Fungsi LMS Beserta Fiturnya yang Semua Bisnis Perusahaan Harus Tahu

Definisi Singkat Learning Management System

fungsi lms

Learning Management System atau Sistem Manajemen Pembelajaran menjadi salah satu yang paling dicari oleh banyak perusahaan akhir-akhir ini. Banyak perusahaan sadar akan pentingnya sebuah LMS yang berkualitas apalagi ketika bumi kita dalam kondisi menghadapi pandemi. Secara singkat, LMS adalah sebuah solusi software terintegrasi yang mampu mengatur, mengirimkan dan mendukung pembelajaran, pendidikan, serta pelatihan online kepada seseorang, kelompok maupun korporat. 

Anda sebaiknya memperhatikan fungsi LMS beserta fiturnya ketika hendak memilih sebuah layanan LMS. Untuk itu, artikel ini akan membahas beberapa fungsi LMS beserta fiturnya yang pastinya sangat berpengaruh bahkan untuk perusahaan berukuran menengah sampai besar sekalipun.

Baca Juga: Learning Management System untuk Industri Pertambangan

Fungsi LMS untuk Perusahaan Berukuran Menengah sampai Besar

fungsi lms

1. Menghemat Biaya Pelatihan

Program pelatihan online menggunakan LMS cenderung lebih hemat biaya daripada pelatihan secara tatap muka, hal ini sangat berlaku jika tenaga kerja Anda tersebar ke wilayah geografis lain. Pelatihan semacam ini menghilangkan biaya pemesanan tempat, perjalanan, materi pelatihan fisik, konsumsi dan beberapa lainnya.

2. Efisiensi

LMS dapat streamlined berbagai training courses untuk tenaga kerja. Topik baru dapat dipilih dari pilihan yang tersedia atau bahkan Anda bisa membuatnya sendiri dari awal, kemudian didistribusikan ke seluruh karyawan secara bersamaan dan cepat.

3. Meningkatkan Engagement

LMS mendukung berbagai format pelatihan: teks, video, dan audio, dan lainnya. Hal ini membuat para end-users LMS dapat menyerap materi dengan cara yang paling efektif bagi mereka.

LMS berbasis cloud dapat diakses dari perangkat apapun selama perangkat itu terhubung ke internet. Hal ini dapat membuat pengguna dapat menyelesaikan pelatihan dengan nyaman, tanpa mengganggu pekerjaan. Beberapa LMS juga mendukung model modern dalam pembelajaran onlinenya termasuk fitur gamifikasi, pembelajaran mikro, pembelajaran sosial, dan lainnya.

4. Menjaga Konsistensi Pelatihan

Dengan LMS, setiap tenaga kerja akan menerima konten pelatihan secara konsisten dan terstandar terlepas dari kapan atau di mana pelatihan tersebut dilakukan.

5. Menjaga Keselarasan Pelatihan

Sistem LMS juga memberikan fleksibilitas dan keselarasan ke departemen yang berbeda. Bergantung pada kebutuhan pekerjaan, manajer dapat memilih kursus dan jalur pembelajaran tertentu yang selaras dengan nilai strategis atau tujuan departemen mereka.

Sebagai tambahan, manajer juga dapat menggunakan LMS untuk membantu succession planning. LMS dapat memastikan seorang kandidat penerus memiliki pelatihan yang diperlukan untuk jenjang karirnya.

6. Data Analisis

LMS dapat mengumpulkan banyak data tentang tingkat efektivitas program pelatihan. Metrik ini dapat berisikan  course completion, learner proficiency, waktu yang dihabiskan untuk menyelesaikan pelatihan tertentu, tingkat kepuasan pengguna, dan indikator kinerja utama lainnya.

Dengan menggunakan kumpulan data analisis dalam LMS, manager dapat memantau keberhasilan suatu program pelatihan, menyesuaikannya, serta meningkatkan kualitas pelatihan tersebut. 

Fitur LMS untuk Perusahaan Berukuran Menengah sampai Besar

fungsi lms

1. Fitur Integrasi

Memiliki LMS yang bisa berintegrasi secara baik dengan sistem lain, seperti association management software, talent management systems, dan lainnya adalah sebuah keharusan.

2. Pelacakan Data

Kemampuan untuk melacak progress pengguna dalam mengikuti pelatihan serta metrik analisisnya adalah dua hal penting. Kedua hal tersebut dapat dikumpulkan di satu tempat melalui LMS. Secara garis besar, hal ini sama dengan poin ke-6 dari fungsi LMS yang tadi sudah Anda baca. Memiliki kemampuan untuk mengenali kebutuhan pelatihan tenaga kerja merupakan tindakan bijak bagi seorang manajer.

3. Pengalaman Pengguna yang Dipersonalisasi

LMS yang baik harus menyediakan konten berdasarkan riwayat penggunanya. Misalnya, jika pengguna berperan sebagai seorang Sales, dia seharusnya dapat dengan mudah menemukan lebih banyak konten pelatihan terkait Sales di LMS miliknya. 

4. Materi Pembelajaran Terpusat

LMS bukan hanya untuk e-Learning. LMS harus mampu menampung video, slide decks, instruksi tertulis, dan berbagai materi pembelajaran lainnya di lokasi terpusat yang user-friendly. Materi pembelajaran terpusat memungkinkan pengguna dan manajer untuk tetap organized dan konsisten, dua elemen ini adalah dasar untuk meningkatkan engagement pengguna. 

5. Remote dan Mobile Working Ready

Popularitas remote working terus meningkat, apalagi dalam kondisi pandemi seperti ini. Pelatihan dengan hadir di tempat kemungkinan besar tidak bisa dilakukan oleh banyak perusahaan. LMS harus hadir dengan memberikan solusi remote atau mobile working ready. Hal ini bertujuan untuk memastikan pengguna memiliki akses ke materi setiap saat dan di mana saja. 

6. Kepatuhan atau Compliance

Bagi banyak perusahaan, sangat penting untuk tetap mematuhi peraturan pemerintah atau kebijakan perusahaan. LMS yang baik harus dapat melacak dan merekam aktivitas pelatihan serta memberikan pemberitahuan kepada manajemen ketika proses tersebut ternyata tidak mematuhi peraturan. 

7. Assessment Tools

LMS harus mempunyai berbagai alat penilaian lain, seperti ujian simulasi, ujian praktek, ujian tertulis atau lainnya. Selain memberikan penilaian tambahan semacam ini, LMS juga harus memungkinkan manajer untuk memberikan umpan balik langsung kepada tenaga kerja  mereka dan begitu juga sebaliknya.

Learning Management System Menjadi Lebih Penting dari Sebelumnya

Ingat, program pelatihan dan pengembangan merupakan hal rumit untuk dikelola, apalagi jika berada di perusahaan berukuran menengah dan besar. Bahkan lembaga pendidikan pun pasti akan menemui kesulitan di sektor ini. Oleh sebab itu, LMS adalah solusi yang akan membantu memudahkan manajer dalam memberikan pelatihan yang efektif dan hemat biaya, apalagi dengan kondisi pandemi yang belum berakhir ini.  LMS yang baik akan mempermudah penyelesaian masalah ini dengan menyediakan fungsi dan fitur yang dibutuhkan perusahaan.

Semoga artikel ini memberikan manfaat kepada Anda dan memberikan pandangan baru tentang fungsi LMS beserta fiturnya. Terima kasih telah membaca.

author
Alfan Alif

Share on: