Begini Cara Membuat CV yang Menarik dan Dilirik HRD!

Melamar kerja membutuhkan banyak persyaratan dan dokumen. Termasuk resume dan CV. Artikel ini akan membahas tentang curriculum vitae dan contoh CV.

Curriculum vitae (CV) dapat menjadi pertimbangan yang menentukan kesesuaian anda dengan posisi yang sedang dibutuhkan perusahaan. Dari CV seorang recruiter dapat melihat dan mengukur kemampuan anda.

Untuk itu anda perlu membuat CV yang menarik dan memperhatikan kualitasnya. Kualitas CV dapat ditentukan dari penulisan, bahasa, dan desain. Simak selengkapnya dalam artikel ini.

Sekilas tentang CV

cv dan resume untuk melamar kerja

Curriculum vitae atau CV adalah dokumen yang berisi detail informasi tentang kualifikasi dan riwayat profesional anda secara rinci.

Secara sederhana CV dapat diartikan sebagai rangkuman detail kehidupan anda. Tentunya informasi tersebut harus relevan dengan peruntukan CV itu sendiri. Apabila digunakan untuk melamar kerja, maka CV harus relevan dengan posisi yang dilamar.

Menurut Indeed, CV bisa menjadi kesan pertama seorang recruiter soal pencapaian akademik dan profesional anda.

Maka tidak ada salahnya mempersiapkan CV yang baik dan menarik, bagi anda yang sedang melamar kerja. Gunakanlah contoh CV yang tersedia dalam artikel ini sebagai pedoman dalam membuat CV.

Baca Juga Artikel tentang Resume: Kupas Tuntas Resume Lamaran Kerja dan Cara Membuatnya

Aspek yang Harus Ada dalam CV

CV saat ini bisa memiliki desain yang unik dan berbeda satu sama lain. Hal tersebut tidak mengurangi bahwa CV memiliki beberapa aspek yang tidak boleh terlewat.

Terlebih dalam membuat CV yang efektif. Aspek-aspek ini wajib ada dalam CV. Aspek penting tersebut adalah:

• Data Pribadi

Data pribadi bisa berisi informasi terkait nama lengkap, nomor yang dapat dihubungi, alamat, dan e-mail aktif anda.

Informasi ini diperlukan bagi HRD jika ingin menghubungi anda terkait informasi apapun soal proses recruitment. Pastikan menggunakan alamat e-mail yang layak.

Alamat e-mail anda harus terlihat profesional. Tidak menggunakan karakter dan huruf yang tidak perlu misal. Anda dapat menggunakan alamat e-mail dari singkatan nama lengkap anda. Sehingga alamatnya tidak akan terlalu panjang.

Contoh: [email protected] jika nama anda Gunawan Wibisono. Atau alamat e-mail [email protected] untuk nama Dian Purwitasari.

• Riwayat Pendidikan

Berbeda dengan resume yang mengharuskan anda menuliskan riwayat pendidikan terbaru. CV dapat memuat informasi riwayat pendidikan lebih detail.

Perlu anda ingat riwayat pendidikan yang anda masukkan haruslah yang paling relevan dengan posisi yang anda lamar. Banyak orang yang melakukan kesalahan dengan memasukkan riwayat SD dan SMP dalam sebuah CV.

Hal itu tidak diperlukan karena bukan merupakan informasi yang relevan dengan HRD.

• Pengalaman Kerja

Sebuah curriculum vitae perlu mencantumkan pengalaman kerja anda. Apabila anda adalah seorang fresh graduate maka anda baru dapat memasukkan pengalaman dalam organisasi dan kegiatan volunteer.

Pengalaman magang juga dapat anda masukkan dalam CV selama masih relevan dengan posisi anda.

• Kualifikasi Keahlian

CV anda perlu menampilkan kualifikasi keahlian apa saja yang anda miliki. Ini dapat menjadi pertimbangan HRD dalam menyeleksi kandidat karyawan baru.

Cantumkan sertifikat yang dapat membuktikan keahlian anda. Berikan informasi ini dalam CV sedetail dan sejelas mungkin.

• Penghargaan

Tahukah anda, CV boleh memuat informasi penghargaan apa saja yang pernah anda raih. Sertifikat mengikuti webinar maupun pelatihan misal. Usahakan untuk selalu mencantumkan informasi yang relevan, termasuk penghargaan yang anda miliki.

