40 Contoh Pertanyaan Kerja Interview Bahasa Inggris Jawaban Lengkap!

Interview kerja bisa menjadi bagian paling menegangkan buat sebagian orang, terlebih jika interview kerja tersebut dalam bahasa Inggris.

Interview dalam bahasa Inggris menjadi menegangkan apabila anda tidak memiliki persiapan yang cukup. Apalagi jika anda tidak memiliki wawasan, kosakata, dan pengalaman menggunakan bahasa asing tersebut.

Seperti yang kita ketahui, bahasa Inggris sudah menjadi bahasa internasional dan digunakan paling banyak. Tidak heran jika banyak perusahaan yang menerapkan interview menggunakan bahasa Inggris.

Namun, anda tidak perlu khawatir, dalam artikel kali ini kami akan menyajikan beberapa pertanyaan interview dalam bahasa Inggris. Agar anda dapat mempelajari dan menyiapkan diri menghadapi interview kerja.

Kumpulan Pertanyaan Interview Kerja Bahasa Inggris

Ilustrasi interview kerja

1. How would you describe yourself?

Arti: Ceritakan atau jelaskan diri anda

Umumnya, pertanyaan ini cukup sering digunakan dan ditanyakan saat awal-awal wawancara dengan HRD dimulai. Baiknya, anda menjawab dengan membicarakan latar belakang karier anda, atau pekerjaan yang saat ini sedang anda tekuni.

Menurut Indeed, tips dan cara terbaik menjawab pertanyaan ini adalah dengan menjelaskan mengapa anda adalah kandidat yang paling sesuai untuk posisi tersebut. Berdasarkan pengalaman dan kompetensi anda tentunya.

Contoh Jawaban

My name is Fathia, I’m a business development manager with 7 years of experience. I’ve been working in business development in three tech companies in Jakarta, and Singapore.

I studied communication science in college, majoring in mass communication. After graduation, I have the opportunity to hone my marketing skills by working in a startup as a junior business development. In which, becoming a huge leap for my career.

2. What are your strengths?

Arti: Kelebihan apa yang anda miliki?

Untuk pertanyaan ini, anda harus memahami kualifikasi dan kompetensi yang dibutuhkan dalam lowongan pekerjaan tersebut.

Menurut Coursera, anda harus menjawab pertanyaan anda dengan rasa percaya diri. Pertimbangkan pula bagaimana anda bisa menyelaraskan kelebihan anda dengan kompetensi yang dibutuhkan dari job desc tersebut.

Contoh Jawaban

I’m an easygoing person. A trait that has been proven quite useful for someone in sales. Since I can talk quite comfortably with strangers, and prospects anytime.

I’m also a very punctual person. I always show up at least 5 minutes early whenever I make an appointment because that’s how I respect someone else’s time.

Baca Juga: Mengenal Struktur dalam Perusahaan dan Tugas Setiap Jabatan

3. What are your weaknesses?

Arti: Apa kekurangan anda?

Pertanyaan satu ini bisa menjadi pertanyaan yang paling menantang. Karena anda akan diminta untuk menjelaskan kekurangan atau kelemahan yang anda miliki.

Namun bukan berarti anda tidak akan bisa memberikan jawaban atas pertanyaan ini dengan baik. Persiapkan terlebih dahulu kekurangan yang anda miliki, lalu, jawab pertanyaan ini dengan percaya diri dan disertai action plan yang telah anda susun.

Action plan ini maksudnya adalah strategi dan usaha nyata dari anda untuk mengatasi kekurangan anda ini. Karena, menyampaikan kekurangan beserta solusi nyata dari anda adalah bentuk tanggung jawab anda untuk mengatasi masalah tersebut.

Contoh Jawaban

There are times when I can be a bit slower when finishing my task. Since I tend to do desk research and thorough analysis for what I’m doing. But, I also understand that sometimes finishing my task faster before the deadline is also important.

