Cara Membuat CV ATS Friendly agar Lolos Screening HRD

Mohamad Krisna

Share on:

Menggunakan ATS (applicant tracking system) sudah menjadi hal lazim bagi perusahaan. ATS membantu perusahaan dalam seleksi kandidat karyawan baru. Untuk itu, pelamar harus menggunakan CV ATS friendly.

ATS menjadi solusi bagi perusahaan dalam menyeleksi CV dan resume pelamar kerja. Tentunya, sistem ini memiliki ketentuan yang harus dipatuhi dalam CV agar lamaran anda lolos ke tahap selanjutnya.

Saat ini diprediksi sekitar 75 persen CV pelamar sudah tidak dilihat secara langsung oleh recruiter. Akibatnya, pelamar dituntut untuk memahami cara membuat CV ATS friendly. Terlebih ATS saat ini juga digunakan di banyak perusahaan besar.

Anda lalu bertanya, apa itu ATS? Dan bagaimana cara membuat CV saya ATS friendly? Tenang, artikel ini bisa menjadi jawaban pertanyaan anda.

Apa Itu ATS?

ATS adalah singkatan dari applicant tracking system. Software ini dapat membantu menyeleksi resume atau CV pelamar kerja yang diterima perusahaan.

Aplikasi ATS sangat berguna bagi perusahaan. Terutama, karena fungsinya yang dapat mempercepat proses seleksi kandidat karyawan baru. Software ATS saat ini merupakan aplikasi yang umum dipakai saat perusahaan menyeleksi pelamar kerja.

ATS dapat mengolah data pada CV kandidat secara otomatis sesuai pengaturan yang ditentukan. Sehingga, HRD sudah tidak perlu repot lagi menyeleksi CV yang diterima.

Lalu, apa yang dimaksud dengan CV ATS friendly?

CV yang ATS friendly maksudnya adalah CV yang mengikuti ketentuan yang ditetapkan oleh software ATS tersebut. Tentunya, CV yang ATS friendly memiliki kesempatan lebih besar lolos seleksi oleh sistem tersebut.

Maka dari itu, bagi anda yang sedang melamar kerja, anda perlu memahami cara membuat CV yang sesuai ketentuan ATS.

Memang, setiap perusahaan dapat mengatur ATS mereka sesuai ketentuan yang diinginkan. Namun, secara umum, ATS memiliki beberapa ketentuan yang sama. Hal tersebut dapat anda manfaatkan sebagai pedoman dalam menulis CV.

Baca Juga: Kupas Tuntas Resume Lamaran Kerja dan Cara Membuatnya

Cara Kerja ATS

Supaya anda dapat lebih memahami ATS, anda perlu memahami cara kerja software tersebut lebih dahulu. Menurut The Balance Careers, ini penjelasan cara kerja ATS.

1. Mengumpulkan CV

Perusahaan akan menerima banyak CV dari pelamar kerja pada tahap ini. Tidak hanya CV saja, namun juga beberapa dokumen melamar kerja yang lain. Tahap selanjutnya seorang recruiter akan memasukkan CV tersebut ke dalam software ATS.

2. ATS Membaca CV

Aplikasi ATS bekerja dengan cara scanning atau memindai CV dari para kandidat. Dalam proses ini, CV yang mengikuti ketentuan dari ATS yang digunakan punya kesempatan lebih besar untuk lolos ke tahap selanjutnya.

3. Menyaring CV

Tahap selanjutnya pada ATS adalah mulai menyaring CV. Secara umum, ATS akan melihat beberapa seksi yang harus ada dalam CV anda. Seperti seksi pengalaman dan riwayat pendidikan.

Banyak ATS yang juga akan menyaring keyword sesuai kompetensi atau keahlian yang dibutuhkan. Misal, perusahaan mencari orang dengan keahlian Microsoft Excel. Maka ATS secara langsung menyeleksi CV kandidat yang mengandung kata kunci tersebut.

4. Memilih CV yang Sesuai

Pada tahap terakhir ini sistem ATS akan menyampaikan kepada recruiter CV yang telah lolos proses screening. Sehingga, kandidat dapat melanjutkan proses tahapan perekrutan yang selanjutnya.

Keuntungan Menggunakan ATS

Maraknya penggunaan aplikasi ATS pastinya karena aplikasi tersebut memberi keuntungan tersendiri bagi perusahaan. Berikut penjelasannya.

Meringkas Proses Perekrutan

Kelebihan ATS tentunya karena menghemat waktu dan biaya. Menggunakan ATS menghilangkan proses melamar kerja menggunakan kertas. Akibatnya, perusahaan tidak perlu membayar upah lembur kepada HR yang harus lembur menyeleksi manual CV para pelamar.

ATS juga secara otomatis mengumpulkan informasi CV dari kandidat. Sehingga, memudahkan para HR untuk mengakses data tersebut dan sangat menghemat waktu.

Mempercepat Seleksi Kandidat

Software ATS mampu menyeleksi CV kandidat berdasarkan ketentuan seperti kriteria keyword, kriteria semantik, dan penguraian cerdas. Hal tersebut sangat mungkin karena ATS biasanya dilengkapi dengan AI atau kecerdasan buatan.

Bayangkan, hanya dalam hitungan detik saja maka perusahaan sudah mendapatkan pilihan kandidat sesuai kriteria.

