software crm gratis - 13 Alasan Mengapa Software CRM Gratis Berguna untuk Startup Anda

13 Alasan Mengapa Software CRM Gratis Berguna untuk Startup Anda

Ditulis oleh Rebecca Richard
Source: Freshsales Blog

weefer – Tak dapat dipungkiri bahwa setiap orang menyukai segala sesuatu yang bisa didapatkan secara gratis. Hal tersebut sudah merupakan sifat alami manusia yang cenderung menyukai barang gratis, misalnya sampel gratis, kopi gratis, donat gratis, coklat gratis, tiket gratis, dll. Karena selalu menyukai barang gratis, kita seringkali tidak mempertimbangkan kualitas barang gratis tersebut. Namun, ketika hal tersebut dikaitkan pada bisnis, kita cenderung mencurigai kualitas barang gratis tersebut. Contohnya, software CRM gratis ini.   

Kualitas CRM gratis ini sebenarnya tergantung bagaimana pebisnis menilainya. Software bisnis versi gratis ini dapat berfungsi dengan baik bagi startup yang mempunyai modal terbatas, namun bukan pilihan terbaik untuk sebuah perusahaan besar. Mungkin tidak banyak fitur penunjang yang disediakan pada software gratis ini, namun  fitur-fitur penting saja sudah cukup untuk membantu dalam menjalankan startup.

Setiap startup membutuhkan sistem CRM untuk mengelola data dan membangun hubungan dengan customer. Ada beberapa manfaat CRM jika Anda baru menggunakannya. Dan mengapa 91% perusahaan menggunakan CRM untuk mengembangkan bisnis mereka.

Jika Anda telah menjalankan bisnis dan kini mencari software CRM, kami menyajikan 13 alasan mengapa software CRM gratis ini berguna bagi bisnis Anda.

1. Saat ini Anda adalah startup, namun tidak akan terus menjadi startup selamanya.

Agar startup dapat berkembang dan sukses, Anda perlu meningkatkan pemasaran. Untuk menjual lebih banyak produk, Anda perlu memiliki perangkat yang layak untuk menjaga dan mengembangkan database customer. Software CRM dapat mencatat rincian kontak, komunikasi, dan peluang sekaligus, serta memperlihatkan seluruh data customer. Hal ini dapat membantu untuk mengelola hubungan dengan customer dan memperluas bisnis Anda.

2. Anda butuh perangkat dengan harga yang bersahabat (gratis) untuk menghemat biaya.

Karena kendala biaya yang dihadapi banyak startup pada masa awal, software CRM gratis ini dapat menghemat biaya dan membantu Anda dalam melakukan perputaran uang untuk menjalankan bisnis baru. CRM gratis dengan fungsi inti seperti kontak dan urusan manajemen, email, telepon, dan integrasi yang dapat menyederhanakan serta memperbesar proses bisnis Anda.

3. Hubungan customer akan lebih lancar saat menggunakan telepon dan email.

Di dalam bisnis, komunikasi yang efektif dengan customer adalah dengan menggunakan channel seperti telepon dan email. Jika interaksi dengan customer tidak disimpan pada satu tempat, sebagai seorang pebisnis Anda bisa kehilangan transparansi kebutuhan customer. CRM gratis dengan kapabilitas telepon dan email dapat melacak percakapan dan menyambungkannya langsung ke rekaman customer. Jadi, Anda tidak akan kehilangan komunikasi dari media manapun. CRM dapat meningkatkan kualitas hubungan Anda dan customer dengan merekam segala percakapan dengan baik.

4. Memaksimalkan produktivitas startup Anda.

Menjaga kekonstanan produktivitas dan kefokusan tim merupakan hal yang penting bagi startup. Namun ketika customer berkembang dan tim bertambah, maka pekerjaan sehari-hari pun akan melimpah. Hal ini akan menjadi tantangan bagi seorang sales karena harus memasukkan data berulang kali serta melakukan penjualan sekaligus. CRM menjadi alat yang produktif dalam meningkatkan produktivitas lingkungan kerja dan menghemat waktu. Agar tim sales menjadi lebih produktif, CRM ini dapat membantu Anda membuat kontak secara otomatis pada email dan webforms serta memusatkan perhatian pada customer dan informasi sales.  

5. Mengetahui customer yang tertarik dan memprioritaskan upaya penjualan.

Bagi startup, menemukan prospek yang tepat dapat menghemat waktu tim sales yang berharga. Jika tidak dapat membedakan bagaimana cara memprospek customer yang tertarik dan mana yang kurang tertarik, maka sama saja Anda membuang-buang waktu dan melalaikan pelayanan terhadap customer yang tertarik pada produk Anda. CRM gratis ini dapat membantu Anda dalam memberi penilaian terhadap customer dalam menentukan mana customer yang berminat dan customer yang belum berminat. Penilaian ini berfungsi agar tim Anda fokus pada prospek yang tepat, terlibat langsung dengan mereka, dan meningkatkan kualitas komunikasi.

6. Jangan lupa melakukan follow-up.

Berkomunikasi dengan customer melalui perjalanan mereka merupakan hal yang sangat penting bagi startup untuk membangun hubungan jangka panjang. Namun, sales representative dapat melakukan kesalahan dengan mudah dalam berkomunikasi disaat mereka sedang kewalahan melayani customer. Ketika hal ini terjadi, customer akan merasa dilupakan dan enggan untuk membeli lagi produk Anda karena merasa tidak dipedulikan. Anda tidak boleh kehilangan potensi bisnis, maka dari itu Anda perlu membantu tim di tengah-tengah kesibukan. Software CRM gratis ini akan membantu untuk melakukan follow-up dengan fitur pengingat. Tidak hanya dengan email, telepon atau coffee appointment, pengingat pada CRM ini juga akan beraksi dengan cepat dan membantu agar tetap fokus pada tugas.  

