Menjadi Customer Service Profesional

5 Tips Ampuh Menjadi Customer Service yang Profesional

Untuk menjadi customer service yang profesional tentunya membutuhkan proses dan usaha keras. Kamu harus terus ingat bahwa Rome wasn’t built in a day. Tentu tidak.

Atau kamu ingin menyemangati diri dengan kutipan lain seperti When you believe you can, you’re halfway there.

Namun, kutipan apapun tidak akan membuahkan hasil jika kamu tidak melakukan sesuatu demi mencapai suatu tujuan.

Mungkin beberapa orang memang terlahir sebagai prodigy seperti Shirley Temple. Dan mungkin memang ada seseorang yang dilahirkan dengan keahlian memahami orang lain dengan baik, kemampuan komunikasi yang mumpuni, dan dapat mempelajari hal baru — apa saja — dengan mudah.

Namun, you know professional comes down to self-development. So, berikut tips penting yang perlu masuk ke dalam catatanmu.

Menjadi customer service profesional

#1 Meningkatkan kemampuan komunikasi

Kemampuan komunikasi merupakan hal pertama yang harus ditingkatkan untuk menjadi customer service yang profesional. Kamu dapat memulai dengan memperbaiki artikulasi dan memperjelas pengucapan. Beberapa orang mungkin merasa sulit dikarenakan kebiasaan menggunakan bahasa daerah. Jadi, alangkah baiknya kamu juga dapat menyesuaikan aksen bahasa yang digunakan.

Customer yang akan datang padamu bisa berasal dari mana saja. Pastinya, mereka menggunakan bahasa yang berbeda-beda. Menguasai beberapa bahasa dapat menjadi nilai plus buat kamu. Jika menurutmu itu merupakan hal yang terlalu sulit, kamu dapat menguasai setidaknya bahasa internasional. Ada 5 bahasa yang telah disahkan oleh PBB sebagai bahasa internasional, yaitu: bahasa Inggris, Arab, Mandarin, Rusia, dan Perancis.

#2 Mendalami psikologi

Sebagai customer service, kamu juga perlu loh mendalami psikologi. Mengapa? Tentu saja untuk memahami customer. Kamu memiliki 647 atau bahkan 1335 customer, bagaimana kamu dapat membantu mereka jika tak satupun dari mereka yang kamu pahami kebutuhannya?

Ketahuilah bahwa customer dari daerah, budaya, usia, atau gender yang berbeda membutuhkan perlakuan yang berbeda pula.

Pelajari lah hal-hal mendasar terkait psikologi customer untuk memberikan pelayanan terbaik.

#3 Memahami produk secara spesifik

Dapat melayani customer dengan baik saja tidaklah cukup jika kamu tidak begitu memahami produk yang ditawarkan. Terkadang, seorang customer service tidak begitu paham mengenai hal yang terlalu teknis. Namun, ada baiknya kamu juga mempelajari lebih dalam lagi segala hal terkait dengan produk.

#4 Fokus pada tujuan

Mungkin kamu merasa aneh. Bukankah seorang sales yang seharusnya fokus pada tujuan yakni closing-deals. Namun tidak hanya seorang sales, seorang customer service juga harus fokus dan keep straight pada kepuasan customer.

Kamu harus benar-benar memastikan bahwa customer merasa puas dengan palayananmu. Bukan karena mereka sudah merasa malas untuk memperpanjang urusan dan menyudahi masalah. Sehingga, kebutuhan mereka tidak terpenuhi namun kamu tidak menyadarinya. Jadi, tetaplah fokus agar kamu menyadari apa customer mu sudah benar-benar puas.

#5 Mengikuti tes untuk mengukur kemampuan

Kamu sudah mempelajari banyak hal, namun tidak tahu sudah seberapa jauh kemajuanmu? Kamu perlu mengukur kemampuanmu sebagai customer service dengan mengikuti beberapa tes.

Misalnya saja seperti tes yang disediakan oleh Freshdesk. Kamu dapat mengikuti tes yang mereka sediakan untuk mengukur sejauh mana kemampuan dan pengetahuan mu dalam menggunakan Freshdesk untuk memuaskan customer.

Mereka menyuguhkan 4 manfaat tes ini, yakni:

Mengukur pengetahuan

Sudah berapa lama kamu menggunakan Freshdesk? Yakin sudah paham betul segala hal mengenai produk ini? Nah, Dengan mengikuti tes ini, kamu dapat mengukur sejauh mana pengetahuanmu tentang Freshdesk.

Belajar lebih jauh tentang Freshdesk.

Duh males deh tes-tes. I’m not a student any longer. Tenang! Tes ini open-book. Kamu tidak perlu menghafal segala hal di luar kepala. Kamu bisa mencari jawabannya pada artikel yang tersedia atau surfing pada akun Freshdesk mu.

Dengan begitu, kamu bisa mempelajari tentang fitur baru dan hal-hal yang belum kamu ketahui sebelumnya. Kamu juga bisa bagaimana mengatasi pekerjaan yang membludak dan bagaimana menjadi lebih produktif.

Sebagai booster karir

Kamu juga akan mendapatkan sertifikat loh jika lulus dari tes ini. Itu berarti kamu akan bergabung dengan para expert Freshdesk bersertifikasi lainnya dari 100.000 perusahaan di seluruh dunia. Kamu bahkan bisa menjadi coach Freshdesk bagi tim yang baru akan menggunakannya.

Memperlihatkan kemampuan

Customer service dan Freshdesk merupakan hal baru bagi mu? Dengan melakukan tes ini, kamu bisa memperlihatkan bahwa kamu belajar dan berkembang dengan cepat. Bersama tim mu, kalian dapat saling menebak “siapa yang lebih ahli dalam memahami produk”.

Jangan berpikir tentang biayanya, coz It’s FREE!

 

author
Tarry Andini

Share on:

Categories:

Freshdesk