Integrasi dengan Platform Media Sosial

Kemajuan teknologi digital memungkinkan ATS untuk berintegrasi dengan platform media sosial dan job portal.

Beberapa sistem ATS mendukung pelamar untuk mengumpulkan CV dan resume kandidat dari LinkedIn dan profil Indeed mereka. Hal itu memungkinan recruiter mengakses langsung informasi pengalaman kerja, pendidikan dan informasi penting lainnya seputar pelamar.

Contoh CV ATS Friendly

Anda dapat melihat contoh CV yang ATS friendly di bawah ini. Perhatikan dengan seksama, CV yang sesuai dengan ketentuan ATS memiliki ciri khas tersendiri.

Contoh CV ATS Umum

contoh cv ats umum

Contoh CV di atas dapat anda download melalui tautan yang tersedia.

Anda dapat melihat skor ATS untuk CV di atas melalui situs Resume Worded, gratis. Untuk CV diatas mendapatkan skor sebesar di bawah ini.

Bukti skor cv ats umum

Contoh CV ATS Terbaru

contoh cv ats friendly terbaru

Silakan download contoh CV ATS friendly tersebut melalui tautan yang telah disediakan. CV diatas, berdasarkan Resume Worded mendapatkan skor sebesar berikut ini.

Dapat dibilang kedua CV di atas memiliki skor yang mencukupi untuk lolos software ATS. Lalu, apa yang membedakan CV di atas dengan CV lainnya yang belum lolos? Simak pembahasannya berikut ini.

Tips Membuat CV agar Lolos ATS

Aplikasi ATS memiliki ketentuan yang sangat ketat dalam menyeleksi CV yang masuk. Maka dari itu, anda harus mengikuti ketentuan tersebut jika mau lolos. Berikut penjelasan selengkapnya.

Penggunaan Font dan Ukuran Teks

Selalu gunakan satu jenis font saja ketika membuat CV. Selain terlihat profesional, tapi juga memudahkan recruiter dalam membaca CV anda.

Umumnya font yang layak untuk digunakan ketika membuat CV yang ATS friendly adalah Arial, Helvetica dan Georgia.

Heading yang Tepat

Tahukah anda, bagian heading dalam CV punya ketentuan khusus? Begini, ATS hanya dapat mendeteksi heading dengan kata tertentu.

Sebagai contoh, ada ATS yang hanya mampu mendeteksi kata “Experience” ketika mencari informasi tentang pengalaman kandidat. Oleh karena itu, pilihlah kata yang sekiranya tepat dalam membuat heading CV anda.

Format yang Sederhana

Anda dapat menguji apakah CV anda sudah sesuai kaidah ATS secara manual tanpa software tambahan. Caranya, dengan copy lalu paste CV anda ke Notepad yang tersedia bersama Windows. Kurang lebih, begitulah ATS akan membaca CV anda.

Jika format dan desain CV anda terlalu rumit, ATS tidak akan bisa memindai CV anda dengan baik. Akibatnya, CV anda bisa saja dinyatakan tidak lolos.

Perhatikan pula penggunaan bullet pada dokumen anda. Bullet yang terlalu rumit justru akan mempersulit ATS juga.

Keyword

Kelebihan ATS salah satunya adalah mampu menyeleksi kata berdasarkan kriteria yang dipilih recruiter. Misal saja, perusahaan membutuhkan Software Engineer yang ahli bahasa JavaScript.

ATS dapat secara otomatis menyeleksi CV yang memasukkan kata “Javascript” dan “Software Engineer”. Untuk itu, penting bagi anda untuk membaca dengan seksama kompetensi dan keahlian yang dibutuhkan perusahaan.

Gunakan Metrik yang Dapat Diukur

Sering kali, kandidat yang melamar kerja hanya mencantumkan pengalaman kerja saja tanpa menjelaskan lebih detail.

Untuk membuat CV yang ATS friendly, anda harus menjelaskan pengalaman kerja anda. Seperti dampak yang anda berikan, hal apa saja yang anda lakukan. Pastikan anda menjelaskannya lengkap dengan metrik kuantitatif.

Metrik kuantitatif maksudnya pencapaian anda harus bisa diukur dengan angka. Tidak hanya sekedar menyatakan bahwa anda “ahli” saja.

Jelaskan Soft Skill

Dalam CV ATS, anda perlu menjelaskan soft skill yang anda miliki. Seperti keahlian berkomunikasi, kemampuan menyelesaikan masalah, analisis, kerja sama tim, dan inisiatif yang anda miliki.

Memasukkan poin ini akan menjadi nilai lebih bagi CV anda. Tentunya, akan meningkatkan kesempatan anda lolos ke tahap seleksi selanjutnya.

Baca Juga: 20 Skill dalam CV yang Wajib Ada

Kesimpulan

Membuat CV merupakan hal yang tidak bisa dilakukan sembarangan. Terlebih, jika perusahaan tempat anda melamar sudah menggunakan ATS.

Sebaiknya, anda membuat dua versi CV yaitu CV ATS friendly dan CV kreatif. Dengan begitu, kesempatan anda lolos tahap seleksi semakin tinggi.

Mohamad Krisna

Share on:

Categories: (1)

Karyawan

Tags: (1)

cv
To the top