magic quadrant HCM

Magic Quadrant untuk Cloud HCM Suites dengan 1.000+ Perusahaan Karyawan

Human capital management suites mendukung fungsi core HR, penggajian, manajemen bakat, manajemen tenaga kerja, dan manajemen layanan HR. Pemimpin dalam organisasi dengan 1000 lebih pekerja yang mengejar strategi cloud HCM harus menggunakan penelitian ini untuk mengidentifikasi vendor untuk evaluasi lebih lanjut.

Asumsi Perencanaan Strategis

Pada tahun 2023, 60% perusahaan besar akan berinvestasi dalam inisiatif besar untuk meningkatkan manager experience mereka dengan mengotomatiskan tugas tugas administrasi terkait pekerja human capital management (HCM).

Pada tahun 2025, 60% dari pasar menengah global dan perusahaan besar akan berinvestasi dalam rangkaian HCM yang diterapkan di cloud untuk administratif HR dan manajemen bakat. Namun, mereka masih perlu mendapatkan 20% hingga 30% dari persyaratan HCM mereka melalui solusi lain.

Definisi / Deskripsi Pasar

Cloud human capital management (HCM) suites menghadirkan fungsionalitas yang membantu organisasi untuk menarik, mengembangkan, melibatkan, mempertahankan, dan mengelola tenaga kerja mereka. Solusi ini mendukung berbagai kapabilitas HCM (meskipun dengan derajat yang berbeda-beda berdasarkan penawaran):

  • Fungsi administrasi HR (HR admin) – Termasuk inti HR (organisasi, data pekerjaan dan karyawan, transaksi siklus hidup kerja, karyawan, manajer, dan akses layanan mandiri berbasis peran), benefits dan administrasi penggajian. Kemampuan ini juga dapat mencakup lingkungan, kesehatan dan keselamatan (EHS), pelacakan keluhan, kebugaran atau nilai kompetensi tambahan lainnya.
  • Manajemen layanan HR (HRSM) – Termasuk akses langsung yang dipersonalisasi ke kebijakan, prosedur, dan panduan program untuk karyawan dan manajer. Ini juga dapat mencakup manajemen kasus terintegrasi, basis pengetahuan, manajemen dokumen digital dan asisten virtual (chatbots).
  • Aplikasi talent management (TM) – Termasuk perekrutan, onboarding, manajemen kinerja dan engagement, perencanaan kompensasi, perencanaan karir dan suksesi, pembelajaran dan pengembangan, dan perencanaan tenaga kerja.
  • Manajemen tenaga kerja (WFM) – Termasuk manajemen absensi, pengambilan waktu, evaluasi waktu dan kehadiran, pelacakan tugas / aktivitas, penganggaran dan perkiraan, dan penjadwalan.

HCM suites juga menyediakan pelaporan dan data sebagaimana yang diperlukan oleh peraturan lokal dan internasional, dan yang paling sering adalah kemampuan dashboard berbasis peran dan analytic. Pelaporan dan analytics juga dapat dibantu oleh teknologi canggih, seperti kecerdasan buatan (AI) atau natural language processing (NLP). Layanan mandiri karyawan dan manajer transaksional sekarang tertanam sebagai peran dalam setiap proses bisnis HCM yang didukung. Mobile access adalah bagian fundamental dari penawaran ini. HR service management terus muncul sebagai proses tertanam di suites HCM, termasuk pencarian program atau kebijakan, dan manajemen kasus karyawan.

Opsi antarmuka pengguna (UI) untuk suites HCM terus meningkat dengan penggabungan lebih lanjut dan / atau integrasi chatbots dan / atau asisten virtual. Integrasi obrolan memungkinkan pengguna melakukan transaksi dasar atau mengambil informasi tanpa meninggalkan jendela obrolan perusahaan. Metode pengambilan informasi HR dan melakukan transaksi ini memungkinkan karyawan untuk menyelesaikan proses tanpa benar-benar login; hal tersebut juga memberikan pengalaman yang lebih lancar.

Secara keseluruhan, pengalaman pengguna (UX) terus menjadi kriteria pemilihan utama. Karena organisasi mendukung tenaga kerja dengan ekspektasi konektivitas yang terus meningkat, percakapan langsung dengan administrator HR digantikan oleh interaksi dengan perangkat dan aplikasi. Pergeseran ke administrasi HR digital ini mendorong kebutuhan akan UX yang menarik dan dipersonalisasi, karena aplikasi menjadi “wajah” dari departemen HR. HCM suites terus mendukung upaya transformasi digital dengan memasukkan proses yang sangat terlihat dan sering digunakan seperti onboarding, pelatihan, shift clock in / clock out, atau meninjau potongan gaji. HCM suites mendukung beberapa proses periodik (dan semakin berkelanjutan), seperti U.S. benefits open enrollment, manajemen kinerja, dan perencanaan kompensasi. Proses ini mengharuskan sebagian besar karyawan untuk bekerja melalui proses beberapa langkah yang kompleks dan melibatkan alur kerja persetujuan bersyarat. Kegunaan, transparansi proses, dan analisis realtime sangatlah penting.

HCM suites digunakan, terutama, untuk mengelola karyawan full-time dan karyawan part-time. Semakin banyak vendor yang menambahkan fungsionalitas khusus untuk mengelola dan melaporkan pekerja kontingen dan / atau freelance. Namun, sebagian besar customer masih menggunakan sistem manajemen vendor sebagai alat utama mereka untuk melakukan administrasi pekerja kontingen untuk menangani penagihan, integrasi dengan sistem penyediaan, dan proses terkait lainnya. Minat customer dalam menggunakan HCM suites untuk mengelola, atau setidaknya melacak, tenaga kerja kontingen terus meningkat. Tetapi sebagian besar metrik harga vendor membatasi biaya untuk memelihara data tentang pekerja sementara. Selain itu, beberapa struktur organisasi vendor tidak mudah menyesuaikan diri dengan temporary or matrixed relationships. Undang-undang privasi data untuk pekerja sementara juga dapat mempengaruhi tempat penyimpanan data untuk pekerja tersebut.

Permintaan pasar menengah untuk global HR system of record (SOR) tetap kuat. Kebutuhan untuk beroperasi di banyak negara dengan peraturan yang beragam, akses data dan persyaratan privasi telah menjadi hal yang umum bahkan untuk perusahaan dengan 1.000 hingga 2.500 karyawan. Namun, jumlah total negara yang terlibat biasanya kurang dari lima, dan populasi di luar kantor pusat perusahaan adalah sebagian kecil dari total tenaga kerja. Kebutuhan global relatif sederhana dibandingkan dengan perusahaan besar, dan penyedia penggajian lokallah yang sering digunakan. Penyimpanan yang kuat dan konsisten dari data demografis HR, organisasi, dan (terkadang) talent cenderung sangat perlu untuk menyediakan analitik tenaga kerja total, streamline administrasi, memperluas peluang manajemen talent, dan menjaga compliance. Hasilnya, Magic Quadrant ini mengevaluasi seberapa baik setiap vendor memenuhi fungsi HCM untuk pelanggan perusahaan besar, serta perusahaan pasar menengah dengan lebih dari 1.000 karyawan. Magic Quadrant juga menilai cakupan geografis dari sudut pandang produk dan operasional.

Klien dengan keberadaan pasar terbatas di luar wilayah asalnya (misalnya, Amerika Utara atau Eropa) dapat mempertimbangkan Niche Players atau Challengers, sebagian besar karena pasar yang dapat mereka tuju. Dalam skenario ini, gunakan salah satu opsi berikut ini untuk mendapatkan representasi kapabilitas vendor yang lebih akurat:

  • Gunakan Magic Quadrant interaktif online dan set kriteria Strategi Geografis ke bobot terendahnya.
  • Review Kemampuan penting Cloud HCM Suites untuk 1.000+ Karyawan, yang berisi enam kasus penggunaan khusus untuk organisasi, tiga di antaranya memiliki fokus regional yang lebih terbatas:
  • Talent HCM Suites plus HR core untuk organisasi global yang lebih besar (lebih dari 5.000 pekerja)
  • Suite HCM pasar menengah Amerika Utara (1.000 hingga 5.000 pekerja)
  • Suite HCM pasar menengah yang berkantor pusat di Eropa (1.000 hingga 5.000 pekerja)
  • Baru: North American administrative compliance suite untuk pekerja per jam (dengan 1.000 hingga 2.500 pekerja)
  • North American administrative compliance suite untuk pekerja per jam (dengan 2.500+ pekerja)
  • Asia/Pacific-headquartered midmarket and enterprise suites (lebih dari 1.000 pekerja)

 Magic Quadrant

Gambar 1. Magic Quadrant untuk Cloud HCM Suites dengan 1.000+ Perusahaan Karyawan

Magic quadrant untuk bisnisSource: Gartner (November 2020)

Kekuatan dan Perhatian Vendor

Laporan cloud HCM Magic Quadrant 2020 ini menggunakan presentasi vendor, demo, dan survey untuk penelitian dan ulasan Gartner. Penilaian dan analisis tambahan dilakukan melalui tinjauan produk analis Gartner, data permintaan klien Gartner, data Peer Insights Klien Gartner, dan analitik media sosial eksternal. Kecuali dinyatakan lain, jumlah pelanggan vendor yang dilaporkan adalah per Juni 2020.

#1 ADP

ADP adalah pemain Niche dalam Magic Quadrant. Nama HCM suite nya adalah ADP Workforce Now.

