Contoh Surat Pengalaman Kerja Terbaru 2022 & Cara Membuatnya

Surat pengalaman kerja atau biasa disebut surat paklaring adalah surat yang berhak didapatkan karyawan saat resign.

Surat tersebut dapat meningkatkan kesempatan anda di karier anda selanjutnya. Ditambah, memiliki surat pengalaman kerja dapat menarik minat dan perhatian seorang recruiter.

Simak selengkapnya pembahasan tentang surat keterangan kerja dan cara membuatnya, lengkap beserta contoh-contoh sebagai panduan.

Sekilas tentang Surat Pengalaman Kerja

ilustrasi permohonan surat pengalaman kerja saat resign

Surat paklaring atau keterangan pengalaman kerja bersifat surat pendukung saat melamar kerja. Namun, surat ini dapat membantu anda menarik perhatian HRD.

Sebuah surat pengalaman kerja merupakan surat keterangan bahwa seseorang pernah bekerja di perusahaan terkait. Surat tersebut sebagai bukti berakhirnya ikatan kerja antara kedua belah pihak.

Sebagai dokumen pendukung, informasi dalam surat paklaring memiliki banyak fungsi. Salah satu yang paling utama adalah menjelaskan job desc anda. Lalu, terdapat beberapa keterangan lain dalam surat ini yaitu:

  1. Jaminan pengalaman kerja di perusahaan sebelumnya.
  2. Lama hubungan kerja yang terbentuk dengan perusahaan yang lama.
  3. Keterangan perilaku dan sikap karyawan saat bekerja, serta
  4. kinerja karyawan yang bersangkutan.

Baca Juga: Tips Dilirik HRD! Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

Apa Kegunaan Surat Paklaring?

Dokumen berupa surat paklaring memang bersifat sebagai pendukung. Akan tetapi, memiliki kegunaan yang tidak sepele.

Dalam surat ini, perusahaan dapat mengetahui kualitas karyawan yang melamar. Mencantumkan surat pengalaman kerja menjadi bukti bahwa anda memiliki kompetensi dan pengalaman yang relevan dengan posisi yang tersedia.

Surat paklaring menjadi pembuktian pengalaman kerja anda selama di perusahaan yang lama. Meskipun tidak bersifat resmi, surat ini tetap dianggap sah karena diterbitkan oleh tempat anda bekerja.

Kegunaan lain surat keterangan pengalaman kerja ialah saat pencairan dana jaminan BPJS Ketenagakerjaan. Syarat tersebut memang menjadi syarat utama terlebih jika perusahaan anda sudah terdaftar dalam BPJAMSOSTEK.

Baca Juga: Mau Sukses Melamar Kerja? Ini Cara Menulis Keahlian dalam CV

Mendapatkan Surat Paklaring

Surat pengalaman kerja dibuat dan diberikan oleh perusahaan. Divisi yang bertanggung jawab membuatnya adalah HRD atau sekretaris perusahaan anda.

Untuk itu, anda perlu menjaga hubungan baik dengan perusahaan lama tempat anda bekerja. Agar perusahaan mau mengabulkan permintaan anda untuk mendapatkan surat pengalaman kerja.

Apabila perusahaan tempat anda bekerja tidak begitu besar, anda dapat meminta surat paklaring ini kepada pemilik perusahaan langsung.

Penting untuk diketahui: Surat pengalaman kerja hanya akan anda dapatkan apabila masa kerja anda setidaknya satu tahun.

Contoh Surat Pengalaman Kerja

Contoh paklaring umum

PT. [Nama Perusahaan]
Jln. Nama Jalan Nomor 70
Kota, Provinsi (Kode Pos)
Nomor Telepon Perusahaan

SURAT KETERANGAN
Nomor: 011/HRD/IV/2022

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Dwi Pangabuan
Jabatan : HRD Manager

Menerangkan bahwa sesungguhnya:

Nama : Adhetya Agazika
Jabatan : Product Manager

Adalah benar karyawan PT. [Nama Perusahaan] terhitung sejak 2 Februari 2018 sampai dengan 2 Januari 2022, dengan jabatan terakhir sebagai Product Manager.

Selama menjadi karyawan kami, saudari Adhetya Agazika telah menunjukkan dedikasi dan kinerja serta integritas tinggi bagi perusahaan. Saudari juga belum pernah melakukan hal yang mengakibatkan kerugian bagi perusahaan. Yang bersangkutan mengundurkan diri atas kemauan sendiri.

Kami mengucapkan terima kasih kepada saudari Adhetya Agazika atas kontribusinya bagi perusahaan selama ini.

Demikian surat keterangan ini dibuat dengan jujur agar dapat digunakan sebagaimana tujuan dan fungsinya.

