UKM

5 Tips Agar UKM Tetap Survive Selama Pandemi

Hingga saat ini Covid-19 masih menjadi momok di setiap negara. Pandemi ini belum bisa diprediksi kapan berhentinya, sementara dunia kerja mulai berjalan dengan norma baru seperti work from home. Untuk perusahaan startup dan Usaha Kecil Menengah (UKM), ada beberapa keputusan kecil yang harus diambil demi memastikan kelangsungan bisnis di masa krisis.

Semoga tips berikut ini dapat bermanfaat dalam membantu UKM Anda menentukan keputusan terbaik:

#1 Fokus pada pelanggan yang telah ada

Besar kemungkinan akan adanya penjualan kepada pelanggan baru, karena itu Anda harus menentukan prioritas utama dalam to-do list. Pelanggan lama adalah penyelamat utama, prioritaskan UKM Anda pada mereka. Pastikan mereka tetap percaya dengan produk dan layanan yang Anda miliki, agar usaha berjalan stabil.

Secara menyeluruh, mempertahankan pelanggan lama lebih memudahkan daripada mengeluarkan biaya untuk mendapatkan pelanggan baru di kala krisis. Tentunya, karena Anda akan lebih banyak mengeluarkan biaya pemasaran untuk mendapatkan pelanggan baru.

Berikut beberapa langkah yang bisa Anda terapkan untuk mempertahankan pelanggan lama:

#1 Pahami cara agar bisnis mereka tetap terpengaruh dengan produk dan jasa yang Anda miliki. Berusahalah untuk memecahkan masalah mereka agar produk dan jasa UKM Anda memiliki kontribusi terhadap pelanggan tersebut.

#2 Tawarkan layanan tambahan yang bernilai, bisa gratis atau diskon dengan penambahan pembelian produk baru, agar loyalitas tetap terjaga. Ini akan menambah kepuasan bagi pelanggan dan meringankan beban finansial mereka selama pandemi.

#3 Tetap jalin hubungan dan komunikasi yang berkelanjutan, setidaknya turut memahami hambatan yang juga mereka hadapi.

#2 Kendati UKM turut terdampak pandemi, tetap motivasi karyawan agar menjaga produktivitas

Pemikiran untuk mengurangi biaya pengeluaran terutama yang berhubungan dengan Sumber Daya Manusia (SDM) di tengah krisis, mungkin akan ada. Namun ingat, karyawan adalah aset berharga yang UKM Anda miliki saat ini. Beri mereka motivasi, karena ini akan membuat ide dan solusi unik yang mereka miliki menjadi manfaat bagi usaha Anda.

Ketika karyawan Anda merasa terjamin dan bahagia, tentunya akan membuat kinerja mereka semakin lebih baik dan pelanggan merasa senang. Bisnis Anda juga akan merasa dampaknya.

Hubungan antara karyawan dan pelanggan tentunya akan sangat bermanfaat dalam menjaga keberlangsungan bisnis. Terutama, jika Anda bergerak di bidang UKM, ini akan memainkan peranan besar dalam bisnis.

Berikut langkah sederhana dalam memotivasi karyawan:

#1 Pastikan karyawan Anda merasa aman dan terbiasa dengan situasi baru yang saat ini dialami perusahaan. Kesejahteraan fisik dan menjaga mental karyawan itu penting, jadikan ini sebagai tanggung jawab perusahaan.

#2 Pastikan karyawan Anda mendapatkan apa yang mereka butuhkan saat bekerja di rumah, seperti: teknologi berbasis cloud, tools kolaborasi, atau hardware yang mereka perlukan agar mudah diakses. Pastikan mereka mendapatkan tools yang dibutuhkan agar masa transisi berjalan mudah.

#3 Jalin komunikasi secara teratur, karena interaksi sosial akan membantu mereka meningkatkan moral selama pandemi

#3 Optimalkan UKM untuk selalu berempati terhadap pelanggan

Hampir semua sektor usaha mengalami skenario yang sama dengan apa yang UKM Anda alami. Jika saat ini Anda berada dalam posisi yang sulit, hal sama bisa juga terjadi pada pelanggan Anda. Sebagai pemimpin perusahaan yang dapat memahami segenap kesulitan ini, bersikap empati terhadap pelanggan akan meningkatkan kepercayaan diri mereka dan kebesaran hati Anda sendiri. Di sinilah layanan pelanggan memiliki peranan yang sangat besar.

Bersikap empati penting Anda anjurkan kepada para karyawan. Latih mereka untuk berempati kepada pelanggan, arahkan mereka untuk selalu memahami pelanggan, meski banyak keputusan sulit yang harus ditentukan. Cara ini akan menunjukkan bahwa perusahaan Anda akan selalu menganggap serius kepuasan dan pengalaman pelanggan.

Berikut beberapa tips yang bisa UKM Anda coba terapkan:

#1 Persiapkan karyawan untuk memahami pertanyaan-pertanyaan sulit dan selalu berusaha memahami persoalan semaksimal mungkin, sembari tetap berpikiran terbuka dalam mencari solusi.

#2 Arahkan karyawan selalu proaktif dalam menjangkau pelanggan ketika ada masalah dan pembaharuan, baik terkait produk/layanan dan kebijakan lainnya.

