Contoh Slip Gaji, Komponen, dan Format Slip Gaji

Gaji adalah bentuk kompensasi perusahaan kepada karyawannya. Penghitungan gaji, pasti melibatkan komponen seperti slip gaji. Artikel ini akan membahas lebih dalam tentang format slip gaji, dan contohnya.

Slip gaji merupakan kewajiban yang harus diberikan kepada perusahaan sebagai bukti sah. Slip gaji biasanya diserahkan tiap bulannya.

Anda dapat menggunakan slip gaji untuk berbagai keperluan. Seperti dokumen pendukung saat mengajukan kredit, dan hal-hal lainnya.

Berikut ini pembahasan lengkap soal format slip gaji, cara membuatnya, dan data-data yang harus anda masukan dalam slip gaji tersebut seperti nama lengkap, nomor KTP, periode penggajian, dan hal lainnya. Baca lebih lanjut dalam artikel ini.

Penjelasan Singkat Slip Gaji

Sebelum membahas lebih jauh soal slip gaji, anda perlu tahu terlebih dahulu pengertian slip gaji.

Slip gaji adalah dokumen resmi yang sah tentang gaji atau upah serta besaran pajak dan potongan yang diterima karyawan. Perusahaan wajib memberikan slip gaji ini kepada karyawan.

Sebagaimana telah diatur dalam Peraturan Pemerintah nomor 78 tahun 2015 pasal 17 ayat 2, yang menyebutkan bahwa perusahaan wajib memberikan bukti pembayaran tentang rincian upah yang diterima pekerja.

Baca Juga: HRIS Software: Formula Terbaik untuk Menghitung Payroll Karyawan Anda

Fungsi Slip Gaji 

Bagi karyawan, slip gaji dapat menjadi dokumen penting. Bagaimana tidak, slip gaji diperlukan untuk berbagai keperluan. Sebagai dokumen pelengkap ketika melamar pekerjaan baru misal.

Tidak hanya itu, slip ini juga digunakan sebagai bukti jika terjadi kesalahan perhitungan gaji oleh perusahaan. Slip gaji juga pasti dibutuhkan sebagai syarat transaksional. Seperti pengajuan kredit, dan pengambilan cicilan.

Jadi, selain perusahaan wajib memberikan gaji. Perusahaan juga wajib memberikan slip gaji kepada pekerjanya sebagai bukti pembayaran upah yang sah.

Komponen dalam Slip Gaji

Slip gaji umumnya dibuat secara sederhana. Meski begitu, terdapat beberapa informasi yang harus ada dalam sebuah slip gaji.

Komponen-komponen informasi tersebut adalah sebagai berikut.

1. Gaji Pokok Karyawan

Komponen ini wajib ada dalam penghitungan slip gaji. Gaji pokok ini artinya adalah upah dasar yang diberikan perusahaan kepada karyawan.

Gaji pokok ini diperoleh dari kesepakatan antara karyawan dan perusahaan. Besarannya, umumnya tergantung jenis pekerjaan, posisi, dan tugas pekerja.

2. Tunjangan Karyawan

Tunjangan adalah komponen pelengkap dari gaji pokok yang diterima. Tunjangan ini berbentuk insentif yang diterima karyawan. Dan, biasanya terbagi menjadi tunjangan tetap dan tunjangan tidak tetap. Berikut ini penjelasan keduanya.

Tunjangan Tetap — adalah tunjangan yang diberikan secara tetap kepada karyawan, dan dibayarkan dalam waktu bersamaan dengan gaji pokok.

Tunjangan Tidak Tetap — merupakan tunjangan yang dibayarkan baik langsung maupun tidak. Tunjangan ini dibayarkan tidak dalam waktu yang bersamaan dengan gaji pokok, dan diberikan secara tidak tetap.

3. Potongan Gaji

Komponen dalam slip gaji yang tidak boleh terlewat adalah potongan gaji. Potongan gaji ini untuk memperlihatkan besaran potongan yang diberlakukan atas gaji pekerja.

