software-sap-pengertian-cara-kerja-dan-manfaatnya-dalam-perusahaan_Hybrid Work

Software SAP: Pengertian, Cara Kerja, dan Manfaatnya dalam Perusahaan

Mohamad Krisna

Share on:

Software SAP adalah sebuah aplikasi yang sering digunakan dalam kepentingan perusahaan di Indonesia. Software ini banyak digunakan oleh perusahaan besar, terutama pada divisi IT. 

Sebenarnya, SAP adalah perusahaan multinasional yang memiliki kantor pusat di Walldorf, Jerman. Perusahaan SAP sudah terkenal sebagai produsen perangkat lunak terkemuka di dunia untuk mengelola proses bisnis berkat sistem aplikasi yang mereka ciptakan.

SAP termasuk dalam kategori perangkat lunak yang sangat berguna bagi perusahaan dalam mengelola proses bisnis yang kompleks. Sistem ini dirancang untuk mengembangkan solusi yang memudahkan pengolahan data dan aliran informasi secara efektif di seluruh organisasi.

Lalu, bagaimana cara kerja software SAP? Apa saja manfaatnya? Selengkapnya di artikel bawah ini.

Pengertian Sistem SAP

Ilustrasi penerapan SAP dalam sebuah perusahaan.

SAP adalah singkatan yang memiliki arti Systems Applications and Products. SAP adalah sebuah perangkat lunak yang digunakan untuk mengelola data dari berbagai sumber daya dengan tujuan meningkatkan efisiensi dan efektivitas bisnis suatu perusahaan.

Atau lebih dikenal dengan istilah enterprise resource planning (ERP). SAP menciptakan suatu sistem yang terpusat bagi bisnis sehingga setiap departemen dapat mengakses dan berbagi data yang sama, dengan tujuan meningkatkan lingkungan kerja yang lebih efektif bagi semua karyawan di perusahaan.

Software SAP adalah peranti lunak ERP yang paling banyak digunakan di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Di dalam SAP, terdiri dari ratusan modul terintegrasi yang dapat mencakup seluruh aspek manajemen bisnis.

ERP sendiri merupakan suatu aplikasi perangkat lunak yang memungkinkan bisnis untuk mengelola fungsi-fungsi utama mereka dalam satu platform yang mencakup departemen-departemen seperti penjualan, pemasaran, pengadaan, sumber daya manusia, dan lain-lain.

Dengan bantuan ERP, fungsi-fungsi tersebut dapat saling terintegrasi dan direncanakan secara terkoordinasi. Dengan kata lain, SAP adalah salah satu solusi perangkat lunak yang tergabung dalam kategori ERP.

Baca Juga: Daftar Cakupan Implementasi SAP SuccessFactors Modules 2021

Cara Kerja SAP

SAP menghimpun dan memproses data dari semua fungsi bisnis dalam satu platform. Keberadaan SAP sangat vital bagi banyak bisnis karena memungkinkan setiap departemen dapat berkomunikasi satu sama lain dengan mudah.

Kesuksesan setiap organisasi tergantung pada kemampuan untuk berkomunikasi dan menukar data secara efektif antara fungsi-fungsinya, dan SAP adalah salah satu cara efektif untuk mendukung upaya tersebut.

Dalam model bisnis tradisional, manajemen data seringkali tidak terpusat, di mana setiap fungsi bisnis menyimpan data operasionalnya sendiri pada database yang terpisah.

Hal ini membuat para karyawan dari departemen bisnis yang berbeda kesulitan untuk mengakses informasi satu sama lain. Di samping itu, terdapat duplikasi data di beberapa departemen yang meningkatkan biaya penyimpanan TI dan memperbesar risiko terjadinya kesalahan data.

Dengan memusatkan manajemen data, perangkat lunak SAP dapat memberikan beberapa fungsi bisnis dengan pandangan yang sama terhadap kebenaran data. 

Hal ini membantu perusahaan mengelola proses bisnis yang kompleks dengan lebih baik, sehingga karyawan dari berbagai departemen dapat dengan mudah mengakses wawasan waktu nyata di seluruh perusahaan. 

Dampaknya, bisnis dapat mempercepat alur kerja, meningkatkan efisiensi operasional, produktivitas, pengalaman pelanggan, dan pada akhirnya, meningkatkan keuntungan.

Baca Juga: Perbandingan 2 LMS Milik SAP, SAP Litmos dan SuccessFactors Learning

Fungsi dan Beberapa Modul SAP

Berikut ini merupakan beberapa fungsi dan modul SAP adalah sebagai berikut:

1. Modul Material Management

Salah satu cara kerja awal adalah dengan menggunakan modul manajemen material. Modul ini bertanggung jawab untuk mengatur setiap aktivitas pembelian dan pengelolaan inventaris perusahaan.

2. Modul Sales and Distribution

Modul kedua adalah penjualan dan distribusi yang bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dalam setiap aktivitas operasional yang terkait dengan proses pengiriman, penjualan, dan penagihan setiap pesanan dari pelanggan.

3. Modul Production Planning

Modul ini dirancang untuk mengelola setiap aktivitas dalam proses perencanaan produksi di perusahaan.

4. Modul Financial Accounting

Modul akuntansi keuangan bertanggung jawab untuk mengkonsolidasikan semua laporan keuangan perusahaan. Dalam hal ini, semua proses akan dikerjakan dalam satu sistem, sehingga seluruh data lebih mudah terintegrasi dan kesalahan perhitungan dapat diminimalkan.

5.  Modul Controlling

Modul terakhir adalah modul pengendalian. Modul ini bertugas untuk mengendalikan dan memonitor seluruh aktivitas serta pengelolaan data di setiap divisi yang ada.

Manfaat Software SAP

Peningkatan layanan pelanggan

Menggunakan SAP dalam bisnis dapat memberikan akses lengkap pada data mulai dari tahap pra-produksi hingga pasca-produksi. 

Informasi ini dapat menjadi bekal yang konkret untuk menanggapi kebutuhan pelanggan, tren pasar, dan persaingan. Dengan demikian, pemilik bisnis dapat mengambil tindakan nyata untuk meningkatkan pelayanan pelanggan menjadi lebih baik.

Perencanaan produksi yang lebih efisien

Dengan menggunakan perangkat lunak SAP, proses perencanaan produksi dapat menjadi lebih efisien karena semua data tersedia secara otomatis.

Efisiensi dalam monitoring

Salah satu manfaat terbesar dari menggunakan SAP adalah efisiensi dalam hal monitoring. Perusahaan dapat memantau seluruh divisi hanya dengan satu alat yang terintegrasi secara otomatis. Hal ini sangat bermanfaat bagi perusahaan besar yang memiliki banyak divisi yang berbeda.

Peningkatan keamanan data perusahaan

Keamanan data adalah salah satu fitur terpenting dari perangkat lunak SAP. Penerapan Sistem ERP meningkatkan kualitas dan ketepatan data, dan juga memberikan perlindungan yang lebih baik terhadap data dengan menggunakan firewall dan sistem keamanan internal yang kuat.

Berikut tadi adalah pembahasan seputar SAP, cara kerja, dan manfaatnya. Jika anda tertarik untuk mengimplementasikan SAP di perusahaan anda, silakan hubungi kami, atau anda dapat membaca lebih lanjut SAP SuccessFactors melalui tautan berikut ini

Mohamad Krisna

Share on:

Categories: (1)

Karyawan
To the top