5 Cara Mudah Menghilangkan Kantuk Saat Bekerja

Bagaimana cara menghilangkan kantuk saat bekerja?

Bekerja selama 7-8 jam dalam sehari memang memungkinkan kamu diserang oleh rasa kantuk yang hebat. Terlebih lagi di saat setelah jam makan siang. Perut penuh, ruangan dingin, ditambah dengan imajinasi betapa nyamannya jika ada kesempatan untuk merebahkan badan sejenak.

Beberapa perusahaan di Jepang telah menerapkan wajib tidur siang bagi semua pegawainya selama 30 menit. Dilansir pada laman iNews.id, perusahaan startup Nextbeat bahkan menyediakan ruang tidur bagi karyawan mereka. Setiap karyawan diberikan waktu tidur siang selama 30 menit dan tanpa memotong jam kerja. Artinya, tidur siang juga bagian dari pekerjaan. Salah satu karyawan berpendapat bahwa dirinya merasa lebih produktif dan lebih sehat setelah menjalani tidur siang dengan rutin.

Tentu saja perusahaan di Jepang juga mempertimbangkan padatnya kegiatan pekerja terkait dengan budaya disana. Namun, tidak semua perusahaan dapat menerapkan kebijakan yang sama. Karyawan harus mengatasi rasa kantuk yang biasanya disebabkan karena kurang tidur saat malam hari. Nah, berikut cara menghilangkan kantuk saat bekerja yang perlu kamu ketahui!

kantuk saat bekerja

 

#1 Olahraga saat bangun tidur

 

Olahraga

Olahraga saat pagi hari sebelum memulai aktivitas memang baik untuk kesehatan. Beberapa perusahaan di Indonesia bahkan menerapkan senam pagi sebelum jam kerja dimulai. Dengan berolahraga, kegiatan padat pun dapat dijalani dengan semangat tanpa kantuk seharian.

#2 Sarapan sehat merupakan kunci utama

Sarapan

Selain berolahraga, sarapan merupakan hal penting untuk menghindari rasa kantuk seharian. Saat bangun tidur, tubuh membutuhkan asupan sehat sebagai sumber energi untuk kembali bekerja. Kamu bisa mencoba oatmeal, buah-buahan, atau jus sebagai menu sarapan. Beberapa perusahaan saat ini juga tidak hanya menyediakan menu makan siang. Mereka menyediakan menu sarapan untuk memenuhi kebutuhan asupan gizi karyawan agar dapat bekerja lebih produktif lagi.

#3 Meregangkan tubuh sesekali saat bekerja

Meregangkan tubuh

Bekerja duduk di depan layar komputer seharian memang membuat rasa kantuk timbul karena badan terasa lelah. Kamu wajib melakukan peregangan sesekali untuk mengistirahatkan otot. Tidak perlu memakan waktu lama, cukup duduk dan melakukan beberapa peregangan ringan dapat mengusir rasa kantuk dan membuat badan bugar kembali.

#4 Penuhi kebutuhan air pada tubuh

minum air

Tubuh membutuhkan air sedikitnya 2 liter setiap hari. Kantuk juga biasanya disebabkan karena tubuh mengalami dehidrasi. Jadi, kamu harus memenuhi kebutuhan air pada tubuh agar tidak mudah mengantuk saat bekerja. Aturlah dengan baik waktu untuk minum agar terpenuhi 2 liter setiap harinya.

#5 Mengatur kembali jadwal tidur malam hari

tidur malam

Kebanyakan karyawan yang mengantuk saat bekerja disebabkan oleh kurangnya waktu tidur saat malam hari. Beberapa orang berkumpul dengan teman, membaca buku, menonton film, dan melakukan kegiatan lainnya sehingga waktu tidur berkurang. Memperbaiki kualitas tidur tentunya dapat memberikan manfaat yang baik bagi tubuh. Dengan memiliki waktu tidur yang cukup, tentunya akan menghindarkan kamu dari rasa kantuk saat bekerja.

Kamu dapat mencari tahu kembali apa penyebab kantuk yang kamu alami. Jika kamu adalah seorang sales dan mendapatkan rasa kantuk karena menunggu kejelasan dari seorang calon pelanggan, maka kamu dapat mengatasinya dengan menggunakan software Customer Relationship Management (CRM). Salah satu aplikasi yang dapat kamu gunakan adalah Freshsales. Dengan Freshsales, kamu dapat meningkat penjualan. Dengan aplikasi ini kamu dapat memperioritaskan mana calon pelanggan yang lebih tertarik sehingga melancarkan proses penjualan. Kalau sudah ada aplikasi ini, kamu tidak akan mengantuk lagi dan menjadi lebih produktif.

Master Admin

Categories:

General

Share on:

To the top

Related Posts

Recent Posts