ketahui-5-ciri-cv-yang-baik-dan-cara-membuat-cv-di-word

Ketahui 5 Ciri CV yang Baik dan Cara Membuat CV di Word

Apakah Anda sedang mencari informasi cara membuat CV di word yang sederhana namun tetap menarik? Anda datang ke halaman yang tepat! Di sini akan kami berikan ulasan mengenai cara paling mudah agar Anda bisa menghasilkan CV tanpa kemampuan desain. 

Tidak sedikit yang berpikir bahwa CV harus didesain dengan tools khusus, namun sesungguhnya bukan itu poin penting bagi pembuatan CV. Bagaimana jika CV sudah didesain sedemikian rupa namun tidak memuat informasi yang menunjukkan kualifikasi Anda?

CV atau Curriculum Vitae adalah dokumen yang berisikan informasi kontak, riwayat pendidikan, kualifikasi, dan pengalaman kerja profesional seseorang. Maka dalam pembuatannya pun, Anda sebaiknya mengedepankan kepadatan informasi.

Mengapa CV Penting Bagi Pencari Kerja?

Ilustrasi membuat cv di word dalam perusahaan

Sebelum memasuki section cara membuat CV di Word, ada baiknya mengingat kembali alasan-alasan mendasar mengapa Anda membutuhkan CV. Kenapa perusahaan selalu meminta CV kandidat? Bahkan terkadang harus disertai dengan portofolio. 

Jawaban singkatnya, tentu! Sebab dari CV lah perusahaan bisa mengenal diri Anda. Lebih lengkapnya, simak penjelasan di bawah ini!

  • Pengenalan Awal Tentang Diri Anda

Perusahaan selalu meminta CV terbaru yang Anda miliki, gunanya tentu saja agar mengenali diri Anda dengan data paling lengkap. CV yang Anda buat juga akan menunjukkan siapa diri Anda dan memberikan first impression pada recruiter. 

  • Dokumentasi Riwayat Kerja Profesional

Di mana lagi Anda bisa menunjukkan riwayat pengalaman kerja dan pengalaman profesional jika bukan di selembar CV? Adanya CV dapat menjadi sebuah alat dokumentasi bagi Anda dalam merekam jejak prestasi, tanggung jawab dan pengalaman kerja yang pernah Anda emban. Dengan begitu, recruiter juga lebih mengetahui tentang diri Anda dan gambaran role pekerjaan Anda sebelumnya. 

  • Meningkatkan Peluang Diterima

Setiap orang tentu memiliki isian data CV yang berbeda-beda sesuai dengan skill dan kualifikasinya. Adanya CV yang ditulis dengan baik membuat Anda berpeluang besar untuk diterima kerja. 

Sebab recruiter memakai CV sebagai alat perbandingan awal untuk menentukan kandidat mana yang lolos kualifikasi dan akan dikontak lebih lanjut. Maka, sangat dianjurkan untuk memoles CV Anda sedemikian rupa  yang mampu menonjolkan seluruh potensi Anda. 

Baca Juga: Begini Cara Membuat CV yang Menarik dan Dilirik HRD!

Cara Membuat CV di Word Menggunakan Free Template

Simak cara buat curriculum vitae yang simpel dan cepat dengan menggunakan template gratis yag Microsoft Word sediakan!

  • Buka aplikasi Word di Laptop/PC Anda
  • Klik menu File > New
  • Pada kolom pencarian, Anda bisa ketikkan keyword ‘resume’ atau ‘curriculum vitae’
  • Kemudian akan muncul beberapa pilihan template CV yang bisa Anda gunakan dalam berbagai format
  • Pilih template yang paling sesuai dengan preferensi dan kebutuhan Anda
  • Edit dan isikan dengan data-data pribadi Anda

Baca Juga: Cara Membuat CV ATS Friendly agar Lolos Screening HRD

Cara Membuat CV di Word Tanpa Template

Anda mungkin tidak puas dengan template yang ada dan berminat untuk membuat CV Anda sendiri. Atau Anda mungkin merasa template tidak ada yang sesuai preferensi Anda, sebab Anda lebih membutuhkan CV ATS friendly yang ringkas. Maka, Word bisa membantu Anda dengan cepat menciptakan CV yang sesuai harapan Anda!

