learning management industri pertambangan

Learning Management Pada Industri Pertambangan

Apa itu Learning Management System?

Learning Management System mulai sering Anda dengar akhir-akhir ini ketika pandemi melanda dunia. Menurut buku “a field guide to learning management system”, secara singkat, Learning Management System adalah layanan software terintegrasi yang mampu mengatur, mengirimkan dan mendukung pembelajaran, pendidikan, serta pelatihan online kepada seseorang, kelompok maupun korporat.

Pandemi membuat Learning Management System semakin populer karena protokol kesehatan mengharuskan kita semua untuk ‘physical distancing’. Hal tersebut membuat pembelajaran melalui internet sangat dibutuhkan, termasuk Learning Management Industri Pertambangan juga.

Pandemi ini akan berlangsung lama, sehingga para educators harus mempersiapkan kurikulum, memberikan paket pembelajaran, tracking performa peserta didik dan lain sebagainya agar peserta didik tetap kompeten.

Disinilah Learning Management System menunjukkan keunggulannya karena layanan ini bukan hanya sebatas platform online learning melainkan bisa juga untuk mengatur berbagai macam hal lainnya.

Awal terbentuknya Learning Management System

LMS telah berkembang jauh sekali. Layanan jenis ini pertama kali dikembangkan oleh SoftArc. Sekitar 1990an SoftArc merilis salah satu Learning Management System pertama yang ia beri nama FirstClass. Dengan mengandalkan kepingan CD dan beberapa on-demand learning, mereka mampu membuat terobosan di dalam sektor ini.

Learning Management System sudah ada dimana-mana

Menurut riset dari Emerald Works, 91% bisnis organisasi sudah memprioritaskan penggunaan layanan Learning Management System sejak 2019, bahkan sebelum pandemi mulai menyebar keseluruh dunia. Hal ini mengimplikasikan bahwa layanan ini tetap tumbuh bahkan sampai beberapa tahun kedepan.

Hal senada juga disampaikan melalui riset yang dilakukan oleh Research and Market di tahun 2020. Platform learning dengan pendekatan modern akan mendapat market size hingga USD 80.1 miliar pada tahun 2027 dan akan bisa lebih tinggi lagi karena pandemi COVID-19.

Secara garis besar, semua bisnis organisasi memerlukan pelatihan yang sebagian besarnya akan ditujukan ke tenaga kerja mereka. Sebagian besar memang akan mengarah ke tenaga kerja tetapi hal yang sama pun bisa dilakukan ke C-level dan manager. Menurut research and market, 65% C-level eksekutif dan 35% manager menggunakan platform Learning Management System secara aktif.

Learning Management Industri Pertambangan adalah hal yang penting. Mengapa?

Industri pertambangan juga sebaiknya memikirkan tentang penerapan Learning Management System ini. Meskipun mayoritas industri ini beroperasi di daerah yang jauh dari pusat kota, para pemangku jabatan, c-level, board of directors, manager atau siapapun yang memimpin sebaiknya tetap membahas investasi di bidang learning dan development.

New Leaf Technology, sebuah perusahaan solusi learning yang bermarkas di Johannesburg Afrika Selatan, melihat bahwa beberapa industri tambang besar di Afrika Selatan mulai beralih ke program online learning karena dapat mengurangi biaya dan meningkatkan produktivitas.

Berita ini dilansir oleh Imperial Mining, sebuah website berita khusus industri pertambangan. Output produksi tambang untuk kuartal Juni 2020 menurun sebesar 73,1%, penurunan ini menjadi penurunan produksi ketiga yang paling dipengaruhi pandemi COVID-19. Untuk informasi, perusahaan konstruksi mengalami kerugian sebesar 76,6% sedangkan manufaktur menurun sekitar 74,91%.

