strategi CRM dalam marketing

7 Strategi CRM dalam Marketing dan Sales agar Menghasilkan Leads Lebih Banyak

Marketing dan Sales merupakan dua hal yang harus saling mendukung satu sama lain. Artikel ini akan membahas 7 Strategi CRM dalam marketing dan sales agar menghasilkan leads lebih banyak. Sebelum kita membahas inti pokok dalam artikel kali ini, ada baiknya kita semua tahu apa definisi dari marketing dan sales.

Definisi Marketing dan Sales

Definisi marketing menurut American Marketing Association adalah kegiatan yang dilakukan perusahaan untuk mempromosikan pembelian atau penjualan dari suatu produk agar bisa mendapatkan mendapatkan customer. Marketing mencakup beberapa hal seperti penelitian, promosi, penjualan, dan pendistribusian produk.

Sebagai informasi, ada sebuah istilah dasar dalam dunia marketing. Istilah tersebut adalah “4P Marketing Mix”. Istilah ini diperkenalkan oleh Edmund Jerome McCarthy dalam bukunya yang berjudul “Basic Marketing: A Managerial Approach”. 4P tersebut terdiri dari Product, Price, Place dan Promotion. Definisi sales menurut hubspot adalah suatu kegiatan yang merujuk pada proses penjualan barang atau layanan secara langsung dengan pelanggan. 

Tujuh Strategi CRM dalam Marketing dan Sales agar lebih bersinergi

Menghubungkan sektor marketing dan sales menjadi faktor kunci dalam mempertahankan pelanggan dan meningkatkan penjualan. Anda pasti pernah mendengar atau membaca beberapa artikel tentang manfaat menggunakan software CRM berbasis teknologi cloud di perusahaan skala kecil sampai besar. Pastinya, Anda ingin tahu bagaimana software CRM ini membantu Anda menghubungkan sektor marketing dan sales. Berikut ini adalah beberapa cara penggunaan CRM untuk menghubungkan sektor marketing dan sales:

  • Meningkatkan Komunikasi antar Departemen

Menurut laporan “Workfront State of Marketing Work Management 2015”, 2 dari 5 anggota penjualan dan pemasaran menyatakan bahwa kurangnya komunikasi atau miskomunikasi adalah salah satu sumber konflik antar departemen yang paling umum. Dengan adanya CRM, komunikasi antar departemen maupun internal departemen dapat dilakukan dengan efektif.  

  • Database yang Terpusat

CRM memberikan dan mengumpulkan seluruh overall information pelanggan ke dalam satu tempat. Detail akurat seperti pembelian terakhir pelanggan, komplain pelanggan, pembelian baru, apakah leads Anda pernah mengunjungi website Anda atau apakah divisi sales telah mempromosikan suatu produk, dan lainnya. Jadi, ketersediaan overall information dalam satu platform CRM akan mempermudah divisi marketing dan sales dalam mengakses info kontak leads.

  • Evaluasi Leads atau Prospek yang sudah Terkumpul

Proses evaluasi leads akan membantu mempercepat proses penjualan. Ketika seorang sales representative memiliki semua informasi yang diperlukan tentang suatu leads, maka dia akan memiliki lebih banyak waktu untuk melakukan hal produktif lainnya dengan informasi yang sudah terkumpul tadi.

  • Mengubah Leads menjadi Opportunities

Setelah prospek atau leads diperoleh, Anda dapat melakukan proses nurture kepada leads tersebut dengan menghubungkannya ke sistem CRM. Kemudian, CRM akan mengklasifikasi leads tersebut berdasarkan nilai dan segmentasinya. Berdasarkan hasil sebelumnya, CRM akan otomatis menginput leads mana saja yang bisa dijadikan opportunities.

  • Meningkatkan Kualitas Informasi Leads

CRM dapat memfokuskan perhatiannya pada suatu kelompok sasaran dengan memberikan informasi tentang minat pribadi, pola pembelian mereka, dan lainnya. Tidak hanya pelanggan yang sudah ada, CRM juga bisa membantu mencarikan leads baru di luar.

  • Menggunakan Customer Feedback sebagai Acuan

CRM juga bisa mengumpulkan feedback dari seluruh pelanggan. Sudah tidak diragukan lagi kalau feedback adalah sesuatu yang penting. CRM dapat juga membedakan mana positive feedback dan negative feedback.

  • CRM Software Memberikan Insights Lebih Mendalam

Strategi dalam marketing dan leads harus dievaluasi berkala. CRM menawarkan akses untuk membagikan semua informasi leads kepada tim marketing dan sales. Anda selalu dapat memberikan profil kontak leads dengan informasi tambahan. Informasi yang berguna seperti latar belakang perusahaan, interaksi dengan brand, dan lainnya.

Fitur-Fitur untuk Mendukung Strategi CRM dalam Marketing dan Sales

Anda sudah tahu bagaimana software CRM menghubungkan sektor marketing dan sales. Sekarang, Anda harus tahu fitur apa saja yang harus ada di CRM agar seluruh ‘kemampuan’ CRM diatas dapat digunakan. Ada 10 fitur yang dianjurkan oleh Capterra, fitur-fitur tersebut adalah:

  • Manajemen Info Kontak

Menyimpan informasi kontak seperti nama, alamat, dan akun media sosial dalam database yang dapat dicari nantinya.

  • Lacak Seluruh Interaksi dengan Leads

Tambahkan catatan dan lacak riwayat interaksi untuk mendokumentasikan percakapan dengan kontak leads tertentu.

  • Manajemen Leads atau Prospek

Mengelola proses pengubahan leads menjadi pelanggan potensial dengan mengidentifikasi, menilai, dan memindahkan prospek melalui sales pipeline.

  • Integrasi E-mail

Mampu berintegrasi dengan email seperti Gmail, Outlook, Yahoo dan lainnya. Memungkinkan pengelolaan dan segmentasi daftar kontak, serta hub terpusat untuk kolaborasi internal.

  • Manajemen Dokumen

Kumpulkan, unggah, simpan, dan bagikan dokumen di centralized location, sehingga akan memudahkan semua orang yang terlibat jika membutuhkan akses informasi.

  • Manajemen Proposal

Membuat dan mengirim quotes atau proposal ke pelanggan.

  • Manajemen Pipeline

Lihat overview dari seluruh sales pipeline Anda serta progress dari setiap tahapan di sales funnel.

  • Otomatisasi Workflow

Otomatisasikan repetitive tasks dengan membuat workflow efektif atau mengirim reminders tindak lanjut di tindakan proses selanjutnya.

  • Reporting/analytics

Dapatkan laporan ringkasan rutin dari angka penjualan atau kinerja sales representative.

  • Forecasting atau Prediksi

Menghasilkan prediksi untuk angka penjualan masa depan atau pendapatan yang diproyeksikan berdasarkan data/tren masa lalu dan sekarang.

Perlu digaris bawahi kembali, CRM adalah layanan yang sebaiknya Anda perttimbangkan untuk diimplementasi ke perusahaan Anda. Ketika Anda sudah memakai CRM, mungkin ada beberapa cara lain lagi yang Anda temukan dalam konteks menghubungkan divisi marketing dan sales. List fitur yang disebutkan diatas mungkin tidak seluruhnya Anda butuhkan, jadi Anda perlu menghubungi tim konsultasi terpercaya untuk menentukan fitur mana saja yang sebaiknya dimiliki berdasarkan kebutuhan perusahaan. 

Jadi, apakah  Anda siap untuk menyelaraskan marketing dan sales menggunakan CRM?

A. Alfan Alif

Tags:

Explore

Share on:

To the top

Related Posts

Recent Posts