10 Cara Menjawab Kelebihan dan Kekurangan Diri Sendiri saat Interview Kerja

Ketika anda menjalani tes wawancara kerja di sebuah perusahaan, recruiter pasti memberikan banyak pertanyaan. Kelebihan dan kekurangan diri sendiri salah satunya. 

Pertanyaan ini sering diberikan, karena HRD ingin mengukur personalitas, etos kerja, dan cara berkomunikasi dari kandidat pelamar kerja. Pertanyaan ini, juga digunakan untuk menilai apakah kandidat dapat bekerja dengan baik dalam tim.

Mungkin, untuk anda pertanyaan ini terlihat sepele. Tetapi, tidak jarang juga anda kebingungan menjawab pertanyaan ini.

Menurut Jobstreet.id, terlalu gugup juga bisa membuat anda gagal mendapat pekerjaan.

Jika HRD menilai anda terlalu grogi dalam menjawab pertanyaan ini, bisa saja anda gagal dan tidak dapat melanjutkan tahapan seleksi selanjutnya. Lalu, bagaimana cara menjawab pertanyaan ini sesuai yang diharapkan interviewer?

Berikut tips cara menjawab pertanyaan kelebihan dan kekurangan diri sendiri saat interview dengan baik dan benar. Sehingga, kesempatan anda mendapat pekerjaan lebih tinggi.

Tips Menjawab Kelebihan Diri Sendiri saat Interview

ilustrasi menjawab kelebihan diri saat interview

Ada baiknya, sebelum proses interview, anda menyiapkan diri untuk menjawab beberapa pertanyaan yang mungkin akan ditanyakan. Termasuk, mempelajari perusahaan tempat anda melamar.

Menyiapkan diri untuk pertanyaan kelebihan juga bisa menjadi nilai lebih untuk anda. Anda bisa mengikuti tips berikut ini.

1. Kemampuan Komunikasi

Jelaskan secara detail kemampuan berkomunikasi anda. Sehingga, HRD tahu jika anda adalah seseorang yang dapat bekerja dengan baik dalam sebuah tim.

Tidak ada jawaban benar atau salah dalam pertanyaan ini, HRD ingin mengetahui kepribadian anda seperti apa. Pertanyaan ini cukup penting, karena ketika bekerja anda pasti membutuhkan kemampuan berkomunikasi yang baik dengan orang lain. 

Selain itu, anda juga pasti memerlukan skill komunikasi yang bagus dengan atasan.

2. Komitmen Terhadap Pekerjaan

Menunjukkan bahwa anda adalah orang yang bisa diandalkan, dan dapat bekerja dengan baik bisa menjadi pertimbangan bagi perusahaan untuk menerima anda.

Anda dapat menjelaskan komitmen anda terhadap pekerjaan, jika anda sebelumnya sudah mempunyai pengalaman kerja. Jika belum, anda dapat menjelaskan kepada recruiter komitmen anda dalam organisasi, kegiatan volunteer, atau dalam tugas kuliah misal jika anda fresh graduate.

3. Kepribadian yang Fleksibel

Dalam menjawab pertanyaan seputar kelebihan dan kekurangan diri sendiri, fleksibilitas kepribadian anda dapat membuat anda terlihat luwes.

Hal ini menunjukkan bahwa anda adalah pribadi yang dinamis, meskipun memiliki kelemahan, anda tidak berhenti berproses mengembangkan diri sendiri. Sehingga, perusahaan akan melihat anda sebagai individu yang cocok dalam berbagai posisi.

Fleksibel juga dapat anda perlihatkan dalam bentuk kemampuan problem solving atau pemecahan masalah. Dalam lingkungan kerja, anda pasti akan berhadapan dengan berbagai masalah. 

Menjadi seseorang yang fleksibel dan cekatan dalam memecahkan masalah tentu menjadi nilai kelebihan tersendiri. Jangan lupa untuk memberikan konteks dan contoh dalam menyampaikan kelebihan ini. 

Menjadi fleksibel, juga artinya anda punya motivasi kerja dan berkembang yang kuat.

4. Percaya Diri

Seperti yang disebutkan di awal, terlihat grogi dan kurang memiliki rasa percaya diri dapat memengaruhi pertimbangan perusahaan untuk menerima anda. Tampil percaya diri, tentunya dapat menjadi nilai kelebihan untuk anda. 

Usahakan untuk menjawab pertanyaan dari HRD dengan penuh percaya diri. 

Dalam menyampaikan kelebihan ini, anda perlu menjelaskan pula konteksnya. Misal, dalam pekerjaan anda sebelumnya. Beri pula contoh situasi yang menggambarkan ini.

