sistem payroll

4 Fitur Penting yang Harus Dimiliki Sistem Payroll

Pada setiap aplikasi HRIS, payroll merupakan salah satu modul yang menjadi alasan utama mengapa tim HR membutuhkannya. Tim HR sendiri pastinya membutuhkan sistem payroll dengan fitur yang lengkap agar pekerjaan dapat dilakukan secara terpusat. 

Pada Haermes misalnya, salah satu aplikasi HRIS dengan modul dan fitur yang bisa dikatakan cukup lengkap. 

Haermes memiliki sistem payroll dengan fitur yang cukup mumpuni sehingga tim HR dapat melakukan penghitungan gaji dengan lebih mudah. 

Aplikasi ini menawarkan kefleksibilitasannya di mana pengguna dapat menyesuaikan aplikasi ini mulai dari modul dan fitur yang dibutuhkan serta pembuatan laporan dengan template yang dapat disesuaikan.

Untuk fitur pada sistem payrollnya sendiri, pengguna akan terbantu dengan fitur-fitur yang telah disesuaikan dengan kebutuhan HR.

#1 Dukungan formula untuk penghitungan

Fitur ini merupakan fitur yang terpenting dalam sistem payroll. Dengan adanya dukungan formula, pengguna dapat membuat sendiri formula yang digunakan untuk penghitungan gaji. Sehingga, tim HR tidak perlu melakukan penghitungan secara manual. Formula yang ditentukan sejak awal akan berjalan secara otomatis untuk penghitungan selanjutnya sehingga tidak perlu menentukan formula berkali-kali.

#2 Menglola pinjaman, bonus, dan pengurangan

Upah yang diterima oleh karyawan terdapat perincian seperti gaji pokok, tunjangan, upah lembur, tunjangan jabatan, dan bahkan potongan. Potongan tersebut bisa disebabkan oleh keterlambatan, pinjaman, denda karena perusakan aset, dan potongan lainnya. 

Tim HR dapat mengelola seluruh data ini di dalam modul payroll. Seperti pada Haermes, setelah formula penghitungan ditetapkan, pengguna dapat menjalankan penghitungan secara berkelanjutan. Penghitungan gaji dan segala perincian tidak memerlukan pengaturan ulang jika tidak ada perubahan kebijakan baru dalam sistem penghitungannya.

#3 Penghitungan pajak, asuransi, dan bank payroll

Pajak dan asuransi juga termasuk dalam perincian gaji di mana pengguna harus menentukan formulanya terlebih dahulu. 

Misalnya, di Indonesia terdapat PPh 21 yang akan dipotong dari gaji karyawan setiap bulannya. Perusahaan juga dapat menambahkan formula lain seperti asuransi kesehatan, keselamatan kerja, dan asuransi lainnya. 

Sistem payroll pada Haermes sebagai tambahan dilengkapi oleh bank payroll. Di mana aplikasi ini menyimpan informasi terkait akun bank karyawan sehingga tim HR dapat melakukan pengaturan untuk mentransfer gaji setiap bulannya melalui aplikasi ini.

#4 Mendukung penghitungan BPJS

Layaknya PPh 21, BPJS juga merupakan regulasi pemerintah yang wajib untuk ditambahkan ke dalam sistem payroll. BPJS sendiri terbagi menjadi BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan. Iuran BPJS sendiri terbagi lagi menjadi beberapa kategori. Pengguna dapat menentukan formula untuk masing-masing kategori seperti halnya formula untuk penghitungan iuran atau tunjangan lainnya.

Salah satu aplikasi HRIS yang dapat meringankan pekerjaan manajer HR dalam mengelola sistem payroll karyawan adalah Haermes. Kelebihan aplikasi ini adalah fleksibilitasnya yang mana aplikasi ini dapat disesuaikan dengan manajemen atau sistem yang sudah ada pada perusahaan anda.
Kami menyediakan konsultasi gratis di sini atau di bawah ini jika anda ingin terhubung langsung dengan tim profesional Haermes.


Master Admin

Categories:

Haermes

Share on:

To the top

Related Posts

Recent Posts