ADP Workforce Now digunakan oleh organisasi yang memiliki 500 karyawan atau kurang. Namun, ia memiliki sekitar 2.000 pelanggan dengan 1.000+ karyawan, dengan beberapa mencapai 10.000+ karyawan. ADP Workforce Now menawarkan fitur-fitur seperti penggajian, core HR, U.S. benefits administration, rekrutmen, kinerja, waktu dan tenaga kerja, dan analitik untuk pelanggan Amerika Utara. Rangkaian ini tidak menyertakan fitur seperti administrasi manfaat global atau perencanaan suksesi, tetapi menawarkan kemampuan yang kuat untuk WFM, kepatuhan, dan analitik. Roadmap ADP terus berkembang pada mobile-first, guided interactions dengan akses ke data dan wawasan untuk pengguna dalam aliran pekerjaan. Vendor akan mengintegrasikan produk ADP lainnya seperti ADP Standout untuk keterlibatan karyawan.

ADP juga menawarkan ADP Next Gen HCM untuk pembeli yang lebih besar dan lebih kompleks. Next Gen HCM adalah solusi HCM berbasis tim yang dirancang dari awal dengan beberapa fitur lanjutan. Namun, fokus ulasan 2020 kami khusus untuk Workforce Now.

Kekuatan

Fokus pasar: ADP Workforce Now menerima skor di atas rata-rata untuk fitur yang paling relevan terhadap pelanggannya dan dari pasar tempat mereka bersaing. ADP memainkan kekuatannya dan merancang solusi yang bijaksana untuk masalah yang menantang seperti menggunakan machine learning (ML) untuk waktu / tenaga kerja dan kepatuhan kompensasi, dan pengawasan di seluruh suite.

Strategi kemitraan: ADP mendapat nilai tinggi dalam kategori aliansi strategis untuk ketersediaan dan pelaksanaan mitra implementasi dan perangkat lunaknya. Vendor secara konsisten menawarkan salah satu ekosistem mitra terbesar di pasar.

Inovasi: ADP Workforce Now menawarkan teknologi canggih untuk membantu pelanggan menanggapi transformasi dan menghadapi tantangan baru pasca-COVID-19; misalnya, antarmuka touchless time-clock yang menggunakan pengenalan wajah, dan alur kerja otomatis untuk klaim unemployment dan dukungan manajemen. Kemampuan canggih ini membedakan solusi ini dari opsi lain yang memiliki 1.000+ karyawan.

Perhatian

Penawaran HRSM: ADP Workforce Now telah meningkatkan beberapa kemampuannya di sekitar HR helpdesk dan pengiriman layanan dengan fungsionalitas chatbot yang baru-baru ini ditambahkan, serta pengelolaan dan pengumpulan dokumen elektronik. Namun, skornya masih di bawah rata-rata untuk HR helpdesk dan UX dibandingkan suite lain, berdasarkan review dalam Magic Quadrant.

Penawaran manajemen kinerja: ADP Workforce Now menawarkan kinerja dan manajemen tujuan, dan beberapa integrasi dan antarmuka produk telah ditingkatkan. Namun skornya masih berada di posisi ujung bawah dibandingkan dengan solusi vendor lain yang berpartisipasi dalam review ini.

Kedalaman kemitraan: Mereka yang mencari rangkaian HCM lengkap dengan kemampuan tingkat lanjut dapat menemukan celah fungsionalitas dalam ADP Workforce Now. ADP mengatasi kesenjangan tersebut melalui integrated solution marketplace, tetapi tidak semua mitranya setara. Untuk membantu organisasi, ADP Marketplace menawarkan alat interaktif untuk memberikan panduan dalam mengidentifikasi mitra dengan tingkat integrasi yang tepat dan kedalaman fungsionalitas yang sesuai.

#2 Cegid (Meta4)

Cegid Meta4 adalah Pemain Niche di Magic Quadrant ini.

Cegid mengakuisisi Meta4 pada September 2019, menambahkan rangkaian solusi cloud HCM – berdasarkan platform Meta4 PeopleNet, yang telah diganti namanya menjadi Cegid PeopleNet – memiliki beragam portofolio produk HCM, ERP, akuntansi, dan perangkat lunak ritel.

Solusi Cegid PeopleNet menghadirkan spektrum penuh fungsi suite HCM dan memiliki 1.800 pelanggan langsung, mendukung lebih dari 22 juta karyawan. Sebagian besar pelanggannya memiliki antara 2.500 sampai 25.000 karyawan. Kemampuan core HR dan WFM yang kuat, serta penggajian lokal yang dibangun secara asli untuk Eropa Selatan dan Amerika Latin, membuat solusi ini menjadi solusi yang paling sesuai untuk organisasi di kawasan ini.

Cegid Meta4 saat ini sedang melakukan penyempurnaan pada otomasi proses dan fungsionalitas onboardingnya. Roadmap produknya memiliki fokus yang kuat pada penggabungan AI / ML untuk meningkatkan UX, kontekstualisasi, efisiensi proses, dan compliance.

Kekuatan

Fokus pasar: Meta4 telah hadir di Eropa Selatan dan Amerika Latin, begitu juga rekam jejak yang kuat dalam memenuhi persyaratan pelanggan multi-negara di kawasan tersebut. Organisasi semacam ini seringkali memerlukan konfigurasi yang rumit untuk menangani persyaratan kepatuhan dan legislatif global dan lokal.

Dukungan pelanggan: Banyak basis pelanggan inti Meta4 hadir di negara-negara yang sangat terpengaruh oleh pandemi. Meta4 menanggapi krisis dengan memfasilitasi lokakarya pelatihan jarak jauh yang tepat waktu untuk membantu kliennya melaksanakan perubahan peraturan yang tiba-tiba (misalnya, kebijakan cuti dan kelayakan pembebasan pajak).

Pelokalan produk: Keahlian dan pengalaman Meta4 di negara-negara tempatnya beroperasi membantu mengakomodasi peraturan kerja yang kompleks dan mandat pelaporan waktu yang ditetapkan oleh pemerintah yang berbeda untuk menerapkan strict lockdowns dan easing protocols. Solusi tersebut juga menambahkan fitur untuk mencatat waktu dan kehadiran para pekerja remote.

Perhatian

Inovasi: Cegid Meta4 perlu mengikuti modernisasi fungsionalitas TM yang berkelanjutan – khususnya, kurangnya dukungan saat ini untuk kasus penggunaan AI / ML dapat mengakibatkan tertinggal dalam persaingan.

Jangkauan geografis: Penempatan Cegid Meta4 sebagai pemain Niche sebagian besar disebabkan oleh fokus historis Meta4 pada geografi dan industri yang ditargetkan, dibandingkan dengan pesaingnya. Fokus ini tercermin dalam pertumbuhan pelanggan vendor yang relatif sederhana.

Sumber daya pemasaran: Meta4, kebanyakan, dipasarkan ke perusahaan global yang berkantor pusat di Eropa Selatan dan Amerika Latin. Sekarang, sebagai perusahaan Cegid, peningkatan kapasitas untuk memasarkan dan menjual di luar audiens itu membutuhkan waktu untuk tumbuh dan memberikan hasil.

#3 Ceridian

Ceridian adalah ‘leader’ dalam Magic Quadrant ini.

Ceridian memiliki lebih dari 4.400 pelanggan yang menggunakan produk Dayforce, dengan konsentrasi kuat dari pasar menengah Amerika Utara, organisasi berbasis jam kerja yang menggunakan core HR, WFM, benefits, TM, dan payroll.

Dalam beberapa tahun terakhir, vendor ini telah meningkatkan kemampuannya untuk melayani perusahaan multinasional yang berkantor pusat di Amerika Utara dengan memperluas jejak globalnya. Akuisisi penting yang mendukung inisiatif ini termasuk Excelity, penyedia outsourcing penggajian berbasis APAC, dan RITEQ, vendor WFM Australia. Ceridian telah menambahkan lokalisasi penggajian untuk Inggris, Irlandia, Australia dan Selandia Baru, dan memiliki Mauritius, Meksiko dan Jerman dalam pengembangan.

Kekuatan

Pemahaman pasar: Ceridian mendapat skor di atas rata-rata dalam kategori ini untuk eksekusi yang kuat dan roadmap yang dikembangkan dengan baik. Dengan Dayforce HCM, software ini melayani basis pelanggan yang ada dengan baik, memiliki fungsionalitas yang selaras dengan kebutuhan pelanggan dan, seperti yang terlihat, untuk berkembang dan tumbuh, telah menambahkan tim kepemimpinan global.

Daya tanggap pasar: Ceridian mendemonstrasikan beberapa fitur baru yang dibangun untuk membantu organisasi meningkatkan ketangkasan internal mereka, seperti membantu transformasi digital dengan menarik lebih banyak nilai dari HR data mereka, meningkatkan manajemen layanan HR dan penerapan AI dalam perekrutan.

Inovasi: Kemampuan Ceridian Dayforce Wallet menawarkan kepada karyawan akses ke gaji yang mereka peroleh sesuai permintaan. Ini juga memberikan fleksibilitas bagi organisasi dengan persyaratan tenaga kerja yang semakin kompleks dan berbagai jenis pekerja.

Perhatian

Jangkauan geografis: Saat Ceridian berupaya untuk memperluas basis pelanggan globalnya, pelokalan penggajian yang baru kemungkinan akan membutuhkan waktu untuk ‘matang’ guna menghasilkan mainstream adoption. Pelanggan Ceridian tetap 95% berbasis di Amerika Utara.

