lebih-dekat-dengan-pelanggan-melalui-wa-business-api

Lebih Dekat dengan Pelanggan Melalui WA Business API

Apakah Anda telah familiar dengan aplikasi dan fitur WA business? WhatsApp Business merupakan salah satu aplikasi atau platform komunikasi yang khusus dikeluarkan WhatsApp untuk memudahkan komunikasi bisnis. 

Tahukah Anda bahwa Indonesia menjadi top 3 besar negara dengan pengguna aktif WhatsApp terbanyak? Berdasarkan laporan yang dirilis eMarketer, pengguna aplikasi berlogo hijau ini mencapai 112 juta pengguna aktif pada 2022.  

Tidak mengherankan, sebab menurut survey yang digelar We Are Social kepada penduduk Indonesia, WhatsApp menjadi aplikasi paling banyak dipakai (92,1%) dibandingkan dengan sosial media lain seperti Instagram (86,5%), Facebook (83,8%), dan Telegram (64,3%). 

Lantas, apa yang membedakan WhatsApp Messenger dengan WhatsApp Business? Jangan-jangan masih ada jenis layanan WhatsApp yang lainnya? Simak ulasan di bawah ini hingga tuntas.

Mengenali WA Business dan Apa yang Membedakannya dengan WA Biasa?

ilustrasi wa business pada perusahaan

Bagi Anda yang sedang memulai bisnis, tentu familiar dengan penggunaan WA for business. Apa yang membuatnya berbeda dari WA Messenger biasa? 

Mengapa sebaiknya para pebisnis memakai WA khusus untuk bisnis saja? Agar tidak semakin bingung, berikut ini penjelasan dari masing-masing produk WhatsApp untuk memudahkan komunikasi Anda.

  • WhatsApp Messenger 

Produk WA yang satu ini adalah yang paling umum digunakan, utamanya untuk penggunaan pribadi. Hampir mayoritas orang di Indonesia saat ini mengandalkan WA Messenger sebagai jalur komunikasi utama. Anda bisa mengunduhnya dan menggunakannya secara gratis. 

Fitur-fitur yang bisa dimanfaatkan pun cukup beragam mulai dari chat pribadi, grup, bertukar video, gambar, pesan suara dan banyak lainnya. Hanya saja, jika Anda memanfaatkan WA Messenger untuk keperluan bisnis akan terasa sangat kurang. Produk ini lebih dikhususkan bagi penggunaan pribadi dan komunikasi sehari-hari.

  • WhatsApp Business

Jenis yang kedua merupakan aplikasi WhatsApp Business yang juga sudah banyak dikenali pengguna setia WA. Terutama bagi mereka yang memang tengah merintis bisnis. Tidak sedikit perusahaan yang mengandalkan WA Business satu ini sebagai sarana komunikasi yang efektif. 

Menghubungkan antara perusahaan dengan customernya. Fitur yang ditambahkan dan menjadi pembeda dari WA Messenger adalah adanya pesan otomatis yang digunakan ketika pelanggan baru mengirim chat. 

Anda juga bisa membuat jawaban otomatis ketika sedang tidak online. Melabeli setiap kontak pelanggan dengan warna dan grup tertentu. Terdapat fitur katalog untuk memudahkan pelanggan Anda. 

Hanya saja, pada aplikasi WA Business mulai kurang efektif jika digunakan untuk perusahaan Anda yang tengah berkembang pesat. Sebab hanya satu user saja yang bisa mengelola WA tersebut. Ditambah akan susah membuatnya terintegrasi dengan aplikasi pihak ketiga lainnya. 

Baca Juga: WA Ganda: Cara Memiliki 2 WhatsApp dalam Satu HP

  • WhatsApp Business API

Berikut ini adalah jenis WA Business yang saat ini telah banyak dimanfaatkan perusahaan-perusahaan untuk lebih efektif terhubung dengan pelanggan. API atau disebut juga Application Programming Interface, merupakan sebuah sistem yang dapat membuat aplikasi WA Anda terintegrasi dengan aplikasi pihak ketiga lainnya. 

Pada umumnya banyak dihubungkan dengan software atau platform bisnis lainnya. Agar bisa mendapatkan fitur-fitur yang lengkap, Anda bisa menghubungi provider atau partner resmi WA Business API. Adapun fitur-fitur yang bisa Anda nikmati dari penggunaan platform ini akan dibahas pada section berikutnya.

Ketahui Fitur-Fitur Andalan WA Business API, Mudahkan Terhubung ke Pelanggan

Sebagai pemilik usaha, Anda mungkin berminat untuk mulai beralih menggunakan WhatsApp. Agar semakin yakin, Anda bisa mengenali fitur utama yang bisa dimaksimalkan dari platform ini.

