Aplikasi Conference Gratis

6 Keunggulan Lark: Aplikasi Conference Gratis dengan Fitur Kolaboratif

Jauh sebelum kita dimudahkan dengan ragam aplikasi conference gratis seperti saat ini, pada tahun 1968 oN-Line System (NLS) telah bisa melakukan program video conferencing untuk pertama kalinya.

Saat itu NLS mengkolaborasikan sistem komputer yang sangat revolusioner di zamannya. Kolaborasi tersebut hari ini kita kenal dengan sistem “multi-user”. Sistem ini dirancang secara langsung oleh Douglas Engelbart‒yang juga seorang pencipta tetikus (mouse).

Banyak menuai apresiasi, rancangan Engelbart mulai diterapkan para peneliti di Augmentation Research Center (ARC) Stanford Research Institute (RSI).  Hingga kemudian NLS dianggap sebagai komputer berkonsep masa depan yang seraya disebut dengan “The Mother of All Demos.

Penyebutan NLS bukanlah suatu yang salah alamat, karena NLS saat itu telah memiliki pemrograman yang dilengkapi dengan software dan hardware menggunakan link atau tautan hypertext, mouse, scan raster, monitor video dengan tampilan window, serta program-program presentasi dan aplikasi lainnya yang bisa kita nikmati dengan mudah hingga saat ini.

Beranjak dari penemuan tersebut, perkembangan teknologi komunikasi pun semakin membawa perubahan dari masa ke masa. Bentuk informasi yang disampaikan tidak lagi sebatas antar audio/video dua arah semata, akan tetapi semakin modern dengan sistem video conference dll.

Bahkan saat ini telah banyak tersedia aplikasi video conference gratis yang menyediakan ragam fitur kolaboratif. Semua aplikasi tersebut bisa dengan mudah Anda dapatkan dan unggah ke dalam layar pintar Anda.

Salah satu aplikasi conference gratis tersebut adalah Lark Suite. Aplikasi ini akan memudahkan Anda dalam melakukan pekerjaan remote work di masa-masa sulit seperti pandemi Covid-19. Prinsip yang dipakai Lark sangat sederhana, yakni memudahkan Anda dalam mengurus pekerjaan dari jarak jauh.

Demi memahami kebutuhan konsumen secara global, Lark melengkapi platform mereka dengan ragam fitur kolaboratif seperti messenger, video conference, kalender untuk mengelola ragam keperluan dan reminder, kemudahan conference dengan sistem sharing screen dan proses berbagi dokumen pekerjaan, serta membantu Anda dalam menyesuaikan alur kerja internal perusahaan.

#Kenapa Anda layak memilih aplikasi conference gratis dari Lark Suite?

Dalam memilih aplikasi conference gratis tentunya kita perlu membincangkan segala fitur yang dipersembahkan oleh penyedia jasa platform tersebut.

Banyak fitur kolaboratif menarik yang disediakan Lark dan perlu untuk Anda ketahui. Satu hal lagi, semua fitur tersebut bisa Anda dapatkan secara gratis, tanpa embel-embel apapun.

Berikut beberapa fitur dari Lark yang layak Anda ketahui:

#1 Messenger

Ini merupakan fitur dasar yang hampir dimiliki oleh setiap aplikasi conference gratis.

Jadi apa kelebihan Lark Messenger?

Lark telah mengembangkan struktur yang ringkas dalam produk mereka. Fitur Messenger dirancang khusus untuk mendukung pola kerja jarak jauh, sehingga Anda memiliki kemudahan dalam berbalas pesan, serta mengakses informasi kontak yang tersedia.

Dalam fitur ini Anda dapat membuat grup dengan partisipan melebihi 5000 orang. Layaknya platform lain, fitur ini juga dilengkapi dengan sistem emoji, serta keleluasaan dalam berkomunikasi melalui text/audio/video call.

Tidak hanya itu, Anda dapat memeriksa jadwal anggota grup serta membagikan dokumen kepada setiap anggota. Anda juga dapat menggunakan fitur “pin-up” pada pesan, file, atau dokumen penting yang telah dibagikan. Semua itu untuk memudahkan Anda dalam mencari ulang pesan dan dokumen penting tersebut.

Terakhir, Lark Messenger dapat menerjemahkan pesan melebihi dari 100 bahasa.

Gimana? Sebagai aplikasi conference gratis, tentunya Lark sangat layak untuk Anda gunakan.

#2 Audio/video Conference

Fitur audio/video conferencing Lark akan memudahkan Anda dalam melakukan meeting perusahaan. Fitur ini sangat adaptif dalam mendukung sistem kerja jarak jauh selama masa pandemi Covid-19.

Anda dapat melakukan sharing screen selama conference berlangsung dan berbagi dokumen pekerjaan, baik menggunakan komputer maupun perangkat smartphone.

