IT Support

Panduan Job Description untuk IT Support

Seorang yang bekerja sebagai agen pendukung Information Technology (IT Support) memiliki job description yang sangat penting dalam suatu unit organisasi atau perusahaan yang bergerak di bidang industri digital. Mereka merupakan tim garda terdepan yang bertanggung jawab akan keberlangsungan fungsi dari hardware dan software yang digunakan perusahaan. Maka dari pada itu butuh job description yang pas untuk memahaminya.

Selain itu, mengenai job description lainnya. IT Support juga memiliki tanggung jawab mengenai instalasi, evaluasi, dan peningkatan terhadap tiga objek utama yang terdiri dari komputer, software dan pengembangan sistem jaringan (network system).

Jadi, jika perusahaan Anda sedang ingin menyewa atau Anda sendiri sedang ingin mencari pekerja sebagai seorang IT Support, berikut beberapa panduan job description dan hal-hal lainnya yang harus Anda perhatikan sebelum melangkah lebih jauh ke tahap selanjutnya.

Tugas dan tanggung jawab seorang IT Support

  • Anda bertanggung jawab terhadap instalasi (installing) dan memelihara (maintaining) hardware dan software komputer perusahaan
  • Anda harus menyiapkan infrastruktur IT (infra-IT) mulai dari sistem, jaringan, printer dan scanner
  • Menyediakan dukungan teknis secara langsung atau melalui telepon untuk semua infra-IT yang diinstalasi di seluruh perusahaan atau antar client dalam satu jaringan
  • Menyiapkan on boarding karyawan dengan hardware yang dibutuhkan, sekaligus menyediakan user account mereka
  • Memecahkan masalah (troubleshooting) serta maintaining infra-IT di seluruh perusahaan, juga mendiagnosis jaringan, dan monitoring jadwal produksi serta pekerjaan
  • Siap bekerja dengan vendor luar perusahaan (eksternal vendor) untuk memecahkan masalah yang ada

Kualifikasi dan persyaratan untuk seorang support IT meliputi

Pada dasarnya tidak ada batasan untuk lulusan dari bidang apapun. Namun seseorang dengan pengalaman dan bidang mata pelajaran tertentu akan sangat layak Anda pertimbangkan jika ingin lebih selektif.

  • Teknologi Informasi (Information Technology)
  • Rekayasa Sistem (System Engineering)
  • Ilmu Komputer (Computer Science)
  • Teknik Jaringan Komputer (Computer Networking)
  • Teknik Keamanan Jaringan (Network Security)

Selain subjek di atas, seorang calon IT Support juga diharapkan memiliki keunggulan dalam bidang-bidang berikut ini:

  • Memiliki penalaran logis (logical reasoning)
  • Dapat memecahkan masalah cepat dan tepat waktu (quick and timely problem-solving skills)
  • Mampu fokus meski bekerja di bawah tekanan (being able to focus under pressure)
  • Mampu bekerja secara efisien dengan rekan satu tim (ability to work efficiently with team mates)

Pola jam kerja

IT Support biasanya bekerja secara bergiliran karena tugas mereka memelihara dan memantau infra-IT agar berjalan sebagaimana fungsinya. Terkadang ada pekerjaan tertentu yang membutuhkan waktu cukup panjang untuk penyelesaiannya.

Salary

Umumnya seorang yang bekerja sebagai IT Support biasanya bervariasi tergantung dengan pengalaman kerja, tingkat pendidikan, serta keterampilan dan sertifikasi yang telah Anda miliki.

Di Amerika Serikat, gaji rata-rata seorang IT Support dilansir dari laman Indeed adalah $52,949 per tahun. Sementara di Indonesia sendiri, Indeed mencatat gaji rata-rata setiap bulannya minimal kisaran Rp 4 juta hingga Rp 8 juta.

Perkembangan Karier

Perkembangan karier IT Support biasanya dimulai dari hal yang generalis (berorientasi pada specific job area). Untuk awal Anda biasanya bertanggung jawab terhadap fungsi yang mencakup pengaturan infrastruktur IT, pemecahan masalah (troubleshooting problem), dan juga akan mulai mencoba-coba memahami fungsi keamanan. Setelah Anda menghabiskan beberapa tahun pengalaman generalis, biasanya akan ada dua opsi yang tersedia selepas itu:

Pertama, Anda akan menjadi IT Support spesialis (berorientasi pada spesifik job task), misalnya pada persoalan pengamanan jaringan (network security), atau, yang kedua mengambil peran manajemen menjadi pemimpin dalam jajaran IT.

Seperti itulah panduan job description yang harus Anda siapkan. Jika Anda tertarik untuk memahami lebih lanjut perihal IT dan hal lainnya mengenai Internet Solution, silakan untuk langsung berlangganan dengan cara Subscribe blog Weefer untuk pengetahuan lainnya. Anda juga bisa mengklik tombol di bawah ini untuk konsultasi mengenai Freshservice, aplikasi yang dapat membantu IT support Anda dalam mengelola kebutuhan internal perusahaan.


Sumber: Freshservice

Master Admin

Categories:

Freshservice

Share on:

To the top

Related Posts

Recent Posts