Therefore, I’m creating a workflow for myself, when I can do thorough desk research, or when finishing the task is more important.

4. Describe your working experience

Arti: Ceritakan pengalaman kerja anda

Saat melamar kerja, tentu perusahaan ingin mengetahui latar belakang dan pengalaman kerja anda. Jawablah pertanyaan ini dengan pengalaman kerja yang paling relevan dengan posisi yang tersedia.

Contoh Jawaban

I have 3 years of experience in digital marketing. Previously, I’m working at a startup edu-tech company providing online courses for students around Southeast Asia.

During that time, I’m able to grind my SEO skills, paid ads, and social media skills. Also, I’m able to deliver measurable results through my campaign and marketing efforts.

5. Tell me about your educational background

Arti: Jelaskan latar belakang pendidikan anda

Pertanyaan ini umumnya akan ditanyakan jika anda adalah fresh graduate. Karena sangat umum sebagai sarjana yang baru lulus dan tidak memiliki pengalaman sama sekali di dunia kerja.

Tapi jangan salah, pertanyaan ini juga bisa ditanyakan bagi anda yang telah memiliki pengalaman di dunia kerja. Atau bahkan level senior sekali pun.

Cara menjawab pertanyaan ini dengan baik adalah menghubungkan kualifikasi yang dibutuhkan perusahaan dengan latar belakang pendidikan anda.

Contoh Jawaban

I graduated from the University of Indonesia six months ago with a bachelor’s in Communication Science and a 3.7 GPA. My degree in Communication Science provided me with excellent communication and marketing abilities, which are essential for acquiring customers and prospects.

6. Why do you want this position/job?

Ilustrasi interview kerja

Arti: Kenapa anda menginginkan posisi ini?

Pertanyaan interview kerja umum lainnya dalam bahasa Inggris adalah pertanyaan ini. Recruiter menanyakan hal ini karena ingin mengetahui kompetensi anda apakah sesuai dengan posisi yang tersedia.

Tips dalam menjawab pertanyaan ini adalah dengan menunjukkan keunggulan-keunggulan posisi yang ditawarkan perusahaan untuk posisi ini. Anda juga dapat memberikan jawaban mengenai keahlian dan kompetensi yang anda miliki, yang membuat anda kandidat paling sesuai untuk posisi ini.

Jangan lupa untuk menunjukkan antusiasme terhadap posisi mau pun perusahaan yang anda lamar. Karena hal tersebut dapat menunjukkan bahwa anda memiliki niat dan tekad untuk bekerja di perusahaan itu.

Contoh Jawaban

I want this position because I have the experience, educational background, and the passion to do my job right. For your information, I’ve been working as a sales rep for more than three years. During those years, I was always able to achieve my target and KPI by combining my marketing and communication skills I got from college.

7. What do you know about our company?

Arti: Apa yang anda ketahui tentang perusahaan kami

Pertanyaan ini merupakan pertanyaan yang akan sering ditanyakan recruiter saat interview kerja. Melamar kerja merupakan situasi yang sangat kompetitif. Pertanyaan ini diajukan karena recruiter ingin tahu apakah anda telah melakukan riset dan analisis terhadap perusahaan yang anda lamar.

Dengan mempersiapkan diri sebaik mungkin, melakukan riset, dan menunjukkan kemampuan anda dapat menjadi bukti bahwa anda memang tertarik dengan pekerjaan tersebut.

Berikut tips penting dalam menjawab pertanyaan ini:

  1. Lakukan riset tentang perusahaan
  2. Menyiapkan beberapa poin penting dari riset anda
  3. Fokus pada poin positif
  4. Sorot hal-hal yang menarik minat anda

Contoh Jawaban

I respect your company’s commitment to be cautious about climate change and the environment. I think while growth is important in any business, climate change is a real issue that not only affects humanity and nature, but also business itself.

