Perbandingan 2 LMS Milik SAP, SAP Litmos dan SuccessFactors Learning

Learning Management System dan Berbagai Industri Penggunanya

Teknologi digital terus memengaruhi cara kita menemukan, membuat, berbagi, dan menegosiasikan informasi dan ide – bahkan memengaruhi ilmu pengetahuan kita semua. Pembelajaran, pendidikan, dan pelatihan terus memperluas jangkauan aksesnya. Saat ini, melakukan proses pembelajaran dan pelatihan dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja, asalkan ada sarana pendukungnya — salah satu yang harus ada adalah Learning Management System atau Sistem Manajemen Pembelajaran.  

sap litmos dan successfactors learning

Learning Management System sudah mulai dikembangkan sejak tahun 90an. Dulunya , hanya korporat-korporat besar yang bisa mencicipi layanan ini. Namun, LMS sekarang sudah mulai bisa diakses oleh banyak kalangan orang. Menurut data survei dari buku “The Evolution of the LMS: From Management to Learning”, saat ini, sektor edukasi menjadi pengguna terbanyak Learning Management System.

sap litmos dan successfactors learning

Hal ini tentunya membuktikan bahwa LMS memiliki banyak manfaat di berbagai sektor industri. Bahkan akhir-akhir ini LMS di Industri Pertambangan juga menjadi salah satu yang naik popularitasnya. 

Anda sebagai HR leader mungkin akan membutuhkan waktu yang lumayan banyak dalam memilih provider Learning Management System. 

Dan artikel ini kemungkinan besar akan membantu Anda dalam memilih provider LMS yang tepat. Di sini Anda akan menemukan perbandingan antara SAP Litmos dan SuccessFactors Learning, dua penyedia corporate LMS yang memiliki track record berkualitas.

 

SAP Litmos 

sap litmos dan successfactors learning

SAP Litmos adalah platform manajemen pembelajaran berbasis cloud yang cocok untuk perusahaan dari semua ukuran. Provider ini memberikan konten eLearning dan beberapa instructor-led training (ILT) yang memungkinkan organisasi untuk melaksanakan pelatihan untuk karyawan, menjaga compliance terhadap regulasi industri dan lainnya. Layanan ini jua support beberapa bahasa untuk mendukung penggunaan secara global.

Litmos didirikan oleh Rich Chetwynd, Dan Allen, dan Nicole Fougere. Chetwynd mendirikan Litmos pada awal tahun 2007 dengan tujuan menciptakan Learning Management System (LMS) yang cepat dan mudah dikelola. Pada Juni 2011, Litmos diakuisisi oleh CallidusCloud.

Kemudian, di tahun 2018, Litmos diakuisisi oleh SAP.

SuccessFactors Learning

Anda mungkin lebih sering melihat dan mendengar nama ini daripada SAP Litmos. SuccessFactors didirikan pada tahun 2001. Terkenal dengan HCM nya yang berkualitas, SuccessFactors terus berkembang pesat. Pada tahun 2011, Plateau Learning Management System, salah satu corporate learning management system pertama di dunia, diakuisisi oleh SuccessFactors dan di tahun yang sama juga, SuccessFactors menjadi bagian dari SAP.

SuccessFactors Learning merupakan salah satu fitur yang berada di sektor Talent Management milik HCM SuccessFactors. SuccessFactors Learning juga menawarkan solusi Corporate Learning Management System seperti SAP Litmos.

 

Perbandingan Dimulai!

Jadi, bagaimana perbandingan SAP Litmos dan SuccessFactors Learning? Secara garis besar, mereka berdua sama-sama memiliki fitur yang kuat untuk sebuah LMS, Namun ada 3 poin perbedaan yang Anda harus cermati. Simak penjelasan di bawah ini untuk tahu lebih lanjut:

Perbandingan Harga SAP Litmos dan SuccessFactors Learning

sap litmos dan successfactors learning

SAP SuccessFactors membolehkan Anda untuk memilih fitur atau fungsi mana saja yang mau diadopsi, jadi tidak perlu semua diambil kalau memang belum butuh. 

Pricing dari SAP SuccessFactors tidak dicantumkan di websitenya, namun jangan khawatir, artikel spesial ini tetap akan memberikannya untuk Anda. 

SuccessFactors mempunyai tarif sangat spesial dan terjangkau. Perlu diingat, HCM suite adalah suatu paket yang memiliki 3 fungsi utama, Talent Management (ada SuccessFactors Learning di sini), Employee Experience Management, dan Workforce Planning and Analytics. Semisal Anda hanya butuh SuccessFactors Learning nya saja, maka tarif yang dikenakan mungkin sebesar 2 USD per user per month.

