Masa Depan HR

Masa Depan HR dengan Machine Learning

Apa itu Machine Learning?

“Machine Learning adalah teknologi dimana komputer dapat mempelajari dan bertindak layaknya manusia, dan dapat terus meningkatkan proses belajar dirinya dengan terus dimasukkan data dan informasi dalam bentuk observasi dan interaksi nyata” – Daniel Faggella via emerj.com

Banyak aspek pada bisnis modern dimana teknologi mengubah seluruh cara kerja dan fungsinya. Pada sebuah perusahaan, salah satu departemen yang paling merasakan perubahan tersebut adalah departemen HR dengan munculnya software HRIS. Lalu, mereka mungkin bertanya-tanya tentang bagaimana masa depan HR yang akan dihadapi kelak.

Seperti yang saat ini marak dibicarakan tentang masa depan HR terkait perkembangan teknologi yakni AI (Artificial Intelligence). Beberapa software HRIS saat ini telah dilengkapi dengan salah satu turunan AI yakni Machine Learning.

Masa Depan HR

Dengan software HRIS, pekerjaan HR sudah banyak yang mendapat keringanan dengan bantuan otomatisasi. Namun, jika software HRIS dilengkapi dengan Machine Learning, apakah tugas departemen HR akan benar-benar dapat digantikan oleh aplikasi ini?

Berikut peran Machine Learning pada bidang HR seperti yang dijelaskan pada laman selectinternational.com.

#1 Meningkatkan Efisiensi dan Konsistensi dengan Chatbot

Beberapa departemen HR telah menerapkan penggunaan chatbot pada perusahaan mereka. Chatbot adalah program komputer yang merupakan bagian dari Artificial Intelligence yang dirancang untuk menyimulasikan percakapan dengan satu atau lebih manusia baik secara audio maupun teks.

Pada departemen HR, chatbot digunakan untuk membantu pekerjaan seperti membuat jadwal, menjawab pertanyaan dasar mengenai proses aplikasi atau hal terkait perusahaan, dan menyimulasikan percakapan umum.

Saat ini, aplikasi chatbot sudah mulai mengubah efisiensi dan konsistensi dalam departemen HR.

#2 Analisis prediksi untuk mengurangi pergantian karyawan

Menganalisis dan membuat laporan HR tidak lagi terbatas dengan keberadaan machine learning. Machine learning dapat membantu untuk mengidentifikasi data terbaru dan memprediksi performa yang akan datang. Itulah mengapa dengan menggunakan machine learning dapat mengurangi pergantian karyawan.

Cepatnya arus pergantian karyawan dapat diminimalisir dengan menganalisis terlebih dahulu penyebab utamanya. Dengan begitu, lingkungan perusahaan akan tetap efektif.

#3 Mengoptimalkan proses rekrutmen karyawan

Proses rekrutmen karyawan memang hal yang tidak mudah karena HR harus memastikan bahwa mereka mempekerjakan karyawan yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Dengan menggunakan machine learning, proses rekrutmen karyawan akan menjadi lebih mudah. Teknologi ini dapat membantu untuk lebih mengetahui tentang pelamar, mengeliminasi mereka, mendapatkan kandidat dengan cepat, dan mengumpulkan informasi dengan sekejap untuk meningkatkan proses rekrutmen selanjutnya.

Banyak orang mungkin saat ini khawatir bahwa profesinya dapat digantikan oleh robot. Namun, tidak perlu kahwatir, karena sebenarnya kehadiran teknologi yang semakin berkembang justru akan membantu untuk meringankan tugas Anda. Dengan memahami teknologi sejak dini, kamu bisa menggambarkan bagaimana masa depan HR berikutnya.
Tarry Andini

Share on: