Tingkatkan Keterlibatan Pelanggan dengan Integrasi Aplikasi WA Blast dan Freshsales_Hybrid Work

Tingkatkan Keterlibatan Pelanggan dengan Integrasi Aplikasi WA Blast dan Freshsales

Mohamad Krisna

Share on:

Aplikasi WA blast mungkin tidak asing bagi Anda yang merupakan penggiat bisnis. WhatsApp memang menjadi aplikasi yang paling banyak digunakan sebagai sarana berkomunikasi dengan pelanggan. 

Hal ini didukung dengan data bahwa sejumlah 118,5 juta warga Indonesia aktif menggunakan Whatsapp di kehidupan sehari-hari. Di sini akan kami ulas bagaimana aplikasi berlogo hijau ini dapat memudahkan bisnis Anda menjangkau dan terhubung dengan pelanggan. Simak hingga akhir.

Apa itu Aplikasi WA Blast?

Ilustrasi penggunaan aplikasi wa business di perusahaan

Bagi Anda yang sudah berkecimpung di dunia marketing mungkin sudah pernah menggunakan fitur WA Blast. Fitur ini bisa Anda dapatkan dengan menggunakan WhatsApp Business API. 

Keuntungannya, Anda bisa mengirimkan sebuah pesan broadcast ke ribuan kontak yang ada di database Anda. Bahkan meski kontak-kontak tersebut tidak pernah menyimpan nomor Anda, mereka akan tetap dapat menerima blast yang Anda kirim.

Hal ini tentu membuat kinerja tim Anda semakin efektif dalam menghubungi pelanggan. Tak mengherankan jika bisnis skala kecil pun juga sudah banyak yang mulai memanfaatkan fitur ini.

Ketahui Manfaat Menggunakan WA Blast untuk Bisnis Anda

Berikut ini daftar manfaat yang bisa Anda dapatkan jika menggunakan fitur WA blast untuk bisnis Anda. 

  • Mudah Terhubung dengan Pelanggan

Anda yang memiliki basis pelanggan banyak tentu kesusahan dalam mengirimkan informasi jika harus secara manual. Hal seperti itu sudah tidak mungkin Anda lakukan lagi jika memakai WA blast. 

Anda bisa mengirim pesan ke ribuan kontak, tidak ada batasan limit. Semua pesan itu pun bisa dikirim dalam satu waktu saja, dengan begitu pelanggan secara adil dan merata mendapat sajian informasi yang sama. 

Anda juga bisa lebih dekat dengan pelanggan, sebab Anda bisa mempersonalisasi pesan dengan menyematkan nama sapaan pelanggan di pesan. Lebih enaknya lagi, Anda tidak perlu melakukannya secara manual, semua bisa diotomasi di WA blast.

  • Meminimalisir Pengeluaran Budget Marketing

Jika Anda memaksimalkan aplikasi WA untuk strategi marketing Anda, maka Anda bisa lebih hemat biaya promosi. Apabila dibandingkan dengan memakai baliho, iklan website atau media lain, menarget langsung konsumen ke WA mereka dirasa lebih efisien dan hemat biaya. 

 Tak hanya itu, cost waktu juga lebih terpangkas jadi makin efektif. Anda tidak perlu secara door to door menyampaikan sebuah pesan ke pelanggan. Tidak ada banyak tenaga dan waktu yang dihabiskan jika memakai WA blast. 

  • Meningkatkan Penjualan

Potensi adanya peningkatan konversi bisa didapat dengan memaksimalkan WA blast. Anda dengan mudah mengirimkan berbagai macam informasi mengenai produk atau jasa Anda. 

Dengan begitu, lebih mudah bagi pelanggan untuk mengaksesnya. Ibarat kata menjemput bola. Pengibaratan lainnya, Anda melempar umpan ke sebuah kolam dan tinggal menunggu seberapa banyak ikan yang masuk ke dalam jaring Anda.

  • Pesan Lebih Terpersonifikasi

Anda perlu mengetahui fakta bahwa pelanggan lebih suka ketika brand atau perusahaan mengingat namanya. Ketika mengirim pesan, usahakan menyapa pelanggan dengan namanya. 

Berdasarkan riset dari Tailor Brand, sebanyak 73% konsumen yang merasa puas dengan perusahaan yang memberikan layanan dan pengalaman belanja berpersonifikasi. Anda pun bisa menciptakan peluang ini jadi lebih dekat dengan pelanggan.

  • Mendapat Feedback Langsung dari Pelanggan

Manfaat lain yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan WA blast adalah kesempatan mendapatkan feedback langsung dari pelanggan. 

Tentu lebih menyenangkan jika Anda bisa menciptakan interaksi dua arah bersama pelanggan melalui WA. Dengan begitu, Ada dapat lebih mengetahui apa yang sebenarnya pelanggan Anda butuhkan.

