fitur performance appraisal

3 Fitur Untuk Performance Appraisal dan Meningkatkan Kinerja Karyawan

(Pada artikel ini, Anda akan melihat dengan detail interface fitur-fitur terkait Performance Appraisal, Training, dan Career Development Program pada ESS Haermes)

Dalam artikel sebelumnya Anda telah mengetahui mengapa industri manufaktur termasuk salah satu pondasi ekonomi Indonesia. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Agus Gumiwang selaku Menteri Perindustrian di Kabinet Indonesia Maju. Beliau juga mengingatkan untuk para penggiat industri manufaktur agar tetap terus meningkatkan kualitas produksinya.

Industri manufaktur menurut Badan Pusat Statistik memiliki kurang lebih 6 juta tenaga kerja. Angka tenaga kerja yang besar tersebut harus diimbangi dengan kompetensi tenaga kerja yang berkualitas. Industri manufaktur, tentu, memiliki banyak kompetitor lokal maupun global. Sehingga, mempertahankan atau meningkatkan kualitas tenaga kerja, termasuk tenaga profesional dan manajemen, adalah hal yang sangat dianjurkan.  

Nyatanya, semua proses ini tidak mudah. Anda membutuhkan bantuan untuk melakukan ini. Sebuah vendor yang mampu memberikan layanan digitalisasi performance appraisal, training management, dan career development program adalah pilihan mutlak untuk perusahaan Anda. Anda harus benar-benar memperhitungkan proses digitalisasi ini. Apakah Anda sanggup melakukan semua ini hanya dengan bantuan sebuah software spreadsheet? Kemungkinan besar tidak sanggup karena tenaga kerja yang harus Anda ‘rawat’ sangat banyak jumlahnya.

Pilihan provider layanan digitalisasi sistem HRIS kategori performance appraisal, training management dan CDP tentu banyak. Namun, sebaiknya anda mencari layanan digitalisasi sistem HRIS yang memang sudah terpercaya dalam ranah business-to-business. Hal ini bertujuan agar ada kepastian kualitas digitalisasi yang baik bagi perusahaan Anda. Haermes salah satu layanan sistem HRIS operational kemungkinan besar bisa menjadi pilihan Anda. 

Haermes merupakan sebuah layanan sistem HRIS Software yang memiliki banyak modul, beberapa modul tersebut adalah modul performance appraisal, training dan CDP. Artikel singkat ini akan membahas tiga modul tersebut. Ketiga modul ini kemungkinan besar akan sangat berguna bagi Anda para pegiat industri manufaktur.

Modul Performance Appraisal atau Penilaian Kinerja

sistem hris

Haermes memiliki 9 basic modules. Modules tersebut meliputi: Employee, Attendance, Payroll, Employee Self-Service, Recruit, Appraisal, Claim, Loan, dan Training. Tentu, Anda bisa melakukan kustomisasi untuk menentukan modul mana saja yang sesuai dengan perusahaan Anda.

Mari kita fokuskan atensi kita kepada modul appraisal. Modul ini akan membantu Anda melakukan manajemen kinerja dan penilaian kinerja kepada seluruh tenaga kerja Anda. Untuk manajemen kinerja atau performance management, Anda bisa mengatur beberapa konfigurasinya seperti melakukan manajemen kinerja berdasarkan attendance, berdasarkan Key Performance Indicator dan lainnya. Tenaga kerja Anda juga bisa mengisi KPI atau ‘target’ mereka sendiri kemudian Anda yang melakukan approval. Appraisal memiliki tujuan untuk menilai dan mengevaluasi kinerja, sehingga kinerja tersebut bisa dipertahankan atau diperbaiki kualitasnya.

Proses evaluasi semacam ini memang terkadang menjadi hal menakutkan bagi para tenaga kerja. Oleh sebab itu proses evaluasi yang transparan adalah saran terbaik untuk tenaga kerja tersebut. Setelah evaluasi selesai, ada baiknya para manager atau supervisor berdiskusi dengan tenaga kerja yang bersangkutan untuk membahas apa yang sebaiknya dilakukan. Ada kemungkinan bahwa program pelatihan adalah saran terbaik, dan disinilah modul berikutnya akan mengambil peran.

sistem hris

Modul Pelatihan atau Training

sistem hris

Pelatihan adalah sebuah istilah kegiatan yang pasti sudah Anda dengar dalam dunia pekerjaan. Misalnya, Anda bekerja sebagai operator forklift di sebuah warehouse. 3 tahun kemudian, Ada forklift dan workflow baru dalam operasional warehouse Anda. Pada saat itulah, kemungkinan besar Anda akan melakukan pelatihan yang sudah disiapkan sedemikian rupa oleh manager Anda. Meningkatkan kualitas kinerja adalah tujuan dari pelatihan ini. Bisa saja, dengan kemauan dan semangat mengikuti pelatihan tersebut, Anda bisa promosi. Secara tidak langsung, proses training bisa mengembangkan karir Anda.

Membuat racikan pelatihan kepada semua tim Anda menggunakan spreadsheet merupakan mimpi buruk. Anda membutuhkan sebuah software yang bisa mengatur proses pelatihan dengan mudah. Modul training memungkinkan Anda untuk menentukan program pelatihan, pengajuan program pelatihan serta approval, biaya pelatihan, dan evaluasi pelatihan.  Hasil pelatihan akan ditentukan oleh status kehadiran peserta, skor atau indikator lainnya. Hasil pelatihan ini akan memutuskan apakah peserta bisa lulus pelatihan atau tidak.

Career Development Program

Fitur Career Development Program sering kali juga disingkat CDP. Fitur ini berfungsi membantu merencanakan tahap karier karyawan. Anda dapat melihat catatan karier seorang karyawan secara berkala (misalnya dalam 3 bulan, 6 bulan, atau 1 tahun). Hal ini akan mempermudah manajemen dan karyawan bersangkutan untuk melakukan perencanaan pengembangan karier mereka.

career development program

Karyawan juga dapat mengakses langsung fitur CDP melalui portal Employee Self-Service (ESS). Di sini, Anda dapat membuat Career Development Plan yang berisikan informasi karyawan, pengalaman kerja, kompetensi mereka, serta pendapat dari masing-masing supervisor.

career development program

Dengan menggunakan fitur-fitur di atas, Anda tidak hanya dapat melakukan penilaian namun juga peningkatan bagi karyawan serta merencanakan jenjang karier mereka. Ingin menerapkan  sistem ini pada perusahaan Anda? Klik tombol di bawah ini dan terhubung langsung dengan tim profesional kami.

sistem hris
author
Alfan Alif

Share on:

Categories:

Benchmark

Tags:

Evaluate