8. What are your achievements in your career?

Arti: Apa pencapaian yang anda miliki selama berkarier?

Dalam menjawab pertanyaan ini anda perlu mempertimbangkan beberapa hal terlebih dahulu. Seperti latar belakang pendidikan dan pengalaman anda, hingga job description yang diberikan perusahaan.

Cara terbaik menjawab pertanyaan ini adalah dengan menunjukkan prestasi terbesar yang pernah anda raih, namun masih relevan dengan pekerjaan yang anda lamar tentu saja.

Contoh Jawaban

My biggest achievement was one when I joined my previous company as product manager. During that time, our team was struggling, everything was out of order. And we were left behind to meet our quarterly goals. So, I decided back then to do a thorough analysis of what went wrong with our team.

Turns out, our workflow is inefficient. We don’t really have a log or record of the product we’re currently working on. So when there is a mistake, the whole team would be jammed. Then, I designed a new workflow, and implemented it right away. Now everything our team does, has its record. Increasing our productivity twice as fast as it used to. Also, we have more spare time now to do more desk research whenever we are needed to build a new product.

9. What motivates you to work?

Arti: Apa yang menjadi motivasi anda dalam bekerja?

Pertanyaan ini ditujukan karena pihak recruiter ingin menggali lebih dalam motivasi anda dan melihat apakah motivasi tersebut sejalan dengan misi perusahaan.

Contoh Jawaban

I’m motivated whenever I’m talking, researching, and getting to know customers’ problems. I can be enthusiastic whenever a customer comes to me, and explain that our product has some flaws that need to be addressed.

Especially when we’re able to fix, or come around with the solution. I believe that the ability to listen is also important. Because without it, it can be pretty challenging to know what’s wrong with our product.

Baca Juga: 10 Cara Menjawab Kelebihan dan Kekurangan Diri Sendiri saat Interview Kerja

10. Explain where you see yourself in five years 

Arti: Jelaskan seperti apa diri anda di 5 tahun yang akan datang

Anda harus menguraikan dengan detail tujuan atau visi anda di masa yang akan datang. Pertanyaan ini digunakan dengan tujuan apakah anda mau bertahan di perusahaan tersebut hingga setidaknya 5 tahun yang akan datang.

Contoh Jawaban

In five years, my goal is to successfully obtain two certificates related to my position. I saw that you provide your staff with educational growth chances such as getting certificates to improve their careers. Using the resources your company gives its workers, I am certain that I will be able to follow my professional aspirations and eventually advance to a management position within your organization in the coming years.

11. Why do you want to work in this company?

Arti: Kenapa anda ingin bekerja di perusahaan ini?

Pertanyaan ini dapat menjadi kesempatan anda untuk menunjukkan niat anda untuk bekerja di perusahaan tersebut. Jawablah pertanyaan ini dengan menunjukkan ketertarikan anda terhadap perusahaan tersebut. Entah dari brand/CEO/produk/benefit pegawai yang anda tahu dan sukai.

Hubungkan ketertarikan anda tadi dengan misi sehingga recruiter dapat melihat keseriusan anda dalam melamar pekerjaan tersebut.

Contoh Jawaban

I’ve always enjoyed data analysis – the challenge of utilizing statistics to tell a narrative and express a concept — and I’m excited about the data visualization work we’ll be doing on this team.

12. Describe why you’re applying for this position

Arti: Jelaskan mengapa anda melamar posisi ini

Anda harus benar-benar memahami job desc untuk menjawab pertanyaan ini dengan baik. Pahami secara mendalamhal apa saja yang akan menjadi tanggung jawab anda.

Contoh Jawaban

While I cherished my experience at my former workplace, there are no longer potentials for growth that correspond with my professional objectives. This role is a perfect match for my skill set and how I want to advance in my career. I’m also seeking a job with a company like yours that helps disadvantaged communities, which is a personal passion of mine.

