Mengembangkan Leadership Sebagai Karakteristik Pemimpin Tangguh

Bisnis yang baik memiliki pemimpin yang baik di balik itu. Leadership adalah karakteristik yang tidak dapat dibentuk dalam semalam.

Menjadi seorang pemimpin bisa dibilang hal yang susah. Terlebih, ketika anda memimpin tidak semua orang akan menyukai anda. Pemimpin dituntut untuk menunjang atau meningkatkan performa organisasi.

Saat menjalankan tugasnya untuk meningkatkan performa tim inilah yang sangat rawan dengan konflik dan benturan kepentingan pribadi.

Sikap leadership adalah karakteristik yang dapat anda latih. Karakteristik tersebut dapat menjadi pemandu manajemen dalam perusahaan ke arah yang lebih baik.

Pengertian Sekilas Leadership

Leadership adalah kepemimpinan perusahaan

Leadership adalah kemampuan mempengaruhi lingkungan sosial sebagai dorongan dan motivasi. Karakter leadership mampu memaksimalkan upaya orang lain demi tercapainya tujuan sebuah organisasi.

Dilansir dari Forbes.com, leadership adalah karakter yang lahir dari pengaruh sosial. Bukan dari jabatan, posisi dan kekuasaan seseorang.

Karakter dan jiwa kepemimpinan mengharuskan anda memiliki nilai dan visi tersendiri. Orang dengan karakter leadership yang bagus memang biasanya adalah orang yang menduduki posisi tertinggi dalam perusahaan.

Bagaimana Leadership dapat Bekerja?

Kepemimpinan efektif menekankan tentang menyediakan arahan bagi tim dan organisasi. Leadership adalah kemampuan dalam membuat tujuan dan arah yang jelas bagi perusahaan di masa yang akan datang.

Tujuan yang jelas bisa menjadi motivasi yang kuat bagi staf dan orang-orang yang akan mengikuti instruksi anda.

Karakter yang dinamis dan kuat diperlukan dalam leadership. Karakter tersebut meliputi etos kerja yang baik, integritas, kejujuran, dan dapat dipercaya. Pemimpin harus sesuai ucapan dengan tindakannya.

Dalam memimpin diperlukan pula kemampuan berkomunikasi dengan baik. Leadership menekankan kepada respons seseorang terhadap pertanyaan, kekhawatiran dan empati terhadap kondisi sekitar dalam bekerja.

Semua itu merupakan karakteristik yang diperlukan untuk membawa organisasi mencapai dan memenuhi tujuan awal ia didirikan.

Sikap Seorang Pemimpin

Karakter leadership berkaitan erat dengan kemampuan pengaruh sosial yang dimiliki. Hal tersebut diperlukan karena pengaruh sosial merupakan hal yang sangat diperlukan untuk dapat mendorong seseorang untuk mencapai tujuan bersama.

Sehingga, karakter kepemimpinan melibatkan emosional dan sifat empati anda kepada orang lain. Berikut ini sikap leadership yang harus anda miliki untuk menjadi pemimpin yang efektif dan baik.

1. Keberanian

Organisasi terutama perusahaan akan selalu menghadapi tantangan dan rintangan. Maka, karakter pemimpin yang baik harus selalu siap dan berani dalam menghadapi tantangan tersebut.

Saat memimpin, anda diharapkan untuk bisa membuat keputusan yang tepat dalam berbagai masalah. Selain itu, anda juga harus berani bertanggung jawab jika terdapat kesalahan dalam keputusan yang telah anda buat.

2. Cara Berkomunikasi

HBR.org menyebutkan bahwa setiap tindakan dan ucapan seorang pemimpin adalah pesan bagi anggotanya.

Memiliki integritas dalam setiap perkataan dan perbuatan anda mutlak hal penting bagi pemimpin. Saat berbicara gunakanlah kalimat yang padat, jelas, dan action-oriented.

Perhatikan juga cara, gaya berbicara, dan dengan siapa anda berbicara. Misalnya, anda sedang dalam rapat dengan atasan yang lebih tua maka gaya bicara anda juga harus lebih jelas dan padat agar lebih mudah dimengerti.

Sebagai panduan, saat berkomunikasi anda dapat menerapkan rule of three. Artinya, sesuatu menjadi lebih efektif ketika anda sampaikan dalam tiga bagian dalam kalimat, yaitu: kalimat awal, isi, dan akhiran.

3. Kebijaksanaan

Kebijaksanaan dalam kepemimpinan merupakan hal yang mutlak. Setiap pemimpin akan bertemu dengan timnya dan mendapat banyak perspektif.

Semakin luas perspektif yang anda dapatkan, semakin banyak opini dan ide. Sikap bijaksana akan membantu memilih mana perspektif yang sesuai. Namun, tetap bersifat terbuka terhadap semua sudut pandang yang ada.

4. Keterampilan Sosial

Seperti pembahasan di atas bahwa karakter leadership adalah kemampuan pengaruh sosial. Bukan soal jabatan, posisi, atau usia seseorang saja.

Untuk itulah seorang pemimpin harus memiliki kepekaan sosial dan empati yang tinggi. Sifat-sifat tersebut dapat membantu anda memahami dan mengambil keputusan sesuai dengan keadaan yang ada.

