Anda terima.

Q: Bagaimana caranya agar saya bisa menyimpan semua materi pembelajaran dengan aman karena semuanya dalam bentuk salinan digital?

A: Anda bisa menggunakan Lark drive. Semua menjadi lebih tertata rapi tanpa harus melihat dokumen yang berantakan atau tugas yang berhamburan di mana-mana. Semua ada di dalam cloud yang tersedia hanya dalam satu klik.

Digitalisasi Dunia Pendidikan

Q: Bisakah saya mengakses Lark saat bepergian?

A: Lark tersedia dalam aplikasi mobile. Semuanya diciptakan sedari awal agar efektif baik di laptop atau pun di smartphone. Fungsinya yang sama akan tetap memberikan Anda keleluasaan dalam melakukan proses belajar mengajar meski saat bepergian.

Bersama Lark Anda bisa menjalankan kelas jarak jauh dengan mudah

Kini Anda bisa berbagi ilmu kapan pun dan di mana pun dengan mudah.

Q: Bagaimana saya bisa mulai melakukan pembelajaran online?

A: Anda bisa memulainya dari Lark video conference. Melalui fitur ini, ruang kelas virtual tidak lagi menjadi kelas satu arah yang membosankan. Hanya dengan satu klik, dosen dan mahasiswa bisa masuk ke ruang kelas virtual dan memulai pembelajaran interaktif di mana pun berada.

Lark video conference juga memungkinan dosen melakukan presentasi secara virtual melalui fitur Lark screen sharing. Seketika mahasiswa dapat melihatnya di layar mereka masing-masing. Selain itu, bagi peserta didik yang tidak bisa mengikut kelas. Rekaman juga tersedia di mana bisa mereka akses dengan sendirinya.

Digitalisasi Dunia Pendidikan

Q: Bagaimana caranya agar saya bisa berbicara dengan banyak orang dalam kelas virtual?

A: Anda bisa menggunakan fitur Lark live streaming. Dengan ini tidak sekadar bisa melakukan kuliah atau kelas online, akan tetapi fitur ini juga bisa difungsikan untuk seminar secara live streaming.

Setelah Anda memulai live streaming, cukup bagikan tautan Anda kepada para peserta didik dan Anda tinggal berbicara di depan semuanya setelah mereka bergabung.

Digitalisasi Dunia Pendidikan
Q: Bagaimana caranya agar saya bisa memberikan kuis dan mengumpulkan jawaban di Lark?

A: Cukup gunakan fitur Qoll App. Aplikasi ini langsung terintegrasi dengan Lark. Qoll akan membantu Anda membuat kuesioner, survei, dan kuis dengan mudah, serta mengumpulkan jawaban secara instan.

Ini merupakan tools yang sempurna untuk memberikan tugas setelah kelas selesai, atau mengumpulkan feedback dan melakukan survei. Anda juga bisa menggunakan fitur ini sebagai kuis cepat seperti kuis pop up selama proses belajar mengajar sedang berjalan.

Q: Bagaimana cara memastikan agar pengumuman sekolah dilihat oleh semua orang?

A: Anda bisa menggunakan fitur Lark announcement. Dengan ini Anda dapat memperkuat basis informasi utama melalui permintaan yang terukur. Pengumuman akan muncul dalam bentuk notifikasi yang meminta setiap penerima untuk mengetahuinya.

Dengan menggunakan Lark komunikasi antara tenaga pengajar dan peserta didik menjadi lebih sederhana. Anda bisa menggunakan fitur-fitur seperti messenger, pembuatan grup kelas dan kelompok tugas untuk memperkaya kolaborasi Anda antara sesama teman sekalas.

Dengan Lark kegiatan belajar mengajar dari jarak jauh kini akan terasa lebih menarik, karena fitur video conferencing dapat memuat jumlah partisipan yang cukup banyak. Pun untuk fitur Kalender Lark dapat difungsikan untuk membuat jadwal belajar mengajar serta pertemuan virtual menjadi lebih tertata.

Pada dasarnya Lark hadir dengan ragam fitur yang dibuat untuk mempermudah proses belajar dari jarak jauh menjadi lebih mudah.

Selain itu beberapa universitas terkemuka dan instansi pendidikan sejenis baik Indonesia maupun di beberapa negara di dunia juga telah menjadikan aplikasi ini sebagai platform yang mendukung sistem e-learning mereka. Sebut saja di antaranya yaitu: Universitas Atma Jaya, Universitas Pohuwato, UIN Suska Riau (Indonesia), Stanford International University, Walailak University (Thailand), MPTA Education (India), IB Academy dan IB Next, Kolej Megatech (Malaysia), dan masih banyak lagi.

Tertarik untuk membangun ruang kelas virtual dengan Lark serta mendukung proses digitalisasi dunia pendidikan di Indonesia? Konsultasikan segera dengan tim profesional kami melalui link di bawah ini.

Get It Free