kerja dari rumah

Kerja Dari Rumah: Gunakan 5 Aplikasi Ini Untuk Tetap Produktif

Kerja dari rumah mulai diterapkan oleh banyak perusahaan saat ini. Dimulai pada minggu ke-2 bulan Maret 2020, #dirumahaja menjadi top trending hashtag hampir di semua sosial media.

Beberapa pekerja pada awalnya mungkin merasa kesulitan untuk menjalani pekerjaannya dari rumah karena keterbatasan fasilitas. Mengizinkan karyawan untuk menerapkan kerja dari rumah bahkan mustahil bagi beberapa bisnis. 

Namun, dengan menyadari kemajuan teknologi saat ini, kerja dari rumah justru dapat memberikan pengalaman baru bagi perusahaan dan karyawan. 

Tentu saja tren yang satu ini memberikan tantangan tersendiri. Sebagian perusahaan bertanya-tanya, “bagaimana karyawan bisa tetap produktif saat bekerja dari rumah?”, “bagaimana perusahaan dapat mengukur lama waktu karyawan bekerja?”, atau “bagaimana kelancaran kolaborasi tim?”.

Bagi Anda yang saat ini masih mencari tahu, berikut 5 fungsi aplikasi yang memiliki fitur-fitur penting untuk mendukung tren kerja dari rumah saat ini.

#1 Lark: Memperlancar Kolaborasi Tim

Dalam berkolaborasi, setiap tim membutuhkan tools yang dapat mempermudah komunikasi agar pekerjaan berjalan dengan lancar. 

Saat bekerja dari rumah, karyawan perlu berkirim pesan teks atau bahkan melakukan konferensi video untuk menggantikan pertemuan tatap muka.

Salah satu aplikasi untuk memperlancar kolaborasi tim Anda saat bekerja dari rumah adalah Lark

Aplikasi ini mendukung pengguna untuk berkirim pesan teks, melakukan panggilan, dan melakukan konferensi video. Selain itu, pengguna dapat membagikan file dlam bentuk Docs dan Sheets ke sesama pengguna langsung dari dalam aplikasi ini. 

Sebagai tambahan yang tidak kalah penting, kalender mempermudah pengguna untuk menjadwalkan konferensi ke sesama pengguna Lark. 

Sehingga, membuat kerja dari rumah lebih efisien dan kolaborasi tim berjalan lancar seperti biasanya. 

#2 Haermes: Mendukung Absensi Online

Bekerja dari rumah mempersulit proses pencatatan kehadiran karyawan?

Bagi sebagian perusahaan yang masih menggunakan mesin finger print untuk mencatat data kehadiran karyawan, kerja dari rumah menjadi pilihan yang pelik.

Mustahil untuk mengerahkan karyawan datang ke kantor hanya untuk mengarahkan jari mereka pada mesin dan kemudian pulang. 

Maka dari itu, aplikasi yang dapat melakukan pencatatan kehadiran secara online merupakan aplikasi yang sangat dibutuhkan bagi karyawan yang bekerja dari rumah. 

Saat ini, aplikasi HRIS yang tersedia dalam versi mobile juga menyediakan fitur mobile clocking. Salah satu aplikasi tersebut adalah Haermes. Aplikasi seperti ini tentu saja juga mempermudah tim HR karena walaupun bekerja dari rumah, tim HR tetap memiliki data yang jelas berapa lama karyawan bekerja dalam sehari. 

#3 Freshdesk: Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

Bisnis bukan hanya tentang meningkatkan produktivitas internal. Perusahaan juga perlu menjaga kelancaran hubungan dengan pelanggan. 

Tentu saja, pelanggan akan sangat membutuhkan tim customer support saat mereka juga menerapkan kerja dari rumah. Namun, bagaimana tim Anda dapat membantu sepenuhnya saat mereka juga bekerja dari rumah?

Dunia teknologi saat ini menuntut Anda untuk melakukan segala pekerjaan seefektif mungkin. Terlebih lagi customer support yang setiap hari nya menghadapi pelanggan untuk membantu mereka memecahkan masalah. Maka dari itu, customer support membutuhkan aplikasi helpdesk. Seperti Freshdesk, aplikasi ini memungkinkan customer support untuk bekerja dari rumah. Padahal, seharusnya mereka lah yang selalu menghabiskan waktu untuk berada di dekat pelanggan. Namun, dengan adanya Freshdesk, mendukung pelanggan dari jauh merupakan hal yang mungkin. 

Misalnya, fitur omnichannel pada Freshdesk. Fitur ini memungkinkan agen untuk menerima pesan dari pelanggan melalui berbagai channel. Dari manapun pelanggan Anda mengirimkan pertanyaan atau keluhan, Freshdesk dapat menampungnya di dalam satu aplikasi. Sehingga, tim Anda tidak perlu pindah dari satu aplikasi ke aplikasi lain dan menanggapi pesan pelanggan satu persatu.

Jadi, bekerja dari rumah bukan hal yang tidak mungkin dilakukan. Agen Anda tetap dapat mencapai kepuasan pelanggan sama seperti saat mereka bekerja di kantor.

#4 Freshchat: Memperlancar Komunikasi Eksternal

Bekerja dari rumah tidak bisa menjadi alasan terhambatnya komunikasi Anda dengan eksternal. Baik pengunjung website, calon pelanggan, dan mereka yang sudah menjadi pelanggan setia Anda pasti akan selalu membutuhkan tim customer support.

Lalu bagaimana Anda bisa melayani mereka seperti biasa selagi Anda berada di rumah?

Saat ini, tersedia banyak aplikasi live chat. Salah satunya adalah Freshchat. Aplikasi seperti ini sering kali disematkan pada website karena akan mempermudah siapapun untuk menghubungi Anda baik untuk bertanya perihal produk/layanan maupun mengajukan keluhan.

Aplikasi ini tentunya dilengkapi dengan chatbot, sehingga tim Anda tidak perlu siap siaga 24 jam untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan dasar. Jadi, bekerja dari rumah akan lebih mudah bukan?

#5 SAP SuccessFactors: Membantu Meningkatkan Skill Karyawan

Sejak awal, artikel ini membahas tentang bekerja dari rumah. Namun, apakah hanya bekerja saja yang dapat karyawan lakukan di rumah?

Jawabannya tentu tidak. 

Anda juga perlu memerhatikan perkembangan skill karyawan. Disela-sela waktu luang mereka, dunia bisnis tetap berjalan dan berkembang. Sehingga, Anda juga perlu menyediakan fasilitas bagi mereka untuk belajar dan meningkatkan skill profesional mereka. 

Misalnya, salah satu fitur yang dimiliki SAP SuccessFactors untuk membantu perkembangan karyawan adalah learning program.

Learning program pada Successfactors akan membantu karyawan menemukan sumber pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan kemampuan mereka. Sehingga, mereka dapat berkembang sesuai dengan posisi mereka masing-masing.

Jadi, mana aplikasi yang kira-kira paling Anda ingin coba untuk mendukung karyawan saat bekerja dari rumah?

Master Admin

Categories:

General

Share on:

To the top

Related Posts

Recent Posts