Panduan memilih software HRIS

Panduan Memilih Aplikasi HRIS di Indonesia

Sebelum mencari aplikasi HRIS, Anda membutuhkan panduan untuk memilih aplikasi HRIS mana yang kemungkinan sesuai dengan perusahaan Anda.

Anda perlu mempertimbangkan waktu yang digunakan dalam proses implementasi dan harga yang sesuai dengan budget yang disediakan.

Coba Aplikasi HRIS

Mari kita lihat secara rinci dimulai dari permasalahan yang ada.

Seberapa banyak job desc seorang HR manager?

  • Menganalisis laporan dan data gaji karyawan untuk menentukan rencana kompensasi yang kompetitif. 
  • Menyiapkan budget untuk operasional human resource. 
  • Menyiapkan laporan dan prosedur untuk mengurangi jumlah absen dan turnover karyawan
  • dst.

Mencari tools yang efektif untuk membantu pekerjan-pekerjaan tersebut tentu saja membutuhkan waktu. Anda perlu melakukan riset kecil seperti:

  • Mencari di Google “Aplikasi HRIS di Indonesia”.
  • Meneliti satu persatu mana produk dengan fitur yang paling Anda butuhkan. 
  • Mengajukan permintaan demo. 
  • Bekonsultasi dengan tim profesional.

Lalu, tim Anda perlu menjalani serangkaian proses implementasi. Biasanya, lama proses implementasi aplikasi HRIS disesuaikan dengan jumlah karyawan dan tingkat komplektisitas manajemen sistem.

Terlebih lagi Anda harus membayar mahal untuk waktu implementasi yang begitu lama.

Namun, Anda bisa saja memilih Software HR dengan waktu implementasi yang lebih singkat di mana Anda tidak perlu membayar mahal. 

Misalnya saja seperti Haermes X yang menyediakan proses implementasi lebih singkat yakni 5 minggu. Sehingga, tim Anda dapat kembali fokus dan mengerjakan pekerjaan yang lagi-lagi diharapkan peningkatannya dalam kecepatan dan efisiensinya. 

Modul yang dihadirkan pada Haermes X merupakan modul-modul utama yang dibutuhkan oleh tim HR. Berikut penjelasannya.

#1 Employee

Pada modul ini, Anda dapat mengelola informasi karyawan seperti informasi dasar (nama karyawan, tanggal bergabung dengan perusahaan, dan informasi personal lainnya). 

Kemudian, ada pula menu untuk pengelolaan data lainnya seperti pengalaman kerja, pendidikan, kontrak, dll. 

#2 Payroll

Anda dapat mengatur segala kebutuhan payroll (penggajian) pada menu ini. Mulai dari pembuatan formula payroll, penghitungan gaji, kompensasi, BPJS, dan PPh 21. 

Selain itu, Anda juga dapat menggunakannya untuk menerbitkan format bank transfer. Sehingga, Anda bisa langsung mengunduh format tersebut dan mengunggahnya ke sistem bank terkait. 

#3 Attendance

Pengelolaan data kehadiran karyawan dapat Anda lakukan melalui modul ini. Mulai dari pengaturan formula attendance, auto impor data dari mesin kehadiran (Anda juga bisa mencoba Haermes mobile untuk absensi online :D).

#4 Employee Self-Service (ESS)

Karyawan Anda dapat melihat seluruh daftar kehadiran mereka pada modul ini. Mengajukan cuti juga bisa dilakukan secara online. 

Kebutuhan Anda seperti mengajukan cuti, menyetujui pengajuan cuti, pengaturan jadwal shift, OT, melihat seluruh data kehadiran, mengisi data kehadiran yang terlewatkan, dan masih bisa Anda tambahkan sesuai kebutuhan. 

(Tambahan) ESS Mobile

ESS juga tersedia dalam mobile version sehingga Anda dan tim lainnya dapat melakukan attendance online dan mengajukan cuti dari mana saja. 

Dengan begitu, Anda bisa menikmati seluruh kemudahan ini lebih cepat dengan Haermes X. Karena, kami paham bahwa tim HR butuhnya sekarang.

Mau coba Haermes X?

Coba Sekarang

Simillar post