Alternatif Google Docs

7 Aplikasi Alternatif yang Dapat Menggantikan Google Docs

Bisa jadi, selama ini Anda memiliki kecemasan mendasar ketika menggunakan Google docs, misalnya seperti ketakutan bahwa data pribadi Anda akan dimanfaatkan, atau Anda ingin sebuah kenyaman baru dan tidak ingin semua data Anda disimpan dalam Google docs. Sementara itu, sebagian orang memiliki pemikiran bahwa Google docs bagus dalam hal ini, akan tetapi mereka butuh aplikasi alternatif dengan tools lengkap, tidak sekadar menyimpan dokumen semata.

Apapun itu, ini bukan tentang barisan orang-orang yang pernah kecewa atau patah hati dengan Google docs. Akan tetapi tentang membuka peluang lain akan aplikasi alternatif yang mungkin dapat Anda pertimbangkan. Jadi, jika Anda menginginkannya, mari kita lanjutkan.

Apa saja aplikasi alternatif yang dapat menggatikan Google docs?

Dewasa ini telah banyak tersedia jenis layanan cloud computing seperti Software as a Service (SaaS). Layanan ini cukup beragam dan jumlahnya cukup banyak. Tentunya ini dikembangkan untuk memudahkan Anda dalam memenuhi kebutuhan bisnis maupun personal.

Berikut beberapa aplikasi alternatif yang layak Anda coba untuk menggantikan peran Google docs.

1. Lark Suite

Aplikasi Alternatif yang Dapat Menggantikan Google Docs

Komunikasi yang baik tentunya akan menghasilkan hal yang baik, begitu juga dengan komunikasi yang buruk tentunya akan menghasilkan hal yang tidak pernah Anda inginkan. Di sinilah pentingnya sebuah platform komunikasi kolaboratif untuk kelancaran bisnis Anda. Jika Anda membutuhkan sesuatu yang lebih dari sekadar penyimpanan, maka ini layak untuk Anda coba.

Selain menyediakan banyak cloud storage, Lark menawarkan fitur lengkap untuk memudahkan pengelolaan bisnis, dan juga mendukung sistem work from home selama pandemi Covid-19. Kemudian, Lark juga menawarkan fitur tambahan seperti call conferencing dan video conferencing, messenger, pembuatan kalender serta dokumen secara interface dalam rangka menyuguhkan platform produktivitas all-in-one.

Tidak hanya menawarkan ruang penyimpanan yang besar, Lark juga dilengkapi dengan algoritma enkripsi yang canggih serta rotating encryption key di bawah pengelolaan Key Management Service (KMS) dari Amazon Web Service untuk memastikan dokumen dan file Anda selalu aman serta mudah diakses.

Hal menarik lainnya, Lark dilengkapi dengan fitur terjemahan bahasa otomatis sehingga memungkinkan untuk digunakan bagi Anda yang memiliki perusahaan multinasional, karena bisa disesuaikan dengan kebutuhan bahasa masing-masing tim Anda.

Platform yang digunakan: Windows, OSX, Android, iOS, Cloud

Ruang penyimpanan gratis: Lark versi gratis memberi cloud penyimpanan sebesar 200 GB dengan tambahan unlimited fitur docs & sheets. Selain itu, Lark juga memiliki chat group dengan kapasitas hingga 5000 participant.

Harga: Secara keseluruhan Lark Suite menawarkan kepada Anda paket full gratis sejak masa pandemi Covid-19 ini. Hal yang jarang akan Anda temukan pada penyedia jasa lain dan sejenisnya.

2. Dropbox

Aplikasi alternatif Google docs

Orang-orang menyebut layanan ini sebagai the original player. Dan ya, Dropbox bisa dikatakan sebagai layanan yang cukup populer sebagai alternatif pengganti Google docs. Dalam banyak pernyataan, orang-orang mengandalkan Dropbox karena kemudahan dalam berbagi file. Akan tetapi fungsinya di luar itu sangatlah terbatas.

Sementara itu, Dropbox khusus bisnis diluncurkan untuk menawarkan fitur tambahan seperti memungkinkan terjadinya kolaborasi tim untuk membagikan dokumen, mengelola dan mengontrol dokumen secara bersama‒Anda dapat membuat pengaturan read only atau edit pada dokumen.