13. Why are you leaving your previous employer?

Arti: Kenapa anda meninggalkan perusahaan sebelumnya?

Jawablah pertanyaan ini dengan menunjukkan bahwa anda benar-benar tertarik dengan perusahaan dan posisi yang ditawarkan perusahaan tersebut. Namun yang patut diingat, jangan sampai anda menjelekkan perusahaan lama anda.

Contoh Jawaban

My biggest reason for leaving my previous company is that I want to have more opportunities and challenges. I like giving training sessions and mentoring new employees. It’s something I do a lot in my current role, and I’ve had a lot of great feedback on it, but I could do it even better if I had my own team.

14. What are your goals for the future?

Arti: Apa tujuan anda di masa depan?

Pada dasarnya, pertanyaan ini juga digunakan perekrut untuk melihat apakah kandidat berencana untuk bekerja di perusahaan tersebut dalam jangka waktu yang lama.

Contoh Jawaban

I consider myself to be a high performer at a well-established organization like this one. I plan to continue honing my abilities and participating in organizations for professionals in similar fields.

15. Describe your related experience

Arti: Jelaskan pengalaman kerja anda yang relevan

Dalam menjawab pertanyaan ini sebaiknya anda sudah memahami terlebih dahulu job description dari lowongan yang anda lamar.

Tips paling efektif dalam menjawab pertanyaan ini adalah dengan menjelaskan tanggung jawab dan pencapaian anda di pekerjaan sebelumnya. Lalu, menghubungkan poin tersebut dengan pekerjaan yang sedang anda lamar saat ini.

Contoh Jawaban

Working with customers when they were in difficulties, made me gain a variety of skills. I’m great at neutralizing tension and figuring out how to satisfy customers. At my previous job, our customer satisfaction score increased by 10% during my time there.

My experience would be a huge advantage to your team considering that your marketing department’s goal is to enhance customers’ impressions of the business.

15. How experienced are you?

Arti: Seberapa berpengalamankah kamu?

Selalu sebutkan pengalaman anda yang paling baru dan relevan saat menjawab pertanyaan ini. Ini karena setiap recruiter lebih menitikberatkan pengalaman paling baru dari setiap kandidat.

Contoh Jawaban

I read the job description, and it appears that this role would include sales and customer support. In my last two jobs, I engaged directly with 20-40 clients daily to give assistance in a field similar to yours, and I also performed some sales to existing customers by providing additional services and upgrades once they signed up for our base package.

16. How much salary do you expect?

Arti: Berapa besaran gaji yang anda harapkan?

Ada beberapa alasan mengapa HR menanyakan perihal harapan gaji saat interview kerja bahasa Inggris. Yang paling utama adalah untuk mengetahui kisaran gaji kandidat apakah masih sesuai dengan budget perusahaan.

Contoh Jawaban

I am aware that similar employment like the one I am looking for pays between Rp6,000,000 and Rp6,500,000. Given my experience, knowledge, and abilities, I would estimate a salary in that area.

17. What do you think about overtime?

Arti: Apa pendapat anda tentang kerja lembur?

Beberapa HRD ada yang menanyakan mengenai waktu lembur kepada calon kandidat mereka. Tujuannya adalah untuk mengetahui etika kerja seseorang.

Contoh Jawaban:

I’ve always been able to develop and keep an efficient work routine that permits me to work the same number of hours every week. Of course, if I’m working on a very important or tough assignment, I’m willing to work longer hours on occasion in order to do my best work.

18. Who has the greatest influence in your career?

Arti: Siapakah yang memiliki pengaruh besar dalam karier anda?

Biasanya perekrut menanyakan pertanyaan ini untuk memahami perkembangan anda dalam berkarier. Anda bisa menjawab dengan menyampaikan hal-hal yang anda pelajari dari orang yang berpengaruh di karier anda.

