7 Rekomendasi Aplikasi CRM untuk Bisnis Kesayangan Anda di 2021

Secara sederhana, aplikasi Customer Relationship Management (CRM) digunakan untuk mengumpulkan data interaksi antara perusahaan dan pelanggannya. Data ini berasal dari berbagai channel (misalnya situs web resmi perusahaan, saluran media sosial terkait, log dukungan pelanggan, kontak pelanggan, dan feedback pelanggan) dan disimpan dalam database terpusat. 

Kemudian, tim Sales dan Marketing perusahaan menganalisis data ini dan menggunakannya untuk menyempurnakan produk mereka, mengatasi masalah pelanggan, dan pada akhirnya, mendorong pertumbuhan produk atau jasa milik perusahaan.

Aplikasi CRM penting untuk setiap perusahaan, bahkan mestinya sangat penting juga untuk perusahaan berskala kecil (revenue antara 50 sampai 100 Juta) yang sedang berada dalam tahap awal pertumbuhannya. Alasan ini menguat karena keberhasilan perusahaan-perusahaan ini sangat bergantung pada berapa banyak pelanggan yang dapat mereka peroleh, dan berhasil mempertahankannya. 

Sebagai contoh, Anda mempunyai bisnis rumah makan yang baru buka. Sebagai pemilik, Anda otomatis harus mengetahui pendapat pelanggan tentang makanan yang bisnis Anda sajikan, ulasan apa yang pelanggan posting tentang rumah makan ini di dunia online (sehingga mempengaruhi calon pelanggan), dan apakah mereka mau berkunjung lagi.

Laporan Market Research Future, yang berjudul “CRM Software Market Research Report – Global Forecast to 2023,” menyatakan bahwa market CRM akan bertumbuh hingga USD 35 miliar pada tahun 2023. Selain itu, berdasarkan laporan yang sama, compound annual growth rate (CAGR) pasar CRM akan meningkat menjadi 6 persen antara di tahun 2023. Faktor utama pertumbuhan tren market CRM ini disebabkan oleh implementasi kecerdasan buatan (AI) ke beberapa penyedia layanan CRM terpercaya.

Berikut ini adalah 7 rekomendasi aplikasi CRM terbaik untuk seorang owner atau Sales dan Marketing manager bisnis perusahaan.

Freshworks CRM

Freshworks CRM, sebelumnya dikenal dengan Freshsales, adalah sebuah user-friendly platform yang mempunyai fokus untuk memaksimalkan produktivitas tim Sales dan Marketing perusahaan Anda. Aplikasi CRM ini menawarkan fitur seluruh fitur dasar sebuah CRM dan ditambah juga beberapa fitur tambahan seperti, built-in phone dan email, lead scoring, workflow automation, ticket management, penyimpanan kontak tidak terbatas, serta akses aplikasi seluler. Semua itu akan memungkinkan Anda tetap berhubungan dengan kontak serta membuat kesepakatan atau deal terjadi dengan lebih mudah.  Freshworks CRM juga memiliki variasi integrasi yang relatif luas untuk third-party apps nya.

Menurut Forbes, Freshworks CRM merupakan aplikasi CRM yang mendapat predikat “the best enablers of innovation”. Sedangkan menurut Tech Radar, aplikasi ini memiliki interface yang sangat intuitive dan mobile app nya juga berkualitas.

Salesforce CRM

aplikasi crm

Salesforce menawarkan aplikasi CRM yang customizable untuk proses Sales dan Marketing. Sistem aplikasi ini juga memiliki banyak integrasi third-party apps karena jam terbangnya yang tinggi di dunia CRM. Perlu diingat kembali, layanan CRM milik Salesforce memiliki tool yang kuat sehingga manajemen tugas yang kompleks pun bisa dilakukan. Namun, disinilah drawback terbesar Salesforce.

Semakin kuat sebuah CRM, maka learning curve operasional nya kan semakin sulit. Butuh waktu yang lumayan banyak untuk mempelajari CRM ini. Provider ini juga memiliki skala penggunaan yang tidak cocok untuk perusahaan kecil, karena fitur dan harganya. Sebagai tambahan, terkadang sistem CRM ini kurang responsif saat penggunaan karena interface nya terlalu penuh..