Penawaran manajemen talent: Meskipun fungsionalitas TM Ceridian telah meningkat, beberapa area akan membutuhkan peningkatan tambahan (seperti rencana pengembangan dan fitur bimbingan) agar vendor dapat bersaing secara lebih efektif dengan vendor posisi atas lainnya dalam Magic Quadrant dan lebih sesuai dengan penggunaan kompleks perusahaan global besar.

Akuisisi: Akuisisi Ceridian belum sepenuhnya terintegrasi ke dalam bisnis. Masih harus dilihat apakah kemampuan mereka yang berdiri sendiri dapat memperkaya solusi Dayforce selain penggajian.

#4 Cornerstone OnDemand

Cornerstone OnDemand adalah pemain Niche di Magic Quadrant.

Cornerstone OnDemand paling dikenal sebagai rangkaian TM global terkemuka dan vendor learning management system (LMS). Pencantumannya sebagai penyedia HCM suite adalah hasil dari kemampuan core HRnya yang berkembang. Modul ini, kebanyakan, dipasarkan di Eropa, dan hanya sebagian kecil dari pelanggannya saat ini yang berkantor pusat di Amerika Utara. Modul core HRnya telah berkembang dalam jumlah penerapannya, dengan lebih dari separuh pelanggan Cornerstone menggunakan enam atau lebih modul HCM.

Untuk tahun 2020, Saba Software, yang telah diakuisisi pada April 2020, akan meningkatkan visualisasi dan pemodelan organisasi Cornerstone On Demand’s HR suite. Dengan Saba berada didalamnya, organisasi ini sekarang melayani sekitar 7.000 pelanggan, dengan total 75 juta pengguna di 180 negara. Saat Cornerstone OnDemand terus membangun rangkaian dan bersaing dalam ruang ini, vendor ini memfokuskan pada kesuksesan klien dan dukungan pelanggan, serta menumbuhkan ekosistem mitra globalnya.

Kekuatan

Manajemen bakat: Cornerstone OnDemand sering menjadi ‘leader’ dalam “Magic Quadrant for Talent Management Suites” (yang sekarang sudah tidak berlaku lagi,) dan terus menjadi salah satu vendor suite HCM yang dievaluasi tertinggi untuk kemampuan manajemen pembelajaran dan kinerjanya.

Eksekusi penjualan: Cornerstone OnDemand telah mengalami pertumbuhan 13% dari tahun ke tahun yang dikombinasikan dengan model penjualan campuran yang kuat dan harga yang kompetitif.

Strategi M&A: Pada Januari 2020, Cornerstone OnDemand mengakuisisi Clustree. Hasilnya, modul perencanaan karirnya akan mendapatkan keuntungan dari analisis keterampilan yang digerakkan oleh AI, serta ontologi keterampilan yang kuat untuk dukungan dan analisis karier.

Perhatian

Kesenjangan dalam suite: Cornerstone OnDemand memiliki TM dan fokus akuisisi bakat yang kuat, tetapi tidak menawarkan native payroll atau administrasi benefits. Vendor menawarkan konektor API penggajian dan telah mengembangkan jaringan mitra penyedia penggajian khusus.

Kemampuan core HR: Cornerstone OnDemand mendemonstrasikan pendekatan inovatif dan kapabilitas canggih di beberapa area TM dari HR suite. Namun, skornya rendah dibandingkan dengan hal lain karena kemampuan dan inovasi dalam modul core HRnya. Kemampuan baru yang didapat dari akuisisi Saba kemungkinan akan mengatasi beberapa celah tersebut yang akan dimulai pada tahun 2021.

Integrasi: Meskipun Cornerstone OnDemand menawarkan API yang terdokumentasi, umpan balik pelanggan dan pertanyaan Gartner mengidentifikasi kebutuhan untuk meningkatkan integrasi ke aplikasi eksternal. Akibatnya, beberapa customer experience dalam penelitian kami menaruh posisi kepuasannya di rata-rata atau di bawah rata-rata bila dibandingkan dengan penyedia lain.

#5 Infor

Infor adalah pemain Niche di Magic Quadrant.

Infor menyediakan HCM suite yang digunakan oleh pelanggan di 78 negara, selain penawaran ERPnya. Vendor ini mendukung banyak organisasi besar, dengan 60% pelanggannya memiliki antara 1.000 sampai 10.000 karyawan. Infor memiliki basis pelanggan healthcare dan manufaktur yang besar, dengan sekitar 50% pelanggannya di dua industri ini. Ia juga memiliki basis pelanggan yang besar di sektor publik. Pelanggan Infor hadir di sekitar 50 negara, dan lebih dari 20% pelanggannya berkantor pusat di luar Amerika Utara.

Pada roadmapnya terdapat beberapa pembaruan produk termasuk tambahan lokalisasi untuk penggajian, platform pengujian adaptif untuk bakat, dan beberapa fitur penjadwalan dan prioritas untuk WFM.

Kekuatan

Fokus vertikal: Infor mempertahankan pengetahuan vertikal industri yang kuat dengan fungsi khusus yang dikembangkan untuk healthcare dan manufacture, dan telah menambahkan industri lain dari tahun ke tahun. Dia memiliki strategi industry channel yang kuat, dengan anggota dari berbagai tim penjualan, konsultasi dan produk yang didedikasikan untuk lini bisnis industry ini.

Dukungan finansial: Pada Februari 2020, Infor diakuisisi oleh Koch Industries, dan Koch adalah pengguna terbesar HCM suite Infor, dengan 130.000 karyawan di 53 negara. Koch membantu Infor dikapitalisasi dengan baik, karena tampaknya akan meningkatkan suitesnya melalui pengembangan, mitra, dan potensi M&A.

Fokus pelanggan: Infor mendemonstrasikan caranya membantu pelanggan menanggapi tantangan bisnis COVID-19 dan untuk transformasi digital. Misalnya, pelanggan semakin sering melakukan pekerjaan virtual atau jarak jauh, dan Infor mendapat skor di atas rata-rata untuk onboarding dengan memungkinkan organisasi merancang pengalaman untuk berbagai transisi pekerja. Modul ini juga dapat digunakan untuk melakukan onboarding dalam hal perubahan pekerjaan, seperti promosi dan relokasi yang mungkin terjadi selama siklus hidup karyawan.

Perhatian

Modul manajemen bakat: Infor mendapat skor di bawah rata-rata untuk beberapa modul TM, termasuk suksesi dan perencanaan karir. Dibandingkan dengan vendor lain di Magic Quadrant, fungsinya terlalu sederhana dan menawarkan pemodelan dan perencanaan lanjutan yang terbatas.

Penawaran perencanaan tenaga kerja: Kemampuan perencanaan tenaga kerja Infor mendapat skor yang buruk dibandingkan dengan ‘leader’ dalam review Magic Quadrant ini, hal ini terjadi karena karena vendor terlalu focus pada penjadwalan tenaga kerja daripada pada kemampuan lanjutan lainnya. Selain itu, sebagian dari kemampuan perencanaan tenaga kerjanya terikat dengan modul enterprise performance management yang berada di luar suite HCM.

Strategi mitra: Permintaan klien Gartner mengungkapkan beberapa tantangan dalam menemukan mitra implementasi berkualifikasi global dan penyedia pihak ketiga. Infor telah menambahkan beberapa mitra layanan untuk mengatasi hal ini, tetapi ekosistem mitranya masih tertinggal dari ‘leader’ dalam review Magic Quadrant ini.

#6 Kronos (UKG)

Kronos adalah pemain Niche di Magic Quadrant ini. HCM suite nya bernama, Kronos Workforce Ready.

Kronos, yang terkenal karena kekuatan globalnya dalam solusi WFM, bergabung dengan Ultimate Software pada bulan April 2020. Bersama-sama, organisasi ini membentuk Ultimate Kronos Group (UKG).

Kronos Workforce Ready adalah solusi HCM admin yang berfokus pada bisnis kecil dan menengah. Pasca merger, kemungkinan Kronos akan terus menargetkan organisasi atau bisnis yang memiliki  karyawan kurang dari 2500 karena spesialisasinya yang kuat di pasar menengah bawah. Workforce Ready memiliki sekitar 3.800 pelanggan. Solusi ini paling sesuai untuk organisasi pasar menengah Amerika Utara dengan tenaga kerja berdasarkan jam di bidang manufaktur, perawatan kesehatan, atau ritel. Kronos menambahkan sekitar 800 pelanggan baru ke Workforce Ready pada tahun 2019. Kronos juga mengembangkan kehadiran internasionalnya, dengan 20% pelanggan, kini, berbasis di luar Amerika Utara.

Roadmap produk di masa depan mencakup lokalisasi penggajian untuk Inggris dan Kanada, dan agregasi penggajian global pada tahun 2020.

Kekuatan

Biaya total: Kronos memberikan nilai total cost of ownership (TCO) yang kuat untuk organisasi pasar menengah, dari suite yang dibangun secara native yang memenuhi kebutuhan tenaga kerja berdasarkan jam. Solusi HCM-nya dirancang untuk diterapkan dan dirawat oleh departemen TI atau HR kecil.

Integrasi dengan Ultimate: Karena merger, Kronos kini telah mengintegrasikan manajemen dokumen, alur kerja, dan kemampuan helpdesk PeopleDoc dari Ultimate Software dengan Workforce Ready, yang secara signifikan meningkatkan kapabilitas manajemen layanan HR-nya.

Dukungan pelanggan: Periode “hypercare” pasca-implementasi Kronos Workforce Ready mencakup dukungan obrolan langsung dengan para ahli dan bukan hanya resolusi query berbasis skrip otomatis. Kronos juga menawarkan dukungan obrolan langsung untuk semua pelanggan, menghasilkan waktu respons yang lebih singkat dan kepuasan pelanggan positif.

