aktivitas sales - Mengoptimalkan Aktivitas Sales

Mengoptimalkan Aktivitas Sales

weefer – Dalam dunia bisnis, pemasaran adalah tonggak utama tercapainya sebuah kesuksesan. Setiap orang berkompetisi untuk membuat strategi pemasaran yang paling efisien bagi bisnis mereka. Cara pebisnis menggerakkan sales dalam melakukan pendekatan terhadap calon customer mereka sangat bervariasi, dimulai dengan direct selling atau yang biasa dikenal door to door/word of mouth, dan indirect selling melalui media sosial, dll. Namun, pengumpulan data para calon customer secara manual membuat data yang telah terkumpul tidak terstruktur dengan baik. Sehingga, data tersebut bisa hilang atau bahkan menumpuk dan sulit untuk dikelola. Tidak hanya itu, komunikasi dengan customer juga tidak terdokumentasi, tidak terjadwal dengan baik, serta informasi yang tidak ter-update secara otomatis, dll.

Isu-isu di atas jika diuraikan akan sangat berpengaruh pada aktivitas sales. Aktivitas tersebut mencakup beberapa hal, yaitu menghadiri beberapa event demi melakukan pendekatan terhadap customer, menghubungi mereka melalui kontak yang tertulis pada kartu nama, mengirimkan email terkait penawaran produk maupun kerjasama, melakukan negosiasi tatap muka, melakukan follow-up dengan menghubungi mereka melalui media yang berbeda-beda, menuliskan data customer pada form, dll. Jika sales disibukkan dengan kegiatan manual seperti yang disebutkan sebelumnya, maka sales tidak bisa maksimal dalam melakukan pemasaran produk. Sehingga, sales tidak dapat mengukur sebaik apa aktivitas yang telah berlangsung.    

Untuk mengatasi masalah-masalah di atas, sales tidak perlu lagi melakukan hal-hal tersebut secara manual, karena telah tersedia platform bernama Freshsales untuk membantu sales dalam mengelola database customer berskala besar dan membuat segala sesuatu menjadi lebih efisien. Data calon customer yang dikumpulkan akan dikelola dengan sangat baik. Selain itu, informasi dapat terus di-update sehingga sales akan lebih mudah dalam mencari data yang berkaitan dengan customer.

Kemudahan lainnya, sales dan customer dapat melakukan negosiasi dengan lebih mudah dan data mengenai negosiasi tersebut dapat disimpan, sehingga sales dapat memeriksa customer mana yang telah melakukan persetujuan atas negosiasi tersebut. Selain itu, sales dapat melacak customer mana yang paling berminat pada produk yang dijual sehingga sales akan dengan mudah menentukan customer mana yang harus di follow-up. Selebihnya, email atau link yang telah dikirimkan kepada customer memiliki open receipt, sehingga mempermudah sales dalam mengukur minat customer. Email yang akan dikirimkan dapat diatur jadwal pengirimannya, yang kemudian akan terkirim secara otomatis sesuai dengan waktu yang telah dijadwalkan. Menghubungi customer secara langsung melalui telepon dan email pun hanya memerlukan satu media, sehingga sales cukup hanya fokus tentang penjualan.

Hal yang paling mutakhir adalah platform ini dapat menganalisis perkembangan aktivitas sales, sehingga sales dapat melihat apakah interaksinya dengan customer berjalan dengan baik dan efisien. Jadwal aktivitas sales juga dapat diatur pada platform ini agar dapat meminimalisir kegiatan yang bertabrakan. Aktivitas sales yang biasanya membebani, kini akan lebih terstruktur dan dapat dilakukan hanya dengan sekali klik melalui Freshsales.

Simillar post