Contoh Jawaban

My first employer, Mr. Smith, had the most influence on my career, in my opinion. I was insecure when I first started working for the business. I found it challenging to communicate with others and possibly even “sell” my knowledge and abilities at work. But Mr. Smith believed in me, frequently gave me advice, and supported me in getting through my challenges.

19. How does that person influence your career?

Arti: Bagaimana orang tersebut memengaruhi karier anda?

Anda dapat menjelaskan kesulitan dan tantangan yang anda hadapi, dan solusi atau cara orang tersebut membantu anda sehingga sangat berpengaruh dalam karier dan kehidupan anda.

Contoh Jawaban

Mr. Smith gave me his trust, frequently gave me words of encouragement, and helped me overcome my difficulties. I would probably still be sitting in an office, performing basic clerical work if I weren’t working for him. As you can see, though, things have changed, and I am speaking confidently as I apply to you for a management position.

20. Explain how you think your coworker would describe you

Arti: Jelaskan bagaimana pendapat rekan kerja mendeskripsikan anda

Singkatnya, HRD akan menanyakan hal ini dalam interview kerja bahasa Inggris karena ingin mengetahui kepribadian dan tingkat kesadaran diri.

Contoh Jawaban

I am best known by my team as a leader who values teamwork. One of my best moments was when a coworker offered to write a reference letter for me because she valued my leadership and sensitivity during difficult tasks.

21. Do you have any hobbies?

Arti: Apa hobi anda?

Meski pun jarang, namun ada juga beberapa HRD yang menanyakan hobi pada saat interview, termasuk dalam interview kerja bahasa Inggris. Anda dapat menyiasatinya dengan menjelaskan alasan anda menyukai hobi tersebut.

Contoh Jawaban

I love playing chess now. Because playing chess also taught me how to solve problems or finding the best scenarios during hardships.

22. Do you have trouble adjusting to different situations?

Arti: Apakah anda merasa susah untuk menyesuaikan di sebuah situasi yang baru?

Kemampuan beradaptasi dengan lingkungan baru adalah soft skill yang cukup penting dalam dunia kerja. Tidak heran jika recruiter bisa saja menanyakan hal ini.

Jawaban terbaik dari pertanyaan ini adalah dengan tetap positif dan mencoba melihat perubahan tersebut dari perspektif baru yang mungkin belum pernah anda lihat sebelumnya.

Contoh Jawaban

I have no problem adapting to new situations. Especially in a workplace, where change could happen in a matter of hours or seconds. Of course whenever change is underway, I’m always prepared to adapt by looking for a different perspective towards the matter.

Baca Juga: 20 Skill dalam CV yang Wajib Ada

23. How do you handle the stress and pressure from work?

Arti: Bagaimana anda mengatasi stres dan tekanan dari tempat kerja?

Salah satu pertanyaan yang cukup umum dalam interview kerja bahasa Inggris. Tentunya, anda tidak mungkin menjawab bahwa anda tidak pernah mengalami stres akibat pekerjaan.

Jelaskan penyebab stres anda, diikuti dengan solusinya. Ingat, anda juga harus memberikan penjelasan bahwa ketika anda stres dari pekerjaan, hal itu tidak menganggu anda dalam beraktivitas atau pun bekerja.

Contoh Jawaban

Rather than reacting to stress, I attempt to react to situations. That way, I’ll be able to deal with the problem without being overly stressed. For example, while dealing with an unhappy customer, rather than focusing on my stress, I concentrate on the work at hand.

24. Are you applying to any other companies except this one?

Arti: Apakah anda juga melamar pekerjaan di tempat lain saat ini?

Anda tidak perlu berbohong ketika menjawab pertanyaan ini. Namun, anda juga harus mempersiapkan jawaban yang relevan dan masuk akal.

Tahukah anda, ketika perekrut menanyakan hal ini, dan anda memang sedang menjalani beberapa interview, bisa saja perekrut tersebut justru berpikir bahwa anda memang memiliki kualifikasi dan keahlian yang dibutuhkan untuk pekerjaan tersebut.

