Pengumuman WhatsApp Business Terbaru untuk Anda Para Pebisnis

“Di tahun 2020, terdapat 50 juta pebisnis yang aktif menggunakan WhatsApp Business.” — TechCrunch. WhatsApp Business ini semakin populer di kalangan pebisnis. Namun, ada pengumuman WhatsApp Business penting yang Anda harus ketahui untuk  saat ini. 

Sebelum masuk ke bagian pengumuman WhatsApp Business yang baru itu, Anda sebaiknya mengenal dulu apa perbedaan dari WhatsApp Business dan WhatsApp Business API. Tabel di bawah ini mungkin akan membantu Anda.

pengumuman whatsapp business

Pengumuman WhatsApp Business nya adalah: mulai 1 Februari 2022, WhatsApp telah mengubah model penetapan harga untuk layanan Business API nya. Harga telah berubah dari model berbasis notifikasi menjadi model berbasis percakapan. Alih-alih dikenakan biaya untuk notifikasi yang dikirim, pengguna business API akan dikenakan biaya per percakapan, termasuk semua pesan yang dikirim dalam periode 24 jam.

Begitulah bunyi pengumuman WhatsApp Business terbaru yang bisa Anda simak di website resminya di sini. Oke kami akan mencoba untuk menjabarkan, sebenarnya apa sih yang berbeda.

Memangnya dulu pricingnya bagaimana?

Model Pricing Sebelumnya dari WhatsApp Business API

  • WhatsApp menagih para pengguna Business API hanya untuk pesan business-initiated (pesan yang dimulai dari Anda yang memiliki bisnis) yang telah dipilih oleh pelanggan mereka untuk diterima – seperti pemberitahuan pengiriman, misalnya.
  • Saat pelanggan (pengguna) Anda mengirim pesan, Anda, sebagai pengguna Business API, dapat membalas pesan tersebut secara gratis hingga 24 jam dari pesan pengguna terakhir tersebut.

Jadi, Apa sebenarnya yang Berubah?

  • WhatsApp tidak lagi membebankan biaya bisnis per pesan tetapi per 24 jam ‘jendela percakapan’ atau ‘sesi’.
  • Biaya WhatsApp Business dikeluarkan terlepas dari apakah perusahaan yang memulai percakapan (business-initiated) atau pengguna yang memulai percakapan (user-initiated).
  • Dalam jendela percakapan 24 jam, biaya WhatsApp Business untuk percakapan yang dimulai oleh user atau pemilik bisnis akan bervariasi tergantung pada kode negara nomor telepon penerima. (Silakan lihat tabel di akhir artikel)
  • Biaya WhatsApp muncul saat perusahaan mulai menulis – baik saat menanggapi pertanyaan atau mengirim pesan push WhatsApp ke pelanggan.
  • 1.000 percakapan pertama gratis untuk setiap akun WhatsApp Business API per bulan. 
  • Percakapan yang dimulai dari Iklan “Klik ke WhatsApp” atau CTA di Facebook akan gratis.

Bagaimana Pricing Model Baru ini Bisa menguntungkan Bisnis Saya?

1000 percakapan pertama gratis. Hal ini memungkinkan bisnis Anda untuk mulai membangun experience baru yang akan disukai pelanggan Anda. Saat Anda siap untuk memperluas 1000 percakapan lagi per bulan, pricing baru WhatsApp Business API baru mulai berlaku.

  • Percakapan pertama yang berasal dari iklan “Klik ke WhatsApp” atau CTA di Facebook akan gratis.
  • Sebuah bisnis dapat mengirim pesan berbentuk bebas dalam waktu 24 jam dari pesan pengguna terakhir dalam percakapan. Jika sudah lebih dari 24 jam sejak pesan pengguna terakhir, pengguna Business API harus mengirim template pesan. Pengiriman template pesan tersebut termasuk membuka pesan baru dengan model business-initiated.  
  • WhatsApp sekarang memungkinkan bisnis untuk mengirim lebih banyak jenis pesan kepada orang-orang yang memilih untuk menerimanya – Rekomendasi produk yang dipersonalisasi, peringatan informasi, penawaran yang lebih relevan, dan lain sebagainya.

Ingat, pastikan Anda tidak mengirim pesan spam kepada pengguna Anda karena hal ini bisa mengurangi Peringkat Kualitas Anda.

Bagaimana Cara Kerjanya?

Berdasarkan pengumuman WhatsApp Business tersebut,  percakapan WhatsApp Business API itu terbagi ke dalam dua kategori dengan harga berbeda:

User-initiated atau dimulai oleh pengguna, seperti layanan pelanggan atau pertanyaan support pada umumnya.

Business-initiated atau dimulai oleh pengguna bisnis, seperti pemberitahuan rincian pasca-pembelian.

Semua percakapan diukur dalam 24 jam, atau “sesi”, yang dimulai setiap kali pesan pertama dari bisnis disampaikan. Pesan pertama dapat dimulai oleh bisnis (business-initiated) atau balasan bisnis dalam waktu 24 jam setelah pesan pengguna (user-initiated). Pengguna disini didefinisikan sebagai orang atau entitas yang dikirimi pesan oleh bisnis.  

