5 Manfaat Whatsapp Business API di Tahun 2022

“Ada 50 juta pengguna WhatsApp Business di dunia, 54% dari mereka mengaku kalau customer suka dengan 2 manfaat whatsapp business. Dua manfaat itu adalah fitur live tracking dan notifikasinya.” — AI Sensy dan Mobilesquared

2 miliar orang dari 180 negara sedang menggunakan WhatsApp, sebagai aplikasi messaging pilihan mereka, saat ini. Kemudian, sekitar 100 miliar pesan saling terkirim dalam satu hari menurut Will Cathcart, Head of WhatsApp. Berbagai pesan mulai dari chat dengan keluarga, proses transaksi jual beli, bahkan sampai urusan bisnis bisa dilakukan dengan aplikasi messaging tersebut.

manfaat whatsapp business

Dengan beberapa fakta statistik tersebut, sudah saatnya bisnis Anda mengadopsi aplikasi messaging ini. Ingat, ini berarti pelanggan atau pengguna ingin berinteraksi secara langsung dengan perusahaan, toko, organisasi, atau apapun dengan cara yang sama seperti mereka berinteraksi dengan teman dan keluarga. Untuk pertama, mungkin, Anda sebaiknya coba menggunakan WhatsApp Business dulu. Namun, untuk Anda yang sudah siap untuk scaling bisnis jauh lebih tinggi lagi, WhatsApp Business API adalah jawabannya.

Melalui WhatsApp Business API, bisnis Anda dapat menciptakan pengalaman unik dan lebih personal bagi pelanggan Anda. Hal ini tentu akan meningkatkan engagement pelanggan terhadap bisnis milik Anda. Pilihan strategi komunikasi menggunakan WhatsApp Business API dapat membuat bisnis Anda stand out dari banyaknya persaingan. 

Oke, terus, apakah ada advantages atau manfaat WhatsApp Business API lainnya?

Tentu, ada. Berikut ini adalah enam manfaat WhatsApp Business API agar bisnis Anda mendapatkan keunggulan kompetitif dan semakin terhubung dengan pelanggan di tahun 2022:

Manfaat Whatsapp Business API

#1 Komunikasi yang Lebih Interaktif

WhatsApp Business API dapat mengirim pesan yang lebih bervariasi. Anda bisa buat group, membuat Display Picture yang lebih professional, share WA Story di kolom chat dan masih banyak lainnya. Termasuk seamless integration dengan produk META lainnya. Intinya, lebih banyak model pesan yang bisa Anda kirim untuk pelanggan Anda jika menggunakan WhatsApp Business API daripada WhatsApp Business biasa.

manfaat whatsapp business

Selain itu, bisnis dapat mengirim pesan di WhatsApp melalui desktop, ponsel, dll., Dengan menggunakan API yang sama. Jadi intinya, API WhatsApp untuk situs web, API WhatsApp untuk seluler, dan API WhatsApp untuk mengirim pesan semuanya akan digabungkan menjadi satu. Hasilnya, pelanggan kini dapat membaca pembaruan bisnis kapan saja, dari mana saja.

Perlu diingat, Anda bisa mengirimkan pesan tersebut melalui WhatsApp versi aplikasi desktop, smartphone, dan website hanya dengan 1 API tersebut. Biasanya, beberapa app yang menyediakan fitur API itu, harus menulis kode APInya untuk masing-masing perangkat atau devices terlebih dulu.

#2 Menjaga Relasi Pelanggan dengan Lebih Mudah

Semua bisnis pasti mencoba membangun hubungan yang lebih kuat dengan pelanggan mereka. WhatsApp membuat proses ini lebih mudah dengan menyediakan platform yang secure, karena terdapat enkripsi di setiap percakapannya.

manfaat whatsapp business

Selain itu, dengan terhubung dengan pelanggan di platform yang mereka kenal, bisnis Anda dapat menjangkau lebih jauh kebutuhan pelanggan. Dengan WhatsApp Business API, pelanggan Anda bisa menuliskan review langsung berbasiskan skala bintang, dapat rekomendasi produk lainnya, dapat menanyakan sesuatu langsung dan lainnya, bahkan tracking order pun bisa. 

