Webcast: Masa Depan Dunia Kerja di Era New Normal dan Sesudahnya

Dunia kini masih bergumul dengan krisis yang disebabkan pandemi Covid-19. Hampir segala sektor kehidupan mengalami dampak yang sama akibat virus ini. Tidak ada solusi tunggal yang dapat dipertahankan. Masa depan dunia kerja di era new normal sedang dipertaruhkan.

Kendati begitu, saat krisis terjadi kita masih bisa melihat beberapa perusahaan multinasional bergerak menyesuaikan diri. Pekerja mulai diizinkan bekerja dari rumah. Bahkan raksasa media sosial, Facebook dan Twitter telah memakemkan konsep work from home (WFH) meski kelak pandemi telah berakhir.

Di tengah arus perubahan saat ini, gaya hidup digital kini mulai diterapkan dalam ragam bisnis di dunia. Ketidakmampuan mengelola bisnis secara digital adalah kegagalan besar. Kini orang-orang telah mulai terbiasa bekerja dari rumah masing-masing. Begitu juga dengan bisnis, sudah selayaknya bisa dikelola secara fleksibel dari jarak jauh.

Ini kesempatan Anda untuk membuat bisnis dan karyawan Anda beradaptasi dengan cara kerja baru

Di awal 2020 International Data Corporation (IDC) telah mengidentifikasi bahwa 60% karyawan di seluruh wilayah membutuhkan mobilitas dalam bekerja. Memaksakan sistem bekerja di kantor adalah skenario yang layak untuk dihindarkan.

Hasil yang didapat IDC menunjukkan bahwa bekerja di luar kantor atau remote work lebih produktif daripada bekerja di kantor. Oleh karena itu, Anda kini memiliki kesempatan untuk menerapkan pola kerja baru ini dan membuat karyawan beradaptasi dengan mudah.

Selain data di atas, Asture Solution dalam survei online implementasi WFH (2020) juga menggambarkan bahwa hal yang berhubungan dengan proses rapat secara online (virtual meeting) selama pandemi ini berjalan dengan lancar dengan penggunaan aplikasi video conferencing yang semakin meningkat.

Penjabaran survei tersebut dilengkapi dengan parameter penghitungan berupa tingkat partisipasi pegawai (74,4%), frekuensi rapat yang memadai (84%), proses koordinasi yang lancar (76%), dan keterampilan pimpinan mengelola meeting (81%).

Meski aspek datanya dikategorikan bersifat teknis, akan tetapi Asture melengkapi kajian mereka dengan survei produktivitas karyawan selama work from home.

Dari hasil survei mereka ditemukan sebanyak 55% responden merasa produktif ketika WFH, sementara sisanya tidak setuju dengan sistem kerja di era pandemi ini.

Secara tidak langsung beberapa kajian di atas menggambarkan bahwa potensi perubahan pola kerja dari kantor menuju jarak jauh bisa saja akan semakin diminati ke depannya.

Jadi bagaimana mana masa depan dunia kerja di era new normal ini?

Dalam beberapa tautan di media sosial, orang-orang sering menyebut new normal (kebiasaan baru) dengan new working life (kehidupan atau sistem kerja baru), di mana kunci utamanya adalah adaptasi yang akan berpengaruh terhadap masa depan dunia kerja saat ini.

Bisa jadi di awalnya, ini semua memang tidak mudah karena kita butuh menyesuaikan kebiasaan hingga mendapatkan ritmanya. Akan tetapi, pasca pandemi ini mereda dan kita kembali pada keadaan normal berikutnya. Tentu ada kecenderungan kita harus kembali menyesuaikan diri kembali.

Jadi ini adalah peluang Anda untuk mengatur ulang kembali cara bisnis dioperasikan agar sesuai dengan protokol new normal dan pandemi yang tidak jelas kapan berhentinya.

Apa manfaat yang akan Anda dapatkan dalam webcast ini?

Tentunya banyak pemikiran yang muncul ketika secara mendadak dunia memaksa setiap pekerjaan dibawa ke rumah masing-masing karyawan. Atau, pernahkah Anda memikirkan cara agar norma baru WFH bisa efektif dan bermanfaat bagi perusahaan serta karyawan Anda?

Dalam hal ini, kami mengajak Anda untuk lebih dalam lagi membahasnya pada IDC & Lark Live Webcast 2020 dengan tema “Future of Work and the New Normal”.

Webcast ini diisi secara langsung oleh Simon Piff (Vice President, Security & Future of Work Practice, IDC Asia/Pacific) dan Joey Lim (Vice President of Sales, APAC, Lark) dengan pembahasan sebagai berikut:

  • Seperti apa penerapan norma kerja baru jarak jauh yang tepat untuk bisnis yang Anda punya?
  • Manfaatkan tools yang tepat untuk mengaktifkan sistem kerja jarak jauh sehingga memudahkan bisnis beroperasi dan pekerjaan menjadi kian efektif.
  • Kiat sukses dalam mengelola bisnis dari jarak jauh meskipun kelak pandemi telah mereda.

Tertarik untuk bergabung bersama kami dalam Lark Live Webcast ini?

Klik link di bawah ini dan daftarkan diri Anda sekarang juga.

Register Now

Mase Depan Dunia Kerja

PS: Webinar ini tidak menawarkan sertifikat elektronik apapun dan diselenggarakan secara gratis.

Simillar post