20 Skill dalam CV yang Wajib Ada

Dalam mencari karyawan, pertimbangan utama bagi HRD adalah kesesuaian kemampuan dengan posisi yang dibutuhkan. Tentunya, dengan melihat skill dalam CV dari masing-masing pelamar.

Skill dalam CV yang dimiliki pelamar inilah yang menjadi pertimbangan penting perusahaan. Perusahaan mengutamakan kandidat yang punya keahlian sesuai dengan posisi yang tersedia. Skill dalam hal ini meliputi keahlian teknis, atau hard skill dan soft skill.

Dalam laporan LinkedIn, 69 persen profesional setuju jika keahlian yang terbukti dimiliki kandidat, lebih penting daripada ijazah. 

Maka dari itu, skill dalam CV anda dapat menentukan apakah anda dapat melanjutkan proses seleksi atau tidak. Keahlian dan skill apa saja yang wajib ada dalam CV? Berikut pembahasan lengkapnya.

Baca Juga: Mau Sukses Melamar Kerja? Ini Cara Menulis Keahlian dalam CV

Hard Skill dalam CV

Ilustrasi hard skill dalam CV

Hard skill biasa juga disebut sebagai keahlian teknis. Keahlian yang didapatkan dari pelatihan, atau pendidikan. Berdasarkan LinkedIn, berikut ini beberapa hard skill paling dicari perusahaan.

1. Statistik dan Data Mining

Di era teknologi sekarang ini, keahlian yang berhubungan data dan kemampuan analisis data makin dibutuhkan. Pertumbuhan startup di Indonesia yang cukup pesat juga menjadi alasan. 

Jika anda memiliki keahlian analisis data, atau keahlian data-driven analysis, maka anda wajib mencantumkan skill ini dalam CV. Apalagi, perusahaan dewasa ini sudah memanfaatkan data secara luas berkat bantuan teknologi.

2. Cloud Computing

Atau mudahnya disebut komputasi awan, adalah hard skill yang juga berhubungan dengan teknologi. Saat ini, perusahaan banyak yang sudah menggunakan sistem cloud dalam jaringan bisnis mereka. Maka dari itu, diperlukan orang dengan talenta dan keahlian ini.

Keahlian ini tentunya bisa didapatkan melalui jenjang pendidikan, seperti perguruan tinggi.

3. User Experience

Bayangkan, saat ini dalam Google Play Store terdapat 2,7 juta aplikasi yang bisa diunduh. Tumbuh pesatnya pengembangan aplikasi mobile, meningkatkan kebutuhan perusahaan akan SDM yang ahli dalam pembuatan aplikasi.

Dalam bidang user experience salah satunya. UX Designer bertugas menciptakan sistem yang intuitif dan dapat menjawab kebutuhan pengguna. Jika anda punya keahlian ini, maka wajib mencantumkan skill ini.

4. Business Analyst

Keahlian sebagai analis bisnis merupakan satu lagi keahlian yang wajib masuk dalam CV. Karena, hampir semua bidang kerja, membutuhkan kemampuan analisis untuk membuat keputusan.

Di tahun 2021, perusahaan banyak yang membutuhkan keahlian ini. Hal ini disebabkan kebutuhan perusahaan untuk SDM yang dapat menganalisis rencana, strategi, masalah, dan potensi bisnis yang ada.

5. Marketing

Jika anda memang ingin terjun ke bidang pemasaran, maka skill ini wajib masuk dalam CV. Agar perusahaan mampu berjalan dan menghasilkan keuntungan, tentu membutuhkan strategi marketing yang sukses juga.

Bahkan, saat ini marketing dalam perusahaan biasanya terbagi menjadi dua. Digital marketing dan marketing konvensional. Ini dilakukan seiring dengan meningkatnya tren digital.

6. Affiliate Marketing

Masih berhubungan dengan bidang pemasaran. Affiliate marketing juga menjadi hard skill yang dibutuhkan banyak perusahaan saat ini.

Perkembangan pesat media sosial, membuat banyak bisnis juga membutuhkan orang dengan keahlian afiliasi untuk menawarkan produknya. Pemasaran afiliasi memanfaatkan peran influencer sosial media dengan sebuah brand, untuk meningkatkan penjualan.

7. Skill Menulis

Tidak semua orang bisa menulis. Apalagi, kepenulisan juga memiliki perbedaan jenis dan kebutuhan. Maka dari itu, skill menulis juga masih banyak dicari perusahaan dan keahlian yang bisa anda masukan dalam CV.

8. Menguasai Bahasa Asing

Kebutuhan akan karyawan yang mampu menggunakan bahasa selain bahasa daerah dan bahasa Indonesia semakin dibutuhkan.

Tidak jarang, perusahaan bahkan membutuhkan karyawan yang dapat menggunakan bahasa asing tertentu dengan fasih. Seperti perusahaan yang memerlukan orang yang dapat berbahasa Jepang, atau Mandarin saja.

9. Sales

Banyak yang mengira, sales dan marketing adalah hal yang sama. Marketing meliputi citra dan brand untuk meningkatkan ketertarikan pada produk.

Sedangkan, sales bertujuan menjual produk perusahaan. Sales adalah ujung tombak perusahaan. Maka tidak heran, skill ini juga banyak dibutuhkan. Dan layak anda cantumkan dalam CV jika sesuai dengan posisi yang terbuka.

