Pentingnya Customer Relationship Management dalam Kemajuan Bisnis

CRM adalah singkatan dari Customer Relationship Management. Dapat juga diartikan sebagai Manajemen Hubungan Pelanggan yang dapat membantu melihat interaksi pelanggan dengan sebuah bisnis.

Menjalin hubungan dan memberikan pengalaman terbaik kepada pelanggan adalah hal wajib bagi bisnis. CRM merupakan hal yang dapat memastikan bisnis anda memberi dua hal tersebut.

Sederhananya, CRM dapat membantu bisnis meningkatkan hubungan dengan pelanggan. Baik dengan pelanggan baru, atau pelanggan yang sudah ada. Saat ini, kata CRM digunakan untuk merujuk kepada software atau perangkat lunak dalam kesehariannya.

Artinya, CRM yang sering dimaksud adalah software yang digunakan sebagai alat menyatukan segala aktivitas penjualan, dukungan pelanggan, dan pemasaran dalam satu platform.

Baca Juga: Contoh Application Letter Lengkap dengan Artinya

Apa Itu CRM?

CRM adalah strategi manajemen yang mengatur hubungan pelanggan dengan bisnis. CRM atau singkatan dari Customer Relationship Management bertujuan untuk menjalin hubungan dan memberi pengalaman terbaik bagi konsumen.

Software ini dapat mengelola data dan interaksi dengan konsumen, merekam transaksi penjualan, dan menganalisis aktivitas penjual.

Sehingga, software Manajemen Hubungan Pelanggan memang diciptakan agar dapat mengelola hubungan baik dengan pelanggan atau calon konsumen. Peranti ini sangat penting bagi bisnis karena memiliki interaksi langsung dengan aktivitas penjualan perusahaan.

Baca Juga: Tugas Staff Purchasing: Pengertian, Tanggung Jawab, dan Skill yang Dibutuhkan

Pentingnya Mengelola Manajemen Hubungan Pelanggan

Seperti penjelasan di atas, memiliki Manajemen Hubungan Pelanggan yang baik sangat penting bagi bisnis. Karena, software inilah yang bertugas bahwa perusahaan anda memiliki jaringan relasi dan transaksi yang baik dengan pelanggan.

Dengan bantuan CRM, diharapkan bisnis anda dapat lebih dekat dengan konsumen anda. Mengingat, sebagai bisnis tentu saja anda tidak akan bisa memuaskan kebutuhan semua orang.

Manajemen Hubungan Pelanggan adalah strategi yang dapat anda terapkan agar bisnis anda dapat memberikan layanan terbaik kepada pelanggan. Dengan cara mendengar pendapat, keluh kesah, dan masukan mereka terhadap produk atau jasa yang anda tawarkan.

Manfaat Customer Relationship Management

Hadirnya peranti Customer Relationship Management tentu sangat membantu banyak bisnis. Para pemilik usaha saat ini dapat menangani pertanyaan dan keluhan mereka dengan baik dan cepat. Namun, ternyata CRM dapat memberikan lebih banyak manfaat, antara lain:

1. Menambah Kesetiaan Konsumen

Software CRM memiliki fitur mengumpulkan informasi dari e-mail, daftar panggilan telepon, website, dan sosial media. Data tersebut dapat memudahkan perusahaan memahami kebutuhan dan keinginan konsumennya.

Selain itu, software ini akan sangat membantu perusahaan dalam menjawab pertanyaan dan keluhan pelanggannya. Hal ini tentu saja membuat pelanggan anda akan merasa didengarkan.

Dan dalam jangka panjang, banyak pelanggan anda yang akan setia menggunakan produk dan jasa anda. Karena pelayanan maksimal yang anda berikan sebagai bisnis. Informasi yang didapat melalui CRM juga dapat dijadikan perusahaan sebagai dasar untuk memperbaiki kualitas dan evaluasi pelayanan mereka.

2. Beban Biaya Menjadi Lebih Efisien

Customer Relationship Management menjadi peranti yang bisa disebut sebagai bentuk investasi masa depan untuk bisnis anda. Dengan menggunakan software tersebut, anda dapat mengurangi biaya pemasaran barang misal.

Karena dengan Manajemen Hubungan Pelanggan yang baik layaknya Freshsales, dapat mengelola data seperti pangsa pasar yang paling sesuai untuk produk anda. Semua secara otomatis dengan teknologi AI.

Anda dapat menerapkan CRM untuk meningkatkan layanan anda kepada pelanggan. Dengan begitu, penggunaan anggaran biaya perusahaan bisa lebih optimal. Dengan menargetkan pelayanan yang paling tepat bagi konsumen dalam kondisi dan situasi tertentu.

3. Operasional Menjadi Lebih Efektif

Dengan software Manajemen Hubungan Pelanggan yang tepat, membuat kegiatan operasional perusahaan menjadi lebih optimal.

