Aplikasi Penting untuk Startup

4 Aplikasi Penting yang Wajib Diketahui Startup

Mendirikan sebuah startup bukanlah hal yang mudah karena kamu harus melakukan banyak riset agar dapat mengelola manajemen dengan baik. Selain itu, kamu wajib mengetahui aplikasi penting untuk startup yang dapat meningkatkan efektifitas dan produktifitas karyawan yang ada di perusahaanmu.

Aplikasi-aplikasi ini wajib masuk ke dalam list aplikasi yang harus diterapkan di perusahaan mu. Kamu bahkan bisa melakukan percobaan terlebih dahulu karena beberapa aplikasi menawarkan free trial.

Aplikasi Penting untuk Startup

Aplikasi yang Penting untuk Startup

Di zaman modern seperti sekarang ini, kamu harus memanfaatkan teknologi untuk membantu menjalankan segala pekerjaan. Sudah tersedia banyak sekali aplikasi-aplikasi untuk membantu mu dalam manajemen perusahaan, penjualan, serta mengelola kebutuhan karyawan.

Jika kamu masih mencari tahu aplikasi apa saja yang sekiranya dibutuhkan startup mu, berikut penjabarannya.

1. Aplikasi HRIS untuk menggantikan tugas HR

Mungkin kamu masih belum percaya jika saat ini teknologi mampu menggantikan pekerjaan manusia. Namun, pastinya telah banyak orang yang membuktikan bahwa teknologi benar-benar sangat membantu untuk mempermudah pekerjaan mereka.

Salah satunya adalah tugas HR yang dapat digantikan oleh aplikasi HRIS (Human Resource Information System). Tentu saja kamu perlu tips dalam memilih aplikasi HRIS, misalnya saja seperti Haermes.

Aplikasi ini dilengkapi dengan banyak fitur yang dapat membantu kamu dalam penghitungan gaji (payroll), PPh 21, mengelola data absensi & shift karyawan, BPJS karyawan, cuti karyawan, aplikasi mobile karyawan, dan masih banyak lagi.

Tidak hanya itu, aplikasi ini juga memiliki sistem absensi online sehingga kamu tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk membeli mesin absensi.

Seiring berkembangnya startup kamu, pastinya karyawan pun bertambah semakin banyak. Dengan begitu, perusahaan kamu akan sangat membutuhkan aplikasi ini.

2. Aplikasi CRM untuk meningkat penjualan

CRM adalah singkatan dari Customer Relationship Management. Mungkin beberapa orang masih belum mengetahui bagaimana cara kerja aplikasi CRM sehingga dapat meningkatkan penjualan.

Salah satu aplikasi CRM yang banyak digunakan adalah Freshsales. Ada banyak alasan mengapa startup kamu membutuhkan aplikasi CRM, salah satunya adalah aplikasi ini dapat mengoptimalkan aktivitas sales.

Aplikasi ini dapat mengelola database dalam skala besar. Selain itu, setiap aktivitas penjualan akan tersimpan secara otomatis sehingga dapat dilacak dengan mudah.

3. Aplikasi Helpdesk untuk memuaskan pelanggan

Aplikasi helpdesk saat ini sudah digunakan pada banyak perusahaan mulai dari perusahaan berskala kecil hingga perusahaan dengan skala besar. Bagi banyak pengusaha, kepuasan pelanggan memang merupakan hal yang paling utama dalam menjalankan bisnisnya.

Aplikasi yang dapat mengukur kepuasan pelanggan salah satunya adalah Freshdesk. Aplikasi ini dapat membantu tim customer support untuk terus memastikan bahwa pelanggan puas terhadap produk yang kamu sediakan.

Kelebihan utama aplikasi ini, pelanggan dapat menyampaikan kebutuhannya tidak hanya melalui telepon dan email, tetapi juga melalui platform khusus dan bahkan melalui media sosial seperti Facebook dan Twitter. Selain itu, kamu bisa menggunakan live chat pada websitemu seperti Freshchat.

Pengunjung website atau pelanggan mu dapat menyampaikan kebutuhannya melalui live chat ini. Kemudian pesan tersebut dapat diteruskan kepada tim penjualan ataupun tim support tergantung kebutuhan.

4. Aplikasi Klaim Karyawan

Ketika sudah berbicara tentang klaim, kebanyakan orang akan membayangkan tentang banyaknya nota yang tumpang tindih di atas meja kerja dan bagaimana cara mengatasinya.

Cara mengatasi menumpuknya nota adalah dengan menggunakan aplikasi SwiftClaim. Dengan aplikasi ini tentunya akan mengurangi penggunaan kertas. Apalagi dengan teknologi OCR (Optical Character Recognition) yang digunakan.

Sistem bisa membaca data dari nota yang telah dipindai sebelumnya dan akan terdokumentasi secara otomatis. Aplikasi ini juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan perusahaanmu.

Baca juga: Menciptakan Karyawan Aktif dan Mandiri

Dengan bantuan teknologi tentunya perusahaan mu dapat meninggalkan pekerjaan yang dilakukan secara manual. Memanfaatkan otomatisasi memang dapat meningkatkan efektifitas dan produktifitas karyawan karena tentunya karyawan akan bekerja dengan lebih cepat dan tepat.

Nah, itu dia beberapa aplikasi yang penting untuk startup. Kamu bisa mencoba salah satu aplikasi di atas untuk diterapkan pada perusahaanmu.

Simillar post