Contoh Jawaban

I have other two interviews arranged with different companies in the industry. But I picked this company as my top choice since it has an exceptional track record of employee engagement, low turnover and high customer satisfaction, according to online reviews.

25. Why did you choose this major in college?

Arti: Mengapa anda memilih jurusan ini saat kuliah?

Latar belakang pendidikan sangat penting untuk mengetahui kualifikasi seorang kandidat. Tentunya, pendidikan yang paling sesuai dengan jenis dan bidang pekerjaan yang akan diutamakan oleh HRD.

Contoh Jawaban

I chose an elementary education degree because teaching has always felt natural to me. I’ve always liked spending time with children, and I never feel like I’m working in the classroom because I enjoy being there.

26. Have you ever had a conflict with a coworker in your previous job?

Arti: Apakah anda pernah memiliki masalah dengan rekan di tempat kerja sebelumnya?

Banyak HRD yang memang suka membuat pertanyaan menjebak. Salah satunya adalah pertanyaan seputar konflik yang mungkin pernah anda miliki dengan rekan kerja.

Inti dari pertanyaan seperti ini adalah anda jangan menjelekkan siapa pun. Entah itu rekan kerja anda, mau pun atasan atau manajer anda. Anda cukup menjawab bahwa anda tidak memiliki konflik sama sekali dan senang bekerja di perusahaan sebelumnya.

Contoh Jawaban

My coworker and I were responsible for contacting all of our clients to obtain updated website login details from them to ensure we had valid information on file in our most recent role as a client support expert. However, we got it wrong when it came to dividing up the customer list. I assumed I would contact clients with names A through M, while she assumed the reverse. As a consequence, we approached the same clients twice, resulting in some confusion and dissatisfaction for our clients.

My coworker and I conveyed our annoyance with each other, and we both admitted that we had misheard each other. For future initiatives like this one, I recommended building a color-coding system to be used on a common spreadsheet. This new solution is working well for us, and we haven’t seen any similar problems since the event.

27. What have you discovered so far about yourself?

Arti: Apa yang sudah anda pelajari dari diri anda selama ini?

Untuk pertanyaan ini anda bisa menjawab fokus dan kegiatan bermanfaat yang anda lakukan selama ini. Seperti fokus membangun portofolio, membentuk relasi, belajar skill baru untuk menunjang pekerjaan, dan mengikuti kelas online.

Contoh Jawaban

I learned many new things to improve my skills, such as studying Korean and Japanese. I also have hobbies, such as running marathons and cooking, that complement my personality, which is a bit volatile and a control freak. So, with this new activity, I can channel my unhappiness or anger toward something that isn’t going as well as I would want in a more constructive and healthy way.

28. What does a job mean to you?

Arti: Apa arti pekerjaan menurut anda secara pribadi?

Umumnya recruiter ingin mengetahui etos kerja kandidat ketika menanyakan hal ini. Anda dapat menggunakan jawaban yang menunjukkan kesungguhan anda dan etos kerja yang baik.

Contoh Jawaban

For me personally, work is not just a means to get income and pay the bills. But also a chance to develop myself. That’s why I only choose a company that can accomodate me in a professional relationship with many people.

29. Describe your working pace

Arti: Jelaskan kecepatan anda ketika bekerja

Anda perlu berhati-hati untuk menjawab pertanyaan ini. Mengingat, menyelesaikan kerja dengan cepat tidak selalu menjadi hal yang baik. Sampaikan juga metode kerja yang menurut anda efektif dan pernah anda implementasikan.

Contoh Jawaban

I normally work at a continuous, steady pace. I always finish my job ahead of schedule because of my ability to arrange and plan out my work plan. For example, when I was given a massive project with a six-month deadline, I divided it into large goals and tiny, day-to-day goals.

