Live Chat

5 Manfaat Live Chat Yang Perlu Anda Ketahui di Tahun 2020

Live chat terbukti kini telah menjadi software terampuh bagi pelaku bisnis di era digital. Khususnya untuk kepentingan interaksi antar pelanggan. Di tahun 2020 ini, manfaat Live chat semakin banyak, software ini terus berkembang dari sekadar support channel menjadi platform dinamis untuk meningkatkan penjualan, pemasaran dan layanan pelanggan.

Ibarat gerbong kereta api, Live chat telah menjelma gerbong khusus bagi para pelaku bisnis untuk mengoptimalkan kebutuhan dalam berinteraksi langsung dengan pelanggan. Efisiensi telah membuat pelaku bisnis mulai banyak menggunakannya, karena manfaat yang begitu nyata.

Apa saja manfaat menggunakan live chat di 2020?

Penyedia Live chat kini telah mengembangkan kemampuan otomatisasi yang akan membantu Anda dalam memenuhi permintaan lebih besar akan jawaban yang lebih cepat kepada konsumen. Adanya otomatisasi pada software ini akan mempermudah Anda berorientasi pada solusi, sehingga tidak hanya pada jawaban semata.

Live chat pun kini terus berkembang, hingga memungkinkan bagi para pelaku bisnis di era digital untuk menatap peluang besar ke depannya. Jadi, apakah Anda merasa ini adalah solusi untuk bisnis Anda? Berikut manfaat yang akan Anda dapat dari Live chat di 2020 ini.

#1 Berpotensi mendatangkan lebih banyak calon pelanggan

Pasti biasanya tim sales akan sering memberitahu hambatan yang sering mereka alami dalam mengarahkan prospek menjadi pelanggan resmi, apalagi mengarahkan mereka mengambil demo produk yang telah tersedia. Kendati kolom web telah dilengkapi dengan ragam jenis formulir dan tombol request demo, namun sulit mengarahkan pelanggan untuk menuju tahap ini.

Kadang proses yang panjang, seperti bolak-balik via email dan telepon juga akan membuat calon pelanggan bosan dan kehilangan minat untuk ke tahap selanjutnya. Hal baiknya, dengan mengintegrasikan langsung Live chat ke kalender Google, maka akan memberi kemudahan bagi Anda untuk menentukan meeting dan jadwal demo dengan calon prospek.

Live chat dan bisnis era digital untuk pelanggan

Adanya ini, tim Anda pun bisa lebih fokus pada persoalan demo produk tanpa harus sibuk dengan pengaturan jadwal, karena software ini akan menyederhanakan dan akan memberitahu Anda mengenai skedul kegiatan.

Penting diketahui, 38% pelanggan mengatakan bahwa mereka telah membeli sebuah produk hanya karena begitu menyukai sesi obrolan yang ada di Live chat itu sendiri. Gerakan singkat berbagi kalender dalam satu klik dengan Live chat tentu akan meningkatkan jumlah pendaftaran atau prospek yang Anda dapatkan.

#2 Manfaat Live chat: Dapat mempermudah respons kepada pelanggan

Tahukah Anda bahwa 21% persen percakapan atau obrolan Live chat ada yang tidak terjawab? Tidak bisa dipungkiri lagi, kadang sulit menjangkau setiap pengguna karena keterbatasan yang dimiliki. Kita pahami juga percakapan yang tidak terjawab akan membuat konsumen atau pengguna jasa Anda merasa tidak nyaman. Tapi tenang, kini telah ada perbaikan sederhana akan hal ini: yaitu Chatbots.

Diperkirakan, sekitar 85% percakapan mengenai layanan pelanggan pada 2021 akan terjadi melalui Chatbots. Jadi, Anda pasti paham dong manfaat dalam mengintegrasikan bot ke Live chat? Dengan mengintegrasikannya, tentu ini akan menjadi solusi dua sisi–mengotomatiskan pertanyaan rutin di satu sisi dan sisi lainnya, akan mentransfer ke agen ketika Live chat tidak mengetahui jawabannya.

Live Chat

 

Karena responnya instan, dan setiap pengunjung yang hadir di web Anda dapat menggunakan Live chat lebih dari sekadar dukungan semata, tentunya ini lebih bermakna pagi pengunjung atau prospek Anda.

