Balanced Scorecard Adalah? Salah Satu Strategi Bisnis Penting di Abad Ini

Balanced Scorecard adalah salah satu alat perencanaan strategis yang paling banyak diadopsi dan digunakan oleh banyak bisnis perusahaan saat ini. Sayangnya, sebagian besar perusahaan gagal menerjemahkan strategi ini ke dalam hasil bisnis yang sesungguhnya. 

Namun, para eksekutif sekarang menemukan solusi teknologi otomatis sebagai sarana untuk mengoperasionalkan metodologi Balanced Scorecard mereka. Aplikasi ini memungkinkan mereka untuk mengalirkan strategi, menghubungkan kinerja individu dengan strategi, dan mencapai visibilitas proaktif — sehingga mencapai keunggulan kompetitif tenaga kerja yang secara konsisten memenuhi tujuan strategis perusahaan.

Balanced Scorecard telah diadopsi secara luas oleh perusahaan-perusahaan papan atas sebagai sebuah kerangka kerja perencanaan strategis yang solid. Dengan menyeimbangkan indikator ukuran keuangan dengan indikator utama penggerak operasional, Balanced Scorecard memberikan pendekatan komprehensif untuk perencanaan strategis. Harvard Business Review menyoroti Balanced Scorecard sebagai salah satu dari 75 ide paling berpengaruh dalam abad ini.

Menempatkan dan Menggunakan Strategi Anda di Seluruh Perusahaan Milik Anda

balanced scorecard adalah

Mengembangkan strategi kemenangan tentu tidak mudah, apalagi menjalankan strategi itu pasti akan lebih menantang. Menurut sebuah studi yang dihimpun oleh Majalah Fortune, 70% dari kegagalan CEO disebabkan oleh “poor execution of good strategies.” Sebuah studi oleh Ernst & Young menemukan bahwa analis keuangan menganggap “eksekusi strategi perusahaan” menjadi lebih penting daripada “kualitas strategi perusahaan” ketika mengevaluasi perusahaan untuk investasi.

Kunci untuk mencapai tujuan Anda terletak pada proses penanaman strategi, strategi  sebagai rencana hidup, dalam inti operasi perusahaan Anda. 

Dengan mengambil beberapa langkah penting — menyalurkan Balanced Scorecard ke setiap individu di perusahaan, menghubungkan ukuran kinerja dan penghargaan karyawan dengan pelaksanaan strategi, serta membuat keputusan operasional melalui visibilitas proaktif — perusahaan Anda dapat mencapai kesuksesan yang belum pernah ada sebelumnya dengan mengaktualisasikan strategi bisnis tersebut.

“70% of CEO failures were due to poor execution of good strategies.”

Fortune Magazine

Mengalirkan Strategi Anda ke Seluruh Perusahaan Anda

balanced scorecard adalah

Menyelaraskan tujuan perusahaan Anda di seluruh organisasi memungkinkan Anda menyelaraskan seluruh tenaga kerja Anda dengan strategi secara keseluruhan. Hal ini akan  memastikan bahwa setiap orang fokus pada tujuan bisnis utama Anda. Menerjemahkan tujuan strategis tingkat tinggi menjadi tujuan yang jelas untuk setiap unit bisnis. Kemudian, setiap karyawan menciptakan garis pandang yang jelas — dari atas ke bawah dan dari bawah ke atas — sehingga setiap individu memahami bagaimana tindakan mereka sehari-hari berkontribusi pada kesuksesan perusahaan secara keseluruhan.

Hal ini juga memungkinkan karyawan untuk mengembangkan tujuan yang terkait dengan tujuan organisasi, mendorong pemahaman tentang strategi, menghasilkan komitmen, dan menanamkan akuntabilitas pribadi.

Menghubungkan Ukuran dan Penghargaan dengan Strategi

balanced scorecard adalah

Menghubungkan langsung ukuran kinerja dan penghargaan setiap karyawan dengan pelaksanaan strategi perusahaan mereka dianggap oleh eksekutif senior sebagai alat yang sangat berharga untuk mencapai hasil yang lebih baik. Dan untuk alasan yang baik, mengaitkan kompensasi dengan metrik kinerja yang selaras secara strategis membantu karyawan untuk lebih terlibat dan meningkatkan produktivitas mereka.

Tetapi, hanya memotivasi tenaga kerja Anda tidaklah cukup. Energi yang dihabiskan untuk proyek yang tidak selaras tidak hanya terbuang sia-sia, tetapi juga menghabiskan sumber daya berharga yang dapat berkontribusi pada tujuan bisnis yang nyata. Menghubungkan metrik dan penghargaan karyawan dengan strategi memastikan bahwa upaya mereka terfokus pada apa yang benar-benar penting bagi kesuksesan bisnis.

Mengarahkan Kesuksesan Masa Depan Melalui Visibilitas Proaktif

Memiliki visibilitas di seluruh organisasi untuk, secara proaktif, menilai kemajuan dan mengalokasikan kembali sumber daya sangat penting untuk mendorong sebuah hasil. Mendefinisikan tujuan yang selaras, secara strategis, akan memberi setiap karyawan ukuran tambahan dari kinerja mereka sendiri, memberi manajer kemampuan untuk melacak kemajuan karyawan, dan memberi eksekutif visibilitas yang mereka butuhkan untuk memastikan bahwa inisiatif strategis menerima coverage yang memadai.

Tidak seperti indikator lagging tradisional yang hanya memberikan pandangan ke belakang, visibilitas ke depan semacam ini menawarkan peluang bagi para eksekutif untuk segera melakukan penyesuaian arah agar kinerja tetap pada jalurnya.

Visibilitas memungkinkan wawasan. Wawasan memungkinkan proaktif. Proaktif memungkinkan kesuksesan.

50% of the average employee’s time is spent on non-productive work.

– Norton & Kaplan, Balanced Scorecard

Kesimpulan

Mendefinisikan strategi bisnis sangat penting, menjalankan strategi bahkan lebih penting lagi untuk kesuksesan perusahaan. Dengan memberi setiap individu garis pandang, akuntabilitas, dan penghargaan untuk berkontribusi pada strategi keseluruhan, Anda memotivasi karyawan untuk tidak hanya lebih produktif, tetapi lebih produktif secara strategis.

Eksekutif lebih diberdayakan untuk mendorong hasil melalui visibilitas proaktif. Berbekal indikator utama penggerak kinerja — selain indikator lagging data keuangan — masalah dapat diidentifikasi lebih awal dan perubahan dapat diterapkan untuk mencapai tujuan strategis yang diinginkan.

author
Alfan Alif

Share on:

Tags:

Explore