30. Do you collaborate well when working with other people?

Arti: Apakah anda dapat bekerja sama dengan orang lain?

Mungkin pertanyaan dalam interview kerja bahasa Inggris yang cukup sulit adalah pertanyaan satu ini. Karena, beberapa pekerjaan memang membutuhkan kemampuan berkomunikasi yang baik dengan setiap orang, tetapi ada juga pekerjaan yang tidak membutuhkan hal tersebut.

Contoh Jawaban

I am a good listener and communicator, which is necessary for a successful sales representative. Customers frequently phone with complaints and concerns, and my capacity to listen calmly and sympathize makes them feel respected.

31. What is your ideal job?

Arti: Apa pekerjaan impian atau ideal anda?

Saat proses interview kerja berlangsung, perekrut akan menanyakan beberapa hal untuk mengetahui seberapa besar niat dan minat seorang pelamar untuk bekerja di perusahaan tersebut. Salah satunya adalah dengan pertanyaan ini.

Contoh Jawaban

My ideal job would enable me to have a daily good influence on people. I’d love to join a company like yours that creates time-saving and life-enriching solutions that millions of people use every day.

32. What type of work environment do you prefer?

Arti: Lingkungan kerja seperti apa yang anda inginkan?

Pertanyaan ini biasanya merupakan pertanyaan yang digunakan untuk memahami kebutuhan kedua belah pihak. Recruiter ingin mengetahui apakah kandidatnya siap untuk bekerja di lingkungan yang dinamis, sedangkan kandidat dapat menyampaikan lingkungan kerja seperti apa yang anda inginkan.

Ketika recruiter menanyakan hal ini saat interview kerja bahasa Inggris, anda juga bertanya kepada pihak recruiter untuk menunjukkan antusiasme anda untuk bekerja di perusahaan tersebut.

Contoh Jawaban

I’ve worked in a broad range of environments, from high-pressure to easygoing, from extremely collaborative to needing to figure things out on my own – I adapt well to most. I’d like to learn more about the working environment in this company. Could you please elaborate?

33. Which do you prefer, working from home or the office?

Arti: Mana yang anda pilih, bekerja dari rumah atau kantor?

Pertanyaan ini merupakan pertanyaan yang dua tahun terakhir sering ditanyakan oleh recruiter. Mengingat, di masa pandemi pergerakan dan mobilitas orang sangat terbatas, apalagi karyawan.

Anda dapat menunjukkan impresi bahwa anda dapat fleksibel kerja dari mana saja, baik itu dari kantor mau pun rumah. Tergantung situasi dan kondisi yang dibutuhkan. Sampaikan juga tantangan yang anda hadapi semisal bekerja dari rumah dan jelaskan solusi yang sudah anda lakukan.

Contoh Jawaban

Yes, since the Covid-19 outbreak, the last company I worked for has already adopted working from home. To ensure that I can work well from home, I already have wifi, a work chair and desk and a dedicated workspace where I can concentrate on the task that I’m working on.

34. What challenges did you face when working from home?

Arti: Tantangan apa yang anda alami ketika bekerja dari rumah?

Sebetulnya, recruiter ingin mengetahui apakah anda memang benar-benar siap untuk mengadopsi budaya kerja perusahaan. Termasuk jika perusahaan tersebut memang menerapkan working from home.

Contoh Jawaban

Sometimes, working from home also comes with a challenge. It can be noisy since there are children in the house, or any kind of disturbance that might happen. That is why I’m already preparing a dedicated room where I can work and truly concentrate on what I’m doing.

35. Have you learned any valuable skills in the last several months?

Arti: Apakah ada skill berharga yang anda pelajari beberapa bulan terakhir?

Anda akan mendapatkan pertanyaan ini ketika recruiter ingin mengetahui apa saja kegiatan anda beberapa bulan terakhir. Dan untuk mengetahui apakah anda memiliki kegiatan positif selain kerja atau mencari kerja.