Pipedrive CRM

aplikasi crm

Pipedrive bisa dikategorikan sebagai Sales CRM karena memang fokusnya cenderung kearah penjualan saja. Main Interface dari aplikasi ini adalah sales pipeline, yang memungkinkan Anda untuk tetap mengontrol proses penjualan yang kompleks, menurut The Balance SMB. Di sini, semua transaksi dikategorikan berdasarkan tahapan penjualannya. Alat statistik dapat digunakan untuk mendapatkan analisis penjualan.

PipeDrive menampilkan integrasi email, dengan dukungan penuh customized templates dan tracking. Karena open API nya yang kuat, PipeDrive dapat dengan mudah dihubungkan ke software lain.

Zendesk CRM

aplikasi crm

Didirikan pada tahun 2007, Zendesk terkenal sebagai perusahaan customer service software. Berkantor pusat di San Francisco serta terdaftar di Bursa Efek New York, baru-baru ini ia melebarkan sayapnya ke berbagai bidang software bisnis lainnya.

Pada tahun 2018, Zendesk mengakuisisi Base CRM, platform penjualan all-in-one untuk email, panggilan telepon, perkiraan penjualan, dan pipeline management. Sejak saat itu, Zendesk meluncurkan Zendesk Sell dan sekarang menjadi bagian integral dari ekosistem Zendesk.

Hubspot CRM

HubSpot menawarkan tampilan sales funnel perusahaan Anda melalui visual dashboard. Di sini, Anda dapat mengelola scheduled appointments, melacak kinerja berdasarkan kuota yang ditetapkan, dan lainnya. CRM secara otomatis mencatat semua interaksi pelanggan (email, panggilan dan media sosial), dan hal yang sama dapat disinkronkan ke Gmail atau Outlook dengan mudah.

Berkat tampilan timeline-nya, HubSpot memudahkan Anda untuk menindaklanjuti semua interaksi dengan prospek mana pun. Anda dapat mengirim kumpulan personalized email sesuai jadwal dan mendapatkan wawasan yang dapat di follow-up. Fitur Marketing Hub mencakup banyak tools yang memungkinkan Anda mengelola landing pages, membuat template email, dan mengukur ROI berbasis SEO.

Zoho CRM

Zoho CRM mengumpulkan data pelanggan dari berbagai sumber, termasuk email, live chat, calls, dan media sosial. Fitur Sales Signals-nya menyediakan real-time analisis dan notifications untuk setiap pelanggan. Anda juga dapat menetapkan target individu untuk setiap anggota tim Anda, dan memantau progres mereka dari central dashboard.

Zoho CRM menawarkan fitur untuk membangun dan mengotomatiskan proses Sales, dan bahkan memungkinkan Anda untuk membuat portal yang berbeda untuk pelanggan Anda. Kemudian ada Zoho Marketplace, yang menyertakan ratusan extension yang dapat ditambahkan ke dashboard CRM untuk lebih meningkatkan fungsinya.

Insightly CRM

Untuk bisnis kecil di mana anggaran selalu menjadi perhatian, Insightly CRM ini mungkin bisa menjadi pertimbangan. Sebagai informasi, harga terjangkau juga menjadi fokus dari Freshworks CRM. Intinya bisa menemukan sistem aplikasi CRM yang menawarkan fitur kuat tanpa menghabiskan banyak uang adalah kenikmatan.

Dengan harga (base) USD 29 (per user per month billed annually), Insightly memiliki tingkat value yang tinggi. Anda akan mendapatkan batas 100.000 records, ruang penyimpanan 10 Gb dan kemampuan untuk mengimpor 25.000 records per sesi. Untuk email marketing, Insightly memungkinkan Anda mengirim hingga 2.500 email per hari, dan fitur penjadwalan email juga tersedia di sini.

author
Alfan Alif

Share on:

Categories:

Checklist Freshsales