Salah Satu Fitur Penting dari Google Bisnis yang Sering Anda Lupakan

Sebagai pemilik bisnis mempunyai akun Google Business Profile (dulunya disebut Google My Business) adalah sesuatu yang wajib. Apalagi jika kamu punya bisnis skala lokal, akun Google Bisnis ini bisa sangat membantu. 

Salah satu riset Google bahkan menyebutkan kalau kata kunci pencarian “terdekat” mengalami kenaikan yang signifikan, misalnya seperti toko ritel terdekat, warung makanan terdekat, dan semacamnya. Perhatikan tangkapan gambar di bawah untuk melihat lebih jelas. 

google bisnis pencarian

Lah, supaya bisnis Anda muncul di listing pencarian Google, Anda harus buat akun Google Bisnis dulu. Namun, perlu diingat, proses pelanggan menemukan bisnis Anda itu baru langkah awal saja. Langkah berikutnya juga tidak kalah susah. Langkah tersebut adalah melayani calon pelanggan agar mereka bisa di-convert menjadi pelanggan.

Memberikan layanan pelanggan seperti menjawab pertanyaan mereka dengan cepat dan akurat, terutama lewat chat atau messaging, langsung lewat listing-nya Google adalah hal yang sering Anda lupakan atau lewatkan. Padahal, di akun Google Bisnis itu ada loh fitur ini. Coba lihat dua tangkapan layar di bawah ini.

google bisnis chat

Anda sudah dapat perbedaannya bukan? Iya, ada opsi “Chat” di yang sebelah kanan.

“Oh, tapi biasanya mereka nyantumin nomor WA di situ dan kita bisa ngobrol langsung.” Iya kalau calon pelanggan punya aplikasi WhatsApp. Iya kalau calon pelanggan mau untuk melakukan serangkaian aksi copy paste nomor tersebut ke kontak mereka.

“Sebentar, bukannya bisa ya langsung tanya di situ, di bagian reviewnya.” Fitur tanya jawab itu sifatnya publik. Semua orang bisa tahu apa yang Anda tanyakan. Bahkan, orang lain yang bukan merupakan pihak pemilik bisnis bisa menjawab pertanyaan itu dengan sesukanya. Anda pasti pernah menemukan kolom tanya jawab yang seperti itu. Ada pertanyaan bagus, eh pas lihat jawabannya ternyata tidak sesuai sama sekali.

Bagaimana kalau ada orang yang tidak bertanggung jawab memberikan sentimen jawaban negatif ke akun bisnis Anda. Iya kalau itu fakta, kalau ternyata itu cuma cara untuk menjatuhkan bisnis Anda bagaimana? Di sinilah, fitur Google Business Messages ada untuk Anda.

Messaging di Google Bisnis Profil

Google Business Messages (GBM) adalah fitur chat real-time yang tersedia di akun Google Bisnis Profil Anda. Perlu diingat, fitur ini tidak langsung aktif ya, Anda perlu mengaktifkannya dulu kalau mau memakainya. Fitur ini memungkinkan pelanggan Anda mengirim pesan ke bisnis Anda, langsung lewat Google Maps atau Google Local Search. 

Pelanggan bisa mengajukan pertanyaan terkait produk atau jasa Anda di situ. Nanti Anda akan dapat notifikasi di akun bisnis Anda kalau ada percakapan yang masuk. Misalnya ada skenario di mana pelanggan ingin menanyakan ketersediaan reservasi makan malam. Mereka tidak perlku repot-repot copy paste nomor telepon. Mereka bisa langsung buka percakapan di sana, dan mendapatkan jawabannya dengan cepat. Semakin cepat Anda memberikan jawaban, semakin tinggi pula kemungkinan mereka akan menjadi pelanggan.

Fitur ini bisa Anda anggap saja seperti WhatsApp-nya Google Bisnis. Namun, alih-alih pelanggan harus mengunjungi website Anda lalu mengunduh aplikasi untuk berbicara dengan Anda, mereka dapat melakukannya langsung di dalam Google itu sendiri.