#3 Selalu ajarkan karyawan untuk berusaha memenuhi permintaan pelanggan dengan cepat. Meski saat ini terdapat batasan keuangan antara Anda dan pelanggan, tetap pertahankan waktu negosiasi dan penyelesaian masalah secepat mungkin.

#4 Selalu cari cara untuk meningkatkan nilai UKM Anda di mata pelanggan

Membantu pelanggan dalam menghadapi masa sulit tidak hanya sebatas keterlibatan memecahkan masalah semata. Anda bisa menciptakan nilai baru dengan sumber daya lain. Tentunya yang bermanfaat bagi mereka dalam melewati masa-masa sulit.

Beberapa video panduan, atau kiat lainnya yang mudah diakses dan bermanfaat bagi pelanggan agar tetap fokus merawat hal-hal sederhana di masa paceklik, adalah solusi terbaik. Berikut beberapa contoh tips yang bisa jadi pedoman bagi UKM Anda:

#1 Freshworks, perusahaan ini telah membangun halaman sumber daya khusus tentang dukungan jarak jauh dengan ragam informasi berguna dan bisa diterapkan. Mulai dengan wawancara bersama pemimpin industri, hingga panduan mengelola pekerjaan secara remote work. Bangun perangkat khusus serupa, agar Anda dapat menavigasi pelanggan meski dalam jarak jauh.

#2 Stripe, Selama krisis Covid-19 perusahaan pembayaran online ini telah membangun halaman khusus sumber daya dengan informasi penting yang dapat digunakan oleh setiap perusahaan. Seperti; sumber bantuan keuangan, kebijakan pemerintah, dll.

#3 Portal E-Learning Educause membuat halaman khusus lembaga pendidikan untuk menavigasi kalender akademik dan menangani disrupsi agar kelas dan skedul pembelajaran tetap berjalan normal.

#5 Belajar dan mengambil inspirasi dari kisah-kisah perusahaan yang survive di kala krisis

Tidak ada yang tahu pasti kapan pandemi akan berakhir. Akan tetapi, jika ada sesuatu yang layak kita pelajari adalah mencari inspirasi dan belajar dari kisah-kisah perusahaan yang survive saat krisis melanda. Ini penting untuk menambah kebijaksanaan menghadapi situasi yang UKM Anda hadapi.

Berikut kisah inspiratif yang dapat dijadikan rujukan:

#Groupon

Kisah perusahaan ini cukup luar biasa. Saat banyak perusahaan mengalami krisis, mereka mulai meluncurkan bisnisnya. Membangun e-Commerce dengan gagasan bahwa sekelompok orang ingin membeli produk yang sama, namun dengan penawaran diskon menggiurkan. Tawaran pertama mereka adalah 2 potong Pizza seharga 1 potong.

Penawaran seperti ini dengan cepat menjadi hit dan digandrungi banyak pelanggan. Groupon pun hadir menjadi perusahaan yang membantu konsumen memangkas biaya yang harus mereka keluarkan. Mereka mampu dengan cepat memecahkan masalah pelanggan, dan dengan itu mereka berkembang.

Inspirasi:

Walau saat ini Anda mengalami krisis ekonomi yang hebat, namun berusaha mengintimidasi titik-titik kesedihan pelanggan dan menciptakan produk yang sesuai dengan kebutuhan pasar akan membuat Anda mendapatkan nilai lebih di mata pelanggan.

#Netflix

Netflix membutuhkan lebih dari ⅓ kapasitas bandwith di Amerika Serikat. Apakah aman mengatakan mereka telah berkembang? Terutama di masa awal ketidakpastian melanda. Tepatnya, mode usaha yang mereka ciptakan ini merupakan dampak dari krisis keuangan di tahun 2008 lalu.

Mereka berhasil membuat industri sewa video yang telah menuju senjakalanya berganti dengan ide dan penawaran menarik bagi pecinta film. Hal lainnya mereka menyediakan layanan pelanggan yang luar biasa.

Inspirasi:

Apa yang dilihat Netflix dari kekacauan ini adalah kesempatan untuk memanfaatkan kebutuhan dan kenyamanan bagi pelanggan dengan harga yang ekonomis. Menjadi tangkas dan tanggap mencari solusi akan situasi yang kita hadapi saat ini adalah cara terbaik untuk keluar dari situasi yang mencemaskan.

Kesimpulan

Ini bukan lagi waktunya untuk terus bertanya dan membuat diri Anda semakin ragu. Anda harus menantang diri dari sudut paling pribadi untuk menjadi sosok profesional dan mampu melewati semua ini. Harus dipahami, sebagian UKM atau perusahaan lainnya, saat ini harus terus kembali bekerja meski 2020 menyimpan kenyataan yang tidak sesuai harapan. Kendati begitu, mencari setiap solusi untuk mengatasinya adalah jalan terbaik.

Semoga kehidupan cepat berjalan normal dan semua usaha bisa berjalan lancar seperti biasa kembali.

Baca Juga: 6 Teknik Psikologi Marketing yang Bisa Diterapkan Seorang Sales

Menjadi profesional dan mampu keluar dari jeratan krisis adalah hal yang utama. Untuk itu Anda juga membutuhkan aplikasi helpdesk seperti Freshdesk agar mampu mengoptimalkan pekerjaan dalam memberi pelayanan ekstra terhadap pelanggan. Ingin tahu cara kerjanya? Coba Freshdesk secara GRATIS! Klik langsung link di bawah ini.

Sign Up

Sumber: Freshdesk

Simillar post