Perlu diingat, setiap bisnis yang menggunakan WhatsApp Business API maupun yang biasa sebagai media komunikasi perlu membuat profil bisnis yang lengkap. Profil ini akan membantu pelanggan untuk mengenal bisnis Anda. Jadi, pastikan nama, display picture, e-mail, nomor telepon, link website, dan link social media bisnis Anda aktif. 

Dengan rincian seperti itu, bisnis dapat memperoleh unsur kepercayaan dari pelanggan mereka, sehingga dapat meningkatkan loyalitas pelanggan dan membina hubungan jangka panjang.

#3 Platform Messaging yang Terpercaya dan Aman

Di tahun 2021, menurut Katadata, pengguna WhatsApp di Indonesia mencapai 84,8 juta. Di tahun yang sama, menurut Kominfo, literasi digital Indonesia naik dari 3.46 ke 3.49 (skala 1-5). Hal ini, secara tidak langsung, mengimplikasikan kalau pengguna internet indonesia semakin paham akan keamanan digital. Keamanan inilah yang bisa Anda manfaatkan dalam WhatsApp Business API.  

Saat Anda menggunakan WhatsApp Business API, akun bisnis Anda akan mulai diverifikasi oleh pihak WhatsApp. Berbagai prosedur harus Anda lakukan di sini, dan pastikan selesaikan semua prosedur tersebut dengan baik. Setelah berhasil, akun bisnis Anda akan mendapat tanda centang verified.

manfaat whatsapp business

Hal ini akan membuat bisnis Anda jauh lebih dipercayai oleh pelanggan. Pengalaman pribadi, ada dua e-commerce yang pernah mengirim pesan promosi melalui WhatsApp. Satu tanpa tanda centang verified, yang satunya ada tanda centang verified. Meskipun tidak tertarik dengan promonya, kita semua tahu kalau yang ada tanda verified adalah akun bisnis yang asli.

Selain itu, dengan adanya end-to-end encryption dan two-factor authentication (2FA), akun pelanggan dan akun bisnis Anda sama-sama aman. 

#4 Bisa Berintegrasi dengan Aplikasi Pihak Ketiga

Anda bisa mengintegrasikan sistem Anda ke dalam WhatsApp Business API. Software helpdesk terpercaya Anda bisa diintegrasikan di sini. Software CRM? Ini juga bisa. Software tersebut bisa diintegrasikan asalkan provider software tersebut punya ‘fitur integrasi’ dan juga mengizinkan proses integrasi. Toko ritel offline dan online juga bisa.

Untuk informasi, akhir-akhir ini yang mulai booming integrasinya itu adalah live tracking. Jadi, WhatsApp Business API akan ‘ngobrol’ dengan sistem tracking dari perusahaan logistik. Nantinya, pelanggan tinggal klik satu link di chat WhatsApp untuk tahu sampai mana item pesanannya.

#5 Jangkauan Global

manfaat whatsapp business

Dengan WhatsApp Business API, Anda tidak perlu lagi pusing memikirkan harus pakai saluran komunikasi mana untuk menghubungi pelanggan di negara yang berbeda. Mungkin yang harus Anda pikirkan selanjutnya adalah tarif atau pricingnya. Untuk informasi, setiap negara memiliki tarif sendiri-sendiri untuk setiap pesan yang dikirim. 

Baca Artikel Bermanfaat Ini: Pricing Baru WhatsApp Business

Hmm… pakai WhatsApp Business biasa tidak bisakah? Bisa tapi tetap penuh batasan. Mulai dari hanya bisa menampung kontak terbatas, belum adanya tanda verifikasi dan berbagai batasan lainnya.

Jadi…..

Apakah Anda sudah mulai tertarik mengimplementasikan WhatsApp Business API? Mulai pikirkan hal ini dengan tim internal Anda. Pastikan Anda memilih provider WhatsApp Business API yang mendukung dukungan lokal dan resmi. Pastikan juga kalau mereka bisa mengintegrasikan API ini dengan sistem Anda yang lain. Oke, jika Anda masih punya pertanyaan lain terkait hal ini, silakan klik banner di bawah ini dan mulai berdiskusi dengan tim professional kami. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

A. Alfan Alif

Share on:

To the top

Related Posts

Recent Posts