WA Ganda: Cara Memiliki 2 WhatsApp dalam Satu HP

WhatsApp adalah salah satu aplikasi perpesanan yang sangat populer. Dengan 2 miliar jumlah pengguna aktif, tidak jarang satu orang memiliki lebih dari 2 WhatsApp (WA). Inilah yang disebut dengan WA ganda.

Benar, smartphone anda memang sangat memungkinkan penggunanya untuk membuat WA ganda. Caranya pun terbilang cukup mudah. Terdapat beberapa smartphone yang memiliki fitur menggandakan aplikasi, namun ada juga HP yang memerlukan aplikasi pihak ketiga untuk menggunakan WA ganda.

Apa Itu WA Ganda?

Pada dasarnya, WhatsApp ganda atau dual WhatsApp merupakan istilah yang merujuk pengguna WA yang memiliki 2 akun berbeda pada ponsel yang sama. Umumnya, orang menggunakan dual WhatsApp untuk memisahkan keperluan bisnis dan pribadi.

Tidak heran, kebanyakan dual WhatsApp digunakan oleh para pengusaha dan pekerja. Pemilik bisnis membutuhkan WA ganda agar setiap adminnya dapat menjalankan berbagai akun WhatsApp perusahaan.

Baca Juga: Mau Sukses Melamar Kerja? Ini Cara Menulis Keahlian dalam CV

Cara Memakai 2 WhatsApp Bersamaan

Mungkin anda bertanya-tanya, apakah ponsel anda dapat menjalankan 2 WhatsApp secara bersamaan? Dan bagaimana caranya?

Tentu saja bisa, anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga di luar aplikasi resmi WhatsApp untuk membuat dual WhatsApp. Namun, saat ini beberapa smartphone sudah mendukung fitur app cloning. Yaitu sebuah fitur yang memungkinkan penggunanya menggandakan berbagai aplikasi pada ponsel mereka.

Berikut ini pembahasan cara menggunakan dua WhatsApp dalam satu HP sekaligus. Langkah pertama yang harus anda lakukan tentu saja menginstal WhatsApp.

A. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Saat ini, banyak developer telah menciptakan aplikasi pihak ketiga yang dapat membantu anda membuat WA ganda. Aplikasi ganda WA tersebut bekerja dengan cara ‘kloning’ atau menduplikatkan WhatsApp anda.

Sehingga, anda dapat membuat akun dan kontak baru pada aplikasi hasil duplikat WhatsApp tersebut. Salah satu aplikasi yang dapat anda gunakan untuk membuat aplikasi ganda WA adalah Parallel Space.

Berikut ini cara menggunakan Parallel Space.

  1. Unduh dan install Parallel Space melalui Google Play Store.
  2. Buka aplikasi Parallel Space.
  3. Beri izin akses Parallel Space untuk menggandakan WA anda.
  4. Pilih aplikasi WhatsApp, lalu gandakan WA melalui aplikasi Parallel Space.
  5. Buat dan daftar akun dan nomor baru pada aplikasi ganda WA tersebut.

Jika proses pendaftaran telah berhasil, anda sekarang sudah bisa menggunakan dual WhatsApp secara bersamaan pada ponsel anda. Perlu anda ingat, aplikasi Parallel Space bukan aplikasi resmi besutan WhatsApp (WhatsApp LLC).

Sehingga, ada kemungkinan besar aplikasi hasil duplikasinya juga bukan aplikasi resmi.

Baca Juga: 10 Cara Menjawab Kelebihan dan Kekurangan Diri Sendiri saat Interview Kerja

B. Menggunakan WhatsApp Business

Cara selanjutnya adalah menggunakan aplikasi WhatsApp Business. Aplikasi ini adalah aplikasi resmi buatan pihak WhatsApp sendiri. Yang membedakan, WA Business memang ditujukan untuk keperluan bisnis bukan untuk komunikasi personal.

Namun jangan khawatir, anda tetap bisa menggunakan WA Business sebagai alternatif membuat WhatsApp double. Begini cara membuat WhatsApp double dengan WA Business.

  1. Install aplikasi WhatsApp Business di Play Store.
  2. Buka aplikasi tersebut.
  3. Daftar sebagai pengguna dan nomor baru.

Cara satu ini cukup mudah dan tidak berbeda jauh dengan menggunakan WhatsApp versi biasa. Untuk menggunakannya, anda cukup mendaftar menggunakan nomor baru, maka aplikasi WhatsApp Business sudah dapat anda gunakan.

Anda juga dapat menggunakan WhatsApp Business apabila anda sudah memiliki akun kedua. Tanpa perlu mendaftar, anda cukup login saja untuk menggunakan WA Business.

C. Memanfaatkan Fitur Dual Apps

Saat ini, beberapa smartphone telah menyediakan fitur canggih berupa Dual Apps. Fitur ini memungkinkan penggunanya untuk menduplikatkan aplikasi yang terdapat pada ponsel mereka.

Beberapa smartphone layaknya Xiaomi, Asus Zenfone, Realme, Oppo, dan Vivo telah menyematkan fitur ini. Sehingga, bagi penggunanya yang ingin memiliki dual WA sudah tidak perlu menginstall aplikasi pihak ketiga ataupun WhatsApp Business.

Cara menggunakan fitur dual apps dapat berbeda pada masing-masing smartphone. Tetapi secara umum, begini cara memanfaatkan dual apps jika ponsel anda memang memiliki fitur tersebut.

  1. Buka menu Pengaturan atau Setting.
  2. Geser ke bawah dan pilih Apps.
  3. Pilih Dual Apps, lalu pilih WhatsApp.
  4. Tap Enable Dual Apps.
  5. Tunggu hingga proses selesai.

Jika proses penggandaan WhatsApp telah selesai, maka anda hanya perlu mendaftar atau login ke akun WhatsApp anda saja. Setelah itu, WA ganda pada ponsel anda telah siap untuk digunakan. Mudah bukan?

Fitur dual apps yang ditawarkan ponsel anda merupakan fitur resmi. Jadi, terjamin aman karena memang fitur bawaan pada ponsel anda.

Tertarik Mencoba Dual WA?

Dari uraian di atas, apakah anda tertarik untuk menggunakan dual WA? Anda dapat mencoba salah satu dari ketiga cara tersebut.

Perlu anda ingat, menggunakan WA ganda dari aplikasi pihak ketiga memiliki risiko tersendiri. Ini disebabkan aplikasi pihak ketiga bukanlah aplikasi resmi pihak WhatsApp dan Meta Platform (pemilik resmi WhatsApp).

Sehingga, terdapat beberapa risiko yang mungkin saja terjadi saat anda menggunakan aplikasi tersebut. Seperti pencurian data, kerusakan pada ponsel anda, dan pemblokiran akun.

Akan tetapi, jika anda menggunakan WhatsApp Business atau fitur Dual Apps pada bawaan smartphone anda, maka aplikasi WhatsApp tersebut adalah aplikasi resmi. Sehingga, tidak memiliki risiko berbahaya bagi data pribadi dan smartphone anda.

Mohamad Krisna

Categories:

Karyawan

Share on:

To the top

Related Posts

Recent Posts