Beberapa Fungsi Fitur Messaging Google Bisnis

Pertama) Membuat Welcome Message

Welcome Message adalah hal pertama yang akan dilihat pelanggan saat mengklik tombol pesan. Sebisa mungkin, Anda harus buat kalimat sapaan yang hangat, ramah, dan menarik.

google bisnis welcome message

Mungkin Anda dapat berterima kasih kepada pelanggan atau calon pelanggan karena telah bersedia menghubungi, bertanya kepada mereka tentang bagaimana mereka dapat dibantu, atau pesan-pesan semacamnya. Jika Anda masih bingung harus berkata apa, mungkin Anda bisa riset dengan mengunjungi berbagai website produk perangkat lunak. Biasanya pasti akan ada welcome message di sana. Coba cari saja mana yang sesuai dengan tema, tone, dan gaya bisnis Anda. 

Kedua) Balas Cepat Percakapan

Anda sebaiknya memerhatikan poin ini. Google dapat mencabut sementara fitur messaging dari halaman depan bisnis kamu. Jangan khawatir, fitur ini bisa Anda aktifkan lagi. Namun, yang menjadi pertanyaan, mengapa hal ini terjadi?

Alasannya adalah terkait waktu respons dari percakapan Anda dengan pelanggan. Google minta Anda harus cepat respons. Jika tidak cepat, maka fitur ini akan dicabut sementara. Anda dapat mempercepat waktu dan meningkatkan kualitas respons dengan mengintegrasikan fitur messaging ini dengan software messaging omnichannel yang berkualitas. Hal ini memungkinkan Anda untuk menerapkan chatbot bertenaga AI ke fitur messaging Google Bisnis tadi. Dengan demikian, Anda dapat mempercepat waktu respons, menjawab pertanyaan sederhana secara otomatis, merutekan pertanyaan kompleks ke agen secara cerdas dan yang lainnya.

Ketiga) Fitur Multimedia yang Beragam

API dari fitur messaging Google Bisnis ini menawarkan berbagai fungsi multimedia. Anda dapat menyematkan foto, carousels, video, dan lainnya termasuk cara untuk menerapkan Chatbot bertenaga AI. Fitur sempurna seperti ini tentu dapat meningkatkan kualitas layanan untuk pelanggan Anda karena Anda bisa memberikan dukungan secara lebih personalized.

Keempat) Menghemat Biaya Layanan atau Support

Menangani permintaan melalui chat di Google Bisnis dapat menghemat biaya layanan dengan cukup signifikan. Apalagi jika Anda memanfaatkan Chatbot bertenaga AI untuk merespons sebagian besar permintaan dasar pelanggan secara otomatis. Dengan ini, Anda tidak perlu mencari tambahan agen terlalu banyak saat harus merespons permintaan-permintaan sederhana tersebut.

Kelima) Tingkatkan Visibilitas Bisnis di Mesin Pencarian Google

Mengingat ukuran mesin pencarian Google yang amat besar, wajib hukumnya kalau semua bisnis harus “terlihat” di platform ini. Biar semakin terlihat, Anda harus menggarisbawahi fitur messaging ini. Tunjukkan ke calon pelanggan kalau Anda memang peduli dengan mereka. Salah satu bentuk kepeduliannya adalah memberikan akses yang jauh lebih mudah saat mau menghubungi bisnis Anda, which is lewat Google Business Message.

Oke, jadi apakah Anda sudah mulai tertarik untuk memanfaatkan fitur Google ini? Atau malah Anda ingin meningkatkannya jauh lebih tinggi dengan mengintegrasikannya dengan software messaging omnichannel? Apapun pilihan Anda kami siap membantu Anda dalam mewujudkannya. Klik banner di bawah ini untuk melakukan konsultasi dengan tim spesialis kami. Terima kasih sudah membaca dan semoga bermanfaat.

A. Alfan Alif

Categories:

Freshchat G Suites

Share on:

To the top

Related Posts

Recent Posts