Namun, perlu anda ingat, anda hanya perlu menjawab skill atau keahlian baru yang sekiranya relevan dengan posisi yang anda lamar.

Contoh Jawaban

As a result of the epidemic, my staff was forced to operate remotely. It was a great learning experience for me, and it was quite difficult at first because I wasn’t used to working with colleagues remotely. However, the experience taught me how adaptable and resilient I am.

The first step was to engage with our IT team to ensure we have the proper tools, such as Zoom and Slack. I also conducted some web research to uncover best practices for successful remote working.

36. How do you measure success?

Arti: Bagaimana cara anda mengukur sukses?

Partanyaan ini adalah salah satu pertanyaan yang tidak memiliki jawaban definitif, sehingga tidak ada benar atau salah dalam menjawab pertanyaan ini. Umumnya, HRD ingin mengetahui beberapa dengan menanyakan hal ini.

Yaitu niat, motivasi, dorongan, antusiasme, dan visi anda apakah sejalan dengan perusahaan atau tidak.

Contoh Jawaban

I define success in several ways. At work, it is achieving the objectives set by my superiors and coworkers. Based on conversations with a few of your other employees, I believe that your organization is known not just for recognizing accomplishment but also for providing opportunity for growth. I adore playing softball after work, so success on the field means catching a pop fly to win the game.

37. Do you prefer to be liked or respected?

Arti: Anda memilih menjadi orang yang disukai atau dihormati?

Recruiter biasanya menanyakan hal ini untuk mengetahui prioritas seorang kandidat yang sedang mereka interview. Recruiter juga menggunakan pertanyaan ini untuk mengetahui gaya kepemimpinan seseorang.

Contoh Jawaban

At work, I prefer to be respected. My sales success has been primarily due to my ability to foresee my clients’ demands and issues and to pitch my products as a solution to satisfy those demands and address those difficulties.

38. What do you expect from your supervisor?

Arti: Atasan seperti apa yang anda harapkan?

Ada baiknya menjawab pertanyaan ini dengan tetap positif, hindari mengkritik atau menjelekkan manajer anda. Tidak masalah jika anda memiliki manajer atau atasan yang baik dan hendak memuji. Atau sampaikan hal-hal positif lainnya.

Contoh Jawaban

In my prior job, I appreciated that management did not exhibit bias and was aware of people’ needs as well as their strengths. Of course, these things take time to notice, but I’d like my boss to attempt to get to know me that way.

39. What are the most common things people criticize about you?

Arti: Hal apa yang sering orang kritik tentang anda?

Pertanyaan ini akan sangat sering anda dengar. Jangan khawatir, pertanyaan ini digunakan recruiter untuk mengetahui sesensitif apa anda terhadap lingkungan sekitar dan bagaimana anda dapat menerima kritik.

Contoh Jawaban

Many years ago, a supervisor told me that I was excessively critical of other people’s work. I took it to heart and made certain that my analyses and comments were always encouraging and helpful rather than critical from then on. People have recently appreciated my abilities to provide insightful and relevant input.

40. Why should we hire you?

Arti: Mengapa kami harus mempekerjakan anda?

Inti dari pertanyaan ini adalah recruiter ingin mengetahui kompetensi yang anda miliki. Tentunya, kompetensi yang relevan dengan posisi yang ditawarkan perusahaan tersebut.

Contoh Jawaban

My experience is nearly identical to the qualifications you requested in your job posting.

I have five years of progressive experience in the accounting sector, beginning as a junior accountant and progressing to my previous job as a senior accountant.

Itulah 40 pertanyaan interview kerja dalam bahasa Inggris, lengkap dengan jawaban dan tips untuk anda pelajari. Semoga dapat membantu dan bermanfaat.

Mohamad Krisna

Categories:

Karyawan

Share on:

To the top

Related Posts

Recent Posts