Perhatian

Kesenjangan antar produk: Mengingat fokus HCM pada organisasi pasar menengah dengan tenaga kerja berdasarkan yang kompleks, Workforce Ready kurang cocok untuk organisasi dengan persyaratan TM dan analitik yang lebih kompleks.

Talent modules maturing: Beberapa kasus penggunaan baru – seperti perekrutan volume tinggi, jalur karir yang dipersonalisasi, dan manajemen kumpulan bakat – telah ditambahkan ke dalam modul TA dan TM. Namun, kematangan diperlukan untuk melihat adopsi yang lebih luas di basis pelanggan.

Jangkauan geografis: Kronos telah melihat pertumbuhan dua digit di pasar EMEA dan AUS, tetapi masih sangat terfokus di Amerika Utara, dengan 80% pelanggannya berkantor pusat di sana.

#7 Oracle

Oracle adalah ‘leader’ dalam Magic Quadrant ini.

Oracle Cloud HCM adalah penawaran HCM yang kuat dan global tanpa celah besar yang terus membangun kapabilitasnya, memberikan peningkatan di seluruh suite selama 12 bulan terakhir. Pembaruan tahun ini mencakup transaksi pengguna yang dapat dikonfigurasi menggunakan HCM Experience Design Studio dan interaksi asisten digital yang ditingkatkan. Oracle juga menyediakan komunitas kolaboratif untuk dukungan pelanggan, dengan lebih dari 55.000 anggota dan ribuan interaksi per bulan. Oracle mendapat pertumbuhan pelanggan yang signifikan dalam layanan keuangan dan sektor publik. Selain itu, lebih dari 50% pelanggannya menerapkan Oracle Cloud HCM dan Oracle Cloud ERP. Gartner memperkirakan bahwa lebih dari 3.400 pelanggan telah membeli modul Oracle Global HR per Mei 2020 (lebih dari 2.050 diperkirakan masih aktif).

Untuk tahun kedua, Oracle mempertahankan posisinya sebagai salah satu dari dua vendor teratas untuk pengalaman pelanggan dan produk / layanan.

Kekuatan

Dukungan pelanggan: Pada tahun 2020, pengguna Oracle berpendapat bahwa berbagai sumber daya Oracle, fungsionalitas, dan grup pengguna sangat membantu dalam mengatasi tantangan teknologi HR dan tantangan penggunaan karena COVID-19. Pelanggan memiliki kemampuan untuk berbagi praktik terbaik, template, konfigurasi sistem, dan use case dari pelanggan lain melalui webinar Oracle dan sesi pelatihan.

Model bisnis: Oracle telah menghadirkan 98% fitur untuk roadmap produk 2019-2020. Vendor ini dilengkapi dengan sumber daya yang signifikan dan memiliki model bisnis  yang berskala global tapi tetap dengan menggunakan para ahli lokal.

Inovasi: Oracle telah banyak berinvestasi dalam meningkatkan dan memperluas kemampuan mobilenya. Sekarang dia memiliki lebih dari 200 transaksi yang dapat diselesaikan oleh manajer dan karyawan menggunakan perangkat mobile, hal itulah yang membuat dia mendapat skor tinggi untuk UX.

Perhatian

Rilis yang sering: Laju peningkatan dan rilis fungsionalitas fitur Oracle terkadang menimbulkan tantangan bagi organisasi. Komentar pelanggan terbagi antara menghargai kecepatan penyempurnaan dan susahnya untuk tetap mengikuti pengujian, menerapkan fitur dan pelatihan baru.

Penerapan modul: Data pelanggan yang berkaitan dengan penggunaan mobile menunjukkan adopsi yang lebih rendah untuk modul Pembelajaran dan Perencanaan Karir. Ini adalah area yang ditargetkan untuk peningkatan, tetapi kapabilitas saat ini mungkin tertinggal dari beberapa vendor yang lebih terspesialisasi.

Perencanaan dan analitik WFM: Oracle mendapat skor di atas rata-rata di sebagian besar kategori. Namun, kemampuan yang dianggap hanya rata-rata atau di bawahnya mencakup WFM, perencanaan tenaga kerja, dan analitik. Klien Gartner dan pelanggan Oracle Cloud HCM juga menyarankan ini sebagai area untuk peningkatan lebih lanjut. Oracle tampaknya menangani area tersebut dengan Fusion Analytics Warehouse barunya, sebuah penawaran yang dirilis tepat setelah penelitian ini selesai.

#8 SAP

SAP adalah ‘leader’ dalam Magic Quadrant ini.

SAP SuccessFactors adalah platform cloud HCM yang ditunjuk SAP. Solusi ini mendukung lokalisasi dan kepatuhan (termasuk tunjangan, penggajian, dan HR) di 99 negara dan dilokalkan untuk penggajian di 46 negara. Dia ini sepenuhnya tersedia melalui cloud publik. Sejak iterasi terakhir dari penelitian ini, SAP telah melakukan upaya bersama untuk meningkatkan layanan dan sumber daya dukungan pelanggannya. Dia telah mengadakan acara adopsi dan pemberdayaan pelanggan dan memperluas model dukungan 24/7 dengan 500+ support engineers di 15 lokasi global. SAP SuccessFactors memposisikan rangkaian HCM sebagai rangkaian human experience management (HXM). Fokusnya pada pemetaan perjalanan dan “momen penting” yang tertanam dalam proses alur kerja.

Kekuatan

Strategi geografis: SAP mendapat nilai tertinggi dari semua vendor yang dievaluasi untuk kemampuan globalnya. Ini jelas merupakan salah satu vendor yang paling mampu, dijual dan digunakan secara global. SAP SuccessFactors mendukung praktik terbaik dan kepatuhan lokal di 99 negara (46 untuk penggajian). Ini memberikan 2000+ pembaruan peraturan dan kepatuhan selama setahun terakhir.

Manajemen kinerja: SAP menerima beberapa skor tertinggi dalam ulasan ini untuk manajemen kinerja dan penetapan tujuan. Dia ini sebelumnya terdaftar sebagai Leader dalam “Magic Quadrant for Talent Management Suites” yang sekarang sudah tidak ada lagi, dan pengalaman serta kemampuannya terus berlanjut sebagai bagian dari rangkaian HCM lengkap.

Rangkaian bakat: SAP SuccessFactors menerima skor tertinggi di setiap modul aplikasi TM pre hire dan post hire. Skornya di atas rata-rata untuk perekrutan, orientasi, perencanaan karir dan suksesi, dan perencanaan kompensasi.

Perhatian

Kemampuan modul: Pelanggan SAP SuccessFactors mendemonstrasikan tingkat adopsi full suite di atas rata-rata. Tetapi beberapa modulnya hanya menerima skor rata-rata dibandingkan dengan vendor lain dalam laporan ini, termasuk administrasi dan pelaporan benefits. Selain itu, WFM, analisis dan perencanaan tenaga kerja lebih jarang diadopsi.

Kedalaman vertikal: SAP SuccessFactors memiliki beberapa fitur / integrasi produk yang mungkin cocok untuk industri / vertikal tertentu, seperti Pembelajaran Tervalidasi, kemampuan perekrutan volume tinggi yang baru-baru ini ditambahkan, dan integrasi dengan SAP Fieldglass untuk mengelola WFM kontingen. Namun, dibandingkan dengan beberapa vendor HCM lain yang direview, keselarasan produk vertikal tidak sedalam itu.

Kompleksitas dan pelaporan: Dari perspektif kapabilitas produk teknis, SAP SuccessFactors terus memiliki tantangan yang terkait dengan integrasi disparate acquired architectures, seperti implementasi yang kompleks. Sebagai tanggapan, SAP SuccessFactors baru-baru ini mengirimkan platform pelaporan terkonsolidasi baru, telah berpindah ke dua rilis per tahun, dan membuat kemajuan dalam inisiatif perusahaan yang cerdas dan menggunakan lebih banyak teknologi SAP.

#9 TalentSoft

Talentsoft adalah pemain Niche di Magic Quadrant ini.

Talentsoft paling dikenal sebagai vendor suite TM Eropa, dengan lebih dari 2.200 klien yang beroperasi di 130 negara, per Mei 2020. Dengan tambahan Talentsoft Hub, vendor ini sekarang memiliki fungsionalitas core HR untuk berkembang menjadi opsi suite HCM lengkap. Mayoritas pelanggannya memiliki antara 1.000 sampai 10.000 karyawan. Talentsoft melayani organisasi di seluruh Eropa, APAC, dan EMEA. Dia mendukung pelanggan dalam layanan keuangan, layanan profesional, dan industri manufaktur.

Menanggapi COVID-19, Talentsoft telah mendukung pelanggan melalui platform e-learning, beberapa perluasan akses ke layanan dan fitur, dan integrasi lebih lanjut melalui alat kerja kolaboratif seperti MS Teams.

Kekuatan

Manajemen bakat: Talentsoft adalah vendor TM bagus dan sebelumnya telah dinilai sebagai solusi Visioner dalam “Magic Quadrant for Talent Management Suites” yang sekarang sudah tidak ada lagi. Dalam ulasan ini, kekuatan pembelajaran dan kemampuan manajemen kinerjanya terus mendapatkan skor tinggi dibandingkan dengan vendor lain.

