skill masa depan

7 Skill yang Wajib Dimiliki untuk Menghadapi Masa Depan

Skill apa saja yang harus kamu tingkatkan seiring perkembangan teknologi?

Teknologi yang terus berkembang tidak hanya melahirkan dampak positif. Remember, there will always be a toxic point in every aspect. Pro dan kontra pasti akan selalu bersinggungan.

Ada pihak yang terus mengembangkan teknologi, dan ada pula pihak yang takut akan lumpuhnya manusia karena tergantikan oleh kecanggihan robot.

Sebaliknya, bukan perkembangan teknologi yang harus kamu takutkan, namun, bagaimana caranya untuk menghadapi hal tersebut.

skill masa depan

Beberapa tren teknologi yang saat ini sedang berkembang sangat pesat diantaranya Artificial Intelligence, Machine Learning, Blockchain, dan Internet of Things. Kecanggihan teknologi saat ini harusnya bisa menjadi pemicu bagaimana untuk terus meningkatkan skill.

Para pebisnis bahkan sudah membocorkan skill apa saja yang akan banyak dibutuhkan di masa depan kelak.

Dikutip dari blog Linkedin, CEO Linkedin Jeff Weiner berpendapat ada 3 tren yang akan mengubah dunia kerja yaitu AI dan otomatisasi, skill gap, serta pekerja independen.

Berbicara tentang AI dan otomatisasi, Weiner mencontohkan Shake Shack yang menggunakan sistem cashless dan tidak lagi menggunakan kasir.

Melihat kejadian tersebut, mungkin kamu masih bingung skill apa saja yang harus kamu persiapkan untuk masa depan. Simak penjabarannya berikut ini.

#1 Mampu memecahkan masalah

Tidak semua orang dapat mengambil keputusan yang tepat saat dihadapkan dengan sebuah masalah. Itulah mengapa kamu harus meningkatkan kemampuan dalam memecahkan masalah.

Di masa depan tentunya masalah yang muncul akan lebih bervariasi. Kamu harus mampu menemukan solusi yang tepat atas segala masalah tersebut. Selain itu, kamu juga harus memiliki mental yang kuat serta mampu berpikir out of the box.

Semakin sering kamu berlatih dalam memecahkan masalah, fleksibilitas otak dalam berpikir juga akan semakin meningkat.

#2 Berpikir kritis

Kemampuan berpikir kritis (critical thinking) merupakan salah satu kemampuan yang wajib kamu miliki. Kamu mungkin bisa melibatkan robot untuk membantu mengerjakan pekerjaan. Namun, dalam menganalisis situasi, berpikir secara logis, dan mengambil keputusan merupakan hal yang sebaiknya kamu tangani sendiri.

Untuk berpikir kritis, kamu bisa melatihnya dengan mengevaluasi segala hal yang kamu dengar, baca, dan tindakan yang perlu dilakukan. Kemudian, terus lakukan riset kecil setiap harinya tentang pengetahuan-pengetahuan baru yang kamu dapatkan.   

#3 Memiliki kreativitas tinggi

Takut pekerjaanmu tergantikan oleh robot? Ingatlah, semakin kreatif maka semakin sedikit pula kemampuanmu yang dapat digantikan oleh robot. Mungkin robot dapat menghitung dan mendiagnosa lebih baik. Namun, dalam membuat konten yang orisinal, berpikir outside the box, dan melahirkan hal abstrak merupakan kemampuan yang sulit untuk dilakukan oleh robot.  

#4 Menguasai sifat natural manusia

Manusia memiliki sifat yang tentunya sulit digantikan oleh robot. Kemampuan dalam membangun hubungan pun sangat diperlukan untuk membuat manusia dan robot bisa hidup berdampingan. Tidak hanya itu, kemampuan mendengarkan dan rasa empati yang tinggi juga merupakan kelebihan yang harus terus ditingkatkan.

Cobalah untuk belajar mengelola beberapa hal tersebut untuk mempersiapkan kehidupan mendatang.

#5 STEM

Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) merupakan kemampuan yang sedang sangat dibutuhkan saat ini. Skill ini pun akan terus dibutuhkan di masa depan. Dan yang perlu kamu catat, jangan lupa juga untuk mempelajari coding.

#6 SMAC

Social, Mobile, Analytic, and Cloud (SMAC) mungkin menjadi hal yang baru bagi kamu. Ya! Selain STEM, kamu juga perlu menguasai SMAC. Jika kamu menguasai skill ini, niscaya kamu dapat menghadapi masa depan sebaik mungkin.

#7 Memiliki wawasan yang luas

Ini tentu bukanlah skill terakhir yang harus kamu miliki untuk menghadapi masa depan. Untuk mendapatkan wawasan yang luas tentu saja perlu waktu dan usaha yang tidak mudah. Kamu harus mulai dengan banyak membaca dan belajar banyak hal yang tentunya sesuai dengan minatmu.

Untuk melatih skill yang ada di atas, kamu perlu meluangkan waktu dan mempersiapkan tenaga juga loh. Jangan lupa untuk merencanakannya terlebih dahulu. Buatlah daftar skill mana yang sekiranya menarik bagimu dan lakukan riset kecil. Selamat mencoba!

author
Tarry Andini

Share on:

Categories:

General

Tags:

Teknologi