7. Melancarkan proses pengesahan penjualan lebih cepat.

Proses penjualan yang jelas dan konsisten akan memastikan sales representative mengambil langkah yang tepat dalam bertransaksi terhadap customer. Sales pada CRM melancarkan proses ini dan membantu Anda untuk lebih efektif dalam memprospek dan meraih kesepakatan. Hal tersebut dapat meningkatkan visibilitas dalam membuka peluang, jadi dapat menentukan kemana upaya harus diarahkan agar sukses dalam meraih kesepakatan. Kemampuan manajemen  dapat membantu mengoptimalkan siklus pemasaran, meningkatkan penjualan, dan pastinya menambah pendapatan Anda.

8. Menawarkan pengalaman yang lebih baik pada customer.

Bisnis perlu memiliki tim support dan sales untuk melayani customer, namun jika pekerjaan tersebut dilakukan secara terpisah, maka akibatnya data yang tersimpan pun akan terpisah. Sikronisasi data customer pada data produk merupakan hal yang sangat penting bagi bisnis agar dapat beroperasi secara efisien. CMR berintegrasi dengan platform customer support untuk meningkatkan pengalaman customer dan meningkatkan retensi customer. Memuaskan customer bahkan setelah mereka berbelanja adalah hal yang penting untuk memperoleh loyalitas mereka terhadap bisnis Anda. Karena, customer akan menjadi loyal ketika mereka merasa senang.

9. Integrasi aplikasi bisnis untuk membantu perkembangan kolaborasi.

Selain sales CRM, startup juga dapat menggunakan tools marketing, accounting, messaging, aplikasi google, dll untuk memenuhi goal pada bisnis Anda. Mengintegrasikan CRM pada tools lainnya dapat menciptakan database yang terpusat dan mempermudah dalam menentukan pendekatan kolaboratif untuk meningkatkan bisnis. Jika Anda adalah pengguna Gmail, Anda dapat mengintegrasikan Gmail dan CRM melalui Google Chrome. Dan jika Anda adalah pengguna Slack, Mailchimp, atau Facebook, maka Anda dapat mengintegrasikan CRM melalui Zapier. Dengan begitu, startup dapat membuka potensi peluang dengan pembeli maupun dengan sesama penjual.

10. Menemukan informasi lebih cepat dengan sistem pencarian cerdas.

Diestimasikan bahwa penonton televisi menghabiskan waktu lebih dari 2 minggu untuk mencari remote control selama hidup mereka. Mengerikan bukan?! Walaupun CRM tidak mampu menemukan remote control TV Anda, software ini dapat membantu dalam menemukan informasi bisnis dengan lebih cepat. Pencarian di CRM sangat penting bagi bisnis Anda karena karyawan menghabiskan 1,8 jam setiap hari untuk mencari dan mengumpulkan informasi. Anda dapat mencari informasi dengan menggunakan nama, email, nomor telepon, dll. Yang lebih baiknya lagi, CRM dapat memperlihatkan pencarian terbaru, jika sewaktu-waktu Anda lupa. Jangan merasa kewalahan dengan data yang menumpuk, biarkan CRM menemukan apa yang Anda butuhkan.  

11. Melacak dan mengelola kesibukan sales.

Saat ini, kita selalu disibukkan dengan aktivitas. Kita menghabiskan 5 jam perhari menggunakan perangkat mobile. Maka, CRM mobile gratis adalah aplikasi yang tepat. Kemungkinan untuk menangani sales dan hubungan terhadap customer melalui mobile merupakan peran yang sangat penting bagi startup dalam mencapai kesuksesan dan perkembangan. Memperoleh informasi dengan sekali klik akan mempermudah sales representative dalam melihat dan memasukkan data, serta memantau bisnis dari manapun.

12. Data Anda aman dan nyaman.   

Jika bisnis Anda menangani customer, maka Anda bertanggung jawab untuk menjaga data mereka. Sebagai startup, hal terakhir yang tidak ingin Anda hadapi adalah kehilangan data. Software modern cloud CRM menjaga informasi bisnis Anda dari serangan cyber dan kecelakaan. Kemudian, data akan terenkripsi dan di-backup secara konstan. CRM memproteksi data setiap waktu bahkan jika sedang tidak berada di kantor.  

13. Bisnis Anda berkembang, namun CRM Anda tidak.

Saat startup berkembang dan memperoleh banyak customer, kebutuhan bisnis Anda juga akan bertambah. Anda juga membutuhkan yang lebih dari CRM. Namun jika CRM tidak dapat berkembang bersama Anda, Anda dapat beralih ke CRM yang lain walaupun sebenarnya hal tersebut tidaklah layak untuk dilakukan. Software CRM gratis yang tepat dapat membangun startup dan tumbuh seiring pertumbuhan startup tersebut. CRM yang baik dilengkapi dengan fungsionalitas untuk UKM dan memberikan skalabilitas saat tim Anda bertambah dan saat bisnis meluas.

Jika Anda startup dan sedang mencari CRM yang tepat untuk mengelola hubungan customer dan data sales, kami menyediakan software CRM gratis, Freshsales, untuk Anda.

Freshsales membantu performa tim untuk mencapai potensi yang maksimal, memelihara hubungan dan mendorong Anda untuk mengembangkan startup menjadi bisnis yang sukses.

Simillar post