Afrika Selatan merilis data tentang kinerja industri pertambangan untuk 2019, dan menunjukkan penurunan produksi 1,3% lebih rendah dari tahun sebelumnya. Berbagai tekanan dan rintangan inilah yang menjadi alasan meningkatnya permintaan program online learning, karena dapat mengurangi biaya dan meningkatkan produktivitas.

Tentunya, industri besar seperti industri tambang tidak bisa kalau hanya menggunakan program online biasa. Mereka harus menggunakan Learning Management System yang didesain khusus untuk level korporat. Sampai poin ini Anda sebaiknya sudah mulai memahami mengapa industri tambang membutuhkan layanan Learning Management System.

Benefits penerapan Learning Management Industri Pertambangan

Setelah Anda mengetahui alasan mengapa Anda membutuhkan layanan sistem ini, sekarang saatnya Anda mengetahui apa saja benefits dari penggunaan Learning Management Industri Pertambangan. Berikut ini adalah beberapa benefits yang akan Anda dapatkan berdasarkan artikel jurnal International Research Journal of Engineering and Technology Volume: 04 Issue: 06 | June -2017 dan dan juga sumber-sumber lain:

  1. Mengurangi biaya pengoperasian dan meningkatkan produktivitas karena lebih sedikit waktu yang hilang akibat kecelakaan.
  2. Memastikan bahwa pekerja mengetahui pengetahuan tentang prosedur hazards dan safety sebelum melakukan tugas berbahaya.
  3. Mengembangkan database dokumentasi safety, assessment, dan training Anda sendiri untuk memberikan hasil terukur.
  4. Memberdayakan pekerja Anda untuk mencapai kinerja safety yang berkualitas.
  5. Memotivasi kontraktor Anda untuk bekerja dengan aman dan juga mengadopsi komitmen perusahaan Anda tentang safety dan health.
  6. Memberikan materi onboarding karyawan yang berkualitas, konsisten dan menyeluruh.
  7. Membuat instruksi keselamatan pra-kerja dan konten perencanaan keselamatan.
  8. Mengukur dan mendokumentasikan jika ada proses operasional yang tidak aman.
  9. Memberikan inspeksi serta checklist keamanan ke seluruh proses operasional.
  10. Menganalisis penyebab kecelakaan, tentukan area yang perlu ditangani, dan tetapkan response tindakan untuk mencegah terulangnya kembali kecelakaan.
  11. Meminimalisir kecelakaan melalui pelatihan kepatuhan dan sertifikasi.
  12. Mempelajari informasi atau pengetahuan berharga dari seorang pekerja sebelum memasuki masa pensiun.
  13. Memberikan akses ke knowledge base penting bagi semua pekerja, supervisor, komite keselamatan, pelatih keselamatan, dan manager industri tambang.
  14. Mengembangkan prosedur untuk memastikan bahwa pekerja dan supervisor memahami persyaratan safety.
  15. Merekrut, melatih, mengembangkan, serta mempertahankan tenaga kerja yang berkualifikasi tinggi.

Mungkin Anda bisa menemukan benefits lainnya ketika mengimplementasikan Learning Management Industri Pertambangan milik Anda sendiri nantinya. Sebagian besar, benefits yang didapatkan itu akan sering meliputi tentang masalah keselamatan.

Menurut data dari Department of Labor Amerika Serikat, dari tahun 1900 sampai 2020 selalu ada penambang batu bara yang harus kehilangan nyawa setiap tahunnya. Anda tahu film “The 33” yang diperankan Antonio Banderas, film itu menceritakan kisah nyata penyelamatan penambang di Chile yang terjebak selama 69 hari. Baru baru ini, di China juga ada kejadian yang serupa. Jadi, segera implementasikan Learning Management Industri Pertambangan agar semua kecelakaan ini bisa diminimalisir.

Apakah Industri Pertambangan Anda membutuhkan Learning Management System yang sesuai?

Master Admin

Tags:

Explore

Share on:

To the top

Related Posts

Recent Posts