Pelajari lebih lanjut tentang mengapa Chatbots itu penting untuk menjalankan bisnis di era digital!

#3 Manfaat Live chat: Mengatasi hambatan mengenai bahasa

74% pelanggan cenderung membeli produk jika mereka tahu bahwa mereka menerima dukungan post-sales dengan menggunakan bahasa asli mereka. Kadang, sulit mengatasi hal ini bagi Anda yang masih menggeluti bisnis dalam skala kecil.

Tapi tenang, saat ini terdapat opsi pada Live chat yakni dengan memilih terjemahan langsung, jadi persoalaan bahasa ini bisa teratasi. Polanya sederhana, Live chat akan terintegrasi langsung dengan Google Translate, tentu hal ini akan mempermudah obrolan Anda dengan pelanggan dari wilayah geografis berbeda.

Live chat dan bisnis era digital

Terjemahan langsung ini juga akan memungkinkan adanya layanan dalam satu tempat sembari Anda menawarkan fitur layanan secara global. Ini juga akan menciptakan kemungkinan bagi Anda untuk mengirim balasan percakapan kepada pelanggan dengan menggunakan bahasa sehari-hari mereka.

#4 Mengarahkan pengguna ke tim Anda dengan navigasi yang jelas

Live chat untuk pertama kalinya akan dapat mengumpulkan informasi secara langsung dari visitor dan juga kemudian memberi bantuan secara langsung kepada pelanggan. Semua itu akan dimulai dalam widget webpage. Untuk memastikan user berjalan mengikuti langkah yang telah ditentukan, penting memikirkan tentang navigasi website. Hal ini juga berguna untuk memahami kemungkinan maksud visitor, dan mempersonalisasikan widget dalam membantu user menentukan langkah logis selanjutnya.

Dalam hal ini provider Live chat pun secara langsung dapat memberi banyak waktu untuk membuat User Interface (UI) lebih jelas.

Bisnis era digital untuk pelanggan

#5 Manfaat Live chat: Menciptakan kedekatan yang lebih intens dengan pelanggan

48% pelanggan menyukai perusahaan yang cukup proaktif atau, dalam artian menjemput bola tanpa harus menunggu pelanggan datang terlebih dahulu.

Apa cara yang terbaik untuk lebih proaktif mengejar prospek selain dapat masuk ke ruang-ruang terdekat di mana calon konsumen Anda berada?

Ingat! Aplikasi pengolah pesan seperti Facebook Messenger dan WhatsApp kini digunakan oleh miliar orang lebih di seluruh dunia. Hal baiknya, dengan mengintegrasikan Live chat ke dua aplikasi tersebut tentunya akan mempermudah Anda menjangkau pelanggan. Tanpa harus menunggu mereka berkunjung terlebih dahulu ke website Anda.

Kendati begitu, Anda tidak harus menggunakan cara ini sebagai support system semata. Aplikasi Messenger ini secara proaktif dapat melibatkan calon pelanggan untuk mengunjungi website Anda.

Aplikasi ini juga dapat mendata pengunjung yang berbeda selama jangka waktu tertentu melalui pengiriman pesan yang lebih efisien dan disederhanakan–Pun cukup menarik digunakan untuk menghemat biaya pengeluaran perusahaan.

Gambaran ke depannya ketika Anda menggunakan live chat

Hari ini, lebih dari 30% pelanggan mengharapkan terdapat widget Live chat ada di setiap website. Sedari awal dirancang, software ini tentunya diharapkan menjadi solusi tercepat mempermudah pelanggan dalam memahami tim dan produk Anda.

Agar fungsional Live chat ini berhasil, perlu untuk mengotomatiskan proses ini secara rutin ke dalam bisnis. Dengan mendorong otomatisasi, tim akan mampu menyelesaikan masalah di tingkat yang lebih tinggi daripada berkutat menelusuri seluk-beluk setiap pertanyaan.

Freshchat adalah salah satu bagian dari Live chat modern. Freshchat akan memberi Anda solusi dalam mengotomatiskan Live chat demi kelancaran bisnis di era digital. Ingin tahu bagaimana Freshchat dapat memainkan peran bagi Anda di 2020 ini? Konsultasikan langsung melalui tombol di bawah ini.


Sumber: Freshchat

Master Admin

Categories:

Freshchat

Share on:

To the top

Related Posts

Recent Posts