Potongan biasanya terdiri dari potongan PPh 21 karyawan, biaya jabatan, potongan BPJS dan BPJS Ketenagakerjaan, asuransi, dan lainnya.

4. Upah Lembur

Karyawan juga berhak mendapat upah atas kerja lembur mereka. Hal ini sesuai dengan peraturan pemerintah melalui Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi No.102/MEN/VI/2004.

Upah ini juga termasuk komponen dalam slip gaji. Sehingga, upah ini menjadi penambahan atas hak penghasilan pekerja.

Format Slip Gaji  

Format slip gaji bisa saja berbeda-beda. Beda perusahaan, berbeda juga detail informasi dalam format slip gaji tersebut.

Namun, umumnya format slip gaji adalah mencantumkan nama perusahaan, nama karyawan, besarnya gaji yang diterima, dan keterangan lengkap seperti besaran potongan gaji. Format slip gaji ini memberikan informasi yang detail dan transparan bagi semua pihak.

Adapun format slip gaji dalam penjelasan lebih rinci, sebagai berikut.

Data Karyawan

Data karyawan dapat berupa nama lengkap karyawan sesuai KTP, nomor karyawan, NPWP, dan jabatan karyawan yang menerima gaji. Menulis data karyawan, harus diperhatikan dengan teliti dan cermat. Agar terhindar dari kesalahan.

Nama Perusahaan

Dalam slip gaji, penting bagi perusahaan untuk mencantumkan namanya. Selain itu, penting juga untuk melampirkan identitas lainnya.

Seperti logo perusahaan, alamat perusahaan, lengkap dengan nomor telepon perusahaan yang dapat dihubungi. Data ini penting untuk menjadi keterangan dan bukti sah, bahwa slip gaji diterima dari perusahaan yang bersangkutan.

Gaji yang Diterima

Slip gaji juga perlu untuk memasukkan informasi besaran gaji yang diterima karyawan. Selain itu, perlu ada informasi tanggal atau periode penerimaan gaji.

Rincian Potongan Gaji

Gaji yang diterima karyawan tentu gaji bersih. Gaji bersih berbeda dengan gaji pokok. Gaji bersih merupakan gaji yang diterima karyawan setelah potongan terhadap gaji pokok.

Potongan gaji pokok ini dapat berupa potongan biaya jabatan, potongan PPh 21, iuran BPJS dan BPJS Ketenagakerjaan, dan iuran lainnya. Selain itu, dalam slip gaji informasi seperti besarnya tunjangan dan upah lembur juga diperlukan.

Contoh Slip Gaji

Anda dapat membuat slip gaji menggunakan software seperti Excel dan Google Sheet. Ada juga aplikasi yang dapat membantu anda melakukan ini.

Aplikasi payroll dapat secara otomatis membantu anda membuat slip gaji. Anda cukup memasukkan informasi yang diperlukan dalam slip gaji. Nantinya, aplikasi akan menghitung semua aspek dalam gaji karyawan, secara otomatis.

Lebih efisien dan menghemat waktu, bukan? Namun, anda juga tetap dapat mempelajari bagaimana cara membuat slip gaji yang benar.

Tentunya, dengan bantuan software seperti Excel, Microsoft Word, atau Google Sheet. Aplikasi ini dapat membantu memudahkan proses pembuatan slip gaji. Berikut ini beberapa contoh format slip gaji, untuk anda pelajari lebih mendalam.

Contoh Slip Gaji Perusahaan

contoh slip gaji perusahaan

Anda juga dapat mengunduh contoh format slip gaji di atas dengan format file pdf di sini.

Contoh Slip Gaji Karyawan Start-up

contoh slip gaji perusahaan startup

Contoh format slip gaji untuk perusahaan startup di sini.

Contoh Slip Gaji Perusahaan BUMN

Contoh slip gaji perusahaan BUMN tersebut dapat anda download di sini.

