Bekerja di Human resource

6 Skill yang Harus Dimiliki untuk Bekerja di Divisi Human Resource

Ingin bekerja di divisi Human Resource (HR) tapi masih bingung skill apa yang harus dimiliki? Atau masih memikirkan apakah jurusan mu tepat untuk bidang ini?

Bekerja di divisi Human Resource memang menjadi impian bagi sebagian orang. Divisi ini tentunya menuntut anggotanya untuk terus berinteraksi oleh semua karyawan di perusahaan dan memastikan segalanya berjalan dengan baik.

Bagi kamu yang menyukai manajemen sumber daya manusia, bekerja di divisi human resource memang bidang yang tepat. Namun, kamu juga harus mengetahui apakah kamu telah memiliki skill yang cukup dan sesuai dengan bidang tersebut.

Bekerja di Human Resource

Apa saja skill yang harus dimiliki jika kamu ingin bekerja di divisi Human Resource?

Butuh kamu ketahui, bekerja di divisi Human Resource juga bukan merupakan hal yang mudah. Kamu harus memiliki skill penting yang mungkin tidak kamu tekuni di bangku pendidikan. Jadi, walaupun kamu telah memiliki jenjang pendidikan yang sesuai dengan persyaratan perekrutan, kamu tetap harus melatih beberapa skill berikut.

Komunikasi

Komunikasi

Komunikasi merupakan skill yang paling penting untuk dimiliki oleh semua orang dari berbagai bidang. Dengan skill komunikasi yang baik dapat menjalin hubungan baik pula dengan orang dari berbagai kalangan.

Jika kamu ingin bekerja di divisi Human Resource tentu saja kamu harus memiliki skill ini. Sebagai anggota dari divisi Human Resource, kamu tentu saja harus mampu berkomunikasi dengan baik terhadap sesama anggota divisi dan anggota dari divisi lain.

Multitasking

multitasking

Anggota divisi Human Source sangat membutuhkan skill yang satu ini. Kamu harus mampu melakukan beberapa pekerjaan di waktu yang bersamaan. Misalnya, sebuah divisi membutuhkan karyawan baru, sementara anggota pada divisi lain mengajukan pemberhentian kerja. Sebagai seorang anggota divisi HR, kamu harus mampu mengambil tindakan pada beberapa kasus yang penyelesaiannya saling bertolak belakang.

Manajemen Kinerja

manejemen kerja

Sebagai seorang anggota divisi HR, kamu juga harus memastikan bahwa karyawan lain bekerja dengan baik dan memenuhi harapan perusahaan. Tidak hanya itu, HR juga harus memastikan hal sebaliknya, yaitu bagaimana perusahaan juga dapat memenuhi ekspektasi karyawan.

Setiap karyawan perlu mendapatkan pelatihan untuk memenuhi harapan perusahaan. Sebaliknya, perusahaan perlu menciptakan lingkungan yang baik bagi karyawan agar mereka merasa nyaman saat bekerja.

Nah, sebagai HR, kamu harus mampu mengatur dengan baik agar kedua belah pihak saling memenuhi ekspektasi masing-masing.

Rekrutmen

rekrutmen karyawan

Tahukah kamu bahwa proses rekrutmen karyawan bukanlah hal yang mudah? Seorang HR harus memastikan bahwa karyawan yang direkrut akan sesuai dengan kebutuhan perusahaan dan dapat pula memenuhi ekspektasi perusahaan. Sementara, mendapatkan karyawan dengan kemampuan yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan tidaklah mudah.

Belum lagi, proses rekrutmen merupakan proses yang panjang. Mulai dari memastikan bahwa divisi yang mengajukan benar-benar membutuhkan karyawan tersebut, membuka lowongan pekerjaan, memilih dan memilah data pelamar, melakukan panggilan interview, dan masih banyak lagi.

Biasanya, dalam hal ini kemampuan pada bidang psikologi juga dibutuhkan untuk mengetahui karakter calon karyawan pada saat interview berlangsung.

Pemecahan Masalah

pemecahan masalah

Seorang anggota divisi Human Resource harus mampu memecahkan segala masalah yang terjadi di lingkungan kerja. Misalnya, seorang anggota pada suatu divisi merasa tidak nyaman dengan anggota divisi lain, maka seorang HR harus mampu menemukan pokok permasalahan dan menyelesaikan masalah tersebut.

Tidak hanya itu, masalah internal dalam satu divisi ataupun masalah seorang karyawan dengan kebijakan perusahaan juga merupakan tugas seorang HR untuk menyelesaikannya. Maka dari itu, seorang anggota HR harus mampu bersikap netral dan tidak berpihak agar dapat memecahkan masalah dengan sikap yang bijaksana.

Kemampuan Mengorganisasi

kemampuan mengorganisasi

Seorang HR haruslah dilengkapi dengan kemampuan mengorganisasi yang baik dalam segala hal. Salah satunya, divisi HR harus menyimpan segala dokumen perusahaan. Misalnya saja dalam perekrutan karyawan baru, file dari pelamar saja bisa mencapai ribuan. Kemudian, divisi HR juga harus mampu mengatur segala jadwal seperti jadwal panggilan interview, jadwal meeting antar divisi, jadwal kegiatan perusahaan, jadwal pertemuan dengan customer, dan masih banyak lagi. Dengan kemampuan mengorganisasi, segala hal di perusahaan tidak akan tumpang tindih dan tersusun dengan baik.

Seiring berkembangnya teknologi, kamu tidak perlu lagi khawatir akan kesulitan dalam menjalankan tugas sebagai HR. Dengan diciptakannya software HRIS, segala pekerjaan HR dapat dikelola pada satu tempat saja. Salah satu software HRIS yang dapat membantu dalam meringankan tugas seorang HR adalah Haermes. Haermes adalah software HRIS tipe operational yang dapat membantu HR dalam mengelola seluruh data terkait karyawan seperti data personal karyawan dan data kehadiran. Haermes juga dapat membantu dalam merencanakan proses rekrutmen karyawan. Dibantu dengan SAP SuccessFactors, software HRIS tipe strategic, yang dapat membantu dalam proses training, recruiting, dan development.
Jadi, kamu tidak perlu khawatir akan kesulitan jika bergabung pada divisi HR. Software HRIS akan membantu dalam mempermudah segala pekerjaan mu.
Master Admin

Share on:

To the top

Related Posts

Recent Posts