Biaya untuk percakapan didasarkan pada nomor telepon pengguna. Tarif untuk percakapan yang dimulai oleh bisnis dan percakapan yang dimulai oleh pengguna bervariasi menurut pasar (negara atau wilayah). 

Mari kita pahami bersama apa yang dimaksud dengan percakapan atau pesan yang di mulai oleh pengguna (user-initiated) dan percakapan atau pesan yang dimulai oleh bisnis (business-initiated). Kami akan menjelaskan dua skenario berbeda dalam dua kategori ini.

Percakapan yang dimulai pengguna (user-initiated):

Skenario: Layanan pelanggan atau pertanyaan dukungan umum dalam satu sesi percakapan 24 jam.

pengumuman whatsapp business

Kelly, seorang user, mengirim pesan kepada Acme Air tentang reservasi yang akan datang. Saat pesan balasan Acme Air terkirim, sesi percakapan 24 jam akan dimulai.

Dalam skenario ini, semua pesan tambahan bersifat gratis dalam satu sesi 24 jam tersebut. Hal ini mendorong Acme Air untuk segera menindaklanjuti pertanyaan dukungan sambil memberikan pengguna kemampuan untuk bertukar pesan sebanyak yang diperlukan untuk menyelesaikan masalah dalam satu sesi 24 jam.

Jika, semisal, Acme Air terus bertukar pesan dengan Kelly setelah sesi percakapan awal 24 jam berakhir, maka mereka akan dikenakan biaya terkait percakapan baru. Mereka juga akan diminta untuk mengirim template pesan untuk memulai percakapan baru jika sudah lebih dari 24 jam sejak pesan terakhir Kelly, yang akan dikenakan biaya sebagai percakapan model business-initiated.

Dalam skenario ini, Kelly mendapatkan info yang dia butuhkan tentang reservasinya, dan Acme Air membayar untuk satu sesi percakapan yang dimulai oleh pengguna.

Skenario: Percakapan yang dimulai pengguna (user-initiated) mengarah ke dua percakapan dengan template pesan yang diperlukan.

pengumuman whatsapp business

Kelly ingin memeriksa pesanan yang dia buat dengan Acmekart, retailer sepatu online. Dia melakukannya pada pukul 13:13.

Acmekart memiliki bot yang disiapkan untuk membalas pertanyaan pesanan dasar dan menanggapi Kelly dengan detail pengiriman pada pukul 13:13.

Sebagai tindak lanjut keesokan harinya, bot Acmekart memberi tahu Kelly bahwa pesanannya telah dikirim pada pukul 15:45.

Ketika bot Acmekart membalas Kelly, ternyata, sudah lebih dari 24 jam setelah pesan pertama yang mengonfirmasi ETA pengiriman tersebut. Hal ini akan merujuk ke pembuatan percakapan baru. Acmekart juga harus menggunakan template pesan karena sudah lebih dari 24 jam sejak pesan terakhir Kelly.

Dalam skenario ini, Acmekart membayar untuk satu sesi percakapan yang dimulai oleh pengguna (user-initiated) dan satu sesi percakapan yang dimulai oleh bisnis (business-initiated).

Percakapan yang Dimulai oleh Bisnis (business-initiated):

Skenario: Bisnis memulai pengiriman template pesan.

pengumuman whatsapp business

Saat penerbangan tertunda atau statusnya berubah, Acme Air memberitahu pelanggan yang telah memilih untuk menerima pemberitahuan menggunakan template pesan.

Dua templat pesan yang dikirim dalam satu sesi percakapan 24 jam menghasilkan satu biaya percakapan yang dimulai oleh bisnis (business-initiated) .

Dalam skenario ini, Acme Air ingin memberi tahu Kelly bahwa penerbangannya tertunda 30 menit.

WhatsApp akan menagih Acme Air satu sesi percakapan business-initiated untuk mengirimkan dua template pesan ini kepada Kelly dalam sesi percakapan 24 jam.

Skenario: Percakapan business-initiated dengan balasan dari pengguna yang mengarah ke satu percakapan.

pengumuman whatsapp business

Saat pelanggan melakukan pemesanan baru dari Acmekart, retailer online ini mengirimkan pesan teks untuk mengonfirmasi bahwa pesanan telah diterima dan menanyakan pelanggan apakah mereka ingin menerima pemberitahuan saat pesanan dikirimkan.

Pelanggan memilih Ya dan memilih untuk menerima pemberitahuan pesanan tambahan.

Dalam skenario ini, Acmekart membayar untuk satu sesi percakapan yang dimulai oleh bisnis. Jika pengguna merespons setelah 24 jam dari pengiriman pesan bisnis awal tadi dan diikuti dengan balasan bisnis, hal tersebut akan menghasilkan percakapan baru yang dimulai oleh pengguna.

Untuk daftar tarif biaya percakapan WhatsApp Business API business-initiated maupun user-initiated dengan rate Indonesian Rupiah, silakan klik di sini.

Jika Anda masih punya pertanyaan tentang bagaimana caranya mengimplementasikan WhatsApp Business API ke bisnis Anda atau pertanyaan lainnya terkait hal ini, silakan klik banner di bawah ini untuk mulai berdiskusi dengan tim kami. Terima kasih sudah membaca dan semoga bermanfaat.

A. Alfan Alif

Share on:

To the top

Related Posts

Recent Posts