Tak hanya itu, dokumen yang telah dibagikan dapat diedit secara bersamaan dengan anggota lainnya. Menariknya, seluruh perubahan yang Anda edit akan tersimpan di cloud storage Lark Drive dengan kapasitas 200GB (cloud ini tersedia dalam versi gratis).

Selama conference berlangsung, Anda juga dapat merekam percakapan untuk keperluan dokumentasi perusahaan. Setiap audio/video yang direkam akan disimpan dalam format file MP4.

Fitur menarik lainnya yakni autosubtitles (terjemahan) yang bisa Anda aktifkan selama audio/video conference berlangsung. Nantinya, ketika auto-subtitles diaktifkan maka suara peserta akan dikonversi ke dalam bentuk text saat itu juga.

video conference subtitle

Sudah pasti, Lark merupakan aplikasi conference gratis yang layak untuk Anda coba.

#3 Calendar

Sebagai aplikasi conference gratis, Lark menyediakan fitur kalender dengan fungsi yang menarik. Anda dapat menggunakannya untuk menjadwalkan meeting perusahaan. Nantinya akan muncul reminder berupa calendar assistant pada setiap karyawan yang telah Anda ikut sertakan dalam meeting tersebut.

Kalender ini juga bisa Anda bagikan pada setiap anggota yang Anda inginkan, dan setiap anggota akan memiliki kemudahan akses terhadap kalender. Dengan mudah Anda akan dapat melihat jadwal meeting setiap karyawan atau menambahkan jadwal lainnya yang diinginkan.

Lark: Aplikasi Conference Gratis

Satu hal lagi, setelah meeting selesai Anda dapat membuat catatan khusus tentang isi meeting. Nantinya hasil notulensi dari meeting tersebut dapat diakses dengan mudah oleh setiap peserta yang telah Anda tandai namanya.

#4 Docs

Fitur Docs akan memberikan Anda keleluasaan dalam membuat dokumen, sheet, dan tools lainnya. Anda juga bisa mengunggah konten multimedia berkapasitas besar hingga 4GB seperti gambar, video, grafik, bahkan grup chat dan polling.

Lark Docs akan mengintegrasikan semuanya secara online dan menyimpannya dalam cloud sebesar 200GB untuk setiap perusahaan. Anda dapat menyimpan file dengan aman di cloud ini.

Secara fleksibel Anda juga dapat mengkonfigurasikan izin terhadap dokumen tersebut agar orang lain dapat melihat, mengedit, mengomentari, berbagi dll.

Lark menciptakan aplikasi conference gratis dengan fitur kolaborasi yang sangat efisien, aman dan nyaman untuk Anda gunakan.

#5 Workplace

Fitur Lark Workplace akan memudahkan Anda dalam menyesuaikan alur kerja internal perusahaan.

Beberapa kemudahan seperti proses persetujuan kerja, penggantian biaya pribadi, cuti dan sistem kehadiran atau presensi tanpa harus membuat kode atau membeli software tambahan akan Anda dapat dalam aplikasi conference gratis ini.

Lark: Aplikasi Conference Gratis

#6 End-to-end encryption

Lark merupakan platform kolaborasi digital gratis dan sangat praktis. Aplikasi ini dilengkapi dengan sistem end-to-end encryption (E2EE). Sesuai namanya (End to End) berfungsi untuk melindungi data yang Anda miliki dan hanya bisa dibaca dari dua ujung saja (sisi si pengirim dan si penerima). 

Tentunya ini sesuatu yang penting, jika platform yang Anda pilih tidak dilengkapi E2E Encryption, maka akan besar kemungkinan pihak-pihak tertentu turut menguping komunikasi yang sedang Anda lakukan, bahkan itu penyedia jasa telekomunikasi dan internet sekalipun.

6 Keunggulan Lark: Aplikasi Conference Gratis dengan Fitur Kolaboratif

Secara sistem, aplikasi conference gratis ini memiliki transmisi data enkripsi dengan algoritma AES 256 yang dilengkapi dengan Key Management Service (KMS). 

Baca Juga: 5 Manfaat Penting Talent Management Bagi Perusahaan

Lark Suite adalah aplikasi digital conference gratis dengan fitur kolaboratif yang patut Anda pertimbangkan.

Platform ini sangat direkomendasikan bagi Anda yang menginginkan ragam kemudahan dan kesederhanaan saat berkomunikasi dari jarak jauh untuk keperluan kerja.

Selain itu, Lark juga memiliki keamanan ekstra berupa end-to-end encryption yang akan membuat komunikasi Anda menjadi lebih aman tanpa takut terkena bombing seperti platform lainnya.

Tertarik untuk mencoba aplikasi Lark secara GRATIS?

Get It Free