5. Disiplin Tinggi

Leadership membutuhkan keberanian untuk mengambil keputusan yang tepat. Hal tersebut dapat anda raih dari pengalaman. Tentunya dengan kedisiplinan tinggi yang anda terapkan untuk diri sendiri.

Disiplin kepada diri sendiri menunjukkan tingkat kebijaksanaan, kecerdasan emosional (EQ), dan kendali diri anda. Sikap yang akan sangat menggambarkan integritas anda dalam beraktivitas dan bekerja sehari-hari.

Baca Juga: 9 Tips Ampuh untuk Menjadi Pemimpin

Manfaat Leadership

Sikap dan karakter leadership yang baik dapat membawa banyak keuntungan dalam organisasi. Manfaat umum yang dapat dirasakan adalah meningkatnya performa tim anda.

Jika anda memiliki posisi yang tinggi dalam perusahaan, leadership yang baik tentunya akan meningkatkan performa perusahaan secara keseluruhan. Dan mendatangkan keuntungan berupa laba bagi perusahaan.

Manfaat lainnya bagi perusahaan adalah membentuk kepercayaan tim. Kepemimpinan yang berhasil menandakan tingkat kepercayaan tim kepada anda.

Hal tersebut akan membentuk solidaritas dan kerja sama tim yang kuat.

Manfaat signifikan leadership adalah perusahaan memiliki visi dan tujuan yang jelas di masa depan. Operasi bisnis juga dapat berjalan secara efektif jika pemimpin mampu membuat keputusan yang tepat tentang bagaimana bisnis dapat berjalan.

Leadership dapat memberi manfaat bagi diri sendiri. Salah satunya adalah meningkatkan kecerdasan emosional seseorang.

Menumbuhkan kemampuan leadership yang baik berarti menekankan kedisiplinan dan kontrol diri yang lebih. Sehingga, integritas dan kewibawaan diri sendiri dapat meningkat dan dipandang sebagai pemimpin yang baik.

Karakter leadership yang kuat dapat membentuk pengaruh sosial yang kokoh pula dalam lingkungan kerja.

Cara Menumbuhkan Kemampuan Leadership

Berdasarkan pembahasan di atas, leadership adalah kemampuan yang penting untuk dimiliki setiap orang. Tidak hanya orang dengan jabatan tinggi atau senior level saja. Berikut ini cara menumbuhkan kemampuan kepemimpinan anda.

Menjadi Lebih Disiplin

Sebelum membuat anggota tim anda disiplin, anda harus disiplin terhadap diri sendiri. Ini dapat menjadi cerminan integritas anda.

Disiplin terhadap diri sendiri dapat mendorong dan memberi panutan kepada orang lain. Anda dapat menerapkan kedisiplinan mulai dari hal kecil. Seperti mulai disiplin untuk bangun lebih pagi. Atau disiplin berolahraga dan membaca secara rutin.

Terus Belajar

Membentuk leadership yang baik merupakan hal berkelanjutan. Artinya, hal yang secara konsisten anda coba dan lakukan dari waktu ke waktu.

Hal ini menuntut anda untuk terus belajar dan terus mendengarkan orang lain. Sehingga, perkembangan diri anda tidak berhenti. Terus belajar akan membuka diri anda terhadap pengalaman baru.

Seperti cara menangani masalah baru, mendapatkan sudut pandang baru dari sebuah masalah, serta melatih pemikiran lebih tajam dan peka dengan kondisi sekitar anda. Pengalaman merupakan hal yang sangat berharga dalam menumbuhkan leadership.

Menjadi Inspirasi bagi Orang Lain

Kepemimpinan mengharuskan anda memiliki pengaruh sosial yang kuat. Pengaruh sosial dibutuhkan agar anda dapat mendorong orang-orang di sekitar anda.

Pemimpin yang baik sering kali adalah inspirasi dan panutan bagi orang lain. Hal tersebut disebabkan oleh kebijaksanaan, kontrol diri dan integritas yang baik dari seorang pemimpin.

Komunikatif

Leadership memiliki kaitan erat dengan bagaimana anda berkomunikasi. Cara mempengaruhi orang lain adalah dengan cara berkomunikasi yang baik.

Peka terhadap situasi, memahami dan mendengarkan lawan bicara adalah karakteristik yang diperlukan untuk memiliki jiwa kepemimpinan yang bijaksana.

Bertanggung Jawab

Pemimpin akan memiliki kewenangan dan kekuasaan yang lebih. Leadership adalah karakter yang menekankan pada integritas dan kendali diri. Termasuk kendali dan bertanggung jawab atas kewenangan tersebut.

Orang akan lebih mudah percaya dan mengikuti anda sebagai pemimpin jika anda menggunakan kekuasaan yang anda miliki secara bijak.

Leadership adalah sikap positif yang patut dipelajari dalam perkembangan diri. Kemampuan tersebut menekankan pada kendali dan integritas diri sendiri. Bagi perusahaan, leadership yang bagus artinya sumber daya manusia yang bagus pula.

Mohamad Krisna

Categories:

Karyawan

Share on:

To the top

Related Posts

Recent Posts