5. Jaga Kerapian

Kerapian anda juga menjadi penilaian tersendiri bagi recruiter. Jika anda tampil rapi, bagi pewawancara itu menunjukkan kesiapan anda.

Selain itu, ada juga recruiter yang menganggap kerapian sebagai cerminan apakah seseorang taat peraturan atau tidak. Kerapian dapat menggambarkan anda sebagai pekerja yang memerhatikan tiap detail pekerjaan anda.

Tips Menjawab Kekurangan Diri 

Tips interview menjawab kekurangan diri sendiri

Bagi sebagian orang, membicarakan kekurangan diri sendiri saat interview kerja masih menakutkan. Apalagi, salah dalam penyampaian kekurangan diri sendiri, bisa menjadi tombak bermata dua. 

Berikut ini pemaparan dari kami tentang bagaimana cara yang tepat menjawab pertanyaan soal kelemahan diri sendiri saat wawancara. Tips ini dapat membantu anda lebih percaya diri dan dapat meyakinkan HRD bahwa anda adalah orang yang tepat.

Baca Juga: Cara Menjawab Interview: Jangan Ucapkan 5 Kalimat ini!

1. Pilih Kelemahan yang Tidak Berkaitan dengan Posisi yang Dilamar

Saat mendapat pertanyaan mengenai kekurangan diri sendiri, anda harus berhati-hati. Karena, saat menanyakan hal ini, seorang recruiter biasanya ingin mengetahui apakah kandidat sadar dengan kelemahan diri mereka sendiri. 

Cara paling efektif menjawab pertanyaan ini adalah dengan jawaban yang tidak berkaitan dengan posisi yang dilamar. 

Sebagai contoh, jika anda melamar sebagai manajer, jangan menjawab bahwa cara anda berkomunikasi kurang baik. Karena, skill berkomunikasi merupakan keahlian penting yang anda harus kuasai untuk posisi tersebut.

Pertanyaan ini juga digunakan HRD untuk melihat apakah kandidat karyawan bersifat jujur dan terbuka. Terutama saat disudutkan dengan pertanyaan-pertanyaan berat.

2. Belum Memiliki Pengalaman

Salah satu hal yang dapat anda sampaikan sebagai kekurangan adalah anda masih belum berpengalaman. Apalagi jika anda adalah fresh graduate.

Maka, sangat wajar jika anda belum memiliki pengalaman. Ketika menyampaikan hal ini, usahakan juga untuk menyebutkan sisi positif lain dari anda yang dapat dijadikan pertimbangan HRD.

Misalnya, anda dapat menjelaskan pengalaman dalam hal lain, seperti pengalaman magang, atau menjadi tenaga sukarelawan. Jika ini memang masih relevan dengan posisi yang anda lamar.

3. Kelemahan yang Sudah Anda Perbaiki

Anda dapat menyampaikan kekurangan diri sendiri yang sudah anda perbaiki di pekerjaan sebelumnya. Dengan begitu, HRD akan melihat anda sebagai seseorang yang menyadari kelemahan dirinya sendiri, dan memiliki komitmen untuk memperbaiki kekurangan tersebut.

Selain itu, ini dapat menjadi kesempatan kamu menunjukkan kepada perusahaan bahwa kamu adalah orang yang berniat untuk terus mengembangkan diri.

4. Berikan Solusi

Saat menjelaskan tentang kekurangan diri sendiri, selalu jelaskan juga upaya apa saja yang sudah anda lakukan untuk menangani masalah tersebut.

Sebagai contoh, anda menyebutkan kekurangan anda mudah lupa. Maka, beri penjelasan juga untuk mengatasi hal itu, anda selalu membuat catatan agar tidak lupa. Dengan begitu, recruiter tidak akan melihat kekurangan tersebut sebagai hambatan yang berarti.

Bisa saja, HRD akan melihat kekurangan anda sebagai kelebihan. HRD akan melihat anda sebagai seseorang yang paham masalah dan bisa menemukan solusi sendiri.

5. Tunjukkan Keinginan Kuat

Saat menjelaskan kekurangan diri sendiri kepada recruiter, jangan menunjukkan bahwa anda sudah menyerah memperbaiki kelemahan anda. 

Selalu tampilkan gestur dan nada yang optimis bahwa kekurangan anda bukan penghambat melainkan kesempatan untuk mengembangkan diri kedepannya.

Nah, di atas adalah tips dan cara yang benar untuk menjawab kelebihan dan kekurangan diri sendiri saat interview kerja. 

Semoga setelah membaca artikel ini, anda menjadi lebih percaya diri dan optimis untuk mengejar karier dan mendapatkan posisi yang anda inginkan.

Mohamad Krisna

Categories:

Karyawan

Tags:

Karyawan

Share on:

To the top

Related Posts

Recent Posts