Performance Management dan Appraisal System Terbaik

5 Aplikasi Performance Management dan Appraisal System Terbaik di Indonesia

Anda mengakses Artikel ini, kemungkinan besar karena Anda menginginkan adanya transformasi pada perusahaan yang Anda pimpin. Kebutuhan akan layanan performance management dan appraisal system terbaik dan berbasis teknologi digital adalah salah satu tujuan yang Anda cari. Jika benar begitu, selamat, pencarian Anda akan menemukan titik terang karena artikel ini akan membahas 5 layanan performance management dan appraisal system terbaik yang ada di Indonesia.

Sebelum masuk ke daftar singkatnya, ada baiknya kita melihat beberapa latar belakang statistik seputar performance management dan appraisal system. Survei dari Gartner Performance Management Benchmarking 2019 menunjukkan 81% HR leaders ingin melakukan perubahan sepenuhnya terhadap sistem performance management mereka. 

Sebuah perusahaan HR firm bernama MHR yang berlokasi di Ruddington, Nottingham, UK melakukan sebuah survei tentang performance appraisal. Survei tersebut menunjukkan hanya 26% tenaga kerja yang merasa sistem performance appraisal mereka ‘useful’, 74% lainnya menyatakan kalau appraisal tersebut tidak efektif dan hanya menghabiskan waktu. 

Sampai sini, sebaiknya Anda benar-benar mulai mempertimbangkan untuk mencari layanan penyedia performance management dan appraisal system terbaik dan berkualitas.

Publikasi “Lead Your Team Into a Post-Pandemic World” yang dipublish oleh Hubert Joly dari Harvard Business Review menyatakan ada tiga fase yang harus dihadapi bisnis perusahaan dalam masa pandemi ini. 3 phase tersebut adalah “the shelter-in-place phase, the re-opening phase, dan the post Covid-19 phase”. Dalam fase post Covid-19, publikasi itu menyarankan beberapa hal. Salah satunya adalah Para pemimpin bisnis harus menerapkan kembali business understanding dan sense of purpose kepada para tenaga kerja nya. Performance dan Goal perusahaan, tentu, juga harus disampaikan. 

Melakukan perubahan dari area yang sudah lama dikenal terlihat sangat menakutkan. Namun, jika tidak segera berubah, maka perusahaan Anda akan sulit bersaing dan akan semakin merugikan seluruh entitas perusahaan Anda.

Berikut ini adalah uraian singkat dari daftar 5 layanan performance management dan appraisal system terbaik yang ada di Indonesia:

Haermes

Pastikan dulu bahwa layanan yang Anda pilih memiliki modul atau fitur performance management dan appraisal system terbaik. Haermes adalah sebuah HR Solution yang memiliki berbagai macam modul di dalamnya, termasuk modul performance management dan appraisal system. Anda juga bisa memilih modul lainnya seperti:

  • Pengisian KPI/target oleh karyawan dan approval atasan atas KPI/Goal tersebut
  • Mid Year Review
  • Final Year Review

Target utama Haermes perusahaan dengan employee / karyawan di atas 200 karyawan dengan option on premise ataupun cloud option.  Salah satu hal yang membuat Haermes berbeda adalah fitur kustomisasinya. Anda bisa memesan layanan yang benar-benar personalized untuk kebutuhan Anda. Beberapa layanan performance management dan appraisal system diluar sana hanya menyediakan paket-paket layanan yang terkadang beberapa isinya, sama sekali tidak Anda gunakan. Haermes bersedia untuk melakukan kustomisasi karena mereka paham jika kebutuhan setiap perusahaan pasti berbeda-beda.

SAP SuccessFactors

SAP SuccessFactors merupakan pemain veteran dalam ranah human capital management. Layanan ini menjadi langganan posisi leaders dalam review prestige milik Gartner, Magic Quadrant. Jadi, layanan ini benar-benar layak untuk dipertimbangkan karena jam terbang dan kualitasnya yang tinggi. Ada 4 highlight dalam modul performance management dan appraisal system terbaik milik SAP SuccessFactors ini:

  • Employee goal management

Semua efforts, prestasi, pencapaian, dan feedback dari karyawan terkumpul dalam satu tempat dan Anda bisa mengaksesnya kapan pun dan dimana pun.

