Cara Menjawab Interview

Cara Menjawab Interview: Jangan Ucapkan 5 Kalimat ini!

Untuk mendapatkan sebuah pekerjaan, kamu tidak hanya perlu memiliki suatu keahlian. Namun, kamu juga harus mempelajari bagaimana cara menjawab interview dengan benar sehingga manajer perusahaan tersebut tidak perlu ragu untuk menerima mu.

Untuk menjawab pertanyaan yang diajukan saat menjalani interview, ada beberapa kalimat yang tidak boleh kamu ucapkan. Kamu perlu memilih dan memilah kalimat seperti apa yang patut diucapkan agar dapat memberi kesan baik.

Cara Menjawab Interview

Kalimat yang harus dihindari saat interview

Saat mendapatkan panggilan interview pertama, kamu harus benar-benar mempersiapkan diri. Cobalah untuk mencari tahu terlebih dahulu bagaimana menjalani sebuah interview agar perusahaan tersebut yakin untuk merekrut mu. Berikut adalah beberapa kalimat yang harus kamu hindari pada saat interview menurut Kevin Hendrawan.

#1 “Saya sangat ingin bekerja di perusahaan ini”

Pada saat interview, kamu harus menghindari ucapan tersebut. Kamu memang menginginkan pekerjaan tersebut, namun, kamu juga harus menunjukan bahwa pihak pelamar dan perusahaan saling membutuhkan.

Dengan menggunakan kalimat ini, kamu akan dinilai putus asa dalam mencari sebuah pekerjaan. Sehingga kamu bisa dinilai tidak percaya diri akan kemampuan yang dimiliki.

Perusahaan bisa memperkirakan bahwa kamu tidak menarik karena tidak menghargai kemampuan diri sendiri.

#2 “Apakah posisi ini memberikan tunjangan?”

Tunjangan dan fasilitas memang merupakan hak yang harus diberikan perusahaan kepada karyawannya untuk menjaga kesejahteraan mereka. Namun, pada saat interview pertama kamu harus menghindari bertanya terkait tunjangan dan fasilitas apa yang akan didapatkan setelah menjadi karyawan.

Dengan mengajukan pertanyaan tersebut, kamu memang terlihat percaya diri akan kemampuan mu dan pantas dihargai. Namun, membahas hal krusial seperti tunjangan akan membuat perusahaan ragu untuk menerima mu. Belum diterima untuk menjadi karyawan, namun kamu lebih mengutamakan tunjangan daripada menunjukkan kemampuan yang kamu miliki.

#3 “Seperti yang tadi sudah saya bilang…”

Kalimat ini memang seringkali digunakan dalam sebuah diskusi atau interview. Kamu harus menghindari kalimat ini dalam sebuah interview. Walaupun menggunakan kata-kata yang terdengar sopan, namun, kalimat tersebut mencerminkan kamu terlihat superior. Sama halnya dengan mengucapkan “Seperti yang tadi saya jelaskan…”.

Kalimat tersebut memiliki maksud tersirat seperti “kamu tidak mendengarkan penjelasan saya sebelumnya”, “padahal tadi sudah saya jelaskan”, dll. Jadi, cobalah untuk tidak menggunakan kalimat tersebut.

#4 “Nggak pak, saya tidak ada pertanyaan”

Kalimat ini merupakan kalimat yang tidak boleh kamu ucapkan sama sekali. Dengan melamar pada sebuah perusahaan, itu berarti kamu sangat ingin bekerja disana.

Namun, kalimat ini mencerminkan bahwa kamu tidak terlalu tertarik dengan perusahaan tersebut. Tidak ada pertanyaan terkait perusahaan yang kamu lamar menandakan kamu tidak ingin mengetahui lebih jauh tentang perusahaan tersebut.

#5 Menggunakan banyak jeda seperti “Ummmm…”

Ini memang bukan merupakan sebuah kalimat melainkan bergumam. Kamu harus menghindari bergumam seperti ini. Dengan bergumam seperti ini, mencerminkan kamu tidak percaya diri dan gugup. Sementara, sikap gugup mencerminkan bahwa kamu belum siap untuk menerima pekerjaan tersebut.

Jadi, lebih baik sebelum melakukan interview, kamu melatih diri agar tidak gugup saat menjawab pertanyaan. Dengan tidak terlalu banyak bergumam, kamu bisa terlihat lebih percaya diri dan akan lebih baik lagi dalam menjalani interview tersebut.

Nah, itu tadi beberapa kalimat yang harus kamu hindari saat menjalani sebuah interview jika kamu saat ini adalah seorang job seeker. Namun, jika kamu adalah seorang HR, kamu juga bisa menerapkan hal-hal di atas sebagai acuan untuk menilai seorang pelamar. Selain itu, kamu juga bisa membuat proses rekrutmen menjadi lebih mudah menggunakan Haermes. Software HRIS ini akan mempermudah kamu dalam merekerut karyawan yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.
Master Admin

Categories:

Update

Share on:

To the top

Related Posts

Recent Posts