Ingat, ada satu saran yang tetap harus Anda perhatikan. Jika Anda memutuskan ingin memakai provider ini, maka carilah regional partner terpercaya SAP di Indonesia. Kemungkinan besar akan ada harga spesial jika Anda subscribe melalui tempat tersebut. 

Sekarang mari membicarakan tentang pricing dari SAP Litmos. Seperti biasa Anda tidak akan menemukan pricing provider ini  di websitenya. Dan seperti biasanya lagi, artikel ini akan memberitahu Anda. 

SAP Litmos memiliki 2 paket, LMS Only dan LMS + Course. 

Untuk LMS Only, Anda akan dikenakan biaya kurang lebih seperti, 6 USD per user per month (harus 100-500 users), 4 USD per user per month (harus 500-1000 users), dan hubungi mereka jika users nya mencapai di atas 1000.

Untuk LMS + Courses, Anda akan dikenakan biaya kurang lebih seperti, 15 USD per user per month (harus 500-150 users), 9 USD per user per month (harus 150-5000 users), 6 USD per user per month (harus 500-1000 users), lebih dari itu silakan menghubungi langsung SAP Litmos.

Perbandingan Fitur Classroom SAP Litmos dan SuccessFactors Learning

sap litmos dan successfactors learning

Menurut IT Qlick, salah satu fitur pembeda antara kedua provider LMS ini adalah fitur classroom. Di poin ini SuccessFactors Learning memiliki fitur yang bernama Virtual Learning Service, sedangkan SAP Litmos hanya mempunyai individual-based layaknya LMS pada umumnya.

Penjelasan lebih lanjut tentang Virtual Learning Service dapat Anda temukan disini. Untuk singkatnya, VLS adalah integrasi antara SuccessFactors Learning dan ruang rapat virtual seperti WebEx, Microsoft Skype for Business, atau Adobe Connect.

Jika perusahaan Anda mengadakan pelatihan di ruang rapat online seperti WebEx, Microsoft Skype for Business, dan Adobe Connect, Anda dapat menggunakan VLS untuk menghubungkan pengguna secara langsung ke ruang rapat tempat pelatihan mereka berlangsung. Saat ruang rapat terhubung melalui VLS, pengguna dapat membuka ruang rapat virtual dengan mengeklik tautan di daftar tugas mereka.

Bergantung pada kemampuan vendor ruang rapat, SAP SuccessFactors Learning juga dapat membaca daftar kehadiran, waktu kehadiran, dan data pelaporan lainnya. Ini menghemat waktu instruktur di kemudian hari, ketika mereka memposting hasil pelatihan ke manajemen arsip.

Perbandingan Marketplace Apps SAP Litmos dan SuccessFactors Learning

Kedua provider LMS ini memiliki berbagai tempat courses online yang bisa diintegrasikan ke dalamnya. Namun, untuk poin ini SAP Litmos lebih unggul daripada “kompatriotnya” SuccessFactors Learning.

SAP Litmos sangat transparan untuk masalah apps pihak ketiga apa yang bisa diintegrasikan plus course online mana saja yang bisa dimasukkan. Setidaknya, hal-hal tersebut langsung tertulis di dalam websitenya. 

Info semacam ini belum bisa langsung Anda dapatkan di website SuccessFactors Learning. Anda harus menghubungi pihak SuccessFactors Learning untuk mengetahui informasi ini lebih lanjut.

 

Penutup

SAP Litmos dan SuccessFactors Learning merupakan solusi LMS yang telah diadopsi banyak pelanggan di seluruh dunia. Keduanya memiliki sejumlah keunggulan, tetapi mereka juga memiliki keterbatasan. Sistem mana yang paling sesuai dengan perusahaan Anda sangat bergantung dengan kebutuhan.

Jika Anda nantinya ingin solusi LMS dan Fitur HCM termasuk Workforce Planning, Succession, Talent Management atau yang lainnya, maka SuccessFactors Learning adalah pilihan. Namun, SuccessFactors Learning tetap menjadi salah satu LMS dengan learning curve yang tinggi. 

Jika Anda yakin hanya menginginkan sebuah LMS yang mudah digunakan dengan waktu implementasi yang cepat, maka SAP Litmos adalah pilihan.

Ingat, Anda tidak akan salah memilih satu diantara kedua provider ini karena keduanya memang berkualitas. Namun, setiap perusahaan tetap perlu mengevaluasi kedua provider ini dan cek ulang kebutuhan dan tujuan perusahaan sebelum membuat keputusan.