Hanya saja, perlu untuk dicatat bahwasanya Dropbox tidak menawarkan sistem keamanan end-to-end encryption kepada Anda. Artinya besar kemungkinan file Anda akan dapat dilihat oleh pihak lain.

Platform yang digunakan: Windows, Linux, OSX, Android, iOS, dan Windows Phone.

Ruang penyimpanan gratis: Akun Dropbox tipe personal memiliki ruang penyimpanan gratis 2 GB, akan tetapi bisa meningkat hingga 18 GB jika Anda bisa menyelesaikan beberapa persyaratan, seperti: mengajak teman untuk menggunakan Dropbox atau memposting tentang Dropbox di akun media sosial Anda.

Harga: Dropbox khusus bisnis menawarkan uji coba gratis selama 30 hari dengan versi berbayar dimulai dari $ 12,50 – $ 20/user per bulan. Harga dipatok berdasarkan jumlah penyimpanan dan fitur keamanan yang dibutuhkan.

3. Tresorit

7 Aplikasi Alternatif yang Dapat Menggantikan Google Docs

Apakah keamanan alasan utama Anda ketika hendak mencari alternatif lain sebagai pengganti Google docs? Jika iya, aplikasi ini layak untuk Anda coba. Bagaimana tidak, aplikasi cloud computing online berbasis di Swiss dan Hungaria ini dengan sangat bangga menekankan keamanan pada data enkripsi untuk bisnis maupun individu.

Bahkan tak tanggung-tanggung, aplikasi yang didirikan pada 2011 oleh Istvan Lam ini menantang semua orang yang bisa memecahkan kode enkripsi yang mereka punya dengan bayaran sebesar $ 50,000, dan sejauh ini belum ada yang bisa.

Cloud storage pada Tresorit ditengarai memiliki enkripsi tingkat militer dan kriptografi kunci publik sebelum mereka meninggalkan perangkat yang Anda miliki. Hal ini dilakukan untuk mencegah karyawan Tresorit mengakses file yang Anda miliki.

Kalau ini belum cukup, maka Anda akan diyakinkan lagi dengan kemantapan bahwa pusat data mereka berada di bawah yurisdiksi Swiss yang sudah pasti mengikuti aturan General Data Protection Regulation (GDPR), sehingga sulit bagi siapa pun yang bahkan jika memiliki kapasitas hukum untuk mengakses data Anda tanpa persetujuan.

Platform yang digunakan: Android, iOS, Windows, macOS, dan Linux.

Ruang penyimpanan gratis: Paket dasar penyimpan yang akan Anda dapatkan yaitu sebesar 3 GB, dan juga memungkinkan Anda mengakses file dari 2 perangkat berbeda.

Harga: Untuk paket pribadi memiliki harga $10.42/bulan dan $24/bulan, dengan kapasitas penyimpanan masing-masing 200 GB dan 2000 GB, dilengkapi akses tambahan untuk perangkat dan fitur keamanan. Sementara itu untuk tim/perusahaan, harga berkisar 12-$24/user/bulan tergantung pada kebutuhan penyimpanan dan jumlah tim Anda.

4. pCloud

7 Aplikasi Alternatif yang Dapat Menggantikan Google Docs

Tidak ingin kalah dengan Tresorit, pCloud meningkatkan tawaran sebesar $100,000 kepada siapa saja yang dapat memecahkan enkripsi mereka. Hingga saat ini dikabarkan masih belum ada juga yang berhasil. Ini bisa menjadi alternatif lain bagi Anda yang lebih ingin mencari perangkat aman di luar Google docs.

Selain pengamanan yang kuat, pCloud juga user friendly. Dengan real-time backup dan sinkronisasi yang tersedia pada file Anda, ditambah lagi akses mudah untuk menggunakannya melalui perangkat apapun.

Platform yang digunakan: Android, iOS, Windows, dan macOS.

Ruang penyimpanan gratis: Untuk versi pribadi akan diberikan cloud gratis dengan kapasitas penyimpanan sebesar 5 GB.

Harga: Untuk paket pribadi berkisaran $60-$96/tahun, dan kapasitas penyimpanan disesuaikan antara 200 GB hingga 2 TB. Untuk paket bisnis, dibanderol seharga $5-$20/user per bulan dan dilengkapi dengan paket tambahan lainnya.