Jakarta, 2 Januari 2022
PT. [Nama Perusahaan]

 

Dwi Pangabuan
HRD Manage

Contoh Surat Pengalaman PNS

[Kop Surat]

SURAT KETERANGAN
Nomor: 011/IV/2022

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Bambang Dwi Cahyo
Jabatan : Kepala SMA Karya Bangsa

Menerangkan bahwa yang bersangkutan di bawah ini:

Nama : Jessica Situmorang
Guru Mata Pelajaran : IPA Terpadu

Dengan ini menyatakan bahwa Jessica Situmorang memang benar guru sekolah kami dan mengajar IPA Terpadu selama sepuluh tahun terhitung sejak 15 Januari 2012 hingga 20 Januari 2022. Selama masa jabatan, beliau telah menunjukkan sikap dan integritas yang terpuji kepada siswa. Serta memiliki kompetensi mengajar yang baik.

Ibu Jessica telah berhasil menjadi guru yang luar biasa bagi SMA Karya Bangsa. Kami sangat bangga memiliki guru seperti Ibu Jessica yang telah mendedikasikan tenaga dan waktu dalam mengajar di sekolah ini.

Kami berterima kasih dan berharap semoga Ibu Jessica mendapatkan kesuksesan dalam kariernya di masa depan.

Tangerang, 20 Januari 2022

 

Bambang Dwi Cahyo
Kepala SMA Karya Bangsa

Contoh Surat Pengalaman Kerja dari Perusahaan

PT. [Nama Perusahaan]
Jln. Nama Jalan Nomor 70
Kota, Provinsi (Kode Pos)
Nomor Telepon Perusahaan

SURAT KETERANGAN
Nomor: 011/IV/2022

Bahwa yang bertanda tangan di bawah ini

Nama : Panji Drajatmojo
Jabatan : Kepala HRD

Menyatakan dengan sungguh-sungguh bahwa yang bersangkutan di bawah ini:

Nama : Arvian Bagus
Jabatan : Account Executive

Adalah benar karyawan PT. Karya Maju semenjak 3 Februari 2014 sampai masa perjanjian 5 Januari 2022. Saudara yang bersangkutan memiliki jabatan terakhir sebagai Account Executive.

Selama bekerja, saudara Arvian terbukti mampu menjalankan tugas dengan maksimal, berdedikasi dan integritas tinggi. Saudara Arvian tidak pernah melakukan tindakan yang merugikan atau mencemarkan nama baik perusahaan. Yang bersangkutan melakukan pengunduran diri atas kemauan diri sendiri.

Kami berterima kasih atas kontribusi saudara Arvian kepada perusahaan dan mengharapkan yang bersangkutan mendapat kesempatan karier sesuai harapan di masa yang akan datang.

Jakarta, 5 Januari 2022

 

Panji Drajatmojo
Kepala HRD

Format Surat Paklaring

Sebagai surat resmi yang dikeluarkan perusahaan, surat keterangan pengalaman kerja memiliki format yang patut anda perhatikan. Format dan bagian penting tersebut ialah:

1. Kop Surat

Sama seperti surat resmi lain, bagian kepala/kop surat dapat berisi logo dan nama instansi, alamat, dan nomor telepon. Informasi tersebut berfungsi sebagai sebuah perusahaan.

2. Isi Surat

Isi surat merupakan bagian penting selanjutnya. Pada bagian ini memuat banyak informasi penting sebagai berikut:

• Judul dan nomor surat
• Identitas diri orang yang membuat surat

Identitas tersebut meliputi nama dan jabatan orang yang mengeluarkan surat paklaring.

• Nama, Nomor Induk Karyawan (NIK), dan Jabatan

Perusahaan perlu mencantumkan data dan informasi karyawan bersangkutan. Agar surat paklaring tersebut jelas peruntukannya.

• Periode dan Posisi

Dalam surat ini perlu tercantum informasi periode lama karyawan telah bekerja, dan memiliki posisi apa. Pada bagian ini dapat menjelaskan pula kinerja karyawan yang bersangkutan.

• Pencapaian dan Apresiasi Perusahaan akan Kinerja Karyawan

3. Penutup

Bagian ini akan berisi tanda tangan orang yang telah membuat dan memberi surat paklaring tersebut. Umumnya, dibuat oleh HRD dan memiliki stempel resmi milik perusahaan.

Kesimpulan 

Surat pengalaman kerja adalah hak yang bisa didapatkan sebagai karyawan yang memutuskan resign. Surat tersebut bisa menjadi referensi bagi karyawan saat mencari pekerjaan baru.

Karyawan perlu mengingat, untuk mendapatkan surat ini harus tetap menjalin hubungan yang baik dengan perusahaan. Untuk itu, anda juga perlu resign dengan cara yang baik dan sesuai dengan ketentuan perusahaan.

Mohamad Krisna

Categories:

Karyawan

Tags:

resign

Share on:

To the top

Related Posts

Recent Posts