10. Desain Visual

Skill satu ini dibutuhkan banyak perusahaan. Tren konten marketing yang meningkat, juga diikuti akan permintaan orang yang ahli dalam desain visual. 

Jika anda ingin mencantumkan skill ini, berikan juga contoh portfolio hasil karya anda agar makin meyakinkan HRD untuk menerima anda dalam posisi ini.

Soft Skill dalam CV

Soft skill adalah keahlian yang tidak dapat diukur. Biasanya, keahlian ini berkaitan dengan personalitas dan perkembangan diri masing-masing individu. 

Berikut ini sepuluh daftar soft skill dalam CV yang wajib tercantum.

1. Kreativitas

Menurut laporan LinkedIn, kreativitas menjadi soft skill yang paling dibutuhkan perusahaan saat ini. Kreativitas ini maksudnya kemampuan menciptakan solusi orisinal terhadap masalah yang ada. 

Perkembangan sebuah bisnis didukung oleh SDM kreatif dan inovatif. Jadi, skill ini dapat meningkatkan kesempatan anda bekerja di perusahaan yang anda inginkan.

2. Komunikasi

Pertimbangan perusahaan dalam menerima kandidat pelamar adalah komunikasi. Ketika bekerja, kemampuan berkomunikasi yang baik sangatlah diperlukan.

Maka, recruiter ingin melihat apakah anda dapat berkomunikasi dengan baik. Sehingga, nanti jika sudah bekerja, anda dapat berkomunikasi dengan tim terkait secara efisien dan menciptakan lingkungan kerja yang produktif dan kondusif.

3. Kerja Sama

Setiap perusahaan pasti menginginkan karyawannya dapat bekerja dengan baik sesama tim. Kerja sama dalam sebuah tim dapat memengaruhi performa karyawan.

Soft skill ini penting dan masih berkaitan erat dengan komunikasi. Kerja sama diperlukan agar tujuan bisnis dapat tercapai.

4. Persuasif

Kemampuan meyakinkan orang lain tentang ide dan pemikiran anda, dapat menjadi kelebihan tersendiri bagi perusahaan. 

Hal ini menunjukkan kualitas diri dan leadership yang dimiliki seseorang. Persuasif adalah soft skill yang juga berkaitan erat dengan pengambilan keputusan. Untuk itu, cantumkan skill ini dalam CV untuk menarik minat HRD.

5. Kemampuan Adaptasi

Kemampuan beradaptasi dengan lingkungan baru sangatlah penting. Karena, hal ini dapat memengaruhi bagaimana kinerja anda dengan lingkungan kerja yang baru. Bisnis juga pasti mengalami perubahan secara terus menerus.

Untuk itu, karyawan yang dapat beradaptasi dengan aturan dan cara kerja baru, sangatlah dibutuhkan.

6. Inisiatif

Dalam bekerja, kita akan dituntut untuk mengikuti cara kerja dan aturan yang sudah ditentukan. Namun, terkadang, ada masalah penting yang mengharuskan anda mencari solusinya sendiri.

Mandiri dan dapat mencari solusi sendiri menjadi hal yang juga menjadi pertimbangan perusahaan dalam menerima karyawan. Karyawan yang punya inisiatif, memiliki performa yang lebih tinggi dan efisien ketika melakukan pekerjaan.

7. Kecerdasan Emosional

Kecerdasan emosional ini artinya kemampuan seseorang untuk menerima, mengevaluasi, dan memiliki kontrol atas emosi diri sendiri. Dalam dunia kerja, anda akan sering dihadapkan dengan stres, atau kelelahan mental. 

Maka dari itu, ada baiknya anda memiliki kecerdasan emosional. Sehingga, dapat menciptakan lingkungan kerja yang mendukung dan kondusif untuk anda dan rekan kerja.

8. Rasa Tanggung Jawab

Soft skill ini layak anda masukan sebagai skill dalam CV. salah satu sikap profesional, adalah bertanggung jawab atas pekerjaan anda. 

Terlepas apapun posisi anda, hal ini sudah menjadi kewajiban yang anda laksanakan. Selain itu, anda juga harus bisa bertanggung jawab jika terjadi kesalahan atas pekerjaan yang anda lakukan.

9. Pemecahan Masalah

Dalam bekerja, banyak kemungkinan yang bisa terjadi. Terkadang, masalah bisa kapan saja terjadi. Kemampuan untuk memecahkan masalah dapat membantu anda dalam situasi ini. 

Sehingga, skill ini adalah kemampuan yang dapat menarik minat HRD untuk merekrut anda.

10. Dapat Mengatur Waktu

Sebagai karyawan, ada baiknya anda dapat menjalankan tugas sesuai deadline yang sudah ditentukan. Tentunya, dengan tetap memerhatikan detail dan kualitas pekerjaan. 

Anda dapat meyakinkan recruiter bahwa anda adalah kandidat yang tepat, dengan menunjukkan bahwa anda dapat mengatur waktu dalam bekerja seefektif mungkin. Sehingga, anda tetap dapat memenuhi target secara tepat waktu.

Berikut tadi adalah hard skill dan soft skill dalam CV yang anda dapat cantumkan. Pastikan, skill dalam CV anda sesuai dengan kebutuhan posisi yang dilamar. Anda juga dapat menyertakan bukti seperti portfolio untuk membuktikan skill yang anda miliki. 

Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Mohamad Krisna

Categories:

Karyawan

Tags:

cv

Share on:

To the top

Related Posts

Recent Posts