  • Verifikasi Centang Hijau 

Jika Anda memakai WA API, maka Anda bisa mendapatkan simbol verifikasi berupa centang hijau. Mengapa yang demikian ini penting? Hal ini akan meningkatkan kredibilitas brand Anda. 

Dengan begitu, pelanggan juga jadi lebih percaya dan nyaman dalam menghubungi perusahaan Anda. Selain itu, pesan-pesan yang Anda kirimkan juga tidak akan dengan mudah diteruskan kepada pengguna WhatsApp lainnya.

  • Distribusi Pesan Otomatis

Salah satu bentuk service excellent yang bisa diberikan kepada pelanggan adalah dengan selalu fast respond. Menggunakan WA Business API akan membuat Anda dan tim terhindar dari adanya penumpukan chat. 

Resiko pesan tidak terbalas akan menurun drastis, bahkan bisa dihindari.Sebab, setiap pesan yang masuk akan secara otomatis terdistribusi kepada para handover agent. Hal ini karena platform ini sudah didukung oleh dashboard omnichannel

  • Unlimited Broadcast Message

Anda bisa melakukan pengiriman kepada seluruh kontak pelanggan tanpa adanya batasan atau limitasi. Anda bebas mengirimkan kepada beribu-ribu kontak pada database pelanggan Anda. 

  • Pengiriman Kode OTP dan Pesan Terjadwal

Dengan menggunakan WA Business API, Anda juga bisa membuat pesan terjadwal. Dengan begitu jadi lebih mudah juga bagi Anda untuk melakukan broadcast message di waktu tertentu. 

Bahkan, Anda juga bisa memanfaatkan platform ini untuk melakukan pengiriman kode OTP (One Time Password). Semuanya jadi lebih efisien sebab Anda tidak membutuhkan terlalu banyak tim yang harus stand by selama 24/7 di depan computer. Segalanya telah diotomasi dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda.

  • Dashboard Analisa Performa

Meski dapat menggunakan pesan otomatis atau chatbot, Anda tentu tetap mengandalkan human handover agent dalam beberapa case penggunaan platform ini. Melihat performa para agent juga diperlukan, apakah sudah sesuai harapan atau tidak. Semua laporan dan hasil analisa segala aktivitas di WA Business API dapat terekam dan disajikan di dashboard. 

  • Dapat Diintegrasikan dengan Layanan Pihak Ketiga

 Menggunakan WA Bisnis API sangat memudahkan Anda dalam memaksimalkan layanan Anda kepada pelanggan. Tidak ada lagi terlambat membalas dan segala macam kendala komunikasi lainnya. 

Apalagi Anda juga bisa melakukan integrasi API ini dengan platform atau software pihak ketiga. Tentu saja semakian memaksimalkan layanan pada pelanggan dan berpotensi meningkatkan kepuasaan mereka. 

Baca Juga: 5 Manfaat Whatsapp Business API di Tahun 2022

Apa Saja Manfaat Memakai WA Business API?

Dalam laman Business of Apps telah disajikan data bahwa sebanyak 100 miliar pesan dikirimkan memakai WhatsApp setiap harinya. Hal tersebut mengindikasikan betapa WhatsApp telah menjadi ceruk komunikasi utama. 

Platform ini aktif membawa berbagai informasi hilir dan mudik dari sesama penggunanya. Maka sudah saatnya Anda memaksimalkan manfaat yang akan Anda peroleh dengan memakai WA Business API, yaitu sebagai berikut.

  • Customer engagement alami peningkatan
  • Customer satisfaction dapat di dongkrak naik
  • Lebih hemat biaya marketing dan operasional
  • Lebih aman dan enkripsi end-to-end
  • Mendapatkan analisa hasil aktivitas di WA Business API yang lebih terukur dan detail
  • Mendorong peningkatan konversi penjualan

Tidak bisa dipungkiri bahwa di zaman serba digital membuat bisnis harus dapat lebih beradaptasi. Customer pun lebih menyukai layanan atau bisnis yang bisa memberikan solusi lebih cepat. Dengan begitu, sangat penting bagi Anda untuk memulai digitalisasi bisnis Anda. 

Mudahkan pelanggan menjangkau Anda dengan otomatisasi AI, bot ataupun kampanye yang proaktif. Anda juga bisa melakukan pengelolaan pada kebutuhan pelanggan dan menciptakan budaya perusahaan yang customer oriented. Saatnya memperkuat customer experience Anda dengan berkolaborasi bersama kami. Mulai sekarang di sini.

Mohamad Krisna

Categories:

Karyawan

Share on:

To the top

Related Posts

Recent Posts