5. Mega

Mega Logo

Mega merupakan alternatif pengganti Google docs yang bisa Anda gunakan untuk penyimpanan pribadi dan juga bagi Anda yang tidak ingin mengeluarkan biaya penggunaan. Selain itu, cloud storage yang berbasis di Selandia Baru ini juga sedang menyiapkan tools komunikasi dan kolaborasi dengan fitur keamanan yang juga kuat.

Platform yang digunakan: Android, iOS, Windows, macOS, dan Linux.

Ruang penyimpanan: Akun gratis Mega dilengkapi dengan penyimpanan sebesar 50 GB.

Harga: Harga paket diselaraskan dengan peningkatan kapasitas penyimpanan awal yang Anda inginkan, yakni dari $5.56 hingga $33.41 per bulan dengan kapasitas penyimpanan sebesar 200 Gb hingga 8 TB.

6. OneDrive

OneDrive Logo

Sebagai software terkenal di dunia yang menyediakan pembuatan dokumen, hal wajar jika Microsoft turut mengambil bagian untuk membuat layanan jasa penyimpanan berbasis cloud. Dengan OneDrive, Microsoft akan memudahkan Anda dalam melakukan transfer dokumen dari aplikasi yang mereka punya.

Untuk pengguna yang telah memiliki Office 365, OneDrive juga memungkinkan bagi Anda untuk berkolaborasi secara real-time dalam pengelolaan dokumen.

Platform yang digunakan: Android, iOS, Windows, macOS

Ruang penyimpanan gratis: Terdapat ruang penyimpanan gratis dengan nama OneDrive Basic sebesar 5 GB.

Harga: Harga akan dikenakan jika Anda meningkatkan penyimpanan dengan bandrol $1.99 per bulan. Jika paket tahunan Anda akan dikenakan biaya sebesar $69.99 atau $99.99 dengan penyimpanan sebesar sebesar 1 TB dan 6 TB, termasuk dengan fasilitas Office 365.

7. SpiderOak One

SpiderOak Logo

Aplikasi ini diluncurkan pada Desember 2007 silam. Bisa dikatakan cukup mirip dengan Google drive. Poin utama yang mereka tawarkan adalah pada sistem keamanan dengan end-to-end encryption dan zero-knowledge authentication.

SpiderOak membuat fitur mereka kurang mudah untuk dikostumisasi, sehingga membuat kurva pembelajaran sedikit lebih sulit. Namun pada akhirnya cukup sepadan dengan apa yang mereka tawarkan.

Selain itu, karena SpiderOak berbasis di Amerika Serikat, jadinya mereka tidak terlalu mematuhi aturan GDPR yang ketat. Meski tidak memungkinkan, akan tetapi hal ini tetap membuka ruang untuk akses yang tidak kita inginkan.

Platform yang digunakan: Android, iOS, Windows, macOS, dan Linux.

Ruang penyimpanan gratis: SpiderOak tidak menawarkan opsi gratis untuk ruang penyimpanan, akan tetapi mereka menawarkan uji coba gratis selama 21 hari untuk mencoba layanan mereka sebelum Anda memilih untuk membeli.

Harga: Aplikasi ini memiliki 4 tingkatan paket harga yang ditawarkan berdasarkan kategori ruang penyimpanan. $ 6/bulan untuk 150 GB, $ 11/bulan untuk 400 GB, $ 14/bulan untuk 2 TB, dan $ 29/bulan untuk 5 TB.

Seperti yang telah Anda baca dalam artikel ini, kini telah banyak tersedia aplikasi alternatif yang dapat Anda gunakan sebagai pengganti Google docs. Karena itu, ketika Anda mempertimbangkan untuk memilih aplikasi alternatif, hal pertama yang harus Anda pikirkan adalah kebutuhan perusahaan.

Apakah Anda membutuhkan sistem keamanan yang lebih? Apakah Anda ingin aplikasi dengan fitur kolaborasi yang mumpuni dan memudahkan komunikasi internal kantor? dan terakhir, berapa kisaran harga yang telah disiapkan oleh perusahaan Anda?

Jika Anda tertarik untuk memahaminya lebih lanjut, komunikasikan langsung dengan tim kami melalui link di bawah ini.

author
hendra mahyudi

Share on:

Categories:

Lark Suite