Inovasi: Talentsoft menyediakan beberapa fitur teknologi yang bersaing dengan baik dengan vendor besar yang tercakup dalam laporan ini, termasuk merancang keterampilan, analitik keterampilan, dan peningkatan pembelajaran. Dia juga telah membangun kembali model datanya dan melakukan beberapa akuisisi untuk membantu mempercepat upaya ini. Talentsoft menawarkan salah satu integrasi terdalam dengan alat kolaborasi Microsoft untuk membantu penjadwalan otomatis tinjauan kinerja dan janji wawancara. Ia juga menawarkan pasar mitra yang berkembang untuk memperluas solusinya.

Strategi kemitraan: Meskipun kemampuan core HR Talentsoft masih baru, kemitraan formal dan integrasi yang didukung sudah bergabung dengan vendor aplikasi penggajian dan penjadwalan global. Hal ini memungkinkannya untuk memberikan perluasan fungsi administratif dan WFM, serta layanan penggajian.

Perhatian

Core HR yang muncul: Core HR adalah penawaran yang muncul dalam portofolio Talentsoft, sehingga akan membutuhkan waktu dan investasi yang berkelanjutan agar matang.

Strategi HRSM: Fitur terkini Talentsoft untuk helpdesk HR dan pemberian layanan sangat mendasar. Sistem ini juga menyediakan kemampuan alur kerja yang basic.

Jangkauan geografis: Talentsoft memiliki pelanggan yang beroperasi di 130 negara, tetapi sebagian besar berkantor pusat di Eropa. Vendor berusaha keras untuk meningkatkan kehadirannya di pasar tertentu, seperti Amerika Utara, melalui jaringan mitra dan terus berinovasi serta menambah fungsionalitas.

#10 Ultimate Software (UKG)

Ultimate Software adalah ‘leader’ dalam Magic Quadrant ini.

Ultimate Software bergabung dengan Kronos pada April 2020, dan kedua perusahaan tersebut membentuk Ultimate Kronos Group (UKG) yang baru.

Cloud HCM suite Ultimate Software, UltiPro, memiliki lebih dari 6.850 klien per Mei 2020. Mayoritas pelanggan UltiPro memiliki 1.000 sampai 2.500 karyawan, tetapi beberapa di antaranya bahkan mencapai 25.000 karyawan. Pelanggan UltiPro cenderung berada dalam layanan keuangan dan profesional, perawatan kesehatan, dan manufaktur. Produk ini sangat cocok untuk perusahaan multinasional berbasis pasar menengah dan perusahaan Amerika Utara besar yang memiliki sebagian besar tenaga kerjanya di A.S. sedangkan tenaga kerja kecilnya berada di negara lain.

Melanjutkan fokusnya yaitu “mengutamakan orang”, roadmap produknya penuh dengan penyempurnaan suite yang ditujukan untuk pengalaman pengguna, kemampuan beradaptasi, adopsi, dan produktivitas.

Kekuatan

Implementasi: Kemampuan layanan Ultimate dan pengalaman customer dengan implementasi dan deployment terus dinilai tinggi oleh customer. Dalam menargetkan pelanggan pasar menengah Amerika Utara, vendor ini dapat memfokuskan upayanya untuk memberikan kemampuan baru yang terjangkau dan siap jadi untuk pelanggannya.

Paket yang diperluas: Ultimate telah menanggapi kebutuhan pelanggannya dengan terus menambahkan fitur untuk voice of the employee (VoE), manajemen dokumen HRSM, AI, dan ML. Ini juga berfungsi untuk membantu organisasi mendapatkan sebanyak mungkin rangkaian HCM sepenuhnya.

Inovasi: Ultimate terus menghadirkan peningkatan produk menggunakan ML dan analisis sentimen melalui teknologi Xander-nya. Dia juga telah memperluas kemampuan untuk ekstensibilitas suite dan mampu menarik data sistem dari pihak ketiga untuk pelaporan.

Perhatian

WFM dan pembelajaran: UltiPro tidak memiliki celah besar, tetapi skornya paling rendah dibandingkan dengan solusi dari ‘leader’ lainnya dalam ulasan ini karena kemampuan perencanaan dan pembelajarannya yang lebih terbatas. Berdasarkan kebutuhan organisasi, pembelajaran UltiPro seringkali membutuhkan peningkatan melalui mitra.

Jangkauan geografis: Ultimate berupaya untuk memperluas penjualan, layanan, dan dukungan di luar Amerika Utara, tetapi upaya ini masih dalam tahap awal. Saat ini, sistem UltiPro hanya mendukung 15 bahasa dan beberapa pelokalan HR masih membutuhkan waktu untuk matang.

Analisis tenaga kerja: Kemampuan analisis tenaga kerja UltiPro telah menerima kepuasan pelanggan yang tinggi dari waktu ke waktu, tapi fungsinya masih tertinggal dari beberapa ‘leader’ lain di Magic Quadrant ini.

#11 Workday

Workday adalah ‘leader’ dalam Magic Quadrant ini.

Workday menargetkan organisasi menengah dan besar global dengan suite HCM-nya. Peningkatan penting tahun ini mencakup kasus penggunaan yang diperluas dan upaya seputar analitik keterampilan, profil karyawan yang ditingkatkan, kredensial, dan pengembangan pasar bakat internal. Pada Mei 2020, lebih dari 3.200 organisasi telah membeli Workday HCM, dengan lebih dari 650 pelanggan baru dari tahun ke tahun. Upaya Workday di sekitar Skills Cloud telah mendorong beberapa peningkatan barunya. Skills Foundation yang didukung ML membantu perencanaan, prediksi, dan pengalaman karyawan, dan saat ini memiliki 400 pelanggan langsung.

Menanggapi COVID-19, Workday meluncurkan pusat informasi pelanggan, menambahkan kemampuan pelaporan tambahan, dan mengadakan pertemuan eksekutif.

Kekuatan

Strategi kemitraan: Workday mengambil peran lebih aktif dalam mengelola implementasi dan mitra perangkat lunaknya serta menegakkan standar tinggi untuk sertifikasi dan pengalaman. Jaringan mitranya mencakup lebih dari 11.000 konsultan bersertifikat, 90+ mitra perangkat lunak, dan 50+ mitra solusi rekrutmen poin.

Analisis dan pelaporan: Workday mendapat skor tertinggi dalam beberapa kategori termasuk perencanaan tenaga kerja, analitik tenaga kerja, dan pelaporan. Ia terus meningkatkan kemampuannya di bidang-bidang ini dengan investasi di Workday Prism Analytics dan People Analytics.

Daya tanggap pasar: Menanggapi umpan balik pelanggan, Workday telah menyempurnakan modul perekrutannya dengan Hub Perekrutan yang disempurnakan untuk navigasi dan pengalaman pengguna yang lebih baik. Modul ini menangani berbagai jenis pekerja, termasuk wawasan yang disematkan dan sekarang mendukung otomasi dan tindakan massal untuk perekrutan dalam jumlah besar. Adopsi pelanggan terus meningkat, dan Workday terus memperluas ekosistem mitranya dengan beberapa mitra Workday Ventures seperti Beamery dan Mya.

Perhatian

Adopsi penggajian: Penggajian hari kerja memiliki adopsi pelanggan yang lebih rendah daripada kemampuan penggajian beberapa ‘leader’ dalam ulasan Magic Quadrant ini. Workday menawarkan kemampuan penggajian di Kanada, Prancis, AS, dan Inggris, tetapi adopsi pelanggan masih didominasi di Amerika Utara.

Manajemen pelayanan HR: Bantuan Workday untuk dukungan HRSM diluncurkan pada Januari 2020. Workday juga telah menambahkan UX “Pengalaman Orang” melalui penambahan guided journeys bagi pengguna. Hal ini mengisi celah sebelumnya, namun penawaran ini baru dan adopsi pelanggan masih pada tahap awal.

Jangkauan geografis: Workday memiliki pelanggan yang beroperasi di wilayah APAC, tetapi pelokalan HR di sana membutuhkan waktu untuk matang, dan layanan regional serta mitra implementasi masih terbatas dibandingkan dengan ‘leader’ lain di Magic Quadrant ini.

Vendor Ditambahkan dan Dikurangi

Kami meninjau dan menyesuaikan kriteria penyertaan kami untuk Magic Quadrants saat pasar berubah. Akibat dari penyesuaian ini, beberapa vendor di setiap Magic Quadrant dapat berubah seiring waktu. Munculnya vendor dalam Magic Quadrant dalam satu tahun dan bukan tahun berikutnya tidak selalu menunjukkan bahwa kami telah mengubah pendapat kami tentang vendor tersebut. Ini mungkin merupakan cerminan dari perubahan di pasar dan, oleh karena itu, kriteria evaluasi yang diubah, atau perubahan fokus oleh vendor itu.

Pengurangan

Kriteria inklusi untuk cakupan dalam penelitian ini dinaikkan untuk beberapa ukuran, dari 2019 hingga 2020. Beberapa kriteria ini termasuk jumlah pelanggan lama yang dimiliki vendor dengan lebih dari 1.000 karyawan, dan jumlah transaksi baru bersih selama empat kuartal tahun fiskal. Kriteria inklusi pengisian dapat dilihat pada bagian selanjutnya dari laporan ini. Oleh sebab itu, vendor di bawah ini dihilangkan dari cakupan tahun ini.

  • ADP (Vantage HCM)
  • Ramco

Kriteria Inklusi dan Pengecualian

Untuk disertakan dalam Magic Quadrant ini, setiap vendor harus memenuhi semua kriteria berikut:

Memberikan dukungan transaksi administrasi core HR dan kemampuan pelaporan / analitik, ditambah setidaknya tiga fungsi manajemen talenta (TM) (perekrutan / orientasi, manajemen kinerja, manajemen karir / suksesi, pembelajaran, kompensasi dan perencanaan tenaga kerja) atau kombinasi dari manajemen tenaga kerja (WFM ) dan setidaknya satu fungsi TM.

