covid-19

5 Cara Mengelola Bisnis Kecil Di Saat Krisis COVID-19

Di tengah pandemi COVID-19 saat ini, dampak terbesar terjadi pada berbagai sektor bisnis. Pandemi ini merupakan tantangan untuk bisnis, berdampak pada arus kas, pelanggan, dan tentunya penurunan keuntungan. 

Lalu, apa yang akan terjadi setelah pandemi ini berakhir? 

Dari pada memikirkan kapan pandemi ini berakhir, lebih baik Anda menghadapi yang terjadi saat ini dengan sebaik-baiknya. 

Terutama untuk bisnis kecil, berikut 5 artikel yang kami kumpulkan untuk membantu Anda beradaptasi dengan krisis ini.

#1 Mengelola bisnis secara remote

Steve Strauss berbagi beberapa tips tentang bagaimana cara mengelola bisnis kecil secara remote pada artikelnya di USA Today. Pada artikel ini, Steve menuliskan tools apa saja yang dapat Anda gunakan untuk bekerja dan berkolaborasi secara remote. Sebagai tambahan, dia menuliskan tentang bagaimana mengelola karyawan yang bekerja dari rumah. 

#2 Tips untuk menghadapi kegelisahan dan tekanan

Coronavirus tentu saja membuat rutinitas kebanyakan orang terhambat dan tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi kedepannya. Amy Morin dari Business Insider memberikan 11 tips untuk menghadapi kegelisahan dan tekanan saat ini. Mulai dari membuat jadwal untuk menggantikan rutinitas biasanya, 11 strategi dari Amy dapat membantu Anda menjadi lebih kuat dalam menghadapi tantangan ini. 

#3 Tools dan layanan gratis untuk bisnis

COVID-19 tentunya sudah menghambat bisnis dalam skala besar di seluruh dunia. Tentu saja ini menjadi tantangan terutama bagi bisnis kecil. Banyak perusahaan teknologi seperti Atlassian, Okta, dan Tableau menawarkan tools dan layanan mereka secara gratis untuk bisnis agar dapat bertahan dalam situasi ini. Stephanie Condon dari ZDNet menuliskan ringkasan tools tersebut yang dapat Anda jadikan referensi.  

#4 Tips untuk Bisnis Kecil yang terkena dampak COVID-19

Sebagai pemilik bisnis kecil, beberapa minggu dalam pandemi coronavirus saja sudah berdampak banyak bagi bisnis dan karyawan. Aly Hess dari 3Rivers memberikan 7 tips yang dapat Anda lakukan. Misalnya seperti bagaimana carwa mengambil tindakan pencegahan, menjalankan operasi bisnis, berkomunikasi dengan pelanggan dan bagaimana Anda dapat mengajukan permohonan bantuan bisnis selama pandemi ini.

#5 Berkomunikasi secara efektif

Sebagai manusia, kita adalah makhluk yang memiliki kebiasaan. Sampai saat ini, kita merasa lingkungan kerja merupakan tempat paling efektif untuk menjalankan aktivitas harian. Karyawan pastinya juga lebih merasa nyaman saat berkomunikasi tatap muka. Namun, beberapa hari ini tentunya kebanyakan orang tidak dapat melakukan kebiasaan ini karena sebagian perusahaan mengharuskan mereka untuk bekerja dari rumah.

Chris Carosa, Senior Contributor dari Forbes, memberikan wawasan yang luar biasa. Dia mengutip beberapa contoh pemilik bisnis kecil yang saat ini menghadapi hal yang sama, yakni bagaimana berkomunikasi secara efektif antar karyawan dan sesama rekan kerja selama pandemi ini.  

Baca Juga: Kerja Dari Rumah: Gunakan 5 Aplikasi Ini Untuk Tetap Produktif
Masih banyak sebenarnya tools GRATIS yang dapat digunakan bagi bisnis kecil bahkan tidak hanya di pandemi COVID-19 saat ini. Misalnya seperti Lark, aplikasi yang satu ini dapat digunakan untuk memperlancar komunikasi antar karyawan dengan fitur chat, audio/video conference, dan masih banyak lagi.
Anda juga dapat menikmati aplikasi Freshdesk untuk kebutuhan customer service/customer support Anda. Aplikasi helpdesk yang satu ini dapat membatu Anda mengelola kebutuhan pelanggan dengan lebih baik lagi.
Kedua aplikasi dapat Anda akses secara GRATIS. Jadi, ingin mencobanya?

WhatsApp

Email