Baca Juga: Contoh Application Letter Lengkap dengan Artinya

Perbedaan CV dengan Resume

Banyak yang mengira CV dan resume adalah hal yang sama. Namun, ternyata keduanya memiliki perbedaan yang sangat banyak.

Resume berbeda dengan CV. Karena dalam resume, informasi yang anda sampaikan harus sangat singkat dan padat. Sedangkan CV dapat memuat informasi yang lebih padat selama masih relevan dengan posisi yang tersedia.

Dari segi penggunaan resume dan CV juga cukup berbeda. Resume umumnya hanya digunakan untuk melamar kerja. Sedangkan CV memiliki peruntukan selain itu.

Sebuah CV dapat digunakan untuk keperluan akademis misal, sebagai syarat pelengkap menempuh jenjang pendidikan yang lebih tinggi, atau bahkan mengajukan beasiswa.

Hal Penting Sebelum Membuat CV

Saat anda sedang mempersiapkan CV ada beberapa hal yang penting untuk anda perhatikan. Salah satunya adalah melakukan riset.

Riset ini terkait dengan perusahaan dan posisi yang anda lamar tentunya. Ini sangat penting untuk anda lakukan mengingat CV harus relevan dengan posisi yang tersedia oleh perusahaan.

Anda dapat melakukan riset tersebut menggunakan platform digital yang tersedia. Seperti job portal, yang selalu menyediakan pula informasi mengenai perusahaan yang sedang membuka lowongan atau hiring.

Saat melakukan riset, anda perlu mencari tahu kualifikasi yang dibutuhkan oleh perusahaan secara detail. Selain itu, anda juga sangat disarankan untuk melihat perkembangan perusahaan tersebut.

Dengan melakukan hal tersebut di atas, dapat membantu anda dalam proses membuat CV. Dan dapat membantu proses wawancara anda karena anda sudah mengetahui banyak informasi soal perusahaan tersebut.

Contoh CV yang Dapat Anda Gunakan

Setelah memahami berbagai penjelasan di atas, saatnya anda membuat CV. Berikut ini contoh CV yang menarik yang dapat anda gunakan sebagai inspirasi.

Contoh CV yang Menarik

contoh cv yang menarik

Contoh CV Fresh Graduate

contoh cv untuk fresh graduate

Perlu anda ingat bagi anda yang sudah mendapat kerja, untuk terus memperbarui CV yang anda miliki. Sehingga, CV anda akan tetap relevan jika suatu saat anda butuhkan.

Tips Menulis CV yang Menarik

Selain dari contoh CV di atas, ada beberapa cara dan tips yang bisa anda gunakan untuk membuat CV anda lebih menarik.

Jika CV yang anda buat bagus, kesempatan CV anda dilirik HRD semakin besar. Semakin tinggi pula kesempatan anda untuk mendapatkan posisi yang anda lamar.

Lalu, bagaimana tips dan cara membuat CV yang menarik? Simak selengkapnya penjelasan berikut ini.

1. Teliti

Pastikan anda sudah meneliti dengan cermat CV anda. Hal ini untuk memastikan CV anda terhindar dari kesalahan penulisan. Anda juga perlu memastikan bahwa informasi yang ada dalam CV anda memang benar adanya.

2. Desain

Anda dapat membuat kreasi CV anda sendiri agar terlihat semakin menarik. Anda juga dapat menggunakan contoh CV di atas.

Selain desain yang menarik, CV anda juga harus mudah dibaca dan dipahami. Untuk itu pastikan tulisan dalam CV anda sudah sesuai, tidak terlalu kecil atau besar. Gunakan font yang memang mudah dibaca dan terkesan profesional.

3. Tata bahasa

Saat membuat CV hindari penggunaan kata-kata yang terlalu rumit. Ini untuk menghindari informasi dalam CV anda terlalu sulit untuk dicerna.

Pilih bahasa yang singkat namun tetap padat untuk menyampaikan pesan anda. Perhatikan dengan seksama tata cara penulisan yang baik dan benar, serta gunakan kalimat bahasa yang baku.

Kesimpulan

Berikut tadi pembahasan soal CV, contoh CV, dan tips membuat CV anda lebih menarik. Semoga dapat membantu anda dan contoh CV yang tersedia dapat menjadi inspirasi bagi anda. Selamat mencoba!

Mohamad Krisna

Categories:

Karyawan

Tags:

cv resume

Share on:

To the top

Related Posts

Recent Posts