Software tersebut dapat membantu anda mengumpulkan data berupa keluhan atau pertanyaan pelanggan. Sehingga, tim Customer Support dan helpdesk anda dapat fokus mengerjakan masalah yang dialami konsumen.

Tim anda tidak perlu lagi mengeluarkan biaya berlebih pada bagian administratif atau jam kerja lebih dalam menyelesaikan masalah pada produk yang bahkan tidak dikeluhkan atau dibutuhkan konsumen.

Baca Juga: Mengapa Helpdesk Penting bagi Perusahaan? Berikut Penjelasan Lengkapnya

Fungsi CRM Berdasarkan Jenis Industri

Menurut Forbes, sistem pada Manajemen Hubungan Pelanggan yang baik memegang peran penting pada berbagai skala dan jenis industri.

Ini dikarenakan CRM saat ini sudah mendukung fitur kustomisasi yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan spesifik konsumen produk anda. Sehingga, sesuai digunakan bagi perusahaan besar, kecil dan menengah, hingga jenis industri. Berikut ini penjelasannya.

Jenis Industri B2C

Customer Relationship Management cocok digunakan dalam bisnis dengan jenis industri berbasis B2C. B2C adalah jenis bisnis yang melakukan transaksi langsung kepada konsumen atau pengguna akhir.

Umumnya, B2C memiliki siklus pelanggan yang lebih pendek. Manajemen Hubungan Pelanggan dapat memastikan bisnis anda dapat memberikan layanan pelanggan yang cepat dan secara langsung dalam waktu penanganannya.

Sehingga, bisnis anda dapat menjangkau konsumen dengan lebih mudah.

Industri B2B

B2B berbeda dengan B2C, pada B2B artinya sebuah bisnis menjalankan transaksi dengan sesama bisnis. Bukan dengan konsumen akhir.

Manajemen Hubungan Pelanggan dapat mengelola transaksi, pembayaran, laporan bisnis, dan laporan penjualan sebagai bagian dari fiturnya. Sebuah fitur yang tentu sangat bermanfaat bagi jenis industri B2B yang saling bekerjasama dengan bisnis atau vendor lain.

Enterprise

Customer Relationship Management saat ini memang umum digunakan dalam bisnis dengan skala perusahaan. Tidak salah, beberapa fiturnya memang sangat dibutuhkan perusahaan.

Antara lain fitur seperti manajemen kerja, analisis lanjutan, hingga manajemen penjualan dan marketing. Dengan bantuan fitur tersebut, karyawan perusahaan dapat menyelesaikan tugas-tugas repetitif dan sepele. Sehingga, dapat fokus dalam memberi pelayanan yang terbaik bagi pelanggan perusahaan.

UKM

Jangan salah, software Manajemen Hubungan Pelanggan juga cocok digunakan bagi pelaku bisnis kecil dan menengah atau yang biasa juga disebut UKM.

Beberapa orang beranggapan, UKM tidak membutuhkan aplikasi CRM karena harganya yang mahal dan sistem yang cukup rumit untuk diterapkan. Padahal, saat ini ada banyak software Manajemen Hubungan Pelanggan yang dapat anda gunakan dengan gratis.

Manajemen Hubungan Pelanggan bagi UKM adalah salah satu strategi tepat agar bisnis anda yang baru berkembang dapat bersaing dengan pemain industri yang lebih besar.

Cara Kerja Customer Relationship Management

Aplikasi Customer Relationship Management bekerja dengan cara mengumpulkan data dan informasi terkait bagaimana konsumen anda berinteraksi dengan bisnis anda. Aplikasi ini dapat mengumpulkan informasi-informasi strategis, yang nantinya dapat anda gunakan sebagai:

  • Meningkatkan kepuasan dan layanan pelanggan.
  • Memandu user journey, proses dari konsumen melihat produk dan memutuskan untuk membeli.
  • Membantu pengembangan produk dan jasa yang anda tawarkan.
  • Menyajikan iklan dengan personalisasi.
  • Mendapatkan konsumen atau pelanggan baru.
  • Meningkatkan nilai penjualan bagi bisnis.

CRM yang baik adalah aplikasi yang dapat mengumpulkan data pelanggan secara komprehensif namun tetap relevan. Informasi tersebut tentu bisa sangat berguna untuk menentukan titik interaksi antara bisnis dan juga pelanggan.

Kesimpulan

Customer Relationship Management berperan penting dalam perkembangan sebuah bisnis. Selain dapat secara langsung mendorong peningkatan penjualan dan keuntungan perusahaan, Manajemen Hubungan Pelanggan juga berperan aktif dalam meningkatkan kualitas yang anda tawarkan.

Memaksimalkan penggunaan aplikasi tersebut dapat meningkatkan kesempatan bisnis anda untuk menjaga daya saing. Terlebih, era saat ini dengan perubahan bisnis yang dapat terjadi kapan saja.

Mohamad Krisna

Categories:

Karyawan

Tags:

CRM

Share on:

To the top

Related Posts

Recent Posts