Manfaat Slip Gaji

Slip gaji seperti contoh di atas memiliki manfaat banyak manfaat. Inilah yang membuat slip gaji merupakan dokumen yang sangat penting.

Slip gaji untuk pegawai dapat digunakan untuk mengetahui rincian gaji setiap bulannya. Sedangkan, slip gaji bagi perusahaan dapat membantu sebagai bukti pembayaran upah yang telah dikeluarkan perusahaan sebagai hak karyawan.

Berikut ini penjelasan detail dari manfaat slip gaji.

Mengajukan Cicilan dan Pinjaman KTA

Salah satu manfaat dari slip gaji adalah sebagai syarat pengajuan pinjaman. Pinjaman Kredit Tanpa Agunan (KTA) adalah layanan pinjaman uang yang disediakan oleh bank tanpa syarat jaminan atau agunan.

Pinjaman ini tentu sangat membantu, terutama jika ada kebutuhan mendadak. Syarat pengajuannya juga cukup mudah, yaitu mengisi formulir, fotokopi KTP, KK, dan slip gaji.

Slip gaji digunakan oleh pihak bank sebagai bukti penghasilan tetap yang diterima oleh peminjam.

Rincian Gaji

Bagi karyawan, slip gaji sangat bermanfaat untuk mengetahui berapa gaji yang diterima setiap bulan. Jika anda seorang pekerja, tentu anda wajib mengetahui gaji pokok, dan berapa saja potongan yang berlaku atas pendapatan anda.

Pengajuan KPR

Rumah dewasa ini adalah kebutuhan setiap orang. Umumnya, dalam membeli rumah ada dua cara yang dapat dilakukan. Dengan membayar tunai, atau mengajukan pinjaman dana pembelian rumah.

Membayar tunai sebuah rumah sangatlah berat, karena uang yang dibutuhkan juga tentu sangat banyak. Untuk itu, program Kredit Pemilikan Rumah (KPR) sangat membantu. Anda cukup membayar down payment dan sisanya dibayar oleh bank.

Untuk mengajukan KPR, pihak bank harus memiliki bukti pendapatan tetap. Salah satunya dengan slip gaji ini. Tidak hanya itu, slip gaji juga digunakan sebagai dasar pihak bank dalam menentukan suku bunga bagi pinjaman anda.

Mengajukan Kartu Kredit

Slip gaji juga diperlukan jika anda berminat mengajukan kartu kredit. Slip gaji ini akan digunakan untuk mengetahui besaran limit yang bisa anda dapatkan dari kartu kredit anda nantinya.

Selain itu, bank juga tidak akan sembarangan memberikan kartu kredit kepada orang. Pihak bank akan menentukan apakah anda layak mendapat kartu kredit, setelah memeriksa kondisi finansial anda. Jika dinyatakan sehat, maka kemungkinan besar kartu kredit anda akan disetujui.

Slip gaji, bisa menjadi bukti yang sah untuk menunjukkan bahwa anda memiliki penghasilan tetap. Namun ingat, untuk tetap bijak dan kontrol keuangan ketika sudah memiliki kartu kredit.

Melamar Pekerjaan Baru

Saat melamar pekerjaan baru, biasanya akan melampirkan slip gaji. Slip ini sebagai bukti gaji yang diperoleh di tempat kerja sebelumnya. Dengan harapan, perusahaan baru anda akan memberikan gaji melebihi tempat kerja anda sebelumnya.

Selain itu, slip gaji juga dapat membantu anda saat negosiasi gaji dengan perusahaan baru. Oleh karena itu, sangat penting bagi anda untuk memiliki slip gaji.

Itu tadi artikel tentang slip gaji dan contoh yang dapat anda pelajari. Semoga membantu dan bermanfaat.

Mohamad Krisna

Categories:

Karyawan

Tags:

slip gaji

Share on:

To the top

Related Posts

Recent Posts