  • Continuous performance management

Lakukan manajemen kinerja secara rutin dan produktif agar karyawan dan yang lainnya sama-sama mendapat manfaat.

  • Performance reviews and evaluations

Dapatkan ulasan berkualitas, lakukan evaluasi cepat terhadap proses implementasi teknologi baru dan tingkatkan completion rates dengan experience yang simple dan menarik.

  • Guided action planning

Lacak improvements dengan tool action planning untuk memastikan perubahan yang Anda lakukan membuahkan hasil. 

 

Larksuite

Larksuite terkenal sebagai sebuah provider collaboration software. Layanan software ini masih tergolong layanan yang baru terbentuk. Namun, bukan berarti software ini harus Anda pandang sebelah mata. Tahukah Anda jika collaboration software ini juga bisa melakukan manajemen OKR. Objectives and Key Results adalah sesuatu yang lumrah ditemui dalam proses performance management, tetapi OKR akan menjadi extraordinary jika bertemu dengan collaboration software. Apapun proyeknya, OKR harus ditetapkan terlebih dahulu. Objectives & Key Results (OKR) adalah metode yang efektif untuk membantu mencapai tujuan bersama tim. Objectives adalah tujuan yang ingin dicapai tim dan Key Result adalah serangkaian hasil penting yang terukur serta dapat digunakan untuk mengevaluasi.

Buat file docs OKR melalui Lark dengan mencantumkan secara jelas dan ringkas tujuan tim. Contohnya:

Semua orang mulai dari C-level hingga posisi paling bawah harus membuat rencana OKR dua bulanan atau satu bulanan mereka sendiri dan menggunakannya sebagai panduan dalam bekerja. Di akhir setiap dua bulan atau satu bulan, seluruh orang harus mengevaluasi dan meninjau rencana OKR mereka. Kemudian, jika diperlukan mereka sebaiknya menyesuaikan dan mengkalibrasi ulang workflow mereka.

GreatdayHR

GreatdayHR merupakan provider HRIS Software. Layanan ini awalnya fokus menjalankan fungsi HR dan Payroll. Kemudian, mereka menambahkan berbagai macam fitur termasuk manajemen kinerja atau performance management.

Mungkin Anda mengenal layanan ini dengan nama SunfishGo. Pada tanggal 12 Desember 2018, SunfishGo resmi melakukan rebrand. Mulai dari situlah GreatdayHR terbentuk dan memperluas fiturnya.

Fitur manajemen kinerja dalam aplikasi ini memang simple, bahkan terlalu simple. Hal ini membuat opini terbelah menjadi dua. Ada yang suka dengan sesuatu yang simple ada juga yang menganggap jika terlalu simple maka tidak cocok untuk level enterprise.

Harga ekonomis dan fitur simple adalah 2 hal yang mungkin akan menarik hati Anda dalam mengimplementasikan layanan ini.

Talenta.co

Talenta by mekari adalah penyedia HRIS Software. Oke singkat saja. Performance management layanan ini berpusat pada manajemen tugas karyawan dan penilaian kinerja. Layanan ini juga mendukung manajemen tugas berbasiskan KPI secara sederhana.

Closing Thought

Apapun yang Anda pilih dari ke 5 opsi diatas, tidak ada yang salah. Semua keputusan ada di tangan Anda. Tetapi, perlu diingat, ada 3 hal terpenting dalam memilih performance management dan appraisal system terbaik.

Pertama, sistem pilihan Anda perlu diselaraskan agar sesuai dan saling mendukung value perusahaan Anda.

Kedua, pastikan alat dan proses yang Anda pilih bisa dikelola dengan baik dan efisien. Hal ini bertujuan agar alat dan proses Anda dapat diterima dengan baik dan ramah pengguna.

Ketiga, dan yang paling penting, semua level tenaga kerja harus mendapatkan manfaat atau value yang lebih baik dari penggunaan layanan ini.

Dengan kata lain, pastikan layanan yang Anda pilih itu:

  • Selaras dengan budaya dan kebutuhan bisnis organisasi.
  • Cocok dengan performance management yang perusahaan Anda inginkan
  • Berfungsi sebagai alat penting untuk mencapai hasil
  • Mudah digunakan

Jadi, aplikasi peformance management dan appraisal system mana yang Anda butuhkan?

A. Alfan Alif

Categories:

Checklist

Tags:

Explore

Share on:

To the top

Related Posts

Recent Posts