Terapkan solusinya di cloud komunitas atau cloud publik (cloud pribadi berbasis langganan tidak dapat diterima).

Memiliki setidaknya 125 pelanggan, masing-masing dengan lebih dari 1.000 karyawan, adanya core HR dan setidaknya dua fungsi TM di cloud komunitas atau cloud publik.

Secara aktif memasarkan, menjual, dan menerapkan suite HCM secara berdiri sendiri, terlepas dari bundling tambahan apa pun dengan rangkaian ERP atau aplikasi lain.

Memberikan bukti momentum pasar yang mendokumentasikan setidaknya 25 transaksi baru bersih selama empat kuartal tahun fiskal bergulir sebelumnya – masing-masing dengan lebih dari 1.000 karyawan – membeli core HR dan dua atau lebih fungsi TM atau satu fungsi TM dan WFM. Perhatikan bahwa waktu untuk data ini harus empat kuartal sebelumnya hingga 31 Maret 2020.

Harus diidentifikasi secara teratur oleh klien dan prospek Gartner sebagai vendor terkemuka di pasar HCM.

Sejumlah produk vendor tidak memenuhi semua kriteria ini. Oleh karena itu, mereka tidak termasuk dalam Magic Quadrant ini. Namun, penawaran mereka memenuhi banyak persyaratan pelanggan dan juga dapat dipertimbangkan dalam evaluasi rangkaian HCM. Market Guide for Human Capital Management Suites berisi data profil tambahan untuk 22 solusi dari 17 vendor lainnya, selain 11 peserta dalam Magic Quadrant ini.

Kriteria Evaluasi

Kemampuan untuk melaksanakan

Gartner menilai Ability to Execute vendor suite HCM cloud dengan mengevaluasi produk, teknologi, layanan, dan operasinya. Kami menilai bagaimana hal ini memungkinkannya menjadi kompetitif, efisien dan efektif di pasar, dan bagaimana hal itu secara positif mempengaruhi pendapatan, kepuasan dan retensi klien, serta reputasi pasar secara umum. Kami menilai Ability to Execute vendor berhasil jika  memenuhi kriteria berikut:

  • Produk dan Layanan: Hal ini termasuk kemampuan vendor dalam penyampaian layanan HR, TM, WFM dan HR admin (lihat bagian Definisi / Deskripsi Pasar untuk daftar fungsi yang terperinci). Area ini dinilai untuk keluasan fungsional dan kemudahan penggunaan. Seberapa baik vendor mengintegrasikan komponen juga penting. Pelaporan dan analitik mendapat perhatian yang cukup besar, karena mereka telah menjadi perhatian utama pelanggan. Arsitektur, model pengiriman, dan penggunaan kapabilitas mobile dan sosial juga dinilai. Fokusnya adalah pada fungsionalitas vendor saat ini, meskipun penyempurnaan dan / atau modul baru di ambang ketersediaan umum juga dipertimbangkan.
  • Kelayakan Keseluruhan: Aspek kunci dari kriteria ini adalah kemampuan vendor untuk memastikan kelangsungan hidup produk, termasuk dukungan untuk rilis saat ini dan masa depan, dan roadmap yang jelas untuk tiga tahun ke depan. Vendor harus memiliki uang tunai dan pertumbuhan pendapatan yang konsisten selama empat kuartal terakhir untuk mendanai tingkat pembakaran karyawan saat ini dan di masa depan, dan untuk menghasilkan keuntungan. Vendor juga dinilai berdasarkan komitmennya terhadap produk tertentu yang sedang dievaluasi, dan kemampuan untuk memanfaatkannya untuk menghasilkan pendapatan dan keuntungan di pasar cloud HCM suite.
  • Eksekusi / Penetapan Harga Penjualan: Vendor harus menyediakan penjualan regional dan / atau global dan cakupan distribusi multi negara yang sejalan dengan pesan pemasarannya. Dia juga harus memiliki pengalaman dan kesuksesan khusus dalam menjual solusi cloud HCM suite ke pusat pembelian HCM. Ini termasuk manajemen kesepakatan, kemitraan, harga dan negosiasi, dukungan pra-penjualan, dan efektivitas keseluruhan saluran penjualan.
  • Daya Tanggap Pasar / Catatan: Ini mengacu pada kemampuan vendor untuk merespons, mengubah arah, membangun aliansi, menjadi fleksibel, dan mencapai kesuksesan kompetitif saat peluang berkembang, pesaing bertindak, kebutuhan pelanggan berkembang, dan dinamika pasar berubah. Kriteria ini juga mempertimbangkan sejarah daya tanggap vendor, karena pasar ini telah berkembang selama tujuh hingga 10 tahun terakhir.
  • Eksekusi Pemasaran: Kriteria ini menilai kejelasan, kualitas, kreativitas, dan kemanjuran program yang dirancang untuk menyampaikan pesan vendor. Kriteria ini menilai bagaimana hal ini telah mempengaruhi pasar, mempromosikan merek dan bisnisnya, meningkatkan kesadaran akan produknya, dan menetapkan identifikasi positif dengan produk atau merek vendor di benak pembeli. Berbagi pikiran ini dapat didorong oleh kombinasi publisitas, promosi, kepemimpinan pemikiran, dari mulut ke mulut dan aktivitas penjualan.
  • Pengalaman Customer: Kriteria ini menilai hubungan, sumber daya, dan program yang memungkinkan pelanggan meraih sukses dengan produk dan layanan yang ditawarkan. Ini mencakup umpan balik dari pelanggan aktif yang tersedia secara umum selama 12 hingga 18 bulan terakhir. Ini juga dapat mencakup keberadaan dan kualitas sumber daya pelanggan seperti alat bantu, program dukungan, ketersediaan kelompok pengguna dan SLA. Sumber umpan balik juga mencakup ulasan pelanggan yang divalidasi oleh Analis dari Gartner Peer Insights, yang relevan dengan audiens dan kriteria untuk penelitian ini. Sumber data tambahan mencakup pertanyaan Gartner dan interaksi lain yang berhubungan dengan pelanggan yang berlangsung di Gartner dan konferensi industri.
  • Operasi: Kriteria ini menilai kemampuan vendor untuk memenuhi tujuan dan komitmennya. Faktor-faktor tersebut mencakup kualitas struktur organisasi – keterampilan, pengalaman, program, sistem, dan sarana lain yang memungkinkan organisasi beroperasi secara efektif dan efisien secara berkelanjutan.

Bobot relatif yang ditetapkan untuk setiap kriteria ditunjukkan pada Tabel 1.

Tabel 1: Kemampuan Menjalankan Kriteria Evaluasi

Kemampuan Menjalankan Kriteria Evaluasi

Kelengkapan Visi

Gartner menilai Kelengkapan Visi vendor cloud HCM suite dengan mengevaluasi kemampuan mereka untuk berhasil mengartikulasikan perspektif mereka tentang arah pasar saat ini dan di masa depan, mengantisipasi kebutuhan pelanggan, dan memenuhi kekuatan kompetitif. Kami menilai Kelengkapan Visi vendor berdasarkan pemahaman dan artikulasinya tentang bagaimana kekuatan pasar dapat dimanfaatkan untuk menciptakan peluang baru bagi dirinya sendiri dan kliennya, menggunakan delapan kriteria berikut:

  • Pemahaman Pasar: Hal ini mengacu pada kemampuan vendor untuk memahami kebutuhan pembeli dan menerjemahkannya menjadi produk dan layanan. Vendor yang menunjukkan derajat penglihatan tertinggi mendengarkan dan memahami keinginan dan kebutuhan pembeli, dan dapat membentuk atau menyempurnakan mereka dengan visi tambahan mereka. Kami secara khusus mencari cara bagaimana vendor mendeskripsikan pasar terintegrasi dan peluang untuk rangkaian HCM cloud mereka secara keseluruhan, bukan hanya produk komponen.
  • Strategi Pemasaran: Kriteria ini menilai apakah vendor memiliki strategi pemasaran yang dibedakan dengan jelas dengan serangkaian pesan. Pesan ini harus menarik bagi organisasi dan pemimpin HR, dan secara konsisten dikomunikasikan ke seluruh organisasi dan dieksternalisasi melalui situs web vendor, program pelanggan, dan pernyataan pemosisian.
  • Strategi Penjualan: Vendor harus memiliki strategi untuk menjual perangkat lunak cloud HCM suite yang menggunakan jaringan yang sesuai untuk penjualan langsung dan tidak langsung, pemasaran, serta afiliasi layanan dan komunikasi. Strategi tersebut harus memperluas cakupan dan kedalaman jangkauan pasar, keterampilan, keahlian, teknologi, layanan, dan basis pelanggan. Elemen kunci dari strategi ini mencakup rencana penjualan dan distribusi, penentuan waktu dan prioritas investasi internal, serta aliansi mitra.
  • Strategi Penawaran (Produk): Vendor harus mendemonstrasikan visi untuk fungsionalitas aplikasi di seluruh luas dan kedalaman rangkaian HCM cloud. Kami fokus di luar cakupan fungsional yang tercantum di bagian Kemampuan untuk Menjalankan. Kami menempatkan fokus tambahan pada visi vendor untuk penggunaan teknologi baru; analitik lanjutan; kasus penggunaan sosial, geografis atau industri yang relevan; integrasi dan kemudahan penggunaan; dan dukungan untuk transformasi proses yang memungkinkan tenaga kerja digital. Strategi produk dapat berupa kombinasi dari pengembangan organik, akuisisi, dan / atau ekosistem. Untuk ekosistem, kami sangat memperhatikan kualitas dan dukungan dari mitra pihak ketiga. Bagi mereka yang memperoleh fungsionalitas, kami memperhatikan strategi integrasi dan roadmap.
  • Model Bisnis: Vendor harus memiliki rencana bisnis yang jelas tentang bagaimana bisnis itu akan berhasil di pasar cloud HCM suite. Rencana ini harus mencakup tingkat investasi yang sesuai untuk mencapai pertumbuhan yang sehat selama tiga hingga lima tahun ke depan.
  • Strategi Vertikal / Industri: Vendor harus memiliki strategi untuk mengarahkan sumber daya, keterampilan, dan penawaran untuk memenuhi kebutuhan spesifik segmen pasar individu, termasuk industri vertikal.
  • Inovasi: Vendor harus menunjukkan penyusunan sumber daya, keahlian dan / atau modal untuk keunggulan kompetitif atau investasi di bidang baru. Area potensial mencakup analitik lanjutan, ML, keragaman dan inklusi, pemberian layanan, pengukuran keterlibatan, dan kesehatan pekerja. Vendor juga harus menunjukkan peningkatan UX atau metode akses baru, seperti UI percakapan, chatbots, jam tangan pintar, atau perangkat yang dapat dikenakan lainnya.
  • Strategi Geografis: Kami memeriksa strategi vendor untuk mengarahkan sumber daya, keterampilan, dan penawaran untuk memenuhi kebutuhan spesifik kawasan di luar lokasi kantor pusat perusahaan – baik secara langsung atau melalui mitra, saluran, dan anak perusahaan – yang sesuai untuk geografi dan pasar tersebut.