Baca Juga: 5 Manfaat Whatsapp Business API di Tahun 2022

Apakah WA Blast Aman?

Untuk menjawab pertanyaan ini, sedikit informasi bagi Anda bahwa di luaran sana saat ini tersedia berbagai aplikasi WhatsApp blast yang gratis. Hanya saja kelemahannya Anda memiliki limit pengiriman pesan per harinya. Selain itu, bisa saja terjadi error atau kebocoran dan pencurian data yang ada di luar kendali Anda. 

Sementara itu, lebih aman jika Anda menggunakan WA blast yang merupakan partner resmi dari WhatsApp business API. Dengan begitu, ketika Anda mengalami kendala pengoperasian, Anda bisa menghubungi layanan customer service. Tim akan bersedia membantu untuk mengatasi kendala Anda.

Kenali Perbedaan WA Blast yang Resmi dan Tidak Resmi

Untuk memudahkan Anda mendapatkan aplikasi WhatsApp terbaik dan resmi bagi bisnis Anda, berikut ini perbandingan yang bisa Anda perhatikan. 

  • Tanda Verifikasi 

Jika menggunakan WA Blast resmi, Anda bisa mendapatkan centang hijau khas WA. Dengan begitu, membuat akun bisnis Anda jadi lebih terpercaya dan kredibel. Anda tidak akan bisa mendapatkannya dengan menggunakan WA  blast yang tidak resmi.

  • Dapat Terintegrasi dengan Aplikasi Lain

Terkadang untuk beberapa urusan bisnis tertentu, Anda memerlukan bantuan dari penggunaan aplikasi pihak ketiga. Jika yang Anda gunakan adalah WA resmi, maka Anda tidak perlu khawatir. Sebab, dapat diintegrasikan dengan aplikasi populer atau pihak ketiga lainnya. Bekerja pun menjadi lebih mudah.

  • Keamanan Terjamin

Masalah yang sering dihadapi oleh sistem blast yang tidak resmi adalah mudah terblokir. Sementara dengan menggunakan WA blast resmi, Anda dapat terhindar dari blokir. Selain itu, aplikasi WhatsApp juga secara otomatis tersinkronisasi dengan cloud. Maka, Anda bisa terhindar dari bugs atau aplikasi gagal berfungsi karena sudah ketinggalan pembaruan.

Baca Juga: WA Ganda: Cara Memiliki 2 WhatsApp dalam Satu HP

Lebih Mudah Berinteraksi dengan Pelanggan, Integrasikan WhatsApp dengan Freshsales

Meningkatkan keterlibatan pelanggan adalah langkah penting dalam mencapai pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan. Freshsales hadir dengan berbagai fitur yang dapat membantu Anda mencapai tujuan ini. 

Dengan segmen pelanggan yang lebih baik, analisis data yang mendalam, otomatisasi proses penjualan, integrasi yang mudah, dan dukungan pelanggan yang luar biasa, Freshsales adalah solusi yang tepat untuk mengoptimalkan keterlibatan pelanggan dan mencapai hasil yang diinginkan.

Anda bisa mengintegrasikan Freshsales dari PT Weefer Indonesia dengan aplikasi WhatsApp API agar jadi lebih mudah. Dibuat khusus untuk mengoptimalkan interaksi pelanggan, Freshsales memberikan alat yang diperlukan untuk membangun hubungan yang lebih baik dengan pelanggan Anda. Inilah fitur-fitur terbaik yang bisa Anda gunakan.

  • Segmen Pelanggan yang Lebih Baik dengan Pemetaan Otomatis

Freshsales hadir dengan fitur pemetaan otomatis yang akan membantu Anda mengidentifikasi dan memahami pelanggan dengan lebih baik. 

Dengan informasi yang lengkap tentang perilaku dan interaksi pelanggan, Anda dapat menyusun strategi yang relevan dan personal untuk meningkatkan pengalaman mereka.

  • Analisis Data yang Mendalam untuk Pengambilan Keputusan yang Lebih Baik

Freshsales menawarkan kemampuan analisis yang kuat yang membantu Anda memahami tren dan pola perilaku pelanggan. Dengan informasi ini, Anda dapat mengidentifikasi peluang baru, mengoptimalkan strategi penjualan, dan meningkatkan konversi pelanggan.

  • Integrasi yang Mudah dengan Software Bisnis Lainnya

Freshsales menawarkan integrasi yang mudah dengan alat bisnis populer seperti email, CRM, aplikasi wa dan platform media sosial. 

Dengan demikian, Anda dapat menggabungkan data dari berbagai sumber untuk mendapatkan gambaran yang komprehensif tentang pelanggan dan mengoptimalkan strategi Anda.

Dapatkan penawaran menarik dan informasi lebih detail mengenai Freshsales di sini.

Mohamad Krisna

Share on:

Categories: (1)

Karyawan
To the top