  • Buka aplikasi Word di Laptop/PC Anda
  • Klik menu File > New dan pilih Blank Document 
  • Anda bisa melakukan pengaturan di menu Page Layout untuk menentukan ukuran margin yang ideal. Biasanya pada CV yang ada, idealnya berukuran 1” dengan ukuran rata kanan-kirinya 0,63”
  • Anda pun bisa mengisikan data-data pribadi Anda mulai dari basic information, education, experience sampai skill.
  • Jika ingin memperindahnya dan mengatur lagi warnanya maka Anda bisa melakukannya di menu Design. Anda pun bebas berkreasi.

Ketahui 5 Ciri CV yang Baik!

Meski tampak begitu mudah dibuat, namun faktanya banyak job seeker yang tak kunjung dihubungi recruiter setelah mengirimkan resumenya. Data statistik yang dihimpun Team Stage menunjukkan bahwa hanya 2-3% CV yang dikirim kandidat yang berhasil lolos interview

Lebih mengejutkannya lagi, 88% CV yang ditolak disebabkan oleh foto yang dicantumkan di CV. Oleh karenanya, data menunjukan sekitar 75% perusahaan lebih menyukai penggunaan CV ATS (Applicant Tracking Software) friendly.  

Penting sekali bagi jobseeker untuk memahami bahwa CV adalah yang menjembatani dirinya dengan pemberi kerja. Maka, dalam persaingan kerja yang ketat ini, ada baiknya jika pencari kerja sudah melengkapi diri dengan CV yang ‘menjual’ dan ‘menonjol’ untuk memenangkan persaingan. 

Inilah ciri-ciri CV yang baik dan bisa Anda terapkan dalam pembuatan CV terbaru Anda!

  • Personalisasi CV Anda

Untuk setiap job application yang Anda apply, sebaiknya Anda menggunakan CV yang berbeda-beda. Anda harus menyesuaikan dengan kriteria atau kualifikasi yang perusahaan tersebut cara. 

Dengan begitu, Anda hanya perlu menampilkan skill dan pengalaman yang memang relevan dengan job vacancy tersebut. Hal itu juga akan memudahkan recruiter dalam melakukan seleksi kandidat. 

  • Ringkas, Padat, dan Informatif

Sebaiknya Anda memastikan bahwa CV yang Anda buat di Word nanti hanya satu halaman saja. Buatlah informasi yang tercantum di dalamnya lengkap namun tidak bertele-tele. Meskipun memasukkan detail atau deskripsi, sebaiknya memilih yang relevan dan signifikan dengan job yang Anda lamar. 

  • Highlight Pencapaian Anda

Sangat penting untuk menekankan prestasi apa saja yang sudah pernah Anda capai sepanjang perjalanan karier Anda. Anda bisa memasukkan hasil yang konkret baik itu penghargaan, atau capaian kerja dan pengakuan yang Anda terima dari atasan atau klien Anda. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan nilai plus dan lebih menonjol dari kandidat lainnya. 

  • Tampilan yang Profesional

Jika Anda hendak menggunakan CV yang berwarna, maka pastikan permainan dan pencampuran warnanya sesuai. Jangan sampai terlihat tidak profesional sebab kurang tepat dalam memilih warna. 

Bisa dibilang tampilan visual CV Anda pertama kali juga sangat menentukan. Pastikan juga ukuran font, spasi, atau elemen lainnya sudah proporsional. Dengan begitu, mudah bagi HRD untuk memahami data pada CV Anda.

  • Double Check Sebelum Mengirim

Hal ini terkesan remeh, namun tidak sedikit kandidat yang mengirimkan CV dengan salah ketik atau eja di beberapa bagian. Padahal hal seperti ini termasuk krusial. Sedikit banyak juga menunjukkan tingkat ketelitian Anda. 

Setelah usai mengedit CV, sebaiknya Anda melakukan pengecekan kembali. Terutama untuk segala penulisan, baik nama instansi, deskripsi pekerjaan, dan informasi lainnya. Pastikan tingkat kesalahannya 0 sebelum mengirimkan lamaran Anda.

Kini Anda telah mengetahui cara membuat CV di Word yang praktis. Anda tinggal menyesuaikan dengan preferensi Anda saja. Dengan mengikuti cara-cara di atas, Anda akan lebih mudah dalam membuat CV terbaik yang Anda bisa. 

Namun, perlu diingat bahwa setiap perusahaan tentu memiliki kriteria atau persyaratannya masing-masing dalam melakukan proses rekrutmen. Jangan sampai terlewat memperhatikan detailnya sebagai acuan Anda dalam membuat CV terbaik. Demikian ulasan mengenai cara membuat CV kali ini, semoga bermanfaat!

Mohamad Krisna

Categories:

Karyawan

Share on:

To the top

Related Posts

Recent Posts