Bobot relatif yang ditetapkan untuk setiap kriteria ditunjukkan pada Tabel 2.

Tabel 2: Kelengkapan Kriteria Evaluasi Visi

Kelengkapan Kriteria Evaluasi Visi

Deskripsi Kuadran

Pemimpin

Pemimpin menunjukkan visi yang menentukan pasar tentang bagaimana teknologi HCM dapat membantu pemimpin HR mencapai tujuan bisnis. Pemimpin memiliki kemampuan untuk melaksanakan visi tersebut melalui produk dan layanan, dan telah menunjukkan hasil bisnis yang solid dalam bentuk revenues dan earnings. Para pemimpin secara efektif memanfaatkan teknologi mutakhir dengan cara yang berdampak. Di pasar cloud HCM suite, Pemimpin menunjukkan kemampuan yang konsisten untuk memenangkan kesepakatan. Kesepakatan ini mencakup elemen dasar dari HR admin (dengan sejumlah besar lokalisasi HR khusus negara) dan tingkat keterikatan yang tinggi dari kemampuan pengiriman layanan TM, WFM dan SDM. Mereka memiliki banyak poin bukti implementasi global dan regional yang sukses oleh pelanggan dengan tenaga kerja di berbagai wilayah geografis, di berbagai industri vertikal dan ukuran organisasi (berdasarkan jumlah karyawan). Pemimpin sering kali adalah apa yang diukur oleh penyedia lain di pasar.

Penantang

Vendor di kuadran Challengers memiliki pasar yang dapat dialamatkan lebih luas daripada vendor di kuadran pemain Niche. Mereka telah mengembangkan keberadaan yang substansial di satu pasar dan telah tumbuh di banyak pasar, tetapi tidak dapat mengeksekusi secara konsisten atau sama baiknya di semua wilayah geografis. Mereka memahami kebutuhan yang berkembang dari organisasi HR, namun mungkin tidak mengarahkan pelanggan ke area fungsional baru dengan visi fungsional yang kuat. Penantang cenderung memiliki visi teknologi yang baik untuk arsitektur dan pertimbangan organisasi TI lainnya, tetapi tidak matang secara operasional seperti para ‘leader’. Mereka memiliki momentum dan pertumbuhan pelanggan yang kuat, kesehatan finansial dan investasi produk yang berkelanjutan. Ketidakmampuan relatif untuk mengeksekusi secara konsisten di seluruh rangkaian fungsionalitas cloud HCM suite untuk perusahaan global yang besar dan kompleks adalah yang membedakan Challengers dari Leader.

Visioner

Para visioner berada di depan mengalahkan sebagian besar pesaing potensial dalam menghasilkan produk dan / atau model pengiriman inovatif. Mereka mengantisipasi kebutuhan pasar yang muncul / berubah dan menggerakkan pasar ke depan ke area baru. Para visioner memiliki potensi yang kuat untuk mempengaruhi arah pasar cloud HCM suite, tetapi terbatas dalam eksekusi dan / atau rekam jejak yang dapat dibuktikan.

Tidak ada Visioner dalam Magic Quadrant ini, terutama karena lebih mementingkan pelaksanaan (termasuk penyampaian proses standar yang hemat biaya dan andal) fungsi HR admin yang, menurut sifatnya, lebih terbatas dalam inovasi. Selain itu, sebagian besar inovasi di HCM telah terjadi di TM khusus dan aplikasi analitik, yang telah diadopsi oleh vendor cloud HCM suite. Namun, banyak yang harus fokus pada ambang batas dari apa yang “cukup baik” untuk segmen target mereka, sehingga manfaat dari solusi terintegrasi mampu mengatasi kesenjangan fitur / fungsinya.

Pemain Niche

Pemain Niche menawarkan fungsionalitas cloud HCM suite, tetapi mereka mungkin kekurangan beberapa komponen fungsional, mungkin fokus pada skala geografis atau tenaga kerja yang terbatas, atau mungkin kekurangan eksekusi bisnis yang kuat di pasar yang mereka pilih. Pemain Niche dapat menawarkan portofolio lengkap untuk ukuran vertikal atau tenaga kerja tertentu, tetapi tidak dapat sepenuhnya mendukung persyaratan lintas industri untuk beberapa fungsi HCM – seperti WFM, perekrutan, atau pembelajaran di TM. Mereka mungkin hanya menawarkan pelokalan HR terbatas di HR admin. Dari sudut pandang eksekusi, Pemain Niche mungkin tidak memiliki kemampuan untuk mendukung persyaratan perusahaan besar atau penerapan global yang kompleks. Terlepas dari tantangan yang dijelaskan, Pemain Niche dapat menawarkan solusi terbaik untuk memenuhi kebutuhan organisasi HR tertentu yang persyaratannya selaras dengan fokus dan kapabilitas pasar vendor. Rasio harga / nilai untuk vendor ini seringkali tinggi. Mereka mungkin secara konsisten memenangkan evaluasi di wilayah atau industri tertentu, tetapi tidak secara konsisten memenangkan seluruh rangkaian di beberapa wilayah. Meskipun ini mungkin masalah eksekusi atau kematangan relatif, mungkin juga masalah fokus pasar yang dipilih vendor.

Konteks

Semua vendor yang termasuk dalam Magic Quadrant ini menjual dan mendukung fungsi HR admin dengan opsi bagi pelanggan untuk memanfaatkan kemampuan fungsional untuk penggajian, benefits, TM, WFM, dan HRSM. Tingkat dukungan untuk persyaratan peraturan HR khusus negara dan praktik umum (serta pengalaman penerapan aktualnya di negara) berbeda-beda menurut vendor. Mereka memiliki pelanggan yang berhasil menggunakan produk dan layanan mereka.

Ini bukan daftar lengkap semua penyedia, karena banyak pakar industri regional dan / atau vertikal lainnya tidak sepenuhnya memenuhi kriteria penyertaan kami. Vendor lain memiliki basis pelanggan substansial yang telah menerapkan solusi mereka di lokasi dan sekarang melakukan transisi ke rangkaian HCM cloud lengkap; vendor ini juga dikecualikan dari Magic Quadrant ini, tetapi diprofilkan dalam Market Guide for Human Capital Management Suites.

Terlepas dari penyedia yang Anda pertimbangkan, tanyakan pada diri Anda, “Akankah vendor ini memungkinkan dukungan yang lebih efektif untuk proses HCM di seluruh organisasi saya?” dan “Seberapa baik vendor ini selaras dengan strategi teknologi HCM kami?” Dalam banyak kasus, organisasi HR harus mengevaluasi tidak hanya penawaran produk langsung vendor, tetapi juga ekosistem penyedia teknologi dan layanan yang dapat mengisi kesenjangan fungsional atau proses bisnis apa pun yang mungkin tidak ditawarkan vendor.

Klien suite Cloud HCM harus terus bergantung pada vendor untuk rilis berkelanjutan serta infrastruktur dan layanan yang andal. Hubungan ini merupakan penyimpangan dari otonomi relatif dalam penerapan lokal. Dengan demikian, rekam jejak vendor untuk CRM, operasi yang andal, dan eksekusi pada roadmap produk harus sangat diperhatikan dalam proses pemilihan. Dengan fitur-fitur baru yang dirilis secara rutin beberapa kali dalam setahun, mencentang cheklist “bagus untuk dimiliki” pada RFP kurang penting daripada keselarasan dengan arah produk jangka panjang dan keyakinan bahwa vendor akan melaksanakan rencana dan memberikan layanan yang baik.

Gunakan Magic Quadrant ini sebagai referensi untuk evaluasi, tetapi jelajahi pasar lebih jauh untuk memenuhi syarat kapasitas masing-masing vendor untuk mengatasi masalah bisnis dan masalah teknis Anda yang unik. Bergantung pada kompleksitas dan skala kebutuhan Anda, daftar pilihan Anda akan unik dan berbeda. Magic Quadrant ini tidak dirancang sebagai satu-satunya alat untuk membuat daftar pilihan vendor. Gunakan ini sebagai bagian dari uji tuntas Anda, sehubungan dengan diskusi dengan analis Gartner dan penelitian pendamping, seperti Gartner’s Market Guide for Human Capital Management Suites dan Critical Capabilities for Cloud HCM Suites for 1,000+ Employee Enterprises.

Gambaran Pasar

Dalam penelitian market share HCM 2020 Gartner, kami menemukan salah satu konsekuensi dari pandemi COVID-19 adalah penundaan atau pembatalan proyek HCM transformasional besar. Sebagian besar proyek ini tidak akan dimulai kembali sampai ada rencana keluar yang jelas dari pandemi dan indikasi yang lebih jelas tentang prospek ekonomi setiap organisasi. Bagaimanapun, kami berharap sebagian besar organisasi akan melakukan penilaian ini sebagai bagian dari persiapan anggaran 2021 mereka. Berdasarkan penilaian ini, sekitar 20% hingga 25% mungkin ingin mempercepat rencana mereka untuk tahun 2021.

Untuk sementara, organisasi masih harus menanggapi kebutuhan yang meningkat akan ketangkasan. Selama pandemi, siklus perencanaan bisnis telah dikurangi dari empat bulan menjadi beberapa minggu. Dalam domain HCM, ini diterjemahkan ke dalam kecepatan yang meningkat untuk menemukan bakat dengan keterampilan yang tepat, terutama di dalam organisasi, dan untuk melatih kembali mereka yang memiliki celah (see Flip COVID-19 Downtime Into a Strategic Reskilling Opportunity). Membangun keterampilan yang tepat di tempat kerja adalah topik yang paling dipikirkan dalam survei pimpinan HR Gartner selama dua tahun berturut-turut. *Hal Ini untuk dilanjutkan, tetapi langkahnya dipercepat.

Prioritas lain bagi para pemimpin HR dalam dua tahun terakhir adalah employee experience. Pada 2019 dan awal 2020, organisasi mulai membuat langkah pertama mereka pada prioritas ini (see How to Enhance Employee Experience When Full HCM Technology Replacement Is Not an Option). Selama periode COVID-19, dan meskipun ada beberapa ekspektasi bahwa hal itu akan memburuk sebagai prioritas, employee experience semakin meningkat. Survei Gartner terhadap 214 pemimpin HR pada April 2020 menemukan bahwa 64% memprioritaskan employee experience lebih tinggi daripada sebelum wabah virus korona. *Khususnya saat mengatur kembali tempat kerja, pemimpin HR perlu membuat “employee roadmap” baru untuk mengidentifikasi dan mengelola momen yang paling penting bagi karyawan, seperti hari pertama mereka kembali dan rapat tim pertama mereka.

Dengan tidak adanya pembelanjaan transformasional yang besar, langkah penting untuk menangani prioritas bisnis ini adalah mengoptimalkan penerapan solusi yang ada. Di segmen perusahaan besar, cukup umum untuk melihat pembelian solusi spesialis dari tahun-tahun sebelumnya dengan penerapan percontohan atau regional (misalnya, suara karyawan atau solusi kinerja berkelanjutan). Dalam kasus lain, banyak fungsi dalam HCM suite yang telah diterapkan ditangguhkan dulu untuk diterapkan di lain waktu.

Pemimpin aplikasi HCM perlu mengambil peran yang lebih aktif dalam mendorong adopsi solusi yang ada, seringkali dengan menggunakan kembali penggunaannya untuk masalah tertentu (misalnya, menggunakan VoE untuk mengukur sentimen tim jarak jauh selama lockdown). Mereka harus bermitra lebih erat dengan manajer keberhasilan pelanggan vendor HCM mereka dan meminta bantuan, alat, atau data untuk merancang aktivitas adopsi. Melalui partisipasi aktif dalam komunitas pelanggan, pemimpin aplikasi juga dapat membawa perspektif organisasi lain untuk diterapkan di organisasi mereka. Terakhir, perhatian yang cermat terhadap roadmap vendor akan memberikan peluang untuk menerapkan fungsi yang relevan tanpa perlu investasi tambahan.

Bukti

*5 Prioritas Utama untuk Pemimpin HL pada tahun 2020

*Survei Gartner Menemukan 64% Pemimpin HR Menjadikan employee experience sebagai Prioritas Lebih Tinggi Saat Merencanakan Kembali Bekerja

Definisi Kriteria Evaluasi

Kemampuan untuk melaksanakan

  • Produk / Layanan: Barang dan layanan inti yang ditawarkan oleh vendor untuk pasar yang ditentukan. Ini mencakup kapabilitas produk / layanan saat ini, kualitas, rangkaian fitur, keterampilan, dan sebagainya, baik ditawarkan secara native atau melalui perjanjian / kemitraan OEM sebagaimana ditentukan dalam definisi pasar dan dirinci dalam subkriteria.
  • Kelayakan Keseluruhan: Kelayakan mencakup penilaian kesehatan keuangan organisasi secara keseluruhan, keberhasilan keuangan dan praktik unit bisnis, dan kemungkinan bahwa unit bisnis individu akan terus berinvestasi dalam produk, akan terus menawarkan produk dan akan terus memperbaiki keadaan portofolio produk organisasi.
  • Eksekusi Penjualan / Penetapan Harga: Kemampuan vendor dalam semua aktivitas pra-penjualan dan struktur yang mendukungnya. Ini termasuk manajemen kesepakatan, penetapan harga dan negosiasi, dukungan pra-penjualan, dan keefektifan saluran penjualan secara keseluruhan.
  • Daya Tanggap Pasar / Rekam: Kemampuan untuk menanggapi, mengubah arah, menjadi fleksibel dan mencapai kesuksesan kompetitif saat peluang berkembang, pesaing bertindak, kebutuhan pelanggan berkembang dan dinamika pasar berubah. Kriteria ini juga mempertimbangkan sejarah responsivitas vendor.
  • Eksekusi Pemasaran: Kejelasan, kualitas, kreativitas dan kemanjuran program yang dirancang untuk menyampaikan pesan organisasi untuk mempengaruhi pasar, mempromosikan merek dan bisnis, meningkatkan kesadaran produk, dan membangun identifikasi positif dengan produk / merek dan organisasi di pikiran pembeli. “Berbagi pikiran” ini dapat didorong oleh kombinasi publisitas, inisiatif promosi, kepemimpinan pemikiran, promosi dari mulut ke mulut, dan aktivitas penjualan.
  • Customer Experience: Hubungan, produk dan layanan / program yang memungkinkan klien untuk sukses dengan produk yang dievaluasi. Secara khusus, ini termasuk cara pelanggan menerima dukungan teknis atau dukungan akun. Ini juga dapat mencakup alat bantu, program dukungan pelanggan (dan kualitasnya), ketersediaan kelompok pengguna, perjanjian tingkat layanan, dan sebagainya.
  • Operasi: Kemampuan organisasi untuk memenuhi tujuan dan komitmennya. Faktor-faktor tersebut meliputi kualitas struktur organisasi, termasuk keterampilan, pengalaman, program, sistem, dan sarana lain yang memungkinkan organisasi beroperasi secara efektif dan efisien secara berkelanjutan.

Kelengkapan Visi

  • Pemahaman Pasar: Kemampuan vendor untuk memahami keinginan dan kebutuhan pembeli dan menerjemahkannya menjadi produk dan layanan. Vendor yang menunjukkan tingkat visi tertinggi mendengarkan dan memahami keinginan dan kebutuhan pembeli, dan dapat membentuk atau meningkatkan mereka yang memiliki visi tambahan.
  • Strategi Pemasaran: Kumpulan pesan yang jelas dan berbeda secara konsisten dikomunikasikan ke seluruh organisasi dan dieksternalisasi melalui situs web, iklan, program pelanggan dan pernyataan pemosisian.
  • Strategi Penjualan: Strategi untuk menjual produk yang menggunakan jaringan penjualan langsung dan tidak langsung, pemasaran, layanan, dan komunikasi afiliasi yang tepat yang memperluas cakupan dan kedalaman jangkauan pasar, keterampilan, keahlian, teknologi, layanan, dan basis pelanggan.
  • Strategi Penawaran (Produk): Pendekatan vendor terhadap pengembangan dan pengiriman produk yang menekankan pada diferensiasi, fungsionalitas, metodologi, dan rangkaian fitur saat mereka memetakan ke persyaratan saat ini dan masa depan.
  • Model Bisnis: Ketepatan dan logika proposisi bisnis yang mendasari vendor.
  • Strategi Vertikal / Industri: Strategi vendor untuk mengarahkan sumber daya, keterampilan, dan penawaran untuk memenuhi kebutuhan spesifik segmen pasar individu, termasuk pasar vertikal.
  • Inovasi: Tata letak sumber daya, keahlian atau modal yang langsung, terkait, saling melengkapi, dan sinergis untuk tujuan investasi, konsolidasi, defensive atau pre-emptive.
  • Strategi Geografis: Strategi vendor untuk mengarahkan sumber daya, keterampilan, dan penawaran untuk memenuhi kebutuhan spesifik geografi di luar “rumah” atau geografi asli, baik secara langsung atau melalui mitra, saluran, dan anak perusahaan yang sesuai untuk geografi dan pasar tersebut.

Sumber: Gartner

Master Admin

Categories:

Benchmark

